Saturday, March 25, 2017

Traveling Keliling Jepang Bersama Miiko




Dari beberapa komik yang saya baca, komik Hai, Miiko! yang dibuat oleh Ono Eriko adalah komik yang paling nempel di hati. :D Cerita Miiko sederhana saja, menceritakan kisah hidup sehari-hari bersama teman-teman dan keluarganya. Tapi ada juga kisah di komiknya yang menceritakan perjalanan Miiko ke tempat-tempat seru, lho! Miiko yang bertempat tinggal di Tokyo,  beberapa kali diceritakan berlibur saat musim panas atau musim dingin. Miiko juga pernah traveling sambil menemani ibunya kerja di luar kota. Ke tempat saudaranya yang tinggal di kota lain juga pernah. Nah, kali ini saya mau berbagi cerita tentang berbagai tempat di Jepang yang sebaiknya kamu kunjungi jika kamu adalah fans Miiko seperti saya... Hihihi... Apa aja, ya?



HOKKAIDO (SHIRETOKO HANTO)
-Hai, Miiko! Volume 1-

Di depan toko Lazy Moon yang dikelola keluarga Tappei ada pengumuman bahwa toko akan tutup untuk sementara. Ada desas desus Tappei dan keluarganya akan pindah ke Hokkaido. Kabar itu diutarakan oleh tetangga Tappei saat Miiko dan teman-temannya mengunjungi toko sekaligus rumah Tappei. Hal ini tentu saja membuat heboh teman-teman Tappei, Miiko aja sampai sedih banget. Ternyata, hal itu enggak benar. Hanya ayah Tappei saja yang akan ke Shiretoko Hanto di Hokkaido untuk keperluan syuting selama satu bulan. Ayah Tappei bekerja sebagai kameramen. Ibu Tappei akan mendampinginya sementara Tappei karena sekolah harus menginap di rumah pamannya. Ya, karena itulah toko Lazy Moon ditutup. Hihihi...






Saya baru tahu tentang Shiretoko Hanto atau Semenanjung Shiretoko dari komik Miiko ini. Begitu Googling, saya pun takjuuuub banget sama tempat ini. :) Shiretoko Hanto terletak di ujung timur laut Hokkaido dan menjadi bagian dari Taman Nasional Shiretoko. Tempat ini ternyata merupakan salah satu Situs Warisan Alam Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO tahun 2005. Ada banyak hal menarik yang bisa kita temui di Shiretoko. Di sinilah habitat beruang cokelat terbesar di dunia. Rubah dan rusa juga banyak ditemui di sini. Yang mengagumkan, lautan di Semenanjung Shiretoko akan diselimuti es yang terapung. Bahkan di bulan Juni pun masih terlihat salju di pegunungan di Shiretoko.


Laut Okhotsk dari Pelabuhan Utoro di pesisir barat Semenanjung Shiretoko.
Source: www3.nhk.or.jp


Danau di Shiretoko.
Source: www3.nhk.or.jp



OITA
-Hai, Miiko! volume 2-

Miiko traveling ke kampung halaman papanya di Oita. Di sana, ia bermain dengan sepupunya yang bernama Kiyomi. Miiko yang terbiasa hidup di kota terlihat excited banget di Oita. Saat sampai di rumah neneknya di sana, Miiko bahkan terkagum-kagum karena rumah itu sangat besar baginya. Maklum saja, Miiko sehari-hari memang tinggal di flat yang tidak terlalu besar.

Di Oita, Miiko dan Kiyomi menjelajah kebun sayur dan memetik buah semangka. Ini pengalaman pertama bagi Miiko pergi ke perkebunan sayur. Di kebun itu juga terdapat pohon timun, paprika, dan kacang panjang. Miiko dan Kiyomi pun bermain di pantai. Ada kejadian lucu saat Miiko mengira melihat kecebong, padahal yang dilihatnya itu ikan kecil... :) Kalau kata Kiyomi, "Ya iyalaaah, mana ada kecebong di laut... :D






Oita terletak di Pulau Kyushu. Perfektur ini ternyata memang populer dengan destinasi alamnya, berupa pegunungan serta onsen atau pemandian air panas alami. Oita juga terkenal dengan hasil agrikultur dan hasil lautnya. Jamur shitake, berbagai jenis ikan serta kepiting merupakan produk andalan Oita yang dikirim ke berbagai daerah lain di Jepang.


Bungo Futamigaura di Oita. Source: www.jalan2kejepang.com

Onsen Yufuin di Oita.
Source: http://his-travel.co.id


Cerita ini bikin saya ingat sama Boo dan Mika. Namanya keluarga yang tinggal di kota hiburannya enggak jauh dari mal. Makanya, saya seneeeeng banget  kalau Boo dan Mika setiap weekend main ke rumah eyangnya yang masih asri. Masih bisa melihat empang, masih bisa melihat kandang ayam, masih bisa main di rumput, dan lari-lari di kebun. :) Saya yakin hal itu pasti akan tersimpan di dalam memori mereka sampai mereka besar nanti... :)


NAGASAKI
-Hai, Miiko! volume 2-

Dari Oita, Miiko, papanya, dan Kiyomi ke Nagasaki. Papa Miiko ada pekerjaan di kota itu dan akan menjemput papa Kiyomi. Karena itulah, Miiko berkeliling Nagasaki bersama Kiyomi saja. Setelah berputar-putar ke sana kemari, mereka berdua sampailah di sebuah  kuil yang agak rusak. Untuk mencapai kuil itu harus menaiki tangga terlebih dahulu. Miiko ingin melihat ke atas namun Kiyomi ingin menunggu di bawah saja.

Sesampainya di atas, Miiko melihat empat orang anak seusianya yang terlihat agak berbeda gaya berpakaiannya. Mereka mengajak Miiko bermain. Tiba-tiba saja ada cahaya terang dan sekelilingnya pun hancur. Ya, ternyata Miiko tertidur di kuil dan bermimpi tentang kejadian pemboman di Nagasaki tahun 1945 lalu. Setelah bertemu kembali dengan Kiyomi, Miiko membeli empat bunga untuk empat teman barunya yang muncul didalam mimpinya. Padahal uang itu sebenarnya untuk membeli donat.




Saya terharuuuu banget pas baca cerita ini... :') Nagasaki menjadi salah satu kota yang dibom atom pada Perang Dunia II. Nagasaki terletak di pesisir pantai dan pada masa lalu menjadi pelopor perdagangan dengan luar negeri. Tidak heran jika terdapat bangunan peninggalan khas Eropa di tempat ini. Di Nagasaki terdapat bangunan bergaya Eropa pertama di Jepang, yaitu Gereja Oura. Hingga kini Gereja tersebut menjadi objek wisata. Selain itu ada beberapa objek menarik lainnya, seperti Nagasaki Peace Park, Gunung Inasa, serta Huis Ten Bosch (taman bermain bergaya Eropa).


Nagasaki Peace Park.
Source: http://www.infojepang.net


KANTOR SHOGAKUKAN
-Hai, Miiko! Volume 9-

Cerita ini menarik banget bagi saya karena menceritakan mama Miiko yang seorang working-mom, seperti halnya saya. :) Miiko sempat kesal pada mamanya yang menurutnya sibuk sekali bekerja. Suatu hari saat sampai di rumah sepulang dari bermain di rumah temannya, ia mendapati rumah kosong dan hanya ada semur di panci. :) Tak lama mamanya tiba di rumah namun hanya untuk menaruh nasi dan membuat sup miso. Segera setelah itu, ia pergi lagi ke kantornya karena ada deadline. Miiko pun sangat kesal dibuatnya. Di tengah kekesalannya, mamanya menelepon dan meminta tolong untuk ke kantor membawa amplop berisi naskah komik yang tertinggal di rumah. Naskah komik itu harus segera diselesaikannya Ya, mama Miiko merupakan editor Majalah Komik Ocha yang populer di Tokyo. Sepertinya, sih, majalah Ocha yang diceritakan di komik ini fiksi...

Sampailah Miiko di kantor mamanya dan melihat betapa pekerjaan yang dilakukan mamanya ternyata membuatnya bangga. Apalagi cerita komik yang diedit mamanya menjadi cerita favorit teman-temannya juga. :) Setelah pekerjaan mamanya selesai, Miiko pun pulang bersama ibunya dan mereka makan bersama... :)




Karena komik Hai, Miiko diterbitkan oleh Shogakukan jadi saya pun berkesimpulan jika mama Miiko bekerja di tempat tersebut... :) Kantor pusat Shogakukan berada di Hitotsubashi, Chiyoda, Tokyo. Jika kamu penggemar manga jangan lupa untuk datang ke kantor penerbit komik favoritmu, ya. Sekedar berfoto di depan kantornya pun lucu juga, kan, buat kenang-kenangan... :D


Kantor Shogakukan di Tokyo.
Source: commons.wikimedia.org


RESORT SKI
-Hai, Miiko! Volume 11

Di beberapa volume komik Miiko terdapat cerita Miiko dan teman-temannya ke tempat main ski meski tidak dijelaskan secara detail di mana resort ski yang mereka datangi. Nah, di volume 11 ini, Miiko diceritakan pergi ke resort ski di suatu tempat di Jepang. Dari obrolan dengan teman-temannya, Marie pernah main ski di Hokkaido sedangkan Yuko pernah mencobanya di Nagano. Ada kejadian lucu saat Marie yang mengaku sudah bisa main ski malah ditempatkan pada grade yang sama dengan Miiko. Sedangkan Yuko yang diam-diam saja malah mendapat grade lebih tinggi. Hal ini membuat Marie agak kesal. Apalagi saat Miiko enggak sengaja meluncur dan diselamatkan oleh Yuko. Akhirnya, sih, kesalahpahaman mereka berakhir bahagia saat mereka bertiga melihat pemandangan bintang-bintang  yang menakjubkan di langit malam. Persahabatan mereka maniiis banget rasanya.. :D




Di Jepang ada banyak tempat resort ski yang bisa dikunjungi. Salah satu yang paling ramai adalah Gala Yuzawa di Perfektur Niigata. Tempat ini satu-satunya resort ski yang bisa diakses oleh Shinkansen. Lama perjalanan sekitar 75 menit dari Tokyo. Tak hanya di musim dingin, ternyata di musim panas pun kita bisa bermain ski di sini, lho!

Di Hokkaido juga ada beberapa  tempat bermain ski. Resort yang paling terkenal di Hokkaido adalah Resort Ski Niseko. Resort ini mencakup daerah pegunungan Annupuri dan Gunung berapi Yotei. Di tempat ini disediakan berbagai jenis pilihan lintasan ski dari yang mudah hingga tingkat kesulitan tinggi. Sedangkan di Nagano terdapat resort ski terbaik di Myoko-ski. Di daerah ini kita akan melihat pemandangan menakjubkan dari pegunungan yang tertutup salju, suasana kota dari kejauhan dan danau-danau yang dikelilingi pepohonan. :)


Lintasan ski di Niseko Hokkaido.
Source: http://www.infojepang.net


HIROSHIMA
-Hai, Miiko! Volume 17-

Ceritanya hampir mirip dengan kisah di Nagasaki tapi kali ini lebih menyentuh... :') Mama Miiko akan pergi ke Hiroshima untuk menemani komikus mengadakan meet and greet. Mamanya pun mengajak Miiko ke Hiroshima. Apa yang diketahui Miiko tentang Hiroshima hanya takoyaki seta klub baseball.. :)

Sesampainya di Hiroshima, sambil menunggu mamanya yang sedang bekerja, Miiko jalan-jalan ke Memorial Park. Miiko sempat terperanjat melihat bangunan yang hancur. Di tempat itu enggak disangka, Miiko bertemu Tappei yang sedang menemani papanya. Miiko pun berkeliling tempat itu bersama Tappei.

Tiba-tiba saja ada anak kecil bernama Chieko yang mendatangi mereka. Chieko menyebut Tappei dengan panggilan Kakak. Namun begitu ada yang memotret menggunakan flash, Chieko pun menghilang. Tappei dan Miiko kaget dibuatnya. Mereka berdua lalu bertemu dengan seorang bapak yang agak mirip dengan Tappei. Dan benar saja, bapak itu memperlihatkan fotonya bersama dengan adiknya beberapa tahun silam. Adiknya itu adalah Chieko! Chieko, teman-temannya, dan gurunya tidak selamat pada kejadian bom atom di Hiroshima. Kejadian itu berlangsung pagi hari dimana banyak anak-anak yang sekolah. Sedangkan kakak Chieko selamat karena sudah mengungsi terlebih dahulu.

Miiko pun bergegas membeli es krim untuk Chieko dan teman-temannya. Ia mencari-cari di mana Chieko sampai akhirnya ia menemukannya. Kakak Chieko pun dibuat kaget. Akhirnya ia memberikan es krim itu untuk adiknya, Chieko. Ternyata Chieko belum pernah makan es krim sama sekali. Inilah kali pertamanya makan es krim.. :')






Pas membaca kisah ini, saya nangis! Enggak kebayang kejadian pada saat itu, apalagi banyak korban anak-anak. Ono Eriko berhasil membuat kisah ini dari sudut pandang berbeda dan sangat menghanyutkan...


Kini setelah 72 tahun diterjang bencana kemanusiaan, Hiroshima telah bangkit menjadi kota yang maju. Peninggalan sisa-sisa bangunan ada yang dibiarkan begitu saja sebagai pengingat kejadian masa lalu dan apa dampaknya agar di masa kini dan masa depan hal tersebut enggak terjadi lagi (di mana pun!). 

Hiroshima memiliki berbagai tempat wisata yang patut dikunjungi saat kita berlibur ke Jepang. Yang paling populer tentu tempat wisata yang berhubungan dengan kejadian bom atom tersebut seperti, Gonbaku Dome, Museum Perdamaian Hiroshima, Hiroshima Peace Memorial Park, Tugu Peringatan, Monumen Perdamaian Anak, Monumen Murid Korban Bom Atom, Statue of Mother and Children, serta Gerbang Perdamaian. Saya juga beberapa waktu lalu sempat membaca postingan Mba Fanny Dcatqueen yang baru saja mengunjungi museum di Hiroshima. Pas membaca postingan tersebut saya pun juga sampai berkaca-kaca. Di dalam museum banyak ditampilkan benda-benda milik korban, ada audio guide yang memperdengarkan kepada kita suasana setelah terjadi ledakan. Ada juga film singkat mengenai korban yang lahir dengan mengalami cacat bawaan akibat radiasi nuklir. Nyeeesss... Postingan Mba Fanny tentang Museum Bom Atom Hiroshima bisa dibaca lengkap di  tautan ini.   

Selain wisata mengenang kejadian bom atom, perfektur Hiroshima juga terkenal dengan Itsukushima Shrine, yaitu sebuah kuil dengan gerbang torii-nya yang terapung. Hiroshima Castle juga menjadi tujuan wisata wajib jika ke Hiroshima. Bangunan ini merupakan replika setelah kastil yang asli hancur akibat bom atom.


Gonbaku Dome di Hiroshima.
Source: jepang.panduanwisata.id


Tokyo Skytree & Asakusa
-Hai, Miiko! Volume 26-

Saat masih liburan musim panas, Miiko sudah berencana akan ke Tokyo Skytree bersama mamanya. Namun saat hari yang ditentukan, mama Miiko malah enggak bisa cuti dari kantor karena editor majalah komik yang bertanggung jawab pada suatu acara diopname di rumah sakit. Akibatnya mama Miiko harus menggantikannya. Miiko pun kecewa berat. Saat bermain di luar, ia bertemu dengan teman sekolahnya bernama Haruna yang merupakan siswa pindahan dari Fukushima. Miiko pun curhat apa yang dirasakannya pada temannya itu. Haruna yang belum pernah jalan-jalan di Tokyo pun diajak Miiko ke Tokyo Skytree!

Mereka berdua naik kereta dan hampir tersasar. Namun akhirnya Miiko dan Haruna sampai juga di depan Tokyo Skytree. Seru banget mengikuti perjalanan mereka berdua naik kereta, turun kereta, salah naik kereta, naik eskalator, sampai ada papan informasi bertuliskan Skytree yang membuat mereka berdua kegirangan... :D Namun karena hanya membawa uang seadanya mereka enggak bisa masuk dan naik ke Skytree dan mencoba observatoriumnya. 

Untuk mengobati kekecewaan, Miiko dan Haruna jalan-jalan di Asakusa, tepatnya di Nakamise Street. Inilah tempat berburu oleh-oleh souvenir khas Jepang buat kita yang sedang berada di Tokyo. Bukan hanya souvenir yang lucu saja, di Nakamise pun banyak street food yang patut dicoba! Miiko dan Haruna membeli kue bolu isi pasta kacang, senbei panggang, dan kue manju. Mama Miiko bahkan diberi oleh-oleh kue bolu. Hihihi... :D






Tokyo Skytree merupakan menara tertinggi di Jepang, bahkan di dunia. Tinggi menara ini mencapai 634 meter. Selain berfungsi untuk merelay siaran radio dan televisi, di menara ini juga terdapat observatorium yang dibuka untuk umum. Pemandangan kota Tokyo bisa dilihat dengan jelas di observatorium ini.  

Sementara itu, Nakamise Street sangat populer sebagai tempat berburu souvenir di Tokyo. Berbagai jajanan seperti yang dibeli Miiko siap memanjakan pecinta kuliner Jepang. Nyaaammmm... Jalanan sepanjang lebih kurang 250 meter ini sudah menjadi jalan yang ramai sejak zaman Edo dan merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua di Jepang. Di gerbang masuk Nakamise terdapat kuil Sensoji Kaminari-mon yang sangat ikonik dengan lampion besarnya berwarna merah.


Menjulangnya Tokyo Skytree diantara bangunan lainnya.
Source: www.anibee.tv


Seruuu banget kayaknya yaah jalan-jalan lucu di Nakamise Street ini... :D
Source: www.japanphototrip.com

Membaca cerita ini bagi saya bisa menjadi pelajaran nantinya supaya Boo dan Mika juga berani jalan-jalan dan melanglang buana sendiri ke mana yang mereka suka. Tapi saya pastinya tetap harus memberi wejangan betapa pentingnya selalu waspada terhadap situasi dan kondisi di sekitar... :)

-------------

Huuahhh huuaahhh seneng banget bisa nulis Traveling Keliling Jepang Bersama Miiko ini.. Hihihi.. Komik Miiko di Indonesia banyak banget penggemarnya. Setiap volume baru terbit pasti selalu jadi best seller. Berbagai cerita di komik Miiko mengingatkan saya betapa pentingnya arti keluarga dan sahabat. :) Miiko juga menunjukkan kalau jadi diri sendiri yang penyayang dan baik sama orang lain itu keren. Iya, meski ada banyaaak kekurangan dari diri kita tapi jangan sampai kita kurang baik sama orang...

Dan, dan, dan... ternyata melalui komik ini kita juga bisa diajak jalan-jalan menyusuri banyak hal di negara Jepang. Ono Eriko enggak cuma berkutat di Tokyo, tok. Waktu bikin cerita Hiroshima itu, dia bahkan mengunjungi Hiroshima langsung. Saya jadi enggak heran kalau cerita Hiroshima yang dihasilkannya di komik ini sangat menyentuh hati pembacanya... :) Kira-kira Miiko bakal jalan-jalan ke mana lagi, yaaa?



-Bubu Dita-



Referensi:
Komik Hai, Miiko volume 1
Komik Hai, Miiko volume 2
Komik Hai, Miiko volume 9
Komik Hai, Miiko volume 11
Komik Hai, Miiko volume 17
Komik Hai, Miiko volume 23
https://www.jalan2kejepang.com/destinasi/oita
https://www3.nhk.or.jp/nhkworld/id/radio/travel/archive/20150703.html
http://www.infojepang.net/info-wisata-di-nagasaki/
http://www.infojepang.net/resort-ski-dan-liburan-musim-dingin-di-hokkaido/
http://his-travel.co.id/blog/article/detail/serunya-main-ski-di-nagano
https://www.japanhoppers.com/id/kanto/tokyo/kanko/703/


22 comments:

  1. suka baca miiko juga, ya? Ini komik favorit anak saya :)

    ReplyDelete
  2. jiaaaaaahhhh, aku baru tau komik ini... kok jd pengen nyari ya mba... serialnya udh banyak bgt yaa... tapi aku yakin sih, kalo beli komik miiko ini bisa2 aku ga sadar book tiket mulu tiap thn ke jepang ;p.. baca di atas aja aku udh mupeng ke tempat2 lainnya.. nagasaki aku ga sempet tuh.. ama hokkaido pengen bangettttt ^o^ ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah sampe 29 mbaa.. Baca, bacaaaa lucu bangeeettt ahahaha aku ngomporiin.. :D

      Delete
  3. Huwa... belum pernah baca mikoo ini. KApan2 cari ke tokbuk nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi Siipp mba, lucu nih komiknya :D

      Delete
  4. Hihihii penasaran ah pengen langsung mencoba membaca komik Miko :)

    ReplyDelete
  5. Mba Dita keren deh kepikiran buat bikin ini. Aku pun jadi terharu baca kisahnya Miiko :')
    Selama ini tau komik Miiko cuma aku belum sempat baca karena dikira komik anak-anak banget hihi..
    Kalo tempat favorit yang disebutin semua tadi aku dari dulu kepengen banget ke Hokkaido kampung halamannya Shizuka di Doraemon #emaap #bedakomik :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaciii Nessaaa.. Lucu banget lho ini komiknya, kamu haruusss baca karena ada baper2 manisnya juga ahahaha.. :D Yuk pake pintu Doraemon apa kita ke Hokkaido? :D

      Delete
  6. Ono-sensei secara tidak langsung sering mengajak pembacanya tour ya mba :D aku paling suka Miiko zaman Edo!

    Suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah iya yg zaman Edo pun lucu, aku suka.. :D Iya aku jd tau tempat2 menarik di Jepang..

      Delete
  7. Wah lucu ya Miko, komik anak-anak tapi bisa memberi pengetahuan lebih tentang alam yang ada di Jepang. Bagus banget jadi pingin baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mba, komik anak dan masih busa banget dibaca sama ibu2.. Hihi :D

      Delete
  8. Aku dan anakku Nailah penggemar Miiko..akkk, keren banget artikelnya maak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakkk makacii maaak.. :D Tooss aah sesama penggemar Miiko hihi

      Delete
  9. Wah kayaknya seru yah komiknya, jadi pengen nyoba beli deh buat Kayla & Fathir..


    Komik Jepang di rumahku cuma ada doraemon punya Kayla sama detektif conan punya mamanya Kayla nih hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu teh, gak kalah baper2 sama Drakor hihihi.. :D Beneran.. :D Kalo Conan suami aku yg suka beli.. hehe

      Delete
  10. MIIKO!!! Miiko is lyfe! Aku juga fans Miiko garis keras banget nget nget nget. Kita sama mbaaaaaaaaa. Aku jadi rasanya pengin bahas Miiko seharian sama dirimu ih. Hahahaa. Aku bisa LAMA BANGET bahas adegan2 di Miiko ini loh. Padahal adegan nya remeh banget kan ya hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakk demi apaaah Mba Gesi juga fans berat Miiko ahahhahaa :D Toosss.. :D Remeh temen, lucu, gemesin pingin aku cubit pipinya rasanya sih itu karakter2nya ahahaha.. :D Tiba2 keingetan adegan beli kado buat Tappei, disangkanya sapu tangan gak taunya celana boxer.. wkwkwkwk

      Delete
  11. aduuuh aku ini generasi komik jepang pansy dan mari-chan, yg punya miko komplit mah adikku ... suka intip2 komik miko, ucul ucul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ucul2 bgt ya mbaaa.. Aku duluuu jg sempet baca Pansus sama Mari-chan tapi gak ngoleksi mbaa.. :D

      Delete