Thursday, May 26, 2016

Hati-hati Tersesat di Taman Langsat!

Sebuah taman kota di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta sempat menjadi trending topic di Twitter. Pasalnya, kejadian mistis di taman tersebut dijadikan film horor!  Taman Langsat Mayestik. Begitu judul film horor yang muncul di pertengahan tahun 2014.  


Thursday, May 19, 2016

Taman Legenda Keong Mas TMII

Yeay, Jakarta punya satu lagi taman bermain seru yang patut dikunjungi! Taman bermain ini bernama Taman Legenda Keong Mas, berlokasi di salah satu sudut Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya di sebelah Keong Mas. Dari pintu masuk utama cukup mudah untuk mencapai lokasinya. Berbagai wahana dan atraksi disiapkan untuk menyenangkan anak-anak kita. : ) Apa saja yang seru di Taman Legenda ini?




TIKET
Harga tiket masuk ke Taman Legenda TMII adalah Rp 25 ribu, namun harga tersebut belum termasuk harga untuk menikmati wahana yang ada di dalamnya. Minimal kita harus merogoh kocek Rp 55 ribu untuk membayar tiket masuk. Harga selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.


Tiket masuk berupa gelang berwarna merah yang harus dikenakan selama berada di dalam Taman Legenda (uang jaminan gelang Rp 10 ribu, ya). Gelang ini berfungsi untuk di-tap setiap kali kita akan memasuki wahana dan secara otomatis saldo akan berkurang sesuai harga masuk wahana. Bagaimana jika saldo habis? Tenang saja, di dalam ada beberapa spot untuk top up, kok. Jika saldo masih ada namun kita sudah akan pulang, kita bisa me-refund-nya. 

Tip:
  • Please bacalah harga yang tertera dan info penting tentang tiket masuk Taman Legenda di loket  sebelum membeli tiket agar kita tidak perlu bertanya terlalu banyak pada petugas di loket. Saya merasaan antri lama karena banyak yang bertanya! Pffff...  
  • Lebih enak memang isi saldo di gelang sekalian banyak saja supaya tidak bolak-balik top up. Saya mengisi Rp 100 ribu per gelang dan di-refund Rp 30 ribu.



WAHANA


Petualangan Dinosaurus
Ini dia wahana yang paling ingin kami lihat di Taman Legenda! Boo pun semangat sekali begitu kami beritahu akan melihat dinosaurus. Tapiiiii kenyataan enggak selalu manis, ya. Begitu dia melihat dinosaurus di dalam wahana, Boo langsung minta digendong. Pegangannya kuat sekali! Boo ketakutan!

 


Saya rasa wajar saja jika anak seumur Boo (3 tahun) akan merasa takut. Dinosaurus-dinosaurus yang ditampilkan memang seperti nyata! Mereka bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Apalagi didukung oleh tempat wahana ini yang seperti di dalam hutan! Buat saya dan suami seru banget, malah berasa kurang banyak dan kurang luas areanya… Hehehe…


Kereta Beos
Kereta-keretaan ini mirip banget sama yang ada di mal-mal. Untuk menaikinya, kita harus masuk stasiun super mini ini. Lucu, deh. Tuh, lihat, kan, gimana semangatnya Boo mau naik kereta!

Waktu berputarnya ternyata tidak terlalu lama dan tidak melewati keseluruhan area Taman Legenda. Iya, sih, kontur tanah di taman ini memang turun naik, jadi tidak memungkinkan kereta beos untuk mengelilingi semua tempat. 



Mata Legenda
Dari kejauhan saja, wahana ini sudah memikat mata! Mata Legenda alias bianglala ini colorful! Ada niat untuk naik tapi begitu Boo dan Yaya tidak berminat, ya sudahlah, saya pun mengurungkan niat itu. Ngeri juga, kan, kalau sendirian ada di paling atas!  Next time ke Taman Legenda harus naik ini. Hehehe...




Wahana Lainnya
Masih banyak wahana lainnya di Taman Legenda, seperti Nirwata Kisar (carousel), Tirta Anak (tempat main air), Kapal Bajak Laut (semacam kora-kora versi mini), Ulat Selur (roller coaster mini buat anak-anak), Mobil Tanjak, Museum Asmat, dan Teater Legenda.





Saat naik kereta beos, saya juga sempat melihat seorang anak yang menunggang kuda dan didampingi oleh pengawasnya. Seru, juga, ya! Wahananya lumayan banyak di tempat rekreasi ini!




TAMAN BUNGA
Selain berisi berbagai wahana anak, di Taman Legenda Keong Mas juga terdapat taman bunga. Ada pula air mancur dan beberapa patung yang bisa dijadikan background foto selfie. : ) 



RESTORAN
Kafe Legong
Fasilitas di Taman Legenda terbilang lengkap. Di tempat ini tersedia restoran bagi pengunjung yang kelaparan seperti saya, sami, dan Boo. Karena datang saat siang dan belum sempat makan, kami pun memutusan untuk mencoba makanan di Kafe Legong. Lokasinya dekat sekali dengan wahana Tirta Air.




Tempatnya cukup nyaman, dengan bangku kayu dan ornamen khas Bali. Lokasinya juga enak, ada di pinggir danau. Tapiiiiii, makanan yang disajikan blaaaah, tidak memuaskan sekali. Dengan harga Rp 35 ribu saya mendapat nasi goreng yang sepertinya dibuat dengan menumis bawang bombay, nasi di masukkan ke wajan, lalu di beri garam. Iya, nasi gorengnya gitu doang ditambah chicken katsu! Dan coba bayangkan waktu yag saya korbankan untuk menunggu makanan itu sekitar 45 menit (lebih kayaknya)! 



Bahkan pengunjung yang duduk di belakang kami sampai memanggil penanggung jawab di restoran itu. Pengunjung itu kecewa karena mie ayam yang dipesan katanya tidak layak, harga mahal, dan harus menunggu satu jam juga! Fix, saya tidak mau makan di resto ini lagi... Sayang banget, ya, padahal tempat wisata ini cukup bagus tapi restorannya bikin ilfeel


Tip:
  • Sebaiknya makan dulu sebelum sampai di Taman Legenda. Untuk masuk ke tempat ini tidak diperbolehkan membawa makan dan minum dari luar.


TOKO SOUVENIR
Saya surprise banget melihat toko souvenir yang ada di dalamnya. Waaaa, barang-barang yang dijual tertata dengan rapi sekali. Boneka-boneka dinosaurusnya pun juga bagus-bagus banget! Boo pun kami minta untuk memilih boneka sebagai oleh-oleh untuk adiknya. Ia memilih Brontosaurus merah dan Triceratop abu-abu (sebenernya saya, sih, yang menyarankan pada Boo untuk memilih itu, hehehe... lucuuu, sih...). 



RINCIAN BIAYA
Biaya Masuk TMII:
  • Biaya mobil                                                          Rp 10 ribu
  • Biaya per orang Rp 20 rb x 2                                Rp 40 ribu
Biaya Taman Legenda Keong Mas:
  • Biaya tiket masuk Rp 25 rb x  3                             Rp 75 ribu
  • Biaya wahana dinosaurus Rp 30 rb x 3                 Rp 90 ribu
  • Biaya wahana kereta beos Rp 15 rb x 3               Rp 45 ribu
  • Biaya makan Rp 35 rb x 2                                     Rp 70 ribu
  • Biaya beli susu UHT Rp 5 rb x 2                               Rp 10 ribu
  • Biaya beli boneka dino 2                                      Rp 130 ribu 
  • Biaya parkir                                                           Rp 5 ribu

Total                                                                                Rp 475 ribu

Terus.... saya syok ternyata biayanya besar sekaliiiii...! Bisa ditekan kalau tidak makan dan tidak beli boneka : )


-Bubu Dita-