Taman Rekreasi Selabintana, Tempat Wisata di Sukabumi yang Cocok untuk Keluarga

24 comments
(sumber: tempat.co.id)
Berlibur bersama keluarga adalah momen spesial yang dapat merekatkan hubungan antar anggota keluarga. Bila anggaran liburan tidak terlalu besar, destinasi yang dikunjungi tidak perlu jauh-jauh. Tak hanya di luar negeri, di dalam negeri pun terdapat banyak objek wisata yang menarik dan cocok untuk keluarga.

Salah satu daerah yang menawarkan keindahan alam yang memesona adalah Sukabumi. Daerah yang termasuk dalam wilayah administratif Jawa Barat ini berada tepat di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Jadi, bisa dibayangkan betapa sejuknya menginap beberapa malam di daerah ini.


Menuju Taman Rekreasi Selabintana
Salah satu objek wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga di Sukabumi adalah Taman Rekreasi Selabintana. Taman ini sangat asri dan sejuk dengan diikelilingi oleh pepohonan yang berjejer rapi serta padang rumput yang berwarna hijau segar. Bersantai di area taman begitu menenangkan.

Lokasi Taman Rekreasi Selabintana dari pusat kota Sukabumi adalah sekitar 7 km. Tidak terlalu jauh, bukan? Teman-teman Rumika hanya perlu berkendara selama kurang lebih 20 menit untuk mencapainya. 

Untuk menuju lokasi wisata alam ini, kita juga bisa menggunakan angkutan umum, lho. Aksesnya mudah! Namun, untuk mobilitas yang lebih efektif dan efisien, sebaiknya membawa kendaraan sendiri atau menyewa mobil. Ingat, acara liburan bersama keluarga tentu lebih merepotkan dibandingkan solo traveling. :D


Aktivitas yang Bisa Dilakukan
Untuk masuk ke taman ini, kita hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang sebagai biaya masuk (belum termasuk biaya masuk kendaraan). Biaya ini tentu sangat murah dibandingkan fasilitas yang tersedia di dalam area wisata ini. Bukan hanya fasilitas umum seperti kolam renang atau arena outbond, tersedia pula penginapan dan hotel. Bahkan, ada pula yang menjual aksesori hasil kerajinan tangan yang terbuat dari bahan-bahan alami serta tanaman hias.

Teman-teman paling pas berkunjung ke taman ini pada pagi hari karena udaranya masih terasa segar. Tak perlu takut sengatan sinar matahari karena kita dapat berlindung di bawah rimbunan pepohonan yang menjulang. Lagi pula, pada pagi hari, suasana masih sepi sehingga kita dapat menjelajahi tempat ini dengan lebih nyaman dan leluasa. 

Karena eksotismenya, Taman Rekreasi Selabintana juga kerap dijadikan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding. Berlatar Gunung Gede yang megah dan pesona pepohonan hijau, suasana terasa sangat cantik, dan memukau. Memilih taman ini sebagai tempat pre-wedding tentu akan menyisakan kenangan tak terlupakan bagi kita dan pasangan.

Tips Berkunjung ke Taman Rekreasi Selabintana
Nah, jika teman-teman Rumika dan keluarga memutuskan menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di taman ini, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Apa saja?

  1. Tidak perlu merepotkan diri dengan membawa perlengkapan apa pun. Di area wisata ini biasanya ada penduduk setempat yang akan menawarkan sewa tikar sebagai tempat untuk duduk atau merebahkan diri. Begitu pula jika ingin ngopi, ada penjual kopi keliling yang menawarkan dagangannya berupa kopi seduh instan.
  2. Siapkan fisik yang fit supaya acara liburan tidak berantakan. Berlibur di alam memang lebih menantang dibandingkan pilihan objek wisata lainnya. Jika membawa bayi atau anak kecil, siapkan perlengkapan yang biasanya dibutuhkan, seperti susu, camilan khusus bayi, diapers, mainan, dan sebagainya.
  3. Pilihlah akomodasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin sekaligus menjelajahi objek-objek wisata lainnya di sekitar taman ini, seperti Pondok Halimun, tentu lebih praktis jika memilih penginapan di luar area wisata
Ada banyak hotel murah di Sukabumi yang bisa menjadi pilihan sebagai tempat menginap. Untuk mendapatkannya, kunjungilah website Airy Rooms atau pasang aplikasinya di smartphone. Praktis dan anti ribet, gaes!


Meskipun murah, hotel-hotel pilihan ini menawarkan berbagai keunggulan yang menguntungkan, seperti air hangat, penyejuk ruangan, tempat tidur bersih, hingga WiFi.

Nah, selamat berlibur ke Sukabumi, ya. Bubu Dita juga sudah enggak sabar rasanya pingin mengajak Yaya Indro, Boo, dan Mika liburan keluarga ke Sukabumi. :D




24 comments

  1. Sudah lama banget ngga mampir ke salabintana, sekarang sudah lebih bangus ya mba.. jadi pengen ke salabintana lagi.. tips travelingnya menarik, thanks for sharing mba Dita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.. Yuk, ke sana mba Elly, ajak aku dong.. :D

      Delete
  2. Aku belum pernah rekreasi ke sukabumi, boleh nih jadi next destination

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah gal terlalu jauh juga dari rumah Kita mba.. :D

      Delete
  3. Waktu aku masih suka camping ke buper cipelang lewat Salabintana tuh. Naik kereta Sukabumi dari Bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook, ajak Sagara sama Gie camping lagi Mba Laras.. :D

      Delete
  4. Wah lupa ini terakhir ke sana kapan. Asyik tempatnya dan pastinya makin upgrade terus ya

    ReplyDelete
  5. Pengen nyobain pesan airy room. Katanya tarifnya murah tapi kualitasnya bagus.

    ReplyDelete
  6. zaman sekolah dulu nih pernah ke Selabintana, dah lama banget itu. indah pemandangannya masih berbekas, jadi pingin kesini lagi..

    ReplyDelete
  7. Catet aah.. salabintana sebagai salah satu plan liburan. Kamarnya memang lebih murah pakai airy room. Bener2 terjangkau di kantong.

    ReplyDelete
  8. Ke salabintananya sih blm pernah. Tp ke sukabuminya wkt itu krn ada training kantor yg diadain di pusat training sana. Aku sukaaaa bgt. Tempatnya sejuk, pagi2 kita olahraga di sekitaran villa, ngeliatin gunung2. Ga mungkin bisa ngerasain gitu kalo di jakarta :D. Pgn sih kapan2 kesana lagi. Nginep lbh lama

    ReplyDelete
  9. Salam kenal, kak. Tiket masuknya murah banget ya, di Chinatown Bandung yang seumlik aja Rp 20.000,00 haha.

    ReplyDelete
  10. Bayarnya murah ya?
    Sukabumi ini gak jauh dari Bogor kan ya? Udah ada Airy to ternyata di sana. Ok2 noted TFS :D

    ReplyDelete
  11. Murah amat mbk. 5000 aja euy. Dr fotonya itu kyknya seger gt ya mbk tamannya.

    ReplyDelete
  12. Salabintana kalau jaman SMP kesini terus pikniknya, klo dulu bilangnya ngitungin semut hahahahaha. Terakhir pas hamil Babam kesini lebih beraih dan gak hanya rumput hijau terhampar

    ReplyDelete
  13. Salabintana sering denger, tapi belum pernah euy ke sana. Semoga pan kapan bisa main ke sana, dah lama gak ngerasain dinginnya hawa pegunungan :D

    ReplyDelete
  14. Aku pernah ada acara di salah satu hotel dekat salabintana, memang luas, seger, dan indah pemandangan nya

    ReplyDelete
  15. Aku juga pernah dengar sih. Pengen berkunjung ke sana, andai ada kesempatan ke Sukabumi. :D

    ReplyDelete
  16. Aku pernah nih main ke Salabintana Sukabumi. Hijau hijau dan luaa. Anaknya puaa lari larian.

    ReplyDelete
  17. Aih aku udah lama nggak ksini bubuu. Aku dulu jaman perang haha.. jaman kecil maksudnya, sering ksini sama keluarga mamah. Kangen suara air2 nyaa..

    ReplyDelete
  18. Nah ini selebintana, salah satu tempat yang adoooh... kapan ya bisa saya kunjungin T_T

    ReplyDelete
  19. asyik banget pastinya
    main di taman yang bagus kayak gitu ya
    aku juga suka

    ReplyDelete
  20. Wah sukabumi, pingin mampir... :D

    Itu bener fasilitas kaya kolam renang dan outbound nggak perlu bayar lagi mbak? Cuma 5.000 doang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat kolam tenang sama outbound pastinya bayar lagi mba.. :)

      Delete