Selasa, 14 Juni 2016

Hanya Berbekal Kamera Ponsel Saat Traveling? Kenapa Tidak!



Pasti ada saja pikiran jika berlibur bersama anak-anak apalagi yang masih kecil berusia di bawah lima tahun adalah hal yang merepotkan. Hal itu memang ada benarnya, tapi traveling bersama anak balita bisa jadi hal yang sangat menyenangkan, lho.  

Saya pun awalnya berpikir, “Duh, pasti repot sekali membawa Boo dan Mika jalan-jalan.” Namun rupanya makin ke sini, saya makin ketagihan ingin mengajak anak-anak balita saya bepergian ke berbagai tempat. 

Boo di Bandara Adi Sumarmo Solo . Melihat runway hujan.
Memandang landasan yang basah tersiram air hujan


Melihat tingkah Boo yang berlari-lari di pantai dan di rumput membuat hati saya pun ingin rasanya tertawa. Rona gembira terpancar dari wajahnya. Momen seperti ini tentu saja sayang jika tidak diabadikan dengan kamera. Namun saat traveling saya suka kerepotan sendiri saat harus membawa dan mengambil momen tersebut dengan kamera saya yang ukurannya cukup besar. 


Boo dan Yaya di Pelabuhan

Boo di Kalianda


Untungnya, saat ini teknologi telepon selular (ponsel)dengan perangkat kamera di dalamnya sudah mumpuni. Banyak ponsel yang mempunyai kamera canggih dan bisa menghasilkan foto yang memuaskan. Jadi, tidak perlu bingung lagi, kan, mau memotret momen indah tanpa mau repot. Apalagi saat traveling dengan dua anak yang masih balita seperti saya.  Cukup pegang ponsel saja di genggaman. Tangkap momen itu dan akan jadi kenangan di masa akan datang!

Boo dan Mika di kereta malam menuju Solo

Boo dan Mika di kereta

Boo dan Mika di kereta


Selain mengurangi kerepotan, ada beberapa alasan mengapa saya lebih nyaman memotret dengan kamera ponsel dibandingkan kamera lainnya saat traveling.

Praktis dan Ringan
Tentu saja kamera ponsel sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Ponsel Asus Zenfone yang saya miliki juga sangat ringan dan pas di dalam genggaman tangan. Dengan membawa kamera ponsel tentu mengurangi beban bawaan saat traveling. Dan ini amat sangat membantu saya saat traveling membawa dua balita. Kebayang, dong, ya, saat jalan sama anak-anak pasti bawaannya segambreng seperti mau pindahan rumah. Hehehe…  

Cepat Menangkap Momen
Pasti akan banyak momen seru, lucu, menggemaskan yang dialami oleh anak saat traveling. Kejadian itu pun dapatb cepat berlalu dan jangan sampai kita melewatkannya. Dengan kamera ponsel, tentu saja kita bisa lebih cepat dalam menangkap momen tersebut. Tak perlu waktu lama untuk menyeting kamera. Cukup sentuh icon kamera di ponsel, ambil momen, dan jadilah foto yang diinginkan. 

Biasanya sambil menggendong Mika, saya sembari memegang ponsel atau ponsel saya masukkan ke kantong baju sehingga bisa cepat diambil dan bisa langsung memotret. 



Imlek di Pasar Gede Solo


Mudah Dioperasikan
Siapa, sih, yang tidak bisa memotret lewat kamera ponsel? Boo yang berumur 3 tahun pun sudah mulai suka mengutak-atik kamera ponsel. Walaupun hasilnya memang belum maksimal, namun ia bisa memotret dengan kamera ponsel karena sangat mudah digunakan.

Hasil Memuaskan
Foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel juga tidak kalah, kok, daripada foto dengan gadget kamera lainnya. Jika momennya pas, cahayanya bagus, komposisi oke, kita bisa mendapatkan hasil foto yang keren!

Pantai Pelabuhan Ratu



Langsung Upload                    
Keuntungan lainnya dari kamera ponsel tentu saja hasil foto bisa langsung diunggah ke media sosial. Saya bisa memajang foto traveling keluarga kami langsung di Facebook, Instagram, Path, dan lainnya. Bagi yang eksis, hal ini tentu penting sekali, ya. Hehe…

Bisa Diedit
Salah satu hal yang saya suka dari Asus Zenfone saya adalah fitur untuk mengedit fotonya cukup lengkap. Foto bisa langsung di-cropping, diputar, dibalik, diubah setting warnanya dengan beragam jenis, ditambah tulisan atau gambar, diberi bingkai sesuai selera,dibuat kolase, dan sebagainya. Asyik, kan, mengedit foto di ponsel!


Kalianda Lampung



Oya, supaya hasil foto saat traveling bisa maksimal dengan menggunakan kamera ponsel, berikut ini beberapa tips yang bisa diaplikasikan.

Fokus
Pastikan kamera sudah fokus saat mengambil gambar. Mau seunik apapun momen, jika hasil fotonya blur akan sayang sekali, kan. Karena itu, peganglah ponsel sestabil mungkin untuk mengurangi getaran dan tekan auto focus. Terkadang memotert anak kecil yang tidak bisa bisa diam memang cukup sulit. karena itu memotret aksi mereka juga jangan hanya sekali saja, coba lakukan berulang kali hingga mendpat hasil yang diinginkan.

Resolusi Tinggi
Setting-lah resolusi kamera dengan resolusi tertinggi . Hal ini untuk memaksimalkan hasil foto agar mempunyai detail lebih banyak dan tidak pecah jika dicetak karena memiliki ukuran file yang besar. Untuk itu memory kamera pun juga harus besar kapasitasnya. 

Hindari Zoom
Memotretlah dari jarak yang tidak membutuhkan zoom. Jika dirasa terlalu jauh, maka mendekatlah ke objek foto. Penggunaan zoom bisa membuat hasil foto kurang tajam.

Out of the Box
Coba berpikir out of the box dalam mengambil objek foto agar lebih unik dan menarik. Dengan angle yang berbeda dapat dihasilkan foto yang berbeda pula. Foto traveling pun jadi lebih menarik untuk dilihat. Apalagi dengan tingkah laku anak-anak yang bikin gemas!

Boo di Bandara Adi Sumarmo Solo


Sebagian besar foto jalan-jalan yang ada di blog www.rumikasjourney.com ini menggunakan kamera ponsel Asus Zenfone saya dan kamera ponsel milik Yaya Indro. Terkadang memang ada beberapa jepretan yang tak sesuai harapan, entah karena kurangnya cahaya atau kurang sigap menangkap momen sehingga terlewat. Makanya, kami juga berharap punya ponsel secanggih Zenfone 2 Laser ZE550KL supaya acara traveling kami dengan memotret tingkah laku Boo dan Mika jadi lebih menyenangkan!


Jadi, tidak ada alasan lagi  untuk malu dan berkecil hati jika hanya mengeluarkan ponsel berkamera untuk memotret momen si kecil saat traveling di saat orang-orang di sekitar membawa "kamera besar"! Hehehe…


Dengan hanya berbekal  kamera ponsel pun kita bisa mendapat foto perjalanan yang bagus, indah, unik, dan memorable.


-Bubu Dita-


'Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com'
 




25 komentar:

  1. kalo kamera bagus, pasti hasilnya juga bagus :)

    BalasHapus
  2. Saya juga setuju, kalau motret dengan ponsel itu lebih praktis dan cepat buat nangkep moment. apalagi motret anak kudu cepet karena biasanya mereka spontan sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuulll Mas Ihwan Mba Ivon.. :D Pasti pernah ngalamin juga, kan, waktu mau motret si kecil.. Hehe..

      Hapus
  3. Sudah terbiasa bawa kamera mirrorless jadi kalo pergi tanpa kamera dan hanya mengandalkan HP aja kok rasa nya masih kurang sesuatu gitu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo kebiasaan enakan bawa Kak Cum. Aku jg msh suka bawa tp pd akhirnya pas jalan2 itu kamera di taro di hotel atau mobil hehehe.. Doain menang yaa biar kamera ponsel aku jd lebih keceee nih kak.. kikikik :D

      Hapus
  4. Waduh comment ku ilang ihik ihik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada komennyaaa, cep cep.. :D

      Hapus
  5. aku jrg sih hanya mengandalkan hp kalo saat traveling :D.. biasanya pasti bawa kamera. tapi pernah sekali mbak klupaan bawa pas ke chiangrai dan chiangmai.. waahh, pusing langsung ;p.. untungnya temenku bawa kamera, tpkan ga enak juga hrs nebeng dan pas pulang traveling ngerepotin dia jadinya ngirim2 fotonya ke email ku :D.. HP baru aku gunain hanya kalo fotonya memang mau diupload ke medsos.. tp kalo utk file pribadi, biasanya foto2 yg di kamera beneran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes Mba Fanny, paling enak kalo motret pakai ponsel bisa langsung update di socmed yaa.. hihihi :D Aku masih suka keteteran mba kalo bawa kamera beneran. Mungkin nanti kalo si bungsu udah gedean dikit mulai pakai kamera gede lagi... :D

      Hapus
  6. Kalau aku masih pakai kamera pocket, soalnya kalau sudah jalan aku menghindari handphone. beneran sama keluarga. pamer fotonya biasanya telat, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamera pocket juga gak terlalu ribet, ya, mba Zulfa. Cocok jg buat traveling sama anak2..

      Hapus
  7. Kalau saya pegangan cukup smartphone ASUS Zenfone Selfie, dah bisa mengcover semua kebutuhan dokumentasi selama berada di jalan. Salam kenal dari Pontianak, semoga menang ya Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Kak.. :) Amiiinnn.. :) Zenfone selfie hasil fotonya juga bagus ya Kak..

      Hapus
  8. kalau memang niatnya lagi traveling, kok kayanya masih ga bisa ya ga bawa kamera beneran gitu, padahal HP yg saya pake ini hasil kameranya udah lumayan banget sih. tp tetep kurang PEDE yaa.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya Kak, kalo bisa pakai kamera beneran memang lbh baik. Tapi kalo lagi ribet sama dua bocil, aku jd pakai kamera hape. Yg penting bisa dapet momennya.. :D

      Hapus
  9. Traveling kurang lengkap tanpa ponsel kamera yg mudah dibawa dan mudah digunakan juga, hhee
    ASUS Zenfone emang cakep dah buat jeprat jepret :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyeesss Mba.. praktis dibawa kemana-mana... :D

      Hapus
  10. Anak selalu jadi obyek lucu dan natural. Sehari berapa jepretan biasanya?

    BalasHapus
  11. Anak selalu jadi obyek lucu dan natural. Sehari berapa jepretan biasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, betul... :) Sehari gak tentu mba, bisa foto-foto atau kadang malah gak foto sama sekali.. hehe

      Hapus
  12. Balasan
    1. Amiiinn, terima kasih banyak ya mba.. :D

      Hapus
  13. Terima kasih sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    BalasHapus