Jumat, 30 Oktober 2015

D’Kandang Amazing Farm

Bahagia itu kalau di dekat rumah ada tempat rekreasi seruuuu… Hihihi… Apalagi tempat tersebut diperuntukan bagi anak-anak. Jadi dobel bahagianya. Nah, di dekat rumah orang tua saya di Sawangan, Depok, ada peternakan bernama D’Kandang Amazing Farm.  Peternakan ini bisa menjadi tempat wisata edukatif untuk anak-anak. 






Pertama kali Boo jalan-jalan ke tempat ini saat usianya 20 bulan. Dia sudah ngerti sapi dan kambing begitu juga suaranya. Tapi saat datang ke tempat ini Boo mengantuk, jadilah dia kurang menikmatinya, apalagi dia juga kaget melihat sapi yang besar! 






Di umur 2 tahun 4 bulan (26 bulan), Boo kembali datang ke tempat ini. Kalau saat kunjungan pertama gratis jika hanya melihat-lihat tempat saja, sekarang sudah ada HTM sebesar Rp 10 ribu. Biaya masuk itu sudah termasuk yoghurt stick sebanyak 5 buah. Sluuurrppp..!

Nah, kenapa Boo diajak jalan-jalan ke tempat ini lagi? Jadi, ceritanya sekitar lebaran haji lalu, Boo setiap hari selalu melihat sapi dan kambing di lapangan rumput. Setelah lebaran haji berlalu beberapa hari, kambing dan sapi yang biasa dia lihat pun tidak ada. Makanya dia selalu bertanya, “Buu, mbek sama moo-nya mana?” Saya pun menjawab, “Mbek sama moo yang dipotong jadi sate. Kalau yang enggak dipotong pindah ke peternakan.” Setelah saya menjawab itu, setiaaaaaaap hari kalau melewati lapangan rumput itu Boo selalu bilang, “mbek sama moo-nya udah pindah. Pindah ke peteynakan.” Yes, he always said that until I write this article! Seriuuusss! (Apa saya ternak sapi aja, deh, ya, di rumah biar Boo tiap hari liat sapi gitu? Hihi…) 



   


Akhirnya, Boo pun diajak lagi oleh tante dan eyangnya ke D’Kandang Amazing Farm. Apa, sih, yang bikin tempat ini berbeda dengan peternakan yang lain sehingga ada kata “Amazing”-nya? Ternyataaa, D’Kandang Amazing Farm memang bukan peternakan biasa! Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan anak-anak di tempat ini, lho.  

D’Kandang Amazing Farm merupakan peternakan bagi sapi perah, sapi pedaging, kambing etawah, kebo bule, domba, dan kuda. Jika kita ingin membeli hasil peternakan, seperti susu sapi dan kambing, yoghurt, bahkan membeli hewan kurban juga disediakan di tempat ini.  Anak-anak dapat memerah sapi, menunggang kuda atau delman, memberi susu untuk kambing/domba etawah, bahkan menangkap ikan di kolam! Seru, kan! Tentu saja semua kegiatan ini ada biayanya di luar HTM, ya.







Anak-anak enggak hanya bisa mempelajari tentang peternakan saja. Mereka juga bisa belajar bercocok tanam di tempat ini. D’Kandang Amazing Farm memiliki taman vertikal, kebun sayuran organik, kebun tanaman buah, tanaman hias, dan apotek hidup, sawah, kolam penjernihan air serta tempat pembuatan pupuk. Ingin membuat kokedama atau seni tanaman bonsai khas Jepang, boneka tanaman hias, dan membuat kerajinan tanah liat? Bisa juga, lho, di tempat ini! 





Enggak hanya itu aja, ternyata di D’Kandang Amazing Farm ini juga ada kegiatan outbond! Nah, lengkap banget, ya! Enggak heran kalau banyak sekolah yang berkunjung ke D’Kandang. Makanya saya juga enggak sabar mengajak Boo lagi ke tempat ini kalau dia sudah agak besar nanti supaya bisa merasakan semua kegiatan yang ada. Tentu saja bersama dengan adiknya, Mika : ) 

Saat ke D’Kandang untuk yang kedua kalinya, Boo serius memerhatikan kambing, domba, dan ikan. Kalau sama si sapi, ternyata Boo masih agak kaget melihatnya.  Apalagi sapi di sana besar-besar! Tadinya juga mau naik delman kuda, tapi sayang kuda-nya ternyata belum siap saat kami datang di pagi hari. Yaaahh… Ok, berarti memang harus ke tempat ini lagi, kan! Hehe…

D’Kandang Amazing Farm
Jl. Penarikan 07/02 (Perum PGRI)
Pasir Putih Sawangan Depok


6 komentar:

  1. Nebeng bookmark :D
    Salam buat si indro
    Tambah subur aja dirimu Ndroooo :D

    BalasHapus
  2. Wah ada juga ternyata di Depok. Deket banget dari Jaksel. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Seru tempatnya buat anak-anak.. :D

      Hapus
  3. Kapan-kapan pengen nyobain kesini, thanks for sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome mba.. Kalo skrg sepertinya lebih bagus lagi dan fasilitasnya lbh oke :)

      Hapus