Kamis, 15 September 2016

5 Hal Unik yang Bisa Ditemui di Godong Ijo

"Bu, tadi Boo liat ikan buaya!"
"Hah, ikan buaya?"
"Iya, tadi Boo liat ikan buaya!"
"Maksudnya liat ikan sama liat buaya, ya."
"Bukan, ikannya kayak buaya, bubuuu!"

Nah, lho, saya jadi bingung dengan perkataan Boo itu. Saya yang awan dengan dunia perikanan enggak tahu sama sekali kalau ada ikan buaya. Memangnya ada gitu? Sedangkan Boo dengan pedenya bilang dia lihat ikan yang seperti buaya. Akhirnya, selidik punya selidik saya pun tahu kalau Boo sempat diajak jalan-jalan oleh eyangnya ke Godong Ijo. Dan disanalah dia melihat si ikan buaya!

Godong Ijo sebenarnya merupakan sebuah nursery atau tempat penanaman bibit tanaman hias. Tempat ini juga memiliki kolam pancing yang sangat luas dan didatangi banyak penggemar pancing, terutama di waktu akhir pekan. 



Selain kolam pancing dan tempat pembibitan, ada banyak hal menarik di tempat ini yang membuat Godong Ijo bisa menjadi salah satu destinasi seru untuk dikunjungi bersama anak-anak. Karena penasaran banget dengan tempat ini, saya pun mengajak Boo dan Mika ke tempat yang cukup rimbun ini. Setelah puas mengelilingi hampir keseluruhan areanya, saya mencatat ada lima hal unik yang bisa kita temui di Godong Ijo. Apa saja? 

Ada Si Ikan Buaya

Jadi, beneran ada toh ikan buaya itu? Saya pikir hanya khayalan tingkat tinggi Boo saja. Hehe.. Ikan buaya ini ternyata bernama Alligator Gar. Kenapa disebut ikan buaya karena memang bentuknya, terutama mulutnya mirip dengan buaya. Ikan ini ditemukan di sungai Missisipi Amerika Serikat dan juga di daerah Meksiko. Di Godong Ijo, Alligator Gar bisa dilihat di sebuah akuarium besar.
Ada Burung Unta 
Awalnya saya tidak sadar dengan keberadaan burung unta ini. Kami melewati sebuah kandang yang terlihat kosong. Namun begitu berjalan ke sisi lain kandang, ternyata ada burung unta yang sedang makan! Pantas saja tak terlihat karena kepalanya menunduk. Begitu burung unta tersebut selesai makan dan berdiri tegak, barulah terlihat posturnya yang besar dengan tinggi sekitar 2 meter lebih! Saya pun terperangah, Boo tampak ragu untuk mendekat. Apalagi kandangnya pun tidak menutupi keseluruhan badannya. Bisa saja kepalanya menjulur keluar kandang. Jadi, kami melihat dari jarak aman saja. "Itu temannya Miles, bu!" kata Boo sambil memandangi si burung unta. :)

Note: Miles adalah tokoh utama dalam animasi Miles From Tommorowland yang tayang di Disney Junior. Miles punya teman bernama Merc yang merupakan burung unta. :)




Ada Arapaima
Di sebuah kolam yang agak keruh, saya tidak menyadari ada sesuatu di dalamnya. Saya pikir kolam itu pun kosong. Tapi tiba-tiba sesuatu berwarna samar kehitaman tampak dari dalam kolam. Gede banget! Di depan kolam ternyata terdapat papan informasi yang menyebut bahwa di dalam kolam tersebut berisi ikan Arapaima Gigas. Wow! Ikan arapaima merupakan ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Panjangnya bahkan bisa mencapai 3 meter!





Ada Jenghis Khan
Nama Jenghis Khan mengingatkan saya pada sosok penakluk dari Mongolia. Nama besarnya tidak akan terhapus dari catatan sejarah. Lalu, apa hubungan Jenghis Khan dengan Godong Ijo? Ternyata pemancingan Godong Ijo juga terkenal dengan adanya ikan Jenghis Khan atau disebut juga monster fish yang berasal dari Thailand! Mungkin karena ukurannya yang super besar makanya disebut seperti itu. Bayangkan, bobotnya bisa mencapai 40 kg! Dengan panjang kolam 8 meter, lebar 30 meter, dan kedalaman 5 meter, siapapun yang berhasil menangkap Jenghis Khan dari pancingannya pasti merasa beruntung sekali, ya! 



Beberapa hasil tangkapan Jenghis Khan dari kolam ini pun dipublikasikan dalam sebuah poster seperti di bawah ini. Memang besar-besar ikannya, kan. Ckckck...




Ada Kura-kura Raksasa
Salah satu jenis kura-kura terbesar dan tertua di dunia, yaitu kura-kura Galapagos juga ada di Godong Ijo! Tadinya di tempat ini ada kura-kura yang sangat besar, bahkan anak-anak pun bisa menaikinya. Namun sayangnya kura-kura tersebut sudah mati sejak 2014 . Tapiii, sebagai gantinya kita bisa melihat beberapa kura-kura dengan jenis yang sama berusia lebih muda dan berukuran lebih kecil di dalam kandang. Walaupun ukurannya tak sebesar pendahulunya, kura-kura Galapagos ini juga menarik untuk dilihat.



Ada Education Farm
Mau tahu seperti apa bentuk pohon jagung atau manggis? Di Education Farm ini kita bisa mengetahui jawabannya. Ada banyak banget jenis pohon yang ditanam disertai papan informasi di depan pohon tersebut. Bahkan di dekat tanaman padi, ada orang-orangan sawah, lho! Menarik, ya. Tempat ini cocok untuk anak-anak yang punya rasa ingin tahu yang tinggi tentang tanaman. :)







Selain lima hal unik di atas, bisa dibilang Godong Ijo merupakan sarana rekreasi dan edukasi yang lengkap bagi orang dewasa dan anak-anak. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini seperti belajar membatik, berkebun, membuat keramik, belajar memasak, mengenal reptil serta masih banyak yang lainnya. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan oleh rombongan yang sudah melakukan reservasi terlebih dahulu.


Di dalam Godong Ijo juga terdapat cafe yang menyediakan berbagai menu pilihan. Bagi yang membawa anak juga bisa mengajak anaknya untuk menunggang kuda poni. Saat kami ke sana, Boo dengan suka cita langsung mau naik kuda poni dengan biaya sekali putar Rp 20 ribu. :) Salah satu hal yang juga saya suka dari tempat ini adalah kolam ikan koi dipadu dengan taman tropis yang indah. Di salah satu sudut juga ada taman yang tertata rapi dan sedang disirami. 





Nah, banyak hal unik dan menarik di tempat ini, kan. Dan untuk melihat keunikan tersebut tidak ada biayanya alias free, lho. Tertarik untuk mengunjunginya? :)


Godong Ijo
Jl. Cinangka Raya Km. 10 No. 60 Serua Bojongsari Depok Jawa Barat
(021) 74710678
indo@godongijo.com
www.godongijo.com


-Bubu Dita-





22 komentar:

  1. wahhh free.. search di maps akhh..mau cuss kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Free mba.. Aku juga heran, tinggal masuk aja. Cuma keluar uang untuk naik kuda aja, deh, hehe.. :)

      Hapus
  2. Ih kok bisa mirip buaya gitu ya? Baru lihat saya .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun baru tahu mba ada ikan itu, kirain khayalannya anakku.. :D

      Hapus
  3. Wih hewan2nya import, ini mah kudu didukung sama kebersihan tempatnya ya biar hewannya awet,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, perawatannya kudu ekstra, ya..

      Hapus
  4. Balasan
    1. Hehe iya Mba yuk ke Godong Ijo.. :)

      Hapus
  5. Sy sering mancing disana, tapi gak bgitu 'ngeh' kalo banyak hewan lain disana.. Hehehe. Next bisa ajak keluarga kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, pernah dapet ikan yg gede gak Zar? Iya ternyata banyak hewan yg jarang ada. Anak2 seneng pasti kalo diajak ke sana..

      Hapus
  6. waaaaaaahhh ini di depok????? ga jauh dong dari jkt.. kapan2 mau kesana ah ^o^.. aku penasaran ama ikan buaya mbak... serem bgt bentuknya... ini bahay seperti buaya jg ga yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Depok Mba Fan, tapi Depok ujuuung ahahaha.. Kalo dari Jakarta bisa jg lwt Lebak Bulus-Cireundeu atau lewat Ciputat... Ikan buaya kyaknya gak berbahaya kayak buaya mba, bentuknya emang rada aneh, yaa..

      Hapus
  7. keren, baru tahu nih tentang Godong.
    Jarang traveler , sibuk di rumah .
    PUBLIC SPEAKING SEMARANG

    BalasHapus
  8. HTM-nya brpaan ya mba?

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cuma liat2 aja free Kak Budy.. Hehe.. :D

      Hapus
  9. Pas banget buat liburan bareng keluarga, ya mengisi weekend lah

    dolinafatitela.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, betul Kak lumayan buat ngisi weekend nih..

      Hapus
  10. Waduh seru begitu bebas mbak dan cuman naik kuda saja yang bayar ? Wah kalau begitu mah muantappp kalau main mau kesana ah mau nyoba dan mau lihat ikan buaya karena jujur baru tahu sekarang sih mbak tentang ikan buaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tau soal ikan buaya itu kang, hehe.. Kaget juga saya karena gak bayar apa-apa pas masuknya.. :D

      Hapus
  11. Aakh, lama nggak ke kebun binatang :' Jadi inget masa kecil dulu sukanya ke Gembira Loka terus girang liat Arapaima wkwkw :D


    Eng... Jenghis Khan itu saudara jauhnya Sahrukhan ya :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, di Jogja ya. Dulu masih kecil jg pernah ke Gembira Loka :D

      Hapus