Wednesday, October 25, 2017

Liburan Seru Bersama Keluarga, Berenang Riang di Ungaran Semarang




Sudah empat tahun lalu, kaki saya menapaki Stasiun Tawang untuk pertama kalinya. Kala itu, saya tidak sendiri, tapi bersama Boo yang masih berusia 10 bulan dan juga Yaya Indro. Tujuan kami di Semarang hanya untuk jalan-jalan saja. Rasa penasaran saya terhadap Semarang sudah lama saya rasakan tapi baru saat itu ada kesempatan untuk menyambanginya.



Dengan menginap satu malam, ternyata tidak cukup untuk menjelajahi kotanya. Apalagi ketika saya tahu bahwa Semarang bukan hanya Lawang Sewu atau Klenteng Sam Poo Kong! Setelah dari Semarang, saya pun baru tahu jika Semarang tak hanya memiliki banyak tempat wisata yang menarik di kotanya saja. Di Kabupaten Semarang pun,  pesona tempat wisata seakan tidak pernah habis. 

Kabupaten Semarang memiliki wilayah yang cukup luas, terdiri dari 18 kecamatan dan 27 kelurahan. Ibu kotanya terletak di Ungaran. Di Ungaran saja, wisata yang bisa dinikmati keluarga banyak sekali. Saya pun mulai mencari tahu tentang Ungaran, siapa tahu suatu saat saya ada kesempatan ke sana dan sudah enggak bingung lagi akan ke mana di Ungaran. 


Hal yang paling menarik hati dari Ungaran adalah landscape-nya berupa pegunungan yang menawan. Ungaran terletak di daerah dataran tinggi, sehingga tempat wisatanya pun banyak yang merupakan wisata alam atau wisata buatan yang berpadu dengan alam. Hanya melihat deretan foto tempat wisata di Ungaran saja, hati saya sudah tergelitik ingin langsung ke sana. Nikmatnyaaaa, bersantai sambil melihat deretan pepohonan dengan udara yang sejuk menerpa. 


Nah, jika suatu saat saya dan keluarga ke Ungaran, saya sudah punya daftar tempat wisata mana saja yang mau saya datangi! Biasanya anak-anak suka banget kalau diajak berenang atau bermain air. Iya enggak?  Di Ungaran ada beberapa tempat wisata untuk mengakomodasi keinginan anak-anak itu. Apa saja wisata air di Ungaran yang pas untuk liburan bersama keluarga?

 

WATU GUNUNG UNGARAN
Berlokasi di lereng Gunung Ungaran, tempat wisata ini sangat direkomendasikan jika kita sedang berada di Ungaran. Mengapa? Coba, deh, lihat kolam renangnya! Airnya yang jernih bersumber dari air alami pegunungan.  Pastilah airnya juga terasa sangat segar! Cukup membayar Rp 20 ribu saja dan kita bisa menikmati kolam renang kece ini.ini
 

Ada tiga kolam renang yang bisa disesuaikan dengan tinggi badan. Di sekelilingnya terdapat pohon-pohon yang menjulang sehingga menambah teduh dan sejuknya suasana. Agar tampak semakin alami, banyak bebatuan yang diletakkan di sekitar kolam renang.


Sumber: www.semarangcoret.com

Sumber: www.sportourism.id

Tak hanya kolam renang saja yang menjadi daya tarik wisata di Watu Gunung Ungaran. Di tempat ini juga terdapat danau buatan dengan gazebo beratap joglo yang dapat dipakai untuk beristirahat. Jika ingin memancing di danau juga disediakan alatnya. Seru, ya! Ada juga sungai buatan yang mengalir dan suara gemericiknya mampu menghadirkan suasana khas pegunungan.
 

Jangan lupa untuk membawa kamera jika berkunjung ke Watu Gunung. Banyak lokasi menarik untuk berfoto ria, termasuk rumah joglo khas Jawa dengan set gamelan di dalamnya. Tidak heran jika  Watu Gunung Ungaran jadi langganan untuk sesi foto pre-wedding. Dengan konsep alam dan budaya, tempat ini mampu mencuri perhatian saya!
 

Alamat: Jl. Srikandi Raya No. 1, Desa Lerep Ungaran, Kab. Semarang

 

TIRTO ARGO SIWARAK
Sebenarnya nama asli tempat wisata ini adalah Tirto Argo. Namun, karena berlokasi di Siwarak, akhirnya kolam renang ini pun lebih dikenal masyarakat dengan nama Siwarak.  Tirto Argo termasuk wisata kolam renang yang populer. Di akhir pekan tempat ini pasti selalu ramai pengunjung. Apalagi harga tiket masuknya pun terjangkau, yaitu Rp 10 ribu saja.
 

Sumber: www.hellosemarang.com

Air yang dipakai di dalam kolam renangnya pun ternyata juga air alami pegunungan. Terdapat dua kolam renang yang diperuntukkan bagi anak-anak dan dewasa. Yang paling menarik dari tempat ini bagi anak-anak tentu saja ada beberapa permainan di kolam renangnya, seperti perosotan melingkar, perosotan seluncuran, ember tumpah, hingga pistol-pistolan air. Whuaaah, seru banget pasti, ya! :D
 

Hampir mirip dengan Watu Gunung Ungaran, kolam renang di Tirta Argo juga dikelilingi banyak pohon rindang yang menyejukkan suasana. Dengan taman yang cukup luas dan adanya wahana permanan untuk anak-anak, seperti ayunan, tempat ini bisa membuat betah pengunjung untuk berlama-lama. Hmmm... Saya jadi berpikir untuk piknik keluarga di sana! :D
 

Alamat: Jl. Tirto Argo RT. 04/08, Nyatnyono, Ungaran Barat, Kab. Semarang

 

BUKIT LEREP INDAH
Potensi wisata di Ungaran yang bisa digali juga dapat kita lihat di Bukit Lerep Indah atau dsingkat BLI. Alam pebukitan memang menjadi daya tariknya dan tentu saja masyarakat semakin banyak mendatanginya karena ada kolam renang di sana. Kolam renangnya sendiri terdiri dari tiga kolam dengan posisi bertingkat. Air kolamnya pun juga berasal dari air alami pegunungan.



Sumber: www.potensijateng.com

BLI kerap kali menjadi tempat gathering mahasiswa atau perusahaan dna keluarga. Di tempat ini disediakan penginapan, aula, hingga paket untuk outbond. Wah, menarik banget, nih! Oya, saya pun melihat ada restoran di tempat ini. Nah, pas, jika sudah kelaparan setelah aktivitas berenang, kita bisa langsung ke restoran dan menikmati sajian yang ada di sana.
 

Alamat: Jl. Pulang Geni, Ds. Lerep, Ungaran Barat, Kab. Semarang

 

THE FOUNTAN WATER PARK
Masyarakat Ungaran semakin dimanjakan dengan kehadiran The Fountain Water Park. Ya, tempat berenang dan bermain air yang pasti akan menjadi destinasi favorit keluarga, terutama anak-anak karena banyak permainan di dalamnya. 
 

Terdapat empat kolam dengan kedalaman berbeda-beda, mulai dari 30 cm, 50 cm, 100 cm, dan 150 cm. Wah, rasanya mengajak Mika yang baru berusia 2,5 tahun untuk berman air di kolam renang ini bisa banget, ya.


 Selain perosotan yang biasanya jamak ditemui di lokasi kolam renang, di tempat ini juga ada ember tumpah yang bisa membuat kaget serta bola-bola untuk bermain. Pasti seru jika anak-anak bermain air di sana, ya!
 

Lokasi The Fountan Water Park berada di lereng Gunung Ungaran sehingga udaranya pun masih sangat sejuk.  Di sekelilingnya pun tumbuh pepohonan yang semakin menyejukkan. Tak hanya kolam renang, ada juga restoran dan tempat outbond, seperti flying fox mini yang dapat dimainkan anak-anak.
 

Alamat: Jl. Bimasakti No.16 Mapagan, Ungaran, Kab. Semarang
Sumber: www.semarangcoret.com

Nah, gimana, teman-teman, ada yang sudah pernah ke Ungaran tapi belum mencoba berenang di sana? Rasanya rugi juga jika belum soalnya kolam renang di Ungaran ternyata bagus dan tidak kalah dengan yang ada di kotamu. Bahkan beberapa masih menggunakan air pegunungan.  Apalagi pemandangannya pun sangat memikat!
 

-----
 

“Kapan-kapan, kita harus ke Semarang lagi, ya, Yaya!” seru saya suatu hari. Dan saya pun mendapat anggukan dari Yaya Indro. :)




“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang”


-Bubu Dita-

35 comments:

  1. Bubu dita mah jalan2 mulu, envy. aduh itu aku pengen banget bisa mandi dibawah kaki gunung yang airnya jernih mengalir dari gunungnya langsung. Anak2 juga pasti suka bgt deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaa, aku juga belum pernah ini ke Ungaran. Pingin banget nyemplung kan rasanya.. hehe :D

      Delete
  2. Wah seru ya . Mudik tahun lalu mampir sebentar di kota ini . Tapi nggak sempat jalan- jalan.Next semoga juga bisa lebih lama. Asyik ya tempat- tempat wisatanya untuk anak- anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiinnn, aku ikut dong mba Gita.. hehe :D

      Delete
  3. Duh.. pengen nyobain watu gunung unggaran deh. Berenang manjah di air pegunungan asli. Plus selfie2 cantik di danau buatannya tuh. Htm nya murah pula cuma 20rb. Catet aaah..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa jangan sampe lupa selfie2 ya mba.. :D

      Delete
  4. Serruunya main air.. anak-anak memang paling suka liburan ketempat yang bisa main air, yang paling deket sih ancol lagi ancol lagi. Nuansa alamnya masih terasa ya mba, banyak batu-batu.. terima kasih sharingnya ya mba, jadi list tempat jika ke semarang nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Elly.. Aku juga nih masukin Ungaran ke list liburan.. Ancol juga seruuu mba, sekarang makin banyak yang bisa dieksplorasi di sana..

      Delete
  5. Waaaaahhh ada kolam renang! Ga tahan mau berenang2 cantik nih aku. Aku belum pernah ke Ungaran. Cuma lewatin aja ke Semarangnya. Mana air alami pegunungan pula pasti segar deh berlama2 di kolamnya. Tks mb Dita. Kpn2 kalau ke Semarang mau coba mampir ke salah satu destinasi kolam renang ini ah ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba.. Oiya Mba Nurul kan hobi banget ya berenang. Pas nih mba tempat buat liburan keluarga sambil berenang air alami pegunungan.. :)

      Delete
  6. Belum pernah ke Semarang, dulu ngelewatin aja. Hehe. Itu tempat wisatanya bikin mupengs, berenang dengan suasana yg macem2, malah ada yg pakai air alami pegunungan ya, rasanya seger bgt pasti. Kapan kapan ajak dong jalan-jalan, Bubu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segeeer.. Hayuk Mel, Kita menjelajah Sawangan Parung dulu aja gimannaaa.. Ajak aku makan bakso yang enak dongs.. hahaha

      Delete
  7. Aku kalau ke Kudus selalu melewati aja, mba. Tapi nggak ke KOta Semarangnya. Hahaha. DLu pernah si ke KOta semarang numpang beli oleh2 buat mertua. Tpi udah lama banget. Skarang ada tol, langsung deh di tol aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pankapan jangan lewat tol mba, biar bisa mampir dan stay lebih lama di Semarang.. :D Aku mau dong diajak. Hehe..

      Delete
  8. Belum pernah ke Semarang Aku mba,,, duh kasianya kpingin bnget explore trs stay gitu y,,, nuhun bngt info nya mdh2an dlm waktu dkat bs k sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiiin.. Semoga segera ke Semarang ya mba Utie.. Aku juga pingin.. hehe..

      Delete
  9. Wahh Semarang khususnya di Ungaran banyak juga ya poolnya..murah-murah lagi harga tiketnya. Mau coba kunjungi salah satu kolam renangnya nanti kalau berkunjung ke Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes Mba Nurul keliatan seger dan enak banget tempatnya.. Lebih murah daripada di Depok dan Jakarta ya mba..

      Delete
  10. duh maaaak ngeliat air yg biru2 gitu jadi pengin berenang, apa next tripnya kita berenang di semarang ? hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeeehhh.. hahhaha.. Aku mah orangnya mauan kalo diajak.. :D

      Delete
  11. 4 tahun di Semarang tapi gak tau tempat2 itu. Fokus kuliah. Sekarang nyesel deh pengen ke sana lagi huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuw Mba Leylaaa, Maine lagi dong mba ke sana.. Sekalian nostalgia.. :D

      Delete
  12. ku pernah ke Semarang dan kepengin balik lagi bubuuu..makasih yaa inponyaa Buu ��

    ReplyDelete
  13. baru tahu aku mba, ini harus sering di promosiin ya mba Dita, biar semakin banyak yang tahu potensi wisata Jawa Tengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbaaa.. Potensinya banyak banget dan baguuus.. Pas buat liburan keluarga.. :D

      Delete
  14. Ya Allah aku khan mo ikut lomba ini. Tapi lupaaa. Hahahaha. Semarang bagi Mak dah kayak rumah ketiga. Banyak bgt yak rumahnya hahaha. Ungaran daerah sejuk pegunungan. Ada Undip disana dan bbrp wisata alam yang bikin jatuh cinta. Tp yg paling ngangenin dari Ungaran adalah tahu bakso Ungaran. Hahaha lagi lagi makanan. Gud luck Bubu Dita. Jurinya tmn2 Mak semua nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaciii Maaakkk.. :D Ajak aku dong ke sana makan tahu baksonya.. :D

      Delete
  15. Belum pernah ke Semarang huhuhu. Padahal punya beberapa saudara di sana.
    Kalau Ungaran ini masuknya kotanya apa daerah pinggirannya ya mbak Dita?
    Asyek ya banyak kolam renang di sana. Anak2 pasti seneng diajak rekreasi sambil main air :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ungaran masuk kabupaten Semarang mba, bukan di kotanya.. Tapi enggak jauh juga.. hehe.. Ayo, Mba April ke Semarang main-main ke sodara.. :)

      Delete
  16. Aku kalau renang nyerah Babam masih jejeritan gak mau.padahal anak2 suka banget kolem apalagi biru gtu aku aja mau nyemplung bawaanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun pingin banget nyemplung mamih, tapi gak terlalu bisa berenang.. hehe.. Babaaam, main yuk sama Boo Mikaaa..

      Delete
  17. Bagus banget ya kolam renangnya, aku ke daerah sini pernahnya cuma ke umbul sidomukti. Ngopi2 saja disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak berenang juga di Umbul Sidomukti mba? Tapi menikmati suasana di sana aja juga udah asik banget ya.. Seger.. :D

      Delete
  18. Iya, Kabupaten Semarang rata-rata air kolam renangnya dari pegunungan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba pasti rasanya lebih seger ya.. :D

      Delete