Jumat, 03 Juni 2016

5 Alasan Untuk Berlibur ke Umbul Ponggok

Berkat media sosial, tempat wisata ini namanya mulai melejit. Ya, Umbul Ponggok kini semakin populer di kalangan  traveler. Bagi penikmat wisata air, harus banget mencoba menyemplung ke dalam kolam dan merasakan air di tempat yang berada di Klaten ini. Berikut  5 alasan kenapa Umbul Ponggok ada di dalam list perjalanan traveling kita.


Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah



Wisata Unik                                                                                      
Karena keunikannya, Umbul Ponggok masuk ke dalam daftar 50 Fakta Unik Wisata Indonesia versi Detik Travel.  Bagaimana tidak unik? Kita bisa melakukan snorkeling dengan ditemani banyak ikan yang berseliweran  tapi bukan di dalam laut. Umbul Ponggok memang merupakan kolam besar alami yang bagian dasar kolamnya masih berupa pasir serta batuan.  Kegiatan snorkeling sangat dimungkinkan dilakukan di Umbul Ponggok yang memiliki kedalaman hingga dua meter lebih. Pengalaman snorkeling bukan di laut ini akan menjadi pengalaman traveling yang sangat unik, kan?

Air Jernih
Lihat saja, ikan-ikan tampak jelas terlihat dari atas permukaan. Di dalam kolam air sangat jernih sehingga jika kita selfie di  dalamnya akan jelas terlihat hasilnya. 


Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah


Intagramable
Mau banyak yang nge-love foto instagram? Coba, deh, foto di sini. Umbul Ponggok dengan kolam yang sudah ada sejak zaman Belanda ini mendapat respon yang luar biasa di media sosial. Pasti akan banyak orang yang tertarik dengan foto snorkeling kita.
Lokasi ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat foto pre-wedding. Berbagai properti disediakan untuk menunjang foto kita supaya lebih keren.

Biaya Terjangkau
Hanya dengan membayar tiket Rp 8 ribu (hari biasa) atau Rp 10 ribu (weekend) kita sudah bisa memasuki lokasi wisata ini. 


Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah
Peta wisata di Klaten, Jawa Tengah.

Perlengkapan Tersedia
Jika ingin snorkeling, kita tidak perlu rempot membawa dari rumah. Di Umbul Ponggok tersedia lengkap peralatan menyelam dangkal ini, seperti kacamata, selang pernapasan, pelampung dan kaki katak dengan biaya sewa Rp 35 ribu.
Tidak memiliki kamera underwater pun bukan masalah karena kita bisa menyewa kamera khusus untuk foto-foto di bawah air dengan tarif Rp 100 ribu per jam. 

Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah


TIP


Supaya merasa lebih nyaman saat berkunjung ke Umbul Ponggok, berikut beberapa tip-nya.
  • Datanglah pagi hari. Selain belum terlalu ramai, air kolam pun tampak lebih jernih.  Dengan datang pagi, kemungkinan mendapat tempat parkir yang enak juga lebih besar. Saat kami ke sana, tempat parkir masih terbatas.
  • Jumlah kunjungan harian di tempat wisata ini mencapai 500-600 pengunjung pada hari biasa dan 2000-3000 orang saat hari libur. Tentu saja lebih nyaman jika berkunjung di hari biasa, bukan? : )
  • Di pinggiran kolam tersedia kios-kios jajanan. Namun jika ingin lebih mantap, bawalah bekal makanan berat dari rumah dan pesan tempe mendoan di tempat ini. Makyuuusss... : ) 
  • Oya, hati-hati saat berjalan di pinggir kolam, ya. Jalannya agak sempit, apalagi ada beberapa kursi dan meja untuk makan. Terlebih lagi jalanan tersebut licin!

-Bubu Dita-


8 komentar:

  1. Salam kenal mbak Dita.. Hi..hi,meski nggak gitu jauh dari tempatku...aku blm pernah main disini. Nggak bisa berenang soalnya.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sulis, salam kenal juga.. :D Waa asik banget deket dari rumah, coba deh mba.. nyemplung aja merapat ke tembok kolam hehehe.. :D

      Hapus
  2. Ini bukannya yang banyak property di dasar umbulnya ya mb? gak foto2 sekalian yang aneh2 gitu?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, betul.. Dari motor, sepeda bisa jadi properti foto. Aku gak prepare buat nyempluuung.. :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. Rame kak Cum, belum lg yg snorkeling gak keliatan di dalam kolam hihi

      Hapus
  4. menurut instagram, eaaaa ini adalah tempat paling alay dibawah air, gaya itu loo ada ada aja, ada yang camping, duduk manis, etc.... pingin juga foto ala ikan duyung juga, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha boleeeh mba pakai kostum Ariel Little Mermaid, yaa.. :D Iyaa aku liat2 fotonya itu gaya2 anak mudanya bisa banget, deh, di bawah air gitu.. hihi

      Hapus