Itinerary Belitung 3 Hari 2 Malam, Apa Saja Tempat Seru di Belitung?

by - November 28, 2017





Siapa yang mau traveling ke Belitung acung tangaaan? Jika tidak mau repot menyiapkan itinerary ke Belitung, kita bisa pakai jasa tour dan travel. Sekarang banyak banget usaha jasa tersebut yang menjadikan Belitung sebagai salah satu magnetnya. 


Harga yang dikenakan untuk open trip ke Belitung selama tiga hari dua malam juga terjangkau, sekitar Rp750 ribu – Rp 1 juta atau lebih (belum termasuk tiket pesawat), tergantung operatornya. 

Nah, tapi kalau mau jalan ke Belitung sendiri tanpa jasa travel pun bisa banget! Tinggal bikin itinerary, sewa mobil, cuuuuss langsung, deh, keliling Belitung... :D


Buat memudahkan teman-teman yang mau ke Belitung,  Bubu Dita buat tulisan tentang itinenary ke Belitung, nih. Menurut saya perjalanan saat saya ke Belitung bersama LaDita Tour dan Omiyago ini asyik banget. Lengkaaaap...  Jadwalnya padat dan banyak tempat wisata di Belitung yang dikunjungi.

Ya, Bubu Dita menyambangi hampir semua tempat kece di Belitung. Kenapa hampir? Karena kalau semuanya nanti Bubu Dita enggak balik lagi ke Belitung, dong. Hehehe... Jadi masih berharap suatu hari nanti bisa explore Belitung lagi. Nah, seperti apa itinerary Belitung tiga hari dua malam yang oke? Cekidot!


Day 1
07.00-08.00    Sampai di Bandara Sultan Hanandjoedin Tanjung Pandan
08.00-09.00    Mencicipi mie Belitung dan minuman jeruk kunci di Hanggar 21
09.00-10.30    Perjalanan ke Belitung Timur
10.30-11.00    Vihara Dewi Kwan Im
11.00-12.00    Pantai Burung Mandi dan makan siang
12.15-13.00    Pantai Serdang
13.30-14.00    Kampong Ahok
15.00-16.30    Museum Kata Andrea Hirata
16.30-17.00    Replika SD Muhammadiyah (SD Laskar Pelangi)
17.00-17.30    Rumah Keong
17.30-19.00    Perjalanan kembali ke Tanjung Pandan
19.00-20.00    Ke toko oleh-oleh
20.00-21.00    Makan malam di rumah makan Timpo Duluk

Catatan:
Hari pertama di Belitung, saya dan teman-teman yang baru saya kenal disuguhi cuaca yang enggak menentu. Ampun, galau banget cuacanya. Sebentar hujan, setelah itu panas terik. Tapi alhamdulillah pas hujan kita sedang berada di tempat wisata sehingga bisa berteduh atau lagi di dalam bis. :D

Di hari pertama, kami langsung menuju Belitung Timur yang terdapat banyak tempat wisata. Perjalanan dari Tanjung Pandan ke Belitung Timur sekitar 1,5 jam. Sepanjang perjalanan dari Tanjung Pandan ke Belitung Timur di sisi jalan saya enggak melihat banyak penduduk maupun rumah. Suasananya sepi. Perjalanan lancar dan enggak pakai macet tentunya. :D Di perjalanan menuju beberapa tempat wisata Belitung Timur ini juga saya manfaatkan untuk istirahat sejenak.

Tempat wisata pertama yang saya kunjungi adalah Vihara Dewi Kwan Im. Patung Dewi Kwan Im tampak megah. Dari dekat patungnya kita bisa melihat samar-samar pantai dan lautan dari kejauhan. Hanya lima menit dari vihara, Pantai Burung Mandi sudah ada di hadapan saya. :D Pantainya biasa aja, sih, tapi bersih dan enggak ramai.  Di pantai ini kami sekalian makan siang di sebuah warung makan dan juga berteduh. Yes, untungnya hujan turun pas kami sudah melihat pantai.

Nah, yang saya suka justru Pantai Serdang yang enggak jauh dari Pantai Burung Mandi. Baguuuus banget pantainya. Pasirnya putih, ada pohon pinus, kapal warna-warni. Pas banget buat tempat foto-foto kece. :D Saat di pantai ini panasnya ampun-ampunan menyengat. Padahal sebelumnya, kan, hujan. Dan enggak berselang lama gerimis datang lagi. Untungnya lagi, saya dan teman-teman sudah foto-foto kece di pantai ini. Hehehe... :D

Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Kampong Ahok. Apa cuma Ahok, ya, pejabat yang disekitar rumah tinggal aslinya dibuat jadi tempat wisata? Dan pas saya tepat ada di depan rumah Ahok, rasanya, kok, gimana gitu. Haru,mungkin... FYI, rumah tinggal Ahok di Belitung ini enggak bisa dimasuki, kita hanya bisa masuk sampai ke halamannya saja.

Di samping rumah Ahok dan keluarganya terdapat toko souvenir. Ada baju, batik, makanan, dan lainnya. Saya beli tempelan kulkas seperti kebiasaan saya pas jalan-jalan ke tempat baru. :D Ada juga kue buatan mama Ahok di sana. Di seberangnya ada rumah makan dan signage Kampong Ahok. Ngantriiii pas saya mau foto di sana. Tempat wisata ini cukup ramai dan menarik minat wisatawan buat mengunjunginya.

Perjalanan dilanjutkan menuju Museum Kata Andrea Hirata. Tiket masuknya mahal juga, Rp 50 ribu. Mumpung di Belitung, saya pun enggak menyiakan kesempatan untuk masuk ke dalamnya. Penasaran! Nanti khusus tentang museum ini mau saya bikin tulisan tersendiri aja, yaa... :D

Oya, pas di sini, hujan deras banget. Jadi keputusan tepat untuk masuk ke dalamnya. Ini jadi destinasi wisata di Belitung yang wajib dikunjungi saat ke Belitung! Jangan lupa masukkan ke dalam itinerary, ya...

Enggak terlalu jauh dari Museum Kata, kami sampai di replika SD Muhammadiyah Gantong. Yay, akhirnyaaaaa saya bisa melihat dengan mata kepala sendiri gimana sekolah Ikal, Lintang, dan teman-teman Laskar Pelangi. Tapi ini memang hanya replika. Sekolah aslinya sendiri terletak jauh dari lokasi ini dan sudah jadi bangunan permanen. Namanya pun berubah jadi MTs Muhammadiyah. Sayang pas ke Belitung, saya hanya melihat replikanya saja, enggak ke lokasi sekolah aslinya.

Nah, di depan replika sekolah Muhammadiyah ini ada tempat wisata yang cukup baru. Namanya Rumah Keong. Ya, terdapat beberapa bangunan mirip keong dan bangunan tersebut terbuat dari rotan. Tapi tempat wisata ini kayaknya memang mau lebih dikembangkan. Bahkan ada yang bilang mau dibikin hotel juga di sebelahnya.

Jika tidak dikembangkan memang daya tariknya hanya rumah keong ini saja. Kita cuma bisa foto dan duduk-duduk aja. Saya juga melihat ada kapal yang bersandar di danau. Tapi kapal itu lagi enggak dipergunakan. Kalau lokasi wisata ini sudah 100 % jadi kayaknya bakal keren, deh! Rumah Keong jadi tempat wisata terakhir sebelum akhirnya kami menuju hotel di kota Tanjung Pandan. Tapi sebelum sampai hotel kami sempat ke toko souvenir dan restoran Timpo Duluk untuk makan malam. :)












Day 2
08.00-09.00     Menuju Pantai Tanjung Kelayang
09.00-15.30     Island hopping
                      Pulau Batu Garuda
                      Pulau Batu Berlayar
                      Pulau Malangarak
                      Pulau Burung

                      Pulau Lengkuas
                      Pulau Kelayang
15.30              Kapal merapat
16.00-17.00    Bilas dan bersih-bersih
17.00-18.00    Pantai Tanjung Tinggi
18.30-19.30    Beli oleh-oleh
20.00-21.00    Makan malam di Resto SS

Catatan:
Itinerary Belitung di hari kedua membuat saya dan teman-teman bisa main air sepuasnya!!! Yeay, karena hari ini jadwalnya untuk island hopping sekaligus snorkeling. Meski di hari pertama jadwalnya padat dan lumayan capek karena pergi dari pagi buta sampai malam banget baru rebahan di penginapan, saya tetap antusias menyambut aktivitas di hari kedua ini. :D

Yes, gimana enggak puas main air. Saya dan teman-teman berangkat dari jam 8 lewat. Tiba di pantai Tanjung Kelayang jam 9 dan bersiap untuk island hopping sampai jam 4 sore! Waw, lama banget. Tapi yakinlah waktu itu cepat berlalu dan tiba-tiba aja segala aktivitas menyenangkan ini tiba-tiba berakhir. Huks... Beneran, lho, naik kapal keliling pulau, snorkeling, berenang, main pasir, foto-foto, bener-bener enggak kerasa.

Belitung dikelilingi oleh pulau-pulau kecil dan batu-batu granit segede gaban di perairannya. Jarak antar pulau kecil itu juga enggak terlalu jauh banget. Selama seharian island hoping banyak pulau yang saya dan teman-teman jelajahi.  Kayaknya tulisan mengenai island hoping di Belitung juga bakal saya tulis di feature tersendiri aja, ya. :)

Seusai puas main air dan bersih-bersih, rombongan kami  langsung menuju Pantai Tanjung Tinggi. Ya, di pantai dengan batu granit besar inilah proses syuting film Laskar Pelangi banyak dilakukan. Ingat pasti ya adegan Ikal dan teman-temannya lari-larian di batu-batu granit besar dan menaikinya? Kami ke pantai ini untuk menikmati sunset. Meski matahari tenggelam tidak terlalu sempurna, namun bisa sampai ke tempat ini, mendaki batuannya tampak sempurna bagi saya. :D

Malamnya,  giliran restoran SS yang kami sambangi untuk makan malam. Nah, resto ini ternyata milik keluarganya Febby, teman baik saya dari masa kuliah dulu. Saya menikmati ayam tulang lunak di resto semi outdoor itu. Oiya, kalau enggak salah, kakeknya Febby adalah Sultan Hananjoedin yang menjadi nama dari bandara di Tanjung Pandan.  Eh, iya, kan Feb? :D















Day 3
08.30-09.00     Check out dan menuju Pantai Tanjung Pendam
09.00-09.30    Pantai Tanjung Pendam
09.30-10.00    Tugu Batu Satam
                      Rumah adat Belitung
10.00-10.30    Danau Kaolin
10.30-11.30    Makan siang di Hanggar 21
11.45             Bandara Sultan Hanandjoedin Tanjung Pandan

Catatan:
Nah, bener, kan, waktu itu berlalu cepat. Saya pun harus mengakhiri liburan di Belitung pada hari ketiga. Sebelum ke bandara untuk naik pesawat yang akan take off jam 1 siang, rombongan kami masih sempat menjelajahi empat tempat wisata , lho!

Pantai sepertinya memang jadi magnet bagi pariwisata Belitung. Meski di hari pertama dan kedua kami sudah puas main di pantai, di hari terakhir ini saya dan teman-teman kembali main ke pantai. Namanya Pantai Tanjung Pendam, pantai terdekat dengan pusat kota. Pantainya cukup bagus dengan pasir putihnya. Yang saya suka, ada pohon yang terendam air dan bagus banget kalau di foto. :D

Selepas dari Tanjung Pendam, kami berhenti tepat di pusat kota Tanjung Pandan. Kami berfoto di depan Tugu Batu Satam. Batu ini merupakan pecahan meteor yang menabrak bumi dengan ukuran sebesar kerikil. Batu satam kehitaman ternyata banyak dijumpai di Belitung. 

Dari tugu itu, perjalanan dilanjutkan ke rumah adat Belitung yang terletak pas di samping rumah bupati. Rumah ini baru dibangun beberapa tahun lalu khusus untuk objek wisata di Belitung sehingga masyarakat bisa tahu gimana rupa dan apa saja isi di dalam rumah adat Belitung. Bentuknya mirip rumah panggung dan ukurannya pun juga cukup besar.

Nah, tempat wisata terakhir kami di Belitung adalah Danau Kaolin. Huaaahhh seneng banget rasanya bisa menikmati keindahan danau berwarna tosca ini. Di sepanjang danau ada pagar kayu yang enggak bisa dilewati oleh pengunjung demi alasan keamanan. Ya, meski enggak bisa turun ke bawah agar bisa lebih dekat dengan danau tapi melihat dari atasnya pun sudah cukup bagi saya. Keren banget! Tapi panasnya ampuuuuunnnn... :D

Dari Danau Kaolin, kami menuju bandara. Namun sebelum sampai bandara, kami meluangkan waktu sejenak untuk makan siang di Hanggar 21, tempat makan yang letaknya dekat dengan bandara. 







------------------ 


Tiga hari di Belitung enggak akan saya lupakan! Ini pengalaman traveling sendiri tanpa anak-anak dan suami ke luar kota, ini pengalaman pertama ikut open trip dan ketemu teman-teman baru. Huhuw, seruuuu... :D Gimana, sudah siap mau liburan ke Belitung? Yuk, bikin itinerary Belitung dan pilih destinasi wisata mana yang ingin kamu sambangi. :D


-Bubu Dita-

Related Posts

65 komentar

  1. Aku save ya bubu Dita, aku pun mau banget jalan jalan ke belitung, sama anak2 dan bapaknya, udah lamab banget pengen mantai,biar dapet vitamin sea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiipp.. Belitung asik banget buat dapet vitamin sea mba Tetty.. :D

      Delete
  2. aaak bubu ditaaa, bikin mupeng aja ni, huhu... emang kalau masih buta tempat dan ga mau repot, enaknya pake tour and travel ya mba. tfs mba, aku bookmark ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya Wes tinggal duduk Manis semua udah diatur.. Gak repot wkwkwk :D

      Delete
  3. Hotel & budget nggak ditulis sekalian? Aku udah beberapa kali ngrencanain ke belitung tapi selalu digagalkan suami krn masalah budget. Pernah malah akhirnya ke KL karena pesawat lebih murah. Ini mau nyoba lagi bikin proposal, siapa tau beliau sdh tobat heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha semoga tobat ya mba Lus suamimu.. :D Budget gak aku tulis karena biaya Open Trip-nya free mba, dapet hadiah menang lomba hihi.. Kalo pesawat PP sekitar 1jt, OT 800rban jadi total hampir 2 juta/org mba Lus..

      Delete
  4. Belitung yg terkenal pantai nya ya mba,, bersih Dan bagus bngt buat foto2, selain sekolah Muhammadiahnya laskar pelangi kpan Aku ke sana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn insya Allah ada Japan ke sana ya Mba Utie.. Iya mba pantai, lautnya baguuus..

      Delete
  5. Mungkin nanti aku baca lagi kalau mau ke sini. Sekarang blm ada tujuan mau ke mana haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo anak-anak udah rada gede bisa jadi pilihan liburan nih Mak Ela, biar bisa snorkeling bareng.. :D

      Delete
  6. Wah masih sempat makan siang di Hanggar 21 ya, mba. Aku nggak sempat makan siang disini mba karena keburu langsung naek pesawat . Hahah. Belitung memang menyenangkan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sempet mbaa, aku makan pempek sebelum ke bandara.. :D

      Delete
  7. Wah kepengen masuk ke rumah Ahok dan museum Andrea Hirata deh kalau suatu hari aku ke Belitung �� beruntung ya bubu Dita bisa asoy geboy traveling sendiri tanpa anak dan suami. Aku juga mau ah kayak bubu Dita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiikkk pankapan yuk Mba Nurul kita halanhalan :) Kalo rumah Ahok cuma bisa sampe teras aja mba gak bisa masuk ke dalamnya. Nah, mesti bgt ke Museum Kata pas di Belitung.. :D

      Delete
  8. Mbaa Ditaa seru banget ihhh..aku ke Belitung belum kesampaian, padahal ada sepupu suami di sana, pingin tahu kampong Ahok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa, ayo ke sana mba sekalian ke tempat sodara.. :D

      Delete
  9. Mamak paling favorit belanja oleh oleh huahaha apalagi klo oleh2nya itu yg Mamak suka hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh-olehin aku dong maaakk.. Ahahaha.. :D

      Delete
  10. Huwaa, cakep banget ya pemandangan pantainya, aku penasaran sama pantai yg batu granitnya segede gaban itu mba, selalu bagus kalau dilihat haha, ku save ah, siapa tahu nanti bisa ke Belitung juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiiin.. Iya mel, itu yang khas dari Belitung. Asli, ada yang gede banget batunya..

      Delete
  11. Weleeeh.. Itinerary nya boleh juga nih di copy buat jalan2 nanti. 750 idah all in murah dong ya.. Tinggal tiket pesawatnya deh. Hunting yg muraaah.. Catet dulu deh. Mgkn nanti bisa jadi next trip sama BDC.. Eeeaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya mba cukup terjangkau jalan-jalan ke Belitung sekarang. Apalagi kalo dapet tiket promo.. Tapi itu belum termasuk makan malam ya mba Ade..

      Delete
  12. Ini berasa kayak nonton Laskar Pelangi ya, Mba, yg versi live-nya, haha... Tempat wisatanya pun nggak cuma pantai aja ya, bisa main ke Kampung Ahok dan Vihara wisata juga. Hari kedua mantapnya, ke beberapa pulau. Oh ini open trip ya. Asyik banget Mba, apalagi sekalian me time ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nit, jenis wisatanya banyak, ada religi, museum, budaya, dll.. Hihihi me time banget ini mah.. :D

      Delete
  13. Kirain bisa dimasukin rumah Pak Ahok. Apa di sana masih ada yang menempati?
    Wah resto SS punya keluarga temannya ya mbak? Kalau ke sana taksebut namamu ya haha
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha gak aa hubungannya ma akuuu.. :D Iya gak bisa dimasukin padahal aku penasaran pingin liat dalemnya.. Sekarang masih ditempatin sih katanya..

      Delete
  14. Waah jadi kangen mau ke Belitung lagi. Beberapa tempat yang ada di itinerary ini ada yang sudah aku kunjungi dan ada yang belum. Kebetulan kakakku tinggal di Belitung. Semoga next year bisa wisata ke Belitung lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik banget mba Tya sambil jalan-jalan bisa sekalian ke rumah kakak.. :D

      Delete
  15. perjalanannya seru sekali dan biaya ga berat dikantong ya. jadi pengen ke belitung juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, ternyata cukup terjangkau dengan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Belitung..

      Delete
  16. Aku belum pernah ke Belitung... Dari jaman film Laskar Pelangi cuma bisa mimpi aja nih. Semoga suatu saat kesampaian bareng keluarga juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip, Amin mba Semoga bisa kesampaian ke Belitung ya mba.. :)

      Delete
  17. wah lagi aku kesana sih gak samapi ke pulau2nya , sayang sekali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada alasan buat ke Sana lagi mba.. hehehe

      Delete
  18. Piknik ke Belitung adalah impian saya. Itinerarynya ga ditulis detail ya,mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itinerary yang saya tulis udah lumayan detail mba tapi memang gak rinci satu-satu tempat wisatanya.. :)

      Delete
  19. Aiihhh jadi kangen ke Belitung lagi deh. Waktu itu belum puas karena cuma sebentar plus lagi banjir disana. Semoga aku bisa ke Belitung lagi, menikmati keindahan alam, dan makanan enaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya aku sempet diceritain soal banjir Belitung sama guide-nya.. Sayang banget ya Dew.. Mesti ke sana lagi biar lebih puas jalan-jalannya..

      Delete
  20. Uh all about pantaai... Paping mau ngajak ke Belitung bawa anak2 tapi aku nyerah, nggak mau �� klo berdua nggak apa haha... Tapi klo adik udah gedean dikit, mau ke Belitung. Danau Kaolinnya cakep ya. Aku baru tau masuk museum Andrea Hirata berbayar ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya aku juga mau anak Boo sama Mika kalo mereka udah bisa diajak snorkeling maming haha biar gak rugi :D Iyaa masuknya bayar dan cukup Mahal juga.. Padahal sebelumnya bayarnya sukarela katanya..

      Delete
  21. Belitung menyimpan destinasi yang indah, pingin juga berlibur kesana. Semoga kesampaian deh, kumpulin budget dulu lah, hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip, betul mas tempat wisatanya bagus-bagus Dan beragam.. :)

      Delete
  22. Kue buatan mama Ahok kayak apa, Mbak? Penasaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya aku pun penasaran mba belum nyobain.. hehe

      Delete
  23. Padat banget perjalanannya Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba full banget, capek sih tapi seneng banget ya.. :D

      Delete
  24. Rata2 yg mba datangin aku jg datangin pas outing ksana. Tp rumah keong ga wkt itu :D. Ya ntr kalo ke belitung lg aku mau datangin deh. Lumayan suka sih ama belitung, trutama makanannya :p. Enak2 semua ya... Aku malah pgn kalo bisa ksana lg, sekalian mampir ke bangka mba. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Fan rumah keong itu kayaknya masih baru dan belum 100% jadi mba.. Aaahh aku suka banget yang gangan, segeeeer.. :D

      Delete
  25. Waah patung Dewi Kwan Im nya udah cakep. Waktu saya kesana tahun lalu, tangganya lagi direnov. Agustus kemaren ke Belitung lagi, tapi gak singgah ke sana. Belitung selalu ngangenin.. Terutama kulinernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuls mba aku juga rasanya pingin balik lagi ke sana.. :)

      Delete
  26. Mayan ya refreshing biar semangat lagi abis piknik hehehe :D

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  27. Aaaakk belitunggggg.. pengin kembali lagi saat langit ceraah dan menikmati pantai dan kulinernyaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, mba ke Belitung lagi.. Aku juga kangen pantainya.. :D

      Delete
  28. aku sendiri pun belum pernah ke belitung :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masaaaa kooooh? Eh, kan deket Palembang.. :D Koh Deddy harus ke sana! :D

      Delete
  29. Belitong, sebelum laskar pelangi hadir, dia bukan apa2. Kekuatan promosi bikin orang pengen sering2 mampir kemari, aku pun, aku pun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa semuanya gara-gara Laskar Pelangi ya Mba Manda.. Positif banget dampaknya buat pariwisata di sana dan jadi nambah lapangan kerja juga..

      Delete
  30. semoga suatu hari aku juga bisa ke sana
    pantai pantainya indah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiiin.. Beberapa pantainya bagus, pasirnya putih banget..

      Delete
  31. Asiiik... Bisa nyontek itin-nya nih, makasih mbak... :D

    Btw 3 hari 2 malam kok bisa murah banget mbak, apa karena open trip?
    Soalnya saya pernah ngobrol sama temen, dia bilan ke Belitung mahal. Paling nggak perlu budget sekitar 3 jutaan sekali trip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba ini aku ikut open trip jadi murah.. Belum termasuk tiket pesawat dan tempat nginepnya di hostel kayak kosan gitu bukan hotel.. Kalo hotel berbintang pasti lebih mahal lagi.. :)

      Delete
  32. aku juga pengen banget balik belitung lagi, enak banget jalan2nnya udah mah ga jauh dari jakarta karna pesawat cuma sejam, harganya relatif murah pula. :D

    mbak ke museum andrea hirata sama ke kampung ahok, apa cuma aku doang yang langsung konspirasi ahok sama andrea hirata ini teman kecil mengingat jarak kampung 22nya ga jauh2 amat? hmm :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya ya jangan-jangan mereka temen sepermainan juga.. Apa Ahok temennya Aling? :D

      Delete
  33. Seru banget mba, semoga bisa ke. BELITONG juga btw minta follback blog nya dongs, makasih

    ReplyDelete