Jumat, 07 Juli 2017

Punya Banyak Foto Traveling? Jangan Lupa Simpan Juga di Hardisk Eksternal!


Setelah traveling dari suatu destinasi biasanya saya suka kaget dengan foto-foto yang ada di kamera dan di handphone. Wuiiih, ternyata foto yang saya atau Yaya Indro ambil banyak banget! :D Ada ratusan foto, ditambah video yang tentu saja bisa menghabiskan memori.  

Nah, sayangnya saya pun termasuk orang yang teledor banget. Mestinya sehabis traveling semua data foto dan video itu langsung dipindahkan, tapi saya suka menunda-nunda. Makanya pernah banget pas lagi asyik motret tiba-tiba memori full. Gemeeees rasanya, kan. Hihi... Terus nyesel, kenapa enggak langsung memindahkan data di memori. Jangan ditiru, yaa...

Dalam hal penyimpanan dokumentasi traveling pun, saya akui kalau saya juga kurang rapi (ngaku dosa lagi!).  Buntut dari menunda-nunda memindahkan foto-foto dan video perjalanan itu akhirnya dokumentasi traveling keluarga agak tercecer. Ada yang tersimpan di laptop pribadi, ada juga yang di PC kantor atau di flashdisk. 

Penyimpanan dokumentasi perjalanan (atau dokumentasi apapun) mestinya enggak di satu tempat aja, kan. Kalau sudah disimpan di laptop atau PC ada baiknya juga simpan di hardisk eksternal. Lagipula idealnya semua dokumentasi traveling disatukan di satu tempat. Meski tercecer di laptop atau PC tapi ada satu tempat penyimpanan khusus untuk itu semua supaya enggak bingung lagi mencarinya. Dan hardisk eksternal memang yang paling bisa diandalkan untuk itu.





Yes, benda satu itu tampaknya memang wajib, deh, dimiliki oleh travel blogger atau kita yang senang mengabadikan momen. Saya sendiri pernah punya hardisk eksternal tapi waktu itu hilang entah kemana. Rasanya saya jadi pingin beli hardisk eksternal sekarang juga. Apalagi foto-foto dan video traveling bersama Boo dan Mika sudah makin banyak. Saya enggak mau jika tiba-tiba kenangan itu hilang begitu saja karena ada apa-apa dengan PC atau laptop saya (amit, amit jangan sampai kejadian, deh... Hehe...). 

Mem-backup up semua dokumentasi yang kita punya ke dalam hardisk eksternal rasanya penting banget. Memiliki Hardisk eksternal tentu saja menguntungkan kita. Salah satu aksesoris pelengkap PC dan laptop ini punya berbagai kelebihan. Apa saja?

  • Bentuknya kecil, ringan, dan gampang banget di bawa ke mana saja, termasuk dibawa traveling kemana-mana. Cocok untuk yang suka traveling dengan membawa laptop atau notebook. Mudah dipasang di manapun asal ada slot  USB. Foto dan video bisa langsung dipindahkan ke hardisk eksternal saat masih dalam perjalanan pun, enggak harus menunggu sampai di rumah lagi. Saat sudah dipindahkan, kita bisa memakai kamera tanpa takut kehabisan memori. Aman!

  • Kapasitas hardisk eksternal termasuk besar. Bahkan beberapa diantaranya lebih besar dibandingkan hardisk internal. Kini sudah ada hardisk eksternal yang mencapai kapasitas 2 TB bahkan lebih. Pas banget dimiliki untuk traveler dengan hasil foto kualitas tinggi dan video yang pastinya ber-size besar.

  • Harga sudah mulai terjangkau. Yes, dibanding dulu dengan kapasitas penyimpanan yang enggak sebesar sekarang, harga sebuah hardisk eksternal cukup terjangkau. Ada banyak banget pilihan hardisk eksternal dengan harga ratusan ribu, enggak sampai 1 juta.


Disamping banyak kelebihan, namun sebagai pengguna kita tetap harus menjaganya baik-baik supaya enggak cepat rusak. Apalagi buat teman-teman yang mobile dan suka traveling ke mana-mana dengan membawa hardisk eksternal. 

Risiko rusak karena jatuh atau tergoncang pasti ada. Hardisk eksternal juga enggak bisa terhindar dari virus dan rusak. Bahkan biasanya lebih rentan terkena virus. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko tersebut. Berikut ini beberapa caranya.

  • Selalu lindungi dengan pouch yang memang dirancang khusus untuk hardisk eksternal. Penggunaan pouch ini juga untuk melindunginya dari debu. Namun jika sedang digunakan, ada baiknya untuk membuka pouch tersebut.

  • Pemakaian hardisk eksternal sebaiknya dipakai secara personal. Hal ini untuk menghindari hardisk kita dari banyak gadget yang tanpa kita tahu apakah di dalamnya ada virus atau tidak. Jika digunakan pribadi, semoga hardisk eksternal lebih awet dan enggak cepat rusak. 


  • Jauhi hardisk eksternal dari benda yang bergetar, seperti speaker karena hardisk bisa berisiko  berhenti bekerja tiba-tiba. Sama seperti alat elektronik lainnya, jauhkan juga hardisk eksternal dari cairan. Selain itu, tempatkan di benda yang datar seperti meja, jangan di bantal.


  • Jangan langsung mencabut konektor setelah selesai memindahkan data ke hardisk eksternal. Jangan lupa untuk mengklik “Safe Remove Hardware" agar semua data yang ada pada cache memori dihapus sehingga data yang ada pada hardisk tidak akan rusak saat kita mencabut kepala kabel USB.

Semoga, ya, hardisk eksternal milik kita akan awet jika kita merawatnya. Lagipula isi di dalamnya itu, lho, yang enggak akan bisa tergantikan. :) Siapa yang bisa menukar foto-foto dan video traveling serta pengalaman  ke tempat menarik dengan sesuatu yang lain? Enggak ada! :)

Pernah punya pengalaman dengan hardisk eksternal atau foto hasil traveling yang seru? Share, yuk! :)



-Bubu Dita-



30 komentar:

  1. Aku sendiri sampai sekarang masih cari cari hardisck eksternal yang kapasitasnya gede tapi harganya sesuai sama kantong anak kost sepertiku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walopun aku bukan anak kosan lagi tapi aku jg cari yg kayak gitu kak.. haha.. Tetep ya maunya yang murah tapi enggak murahan.. :D

      Hapus
  2. Iya bener... Duh semua pogo videoku di laptop dan hardisk laptopnya rusak. Lenyap sudah dahhhh semuanya huhyhyuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kejadian kayak gitu sereeeem dan bikin sedih kan..

      Hapus
  3. sejak kejadian note book ku ilang jadi rajin nyimpen di HD eks
    sayang kalau foto bagus2 ilang , itu kenangan tak tergantikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuu, iya sih bisa diulang misalnya kalau pergi ke mana dan foto lagi tapi tetap aja beda rasanya ya..

      Hapus
  4. selalu back up sih apalagi skrg lagi banyak ancaman virus ina inu...
    iya hardisk makin murah skrg...intinya kita beli yg awet lama saja.
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak pingin punya hardisk eksternal yg awet dan bagus kualitasnya.. :)

      Hapus
  5. pengalaman saya, file dokumentasi hilang semua gegara hardisk laptop rusak :(
    nyesel banget dulu nggak punya back-up;an data. so, sekarang kalau habis ngopy foto dari temen atau dari kamera pribadi langsung lah itu tak save di flashdisk cadangan *iya pakai flashdisk, gegara belum punya hdd eksternal hehe

    ngesave foto di pc kantor emang gpp kah mbak? ngga dimarahi si big bos? wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini aman kak nyimpen di kantor hehe.. Kapasitasnya gede soalnya jadi masih bisa buat save data pribadi.. :D

      Hapus
  6. aku pernah beli hd external jaman dulu yg harganya lumayan, alhamdulillah ya sekarang harganya terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mba Ayyaa, sekarang yang kapasitasnya gede udah enggak semahal dulu ya.. Tapi belum kebeli juga nih aku.. haha

      Hapus
  7. pengen sih beli HDD Ext ini, tapi sayang harganya itu loh :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demiiii dokumentasi yg gak tergantikan kak.. :D

      Hapus
  8. Hihihihi aku yg selalu mindahin foto2 ke PC kantor, temenku jg gitu malah sampe kompinya ngehang karena kepenuhan foto hihihihihi.. :D kadang ku pemalas pake HD external, alternatif lain biasanya aku burn ke CD or DVD biar ngga pada ilang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tooss Mba San, sesama penyimpan data di PC kantor nyahahaha :D Eh tapi repot juga kalo sampe ngehang gitu.. Nah, kalo nyimpen di DVd aku malah lebih males lagi mba, asa lebih ribet.. hihi

      Hapus
  9. Untuk satu kali traveling saja bisa ratusan, gak bakal muat di laptop. Saya mengandalkan HD ext ini. Asal rajin mindahin saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah cerobohnya aku mba, suka enggak langsung dipindahin foto-foto setelah jalan-jalan.. Mesti nih kalo abis jalan harus kudu wajib langsung transfer data.. :D

      Hapus
  10. Merawat hard disk eksternal ini gampang-gampang susah ya, karena rentan terkena virus juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, sebisa mungkin untuk pemakaian personal aja ya buat meminimalkan resiko kena virus..

      Hapus
  11. Hard disk eksternal saya sejauh ini cuma jadi tempat backup semua data, tidak sekedar foto. Sekarang mulai beralih ke cloud storage sih karena aksesnya mudah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mba cloud Lumayan ngebantu juga sekarang buat back up data ya.. Tapi aku rasanya jg butuh hardisk eksternal yang kapasitasnya gede.. :D

      Hapus
  12. Suami beli 1tb, dan itupun belum abis2 walo udh kita simpen semua foto traveling dan film2 kesukaan dia :p. Berguna banget itu memang mba. Jd ga menuhin2 memory hp dan laptop :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hp-ku kesian nih mba Fan udah kebanyakan foto video juga hihi.. Mau dihapus sayang juga.. Pingiin punya yang 1 TB atau 2 TB sekalian mba biar awet sampe jalan-jalan berkali-kali juga ya.. :D

      Hapus
  13. kalau saya lebih ke penyimpan cloud aja kak. Ada juga sih beberapa foto di hardisk tapi isinya yang RAW (asli)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas di Hardisk yang kualitas fotonya paling bagus aja, lumayan kan kapasitasnya besar ya.. :)

      Hapus
  14. Aku pun ngandelin external HD tp ujung2nya penuhhh juga saking banyaknya foto yg umur fotonya dah bertahun tahun lamanya....

    BalasHapus
  15. hardisku uda full isinya film ma foto tapi bukan travelling cuma dokumentasi biasa aja sih, mau dihapusin kok ya sayang jadinya hihihi...

    BalasHapus
  16. suamiku pas ke China naro foto2nya sembarangan di leptop akhirnya leptop rusak bye kenangan hahaha makanya bener mba mesti disimpen ke hard disk atau ga lgsg dicetak masukin album

    BalasHapus
  17. saya sekarang nyimpannya pilih di google drive aja. Punya HD eksternal 1 Tera masih nganggur. Dibeliin kantor sih, jadi ya nggak merasa rugi hehehe

    BalasHapus