Thursday, March 3, 2016

Taman Balekambang Solo, Bukan Taman Kota Biasa

Panas terik kota Solo siang itu langsung terobati saat kaki melangkah masuk ke dalam kawasan Taman Balekambang. Pohon-pohon tinggi dengan daunnya yang rimbun langsung menyapa kita. Adeeem…




Taman Balekambang merupakan taman kota yang luasnya hampir 10 hektar. Luas juga, ya! Taman ini berdiri sejal 1921 oleh Mangkunegara VII sebagai kenang-kenangan untuk kedua anak perempuannya, GRAy Partini dan GRAy Partinah. Di dalam taman ini terdapat patung mereka berdua.

Menurut literatur yang saya baca, gedung pertunjukan yang berada di dalam taman ini menjadi saksi perjalanan grup lawak Srimulat menuju kesuksesannya mulai tahun 70-an. Setelah itu, Taman Balekambang sempat berubah menjadi daerah kumuh yang memprihatinkan.  Taman ini pun mengalami revitalisasi menjadi taman kota, daerah resapan air, dan pusat budaya tahun 2008. Saat ini, Taman Balekambang sangat nyaman untuk dikunjungi, bahkan kita bisa ber-wifi ria di taman ini!

Rusa Bebas Berkeliaran
Banyak sekali hal menarik yang ada di taman kota ini. Tak jauh dari gerbang utama pandangan saya langsung tertuju pada rusa berbadan besar dan cukup gemuk yang berjalan santai. Rusa tersebut bebas sekali berkeliaran di area taman bersama rusa-rusa lainnya dan tak terlalu menghiraukan keberadaan para pengunjung. Mungkin para rusa sudah biasa dengan kondisi itu, ya. 


Huaaah, melihat rusa yang hilir mudik itu, Boo pun senang bukan kepalang! Ia ingin sekali mendekati rusa. Melihat rusa-rusa sedang makan rumput, saya pun ingin mengelusnya. Hehe… Awalnya agak ragu, namun rasa penasaran membuat saya berani melakukannya. Yeay, berhasil! Saya bisa mengelus rusa sebentar. : )





Beberapa pengunjung yang saya lihat menjulurkan dedaunan yang kemudian langsung dicaplok oleh rusa. : ) Rusa di Taman Balekambang sangat bersahabat. Meski begitu, ada baiknya jika tetap menjaga jarak aman, ya. (Setelah foto bersama rusa dan mengelusnya, saya langsung ngacir… Hehehe…)     

Kolam Rekreasi
Tak hanya berisi pepohonan yang menjadi paru-paru kota Solo, Taman Balekambang juga memiliki kolam luas yang menjadi tempt resapan air dan untuk menampung air. Selain itu, kolam ini pun dijadikan arena wisata perahu bagi masyarakat.  




Aneka Permainan Anak
Taman Balekambang boleh dibilang taman rakyat. Tidak dipungut biaya sama sekali untuk menikmati taman ini. Hanya saja untuk parkir kendaraan tetap dikenakan biaya. Seperti saat berkunjung ke sana, saya dan keluarga memakai elf dan harus membayar parkir sebesar Rp 10 ribu tanpa ada patokan berapa jam.

Karena menjadi hiburan bagi rakyat, di dalam taman ini juga terdapat berbagai macam permainan untuk anak-anak. Ada kereta mini, mancing ikan-ikanan serta arena permainan istana balon. 




Boo dengan antusias bermain memancing ikan-ikanan. Ini memang salah satu permainan favorit Boo. : ) Dari yang memancing menggunakan alat pancing sampai langsung mengambil ikan dengan tangan! Hihihi…  Untuk bermain ini, kami membayar Rp 5 ribu saja sepuasnya! Iya, boleh bermain sepuasnya sampai bosan harganya flat. Hehehe… Murah, kan. Nah, waktu kami habis tersita menunggu Boo main mancing ikan-ikanan. Boo happy sekali! 






Taman Reptil
Karena Boo lama sekali bermain, saya don Boo tidak sempat melihat keseluruhan isi Taman Balekambang. Tapi Yaya Indro sempat berkeliling sampai ke bagian belakang dan melihat Taman Reptil! Taman Reptil Balekambang mempunyai beberapa koleksi reptil, seperti ular dan iguana. Di area taman ini pula hewan-hewan non-reptil, seperti burung kakak tua, monyet, ayam, angsa, kura-kura, kelinci dan lainnya ada di tempat ini. 




Untuk bisa masuk ke taman reptil biayanya Rp 5 ribu. Sepertinya taman reptil ini sebaiknya meningkatkan jumlah hewan-hewan reptil karena walaupun namanya Taman Reptil tetapi hewan di dalamnya lebih banyak yang non-reptil. Selain itu pengelola sebaiknya juga lebih menjaga kebersihan agar taman ini tidak terlalu berbau.



Oya, di dalam Taman Reptil ini ada batu besar yang dinamanakan Batu Asmara. Batu ini merupakan meteor yang jatuh tak jauh dari kota Solo. Wow!




Dibandingkan taman kota lainnya, Taman Balekambang mempunyai keunikan tersendiri. Banyak sekali hal menarik yang ada di sini. Taman ini bukan taman kota biasa!









-BubuDita-




2 comments:

  1. Aku mau banget ke Solo, kangen wiskul nya! Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi itu sih memang yang paling bikin kangen mba.. :D

      Delete