Jumat, 31 Maret 2017

Meet and Greet with Eriko Ono 2017, Penantian 4 Tahun yang Manis


Suatu hari di tahun 2013 saya melihat info di media sosial yang bikin hati happy setengah mati. Mangaka kesayangan, Eriko Ono yang membuat komik "Hai, Miiko! (Kocchimuite Miiko!) akan menyambangi Jakarta! Komik Miiko yang diterbitkan m&c comic merupakan salah satu komik Jepang yang jadi best seller di negara kita. Enggak heran kalau pada akhirnya mangaka Miiko mengadakan acara meet and greet di Jakarta. Tapiiii keinginan melihat Ono sensei langsung di depan mata itu saya pendam. Boo, anak pertama saya, baru saja lahir beberapa hari. Dari awal kelahirannya, saya selalu ada 24 jam di sampingnya. Ya, kecuali kalau mandi dan pingin ke toilet sama makan, sih... :) Jadi rasanya enggak mungkin buat ninggalin Boo dalam waktu yang agak lama.Saya pun berharap semoga suatu saat nanti ia akan kembali ke Jakarta...



Empat tahun berselang, tepatnya Maret 2017, Ono sensei pun kembali datang ke Indonesia! Huhuuuw rasanya langsung terharu gitu. Kali ini saya bisa mengikuti acara meet and greet-nya. Namun saya sempat kecewa juga karena tidak mendapat seat untuk signing session yang sudah full-booked. Untung saja masih ada seat untuk photo group session. Jadi saya langsung mendaftar dan membayarnya. Bayar? Iyalah...  Hahahaha... Demiiiii ketemu mangaka favoritkuuuu... :D

Meet and greet Eriko Ono kali ini berlangsung di tiga tempat, yaitu di Gramedia Mal Metropolitan Bekasi, Gramedia Matraman Jakarta, dan Gramedia AEON Tangerang. Dibanding empat tahun lalu yang hanya berpusat di Jakarta, kali ini acara meet and greet-nya lebih menyebar. Yaa, meski masih rada jauh dari Depok, sih, yaa... Hihihi... Untuk mengikuti meet and greet, dikenakan biaya Rp 305 ribu bagi peserta tanda tangan dan Rp 255 ribu bagi peserta foto bersama. Dengan biaya sebesar itu saya merasa mendapat banyak benefit. Selain bisa ketemu dan foto bersama (meski foto grup), saya juga mendapat goodie bag lucu yang berisi komik "Hai, Miiko!" volume 29 edisi premium yang baru saja terbit dan merchandise original Miiko berupa luggage tag, cover cussion, dan pouch. Hahahaha.. sukaaa banget sama merchandise Miiko!





Hari yang dinanti pun tiba. Saya mengikuti meet and greet di Gramedia AEON Tangerang, acara dimulai pukul 16.30. Sesampainya di lokasi satu jam sebelum acara dimulai, ternyata sudah banyak juga peserta yang datang, loh. Saya mendapat kursi yang agak jauh dari depan. Posisi tempat duduk di bagian depan diisi oleh peserta signing session sebanyak 40 orang lalu barulah kursi untuk peserta photo group session yang berjumlah 60 orang. Keluarga peserta yang menemani hanya bisa melihat dari luar area meet and greet.

Di sekeliling saya kayaknya peserta yang hadir masih mudaaaa sekali. Bahkan di samping saya duduk fans Miiko yang masih SD, deh... :D Saya langsung berasa makin awet muda. Apakah cuma saya emak-emak di sini, ya? Ahahaha... Fans Miiko memang dari beragam kalangan, mulai dari anak kecil sampai dewasa. Ada juga, kok, teman seumuran saya yang suka baca Miiko *nyaritemen... :D Cerita komiknya memang sederhana, tentang keseharian Miiko bersama keluarga dan teman-temannya. Kisahnya memang loveable banget, maniiiis gitu. Makanya jadi banyak pembacanya di Indonesia. :)

Setelah menunggu satu jam sambil baca komik terbarunya, Ono sensei pun dataaaang... Ia disambut dengan sangat meriah oleh kami. Gimana kesan saya terhadap Ono sensei? Aaah, senang banget lihat raut wajahnya yang teduh dan selalu senyum... :) Ono sensei tampak ceria, ya, pantes aja karakter-karakter yang digambarnya juga selalu terlihat ceria dan semangat. :D Ono sensei langsung memberikan kata sambutan dan mengucapkan terima kasih karena sudah menyukai karya komiknya. Setelah itu dilakukan launching kartu KGVC yang sekaligus Flazz dengan desain spesial Miiko serta penyerahan shikishi atau gambar Miiko ke pihak Gramedia.







Saat yang saya nantikan pun tiba, foto bersama Ono sensei! Saya ada di grup 2, setiap grup terdiri dari 10 orang peserta. Usai foto saya hanya bisa berucap "arigatou" dan senangnya Ono sensei pun melihat saya dan mengucapkan hal yang sama juga. :D Hasil foto berkelompok ini bisa diambil seusai acara meet and greet. Setelah sesi foto selesai, dilanjutkan dengan signing session. Nah, saya iri banget sama yang dapat tanda tangan Ono sensei. Kayaknya kalau beliau datang lagi, saya bakal daftar buat ikut signing session-nya... Hehe... Belum puaass...





Di sesi tanda tangan ini ternyata yang ditanda tangani adalah shikishi dan bukan di dalam komiknya. Bisa lebih awet, sih, ya. Kan jadi bisa disimpan rapi di dalam folder. Peserta signing session juga ternyata enggak bisa selfie bareng Ono sensei. Peserta cuma bisa menitipkan kamera atau handphone ke panitia untuk difoto kan saat Ono sensei menandatangani shikishi-nya. Banyak peraturan dalam meet and greet ini, misalnya saja peserta enggak boleh memfoto Ono sensei dari jarak dekat dan close up, flash kamera sangat dilarang serta peserta juga enggak boleh meminta gambar ilustrasi saat shikishi-nya ditandatangani.





Sesi tanda tangan ini berjalan cukup lama. Yaiyalaaah, ada 40 peserta. Bahkan Ono sensei juga sempat istirahat selama satu menit aja. Ono sensei juga enggak cuma membubuhkan tanda tangan tapi juga menulis nama tiap peserta di shikishi dan peserta juga bisa mengobrol sebentar. Asyik, yaaa... :D Sambil menunggu sesi ini, pembawa acara pun mengajak ngobrol peserta seputar komik Miiko. Ada beberapa pertanyaan yang menceritakan kisah favoritnya di komik, seperti saat Miiko nyontek pas ulangan dan ia akhirnya mengaku pada Pak Guru dan ada juga yang suka cerita saat adik Miiko lahir dan hanya Miiko yang menemani ibunya melahirkan karena ayahnya sedang di luar kota. Cerita kelahiran Momo, adik Miiko, ini juga jadi salah satu cerita favorit saya... :) Rata-rata peserta saat ditanya siapa karakter favoritnya banyak yang menjawab Tappei! Nyahahahaha... :D Ya, iyalah cakep, lucu, ngegemesin, manis gitu, kan karakternya. ;D

Selain itu pembawa acara juga sempat membacakan beberapa pertanyaan yang sudah dijawab oleh Ono sensei. Nah, berikut saya catat beberapa pertanyaan dan jawabannya, ya.

Gimana perasaannya ada banyak yg terinspirasi sama Miiko di indonesia?
Saya merasa bersyukur di Indonesia yang bahasa dan budayanya berbeda tapi banyak yang suka Miiko.

Kenapa masih suka menggambar Miiko padahal anaknya udah besar (anak sensei sudah ada yang kuliah)?
Saya suka mengikuti pikiran anak-anak karena pikirannya masih sederhana.

Selain Miiko mau bikin cerita tentang apa lagi?
Mau bikin cerita tentang penyihir yang ada di dunia manusia.

Kira-kira nanti Miiko gedenya jadi apa, ya?
Miiko akan bekerja keras sebagai perawat dan di hari libur akan jadi asisten komik Marie-chan.

Siapa karakter favorit di komik Miiko?
Miiko, Tappei, dan Marie.

Kenapa tinggi Miiko hanya 122 cm?
Saya membayangkan saat Miiko dan Tappei berdiri sejajar akan beda 30 cm. Jadi tinggi Tappei 152 cm dan Miiko 122 cm.

Huaaah, ternyata sama Tappei pun saya kalah tinggi. Ahahaha... Nasib 150 cm pas! :D

Ono sensei melalui apa yang dikatakan pembawa acara juga berpesan untuk menjadi seorang komikus dibutuhkan fisik dan mental yang kuat. Suka menonton, membaca, dan mendengar juga hal bagus yang seharusnya dilakukan untuk jadi komikus. Saat menggambar komik, Ono sensei juga suka melakukannya di cafe selain di rumahnya sendiri.

Sayang banget, sih, ternyata enggak ada sesi tanya jawab langsung. Saya padahal berharap banget ada sesi interaktif antara Ono-sensei dan peserta meet and greet. Aaaahhhh, tapi punya pengalaman ikut acara ini pun saya sudah senang banget, bahagia, dan merasa beruntung... :D

Semoga di lain waktu Ono-sensei bisa main lagi ke kota-kota lainnya di Indonesia. :)

Oiya, di komik terbarunya setelah 28 volume ada di kelas 5, Miiko naik kelas jugaaaaa. Ya, Miiko sekarang sudah kelas 6 SD tapi masih aja dianggap kelas 2 SD... Hahahaha... Pukpuk, Miikoooooo!








Saya ditemani Boo. :) Saat acara meet and greet,
Boo dan Yaya Indro nonton di XXI. :D


-Bubu Dita-



8 komentar:

  1. Aku gk terlalu tau karakter kartun, cm sebatas conan dan doraemon.
    Acaranya seru mba, jarang2 pula, sampai nunggu 4thn, itu fotonya nyaru banget kayak anak smp lhooh

    BalasHapus
  2. Aku bisa ngerasain keseruannya.. :D. Aku sndiri pernah ngerasain pas ketemu penulis idolaku.. Waah senengnya ga bisa diungkapin lg. Apalagi dpt tandatangan.

    Btw jd selama ketemu, ono sensei pake penterjemah ya mba?

    BalasHapus
  3. Ini kemarin yg sempet booming juga di facebook. Aaakkkk Ono sensei yg ditunggu2 akhirnya ke Indo jg ya setelah 2013 dan akhirnya ketemu jg ya mb kemarin. Selamat
    Meskipun foto grup tapi tetep menyenangkan

    BalasHapus
  4. seru banget acaranya dit....
    lintas usia jg ya fansnya

    BalasHapus
  5. waaa...aku juga sukabaca Miiko :D

    BalasHapus
  6. Anakku suka Miko nih...tp syg berbayar tiketnya lumayan juga ya....Coba lbh murah hihihi

    BalasHapus
  7. Aku penasaran sama mangaka satu ini, semoga nanti ada meet and greet lagi :D

    BalasHapus