Friday, January 13, 2017

#CelotehTukangJalan: Ngapain, Sih, Nge-blog?



Dunia blog makin riuh, ramai, seru dari tahun ke tahun, ya. Apalagi saat era media sosial dan citizen journalism yang terus berkembang dan bisa diakses banyak orang. Saya sendiri baru mulai ngeblog dan melahirkan rumika's journey akhir tahun 2015. Sebelumnya saya punya blog di multiply yang sudah enggak ada platformnya. Persisnya pertama kali ngeblog kapan saya malah lupa banget. Mungkin sekitar tahun 2009. Isinya cuma curhatan dan enggak ada arah.




Setelah itu saya punya blog pinkieandthumb di blogspot yang sekarang sudah berubah nama jadi ceritadita. Blog ceritadita ini juga berkembang dari waktu ke waktu. Dari yang awalnya hanya curhatan, sekarang lebih mengarah ke tulisan tentang parenting, breastfeeding maupun inspirasi hidup. Sampai saat ini ceritadita masih bernyawa meskipun enggak terlalu sering saya update... :)

Di tahun 2017 ini, saya niatnya lebih serius buat ngeblog baik di rumika's journey maupun di ceritadita. Niat dalam arti saya, sih, seenggaknya saya konsisten nulis. Paling enggak seminggu ada satu atau dua tulisan yang saya publish. Lebih banyak tentu lebih baik, saya jadi lebih produktif.






Nah, salah satu cara untuk bikin saya rajin nulis, saya dan teman blog saya mulai awal tahun ini bikin postingan bareng #celotehtukangjalan. Kenapa? Iya, karena kami suka banget jalan-jalan. Jika blog saya rumika's journey lebih bercerita tentang perjalanan saya, Yaya Indro, Boo, dan Mika ke  mana aja, baik ke tempat yang jauh atau bahkan sangat dekat dari rumah (sesuai tagline, From Home To Everywhere), maka blog teman saya Efi, banyak bercerita tentang pengalamannya di negeri orang. Saat ini Efi lagi migrasi ke Kolombia! Jauh beneeeeerr... :D Cek blognya, deh, ceritanya seru-seru!


Selain Efi, postingan bareng ini juga diikuti teman saya lainnya, Nita dan Ria. Nita, hobi banget diving. Setahun bisa berkali-kali keluar kota buat diving. Cinta mati sama laut! Nah, kalau Ria saya biasa menyebutnya Mba Jawa. Ya, dia memang orang Jawa, sih... Hehe.. :) Sekarang lagi sibuk jadi pengusaha jilbab sukses. Punya satu anak dan lagi hamil anak kedua. Ditengah kesibukannya, Mba Jawa juga suka menyempatkan diri buat jalan-jalan bareng keluarganya.


Postingan bareng #CelotehTukangJalan yang pertama ini mau membahas soal kenapa, sih, kami ngeblog? Apa pentingnya buat kami?



Tulisan Efi

Tulisan Nita

Tulisan Mba Jawa




Jadi kenapa saya nge-blog dan membuat rumika's journey (dan ceritadita)?

Nulis... Nulis... Nulis... Jalan... Jalan... Jalan

Saya suka banget nulis, jalan-jalan, dan bercerita, melalui blog apa yang saya suka ini bisa disalurkan. Inget banget waktu sekolah dulu saya sering jadi sekretaris kelas. Salah satu kerjaannya nulis di papan tulis. Hihi... Pelajaran di sekolah yang paling saya suka juga Bahasa Indonesia. :D Seneng banget rasanya kalau diminta bikin tugas menulis cerita. Sampai akhirnya saya suka baca majalah dan koran dan langsung punya cita-cita jadi wartawan. Buat mencapainya saya masuk jurusan Jurnalistik di Unpad. Saya rasanya enggak salah jurusan karena saya happy, tuh, ngejalaninnya. Pergi ke mana lalu menyusunnya jadi berita dan juga menulis artikel.

Cita-cita Kurang Tercapai (Ahahaha...)

Iyaaah, cita-cita saya jadi wartawan kurang kesampaian, euy. Hihi... Saya memang kerja di media. Saat ini jadi bagian redaksi majalah anak Disney Junior dan Sofia The First serta buku masak Primarasa. Memang ada kesempatan untuk menulis namun mesti sesuai tema, bukan halnya seperti wartawan yang tugas utamanya meliput sesuatu kemudian memberitakannya. Pernah juga meliput tapi tidak sering. Karena itulah saya membuat blog rumika's journey yang nichenya jalan-jalan. Saat sedang jalan ke mana saja bersama Boo dan Mika rasanya saya enggak sabar untuk menuangkan apa yang saya lihat, apa yang saya amati ke dalam bentuk tulisan. Oiya, mungkin ke depannya juga dalam bentuk video juga, ya. :)

Inspirasi Blogger

Blog rumika's journey ini enggak lahir begitu aja, enggak ujug-ujug muncul. Sebelum membuat blog ini, saya suka banget baca blog-blog orang. Salah satu yang paling saya suka adalah blog Mba Tesya di Kiddo's Travel Stories. Blog ini berisi catatan perjalanan Mba Tesya bersama keluarganya. Anaknya ada dua dan laki-laki semua. Mirip seperti keluarga saya. Toosss mba kita jadi yang paling cantik... Hahaha... :D

Salut banget saya sama Mba Tesya yang di dalam blognya bilang gini "Selain untuk dokumentasi perjalanan keluarga kami, blog ini ditulis dengan tujuan membantu keluarga Indonesia mewujudkan their traveling dreams." Iya, pasti sudah banyak keluarga yang baca blog Mba Tesya dan terbantu dengan tulisannya. Yang mau traveling bareng keluarga ke Singapura, Malaysia, Jepang, Australia, New Zealand, Hongkong, Turki, dan kota-kota di Indonesia, baca blognya, deh! Siapa tahu bisa terinspirasi juga macam saya, hehe... :) Di salah satu bagian blognya, ia pun mencantumkan daftar Family Travel Blog, lho. Yang punya blog dengan niche itu atau ada di salah satu bagiannya memuat traveling keluarga bisa minta ke Mba Tesya buat dimasukkan ke dalam list-nya.





Sampai saat ini belum pernah, nih, ketemu sama Mba Tesya. Tapi saya enggak pernah melewatkan tulisan-tulisan di blognya. Oiya Mba Tesya juga sudah bikin beberapa buku traveling. Ini juga yang bikin saya kagum dengannya. :) Selain Mba Tesya, juga ada blogger-blogger lainnya yang sering saya intip tulisannya. Aaahh, terima kasiiiih, setelah membaca tulisan seru punya blogger lain rasanya ada vitamin yang masuk ke tubuh saya dan bikin saya segar! Hihi...


Dokumentasi Perjalanan

Boo dan Mika masih kecil dan belum bisa baca saat saya menulis ini. Tapiiii... beberapa tahun lagi saat mereka sudah besar dan bisa membaca, saya ingin memperlihatkan tulisan yang ada di blog ini kepada mereka. Saya ingin mereka tahu, mereka sudah melangkahkan kaki mungilnya ke mana saja. Saya ingin Boo dan Mika tahu dunia ini luas banget. Saya ingin Boo dan Mika tahu jika  di sana, di luar rumah, bahkan yang dekat jaraknya sekalipun ada hal-hal menarik dan asyik yang bisa dikulik. :) Mungkin nanti kalau mereka sudah bisa menulis pun saya akan ajak Boo dan Mika buat nulis bareng di blog rumika's journey ini.




Berbagi dan Bermanfaat

Dalam sebuah hadist, Rasul pernah berkata, "Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain." Dengan membuat blog yang isinya informatif, selain bisa berbagi cerita, saya juga ingin bermanfaat bagi orang yang membaca tulisan-tulisan di blog ini. :)

Makanya saya senang banget saat ada yang memberikan komentar "jadi pingin ke sana mba," "wah, seru, ya aku baru tahu ada tempat ini," dan komentar-komentar lainnya di tulisan saya mengenai suatu tempat. :)


Happy

Dari alasan-alasan saya di atas, bisa disimpulkan, ya, kalau nge-blog itu bikin saya happy! Ya, ada banyak cara buat bahagia. Tiap orang mungkin beda caranya. Dan cara saya adalah dengan menulis di blog. :D


Jadiii... yuk, ngeblog, yuk, biar kita happy! Hihihi... 

*Penutup yang singkat, padat, jelas... :D 



-Bubu Dita-




36 comments:

  1. Wah seru ya bisa ngadain posting bareng. Hmmm saya mau ngajak posting bareng siapa ya 😅.

    Kalo saya ngeblog juga dasarnya emang suka nulis, sharing & publikasi.
    Alasan saya ngeblog juga sama seperti 3 alasan terakhir di atas, ditambah keinginan untuk bisa jadi orang yang produktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas seru jg ternyata ngadain postingan bareng gini.. Jd lbh semangat nulisnya hehe.. :D Betuullsss ngeblog bisa jd org yg produktif jg, syukur2 bisa menghasilkan jg yaa..

      Delete
  2. sip mbak,
    ngeblog itu hobi yg paling asyik
    gak ngeblog rasanya hampa
    semoga istiqomah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaminnnn, doakan yaa.. :D Iya sehari gak liat postingan tmn2 blogger jg kayak ada yg kurang..

      Delete
  3. Ih samaan kita mbak dulu ngeblog di MP, BTW dulu kalau enggak salah kita temenan di MP deh, IDku sukmakutersenyum. Tapi dah lama banget, mbak pasti dah lupa hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masaaaaa Mba Apriiiil? Hahaha aku lupa bgt sama MP, nama blog aku aja aku lupa masa mbaaa.. Hihihi parah nih akuh.. :D

      Delete
  4. Ngeblog bikin happy. Rasanya lega setelah bisa nulis, termasuk menulis gado-gado.

    Btw..mba kerja di banyak media. Pasti ada pengalaman seru ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy ya mba klo nulis d blog, dobel happy klo ada yg baca jg. :) Pengalaman seru banyak mbaaa hehehe..

      Delete
  5. Aku ngeblog karena alasan bahwa sebaik-baik manusia adalah yg bermanfaat buat orang lain, jika harta tidak saya miliki cukup untuk dibagikan minimal ide lewat tulisan bisa inspirasi orang lain :) sukses buat #celotehtukangjalannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Triiims Mba Hervaaa.. :) Setuju bgt sama yg mba bilang.. Seneng mba klo bisa menginspirasi ya.. Semangat terus jg ngeblognya ya mba.. Btw mau seblaaaak mba hihihi :D

      Delete
  6. Seems nice! :)

    anyway, i would really appreciate if you wanna let me know what do u think bout' this one :

    http://bradleykuper.blogspot.co.id/2017/01/sayap-pelindung-terbaik.html

    Feel free to comment yaa ! :)

    ReplyDelete
  7. Bener mbak..samaan kita...kalau ada yang baca pasti jadi happy :) belum lagi kalau ada yg mau komen ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Dewiii aku fans blogmu niih ahahaha.. Ceritanya seru, foto pun kece berat.. :D

      Delete
  8. Saya juga punya blog traveling yang mau saya fokuskan jadi family travel blog ;) ternyata ya kalau udah berkeluarga, ngga bikin hobi traveling jadi berhenti. Malah lebih seru kalau travelingnya bareng anak. Semoga sukses ngblognya ya bubu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makacii banyak mbaa.. hihi.. :D Iya Mba Husna difokusin jd family travel blog aja mba, biar jd makin semangat jalan2 bareng keluarga terus ditulis di blog biar jd dokumentasi perjalanan.. :D

      Delete
  9. Makasih banyak Mba Dita udah berkunjung ke tesyaskinderen. And most of all thank you for all the kind words.

    Semoga muncul terus tulisannya setiap minggu yah Mba :)) Aku tunggu cerita jalan2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mbaa.. Semoga aku makin sering jalan2 trus konsisten ngeblognya juga hehe.. :D Seneng baca tesyaskinderen, anak2 Mba Tesya udah bisa diajak nulis di blog jg lagi.. Seru bangeeettt.. :D

      Delete
  10. seru ya mba bikin kolaborasi, tahun ini saya jg bikin tulisan kolaborasi tp diblog satunya yang masak2, jarang jalan2 sih saya kebanyakan didapur terus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa seru banget mba kolaborasi tentang masak2 gitu.. :D Kayaknya aku belum pernah liat mbaaa.. Senengnya bisa masak, ajarin aku Mba Riaa.. hihi

      Delete
  11. begitu lihat ada kata "multiply" langsung saya iseng buka multiply, kaya apa sekarang. lho kok jadi web yang entah isinya apa.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah aku malah belum ngecek web multiply skrg kayak apa :D

      Delete
  12. saya dulu kerja jadi wartawan..meski udah berhenti dan kerja di kantoran tetap aja nulis..mungkin karena udah passion ya mba..salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba sama aku pun gitu. Kayak ada yg kurang kalo gak nulis ya mba :D Triiims mba sudah berkunjung yaa.. :D

      Delete
  13. Waahhh kece-kece temen nge-blog barengnya mba Dita, pasti makin semangat nge-blognya...mau nyari temen juga ahh...hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa, ternyata bikin postingan bareng2 gini jd bikin semangat.. Yuk Mba Nunuuu bikin kolaborasi juga mbaa, biar makin semangat.. :D

      Delete
  14. Tooos.. Aku fans garis kerasnya mba tesya. Tiap mau liburan psti ngintip blog beliau dlu. Blog mba dita jg bgs nih. Foto ig nya jg lucu2. Stalking aah. Hehehe. Keep writing yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa makacii Mba Ferna.. :D Eh, nama kita samaan mba, ada dita-nya juga.. :D Ahahaha bener fans garis keras banget ya mbaaa, ngintip terus blognya Mba Tesya.. :D

      Delete
  15. Setuju sama poin-poinnya. Berbagi pengalaman, sebagai dokumentasi, dan bisa dapet banyak temen baru :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul Om, dapet temen2 baru juga. Seneng, yaah.. :)

      Delete
  16. Seru banget bikin postingan bareng gitu, bisa saling menyemangati.
    Poin-poin alasan ngeblognya juga setuju banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan mas bisa buat semangat ngeblog juga.. hehe :)

      Delete
  17. Untuk blog traveling memang, saya the first terdampar di Singapur cuma modal baca2 blog orang lain, seabreg-abreg :D Alhamdulillah, blogging memang salah satu cara untuk menolong orang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngebantu banget ya mbaaa.. Aku pun gitu kalau mau kemana-mana bw ke blog orang dulu jadi bisa tahu medannya, ya..

      Delete
  18. alasan kita ga jauh beda, kenapa suka ngeblog :).. akupun suka nulis semua pengalaman traveling dan kuliner ku di blog, krn awalnya mikir, aku nih pelupa bgt mbak.. jd daripada semua yg aku pernah dtgin lupa begitu aja, mnding aku tulis... siapa tau kalo next time aku mau kesana lagi, aku tinggal buka blogku.. tp lama2 kelamaan, krn pgn sharing jg ke org lain :) .. apalagi blog ini sebenernya obat paling ampuh utk ngilangin stress :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaa, aku pun orangnya suka lupa. Hihi lumayan ya ada blog jadi pengingat dan bener buat meredam stres juga Mba Fanny.. :)

      Delete