Jumat, 21 Oktober 2016

Tips Traveling Hemat Keluarga Ala Bubu Dita




Saat masih sendiri, melakukan traveling rasanya akan lebih mudah jika dibandingkan saat sudah berkeluarga. Apalagi beranak dua pula seperti saya. :) Satu hal yang pasti dan tidak bisa ditolak adalah pengeluaran di segala sisi sudah pasti akan berlipat-lipat! Duh, Gusti... :)



Meskipun begitu, bukan berarti kami sekeluarga mengurungkan diri untuk traveling. Jika niat untuk traveling sudah sekuat baja meskipun dana untuk itu belum mencukupi, apa pun akan dilakukan untuk merealisasikannya. Dalam setahun, setidaknya kami satu kali ke luar kota. Syukur-syukur jika bisa dua bahkan tiga kali. Bahagia! Ya, traveling memang bisa membawa kebahagiaan. Berhenti sejenak dengan segala rutinitas dan bisa mengeksplorasi tempat baru rasanya pasti menyenangkan.

Meskipun dengan dana cekak dan super mepet, bisa juga, kok, bertualang seru. Berikut beberapa tips traveling hemat untuk keluarga ala saya, Bubu Dita. :)

PILIHAN DESTINASI
Semakin dekat destinasi liburan dengan tempat tinggal kita, maka biaya transportasi yang di keluarkan untuk sampai ke tempat tujuan akan lebih murah dibandingkan jika ingin wisata ke tempat yang lebih jauh. Meskipun traveling ke kota yang dekat tapi pasti suasana, makanan, dan tempat wisatanya berbeda dengan kota sendiri, bukan? Saya pernah mendengar ungkapan yang mengatakan "Every place is travel destination." Jadi, nikmatilah waktu traveling walaupun tak terlalu jauh dari rumah. Tetap asyik, kok! Hal paling utama dalam traveling bersama keluarga tentu saja tentang kebersamaannya dan bukan dekat atau jauhnya... :)


Memberi makan rusa di Istana Bogor.

TIKET PROMO
Nah, jika ada budget lebih untuk ke kota yang lebih jauh bahkan ke luar negeri, hal utama yang harus diperhatikan adalah urusan transportasi pulang dan pergi dengan menggunakan pesawat, kereta atau kapal. Diantara ketiga armada tersebut,  transportasi dengan pesawat biasanya menjadi anggaran terbesar dalam traveling. Jadi, pastikan kita memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan supaya masih mendapat jatah tiket dengan harga promo.

Rajin-rajinlah membandingkan harga antar maskapai penerbangan. Cari yang termurah namun tetap dengan pelayanan yang baik menurut kita. Jangan lewatkan juga kesempatan mendapat tiket pesawat lebih murah di travel fair maupun promo maskapai di waktu-waktu tertentu.


WAKTU TRAVELING
Biasanya tiket lebih murah tersedia saat low season, bukan di saat hari libur, seperti libur lebaran, libur natal dan tahun baru atau libur long weekend. Jadi, pilihlah waktu traveling saat bulan-bulan low season atau di hari kerja. Jika kita pekerja kantoran, ajukan cuti saja.

Saya dan suami termasuk yang kurang suka traveling saat musim liburan karena pastilah ramai sekali. Pergi ke tempat wisata yang penuh sesak sepertinya bisa menurunkan mood kami. Nah, mumpung anak kami pun masih kecil dan belum bersekolah, beberapa kali kami traveling keluarga di hari kerja. :)


Keliling Kampung Lele di Boyolali.

BEKAL PERJALANAN
Entah menggunakan mobil, kereta, kapal atau pesawat (apalagi yang budget airlines :), selalu bawalah bekal untuk di perjalanan. Daripada harus beli makanan di luar atau memesan makanan yang disediakan oleh pihak penyedia layanan transportasi tersebut yang harganya pasti berlipat, lebih baik kita menikmati bekal sendiri, kan.

Apalagi jika kita traveling bersama anak kecil. Membawa bekal dan camilan wajib hukumnya. Mereka bisa saja lapar sewaktu-waktu dan ingin mengunyah sesuatu. Jadi tak perlu repot beli dan keluar rupiah dari dompet lagi, jika kita membawanya. Hemat!


TRANSPORTASI UMUM ATAU SHARECOST
Saat sudah tiba di kota tujuan pakailah transportasi umum yang ada di kota tersebut, seperti bis, angkot atau kereta. Jika menggunakan taksi bisa-bisa budget untuk transportasi bisa tersedot banyak. Nah, untuk saya yang sudah berkeluarga, sebenarnya menggunakan mobil sewaan juga bisa menjadi pilihan agar anak tetap nyaman. Untuk mensiasati agar pengeluaran mobil sewaan lebih murah, share cost saja dengan anggota keluarga yang lain. Saya, Yaya Indro, Boo, dan Mika pernah traveling bersama kedua orang tua dan kakak saya. Kami menyewa mobil dan tentu bayarnya patungan. Jadi lebih hemat, kan. 


BOOKING AKOMODASI
Untuk menekan budget traveling, tak perlulah menginap di hotel bintang lima dengan harga selangit. Menginap di tempat yang bersih dan nyaman sudah cukup untuk melepas lelah setelah berjalan-jalan seharian di tempat wisata. Apalagi sudah banyak hotel bertebaran di penjuru kota destinasi wisata. Kita tinggal pilih sesuai kemampuan kita.

Saat ini juga sudah ada penyedia layanan kamar yang ramah di kantong untuk para traveler yang bisa dijadikan alternatif pilihan akomodasi, yaitu Zen Rooms. Sesuai dengan tagline-nya “where smart travelers stay,” menginap di Zen Rooms memang merupakan pilihan tepat bagi pelancong yang cerdas. Kenapa? Ya, dengan harga murah dan terjangkau tapi mereka akan mendapatkan kamar super bersih, tempat tidur yang sangat nyaman, air conditioner alias AC yang dingin, wifi gratis, shower di dalam kamar mandi serta menyediakan travel kit keren. Setiap kamar dalam jaringan Zen Rooms ternyata sudah melewati seleksi ketat untuk bisa menjadi bagian dari penyedia layanan kamar ini.  


Sumber: blog.zenrooms.com



Sumber: blog.zenrooms.com


Zen Rooms pun ternyata jaringannya sudah luas dan mudah ditemui di berbagai kota di Indonesia dan juga di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Hongkong, Srilangka, bahkan sampai Brazil!  Wah, rasanya mesti dicoba, nih, menginap di Zen Rooms. Saya cek di website Zen Rooms, tampilan kamarnya juga terlihat sangat nyaman dan cocok untuk trip bersama keluarga. Harganya pun pas di kantong!  

Tak hanya itu, Zen Rooms ternyata juga sangat memanjakan customer-nya dengan memberikan promo-promo istimewa yang sangat menguntungkan. Menginap pun bisa jadi makin hemat dengan promo dan diskon kejutan dari Zen Rooms, kan! Happy!


TEMPAT WISATA FREE ENTRY
Meminimalkan budget liburan juga bisa dilakukan dengan cara pergi ke tempat-tempat wisata yang free entry alias gratis alias tidak perlu bayar! Hihihi... Apa saja contohnya? Bagi yang menyukai wisata alam, pantai juga pilihan tepat untuk melepas penat dengan budget minimal karena beberapa pantai biasanya gratis untuk menikmatinya. Selain itu, di berbagai kota biasanya punya taman kota yang cantik dan bisa langsung dinikmati tanpa membayar. Selain taman, bisa juga mengunjungi alun-alun kota atau berbagai bangunan landmark yang terkenal. Jadi, kalau mau hemat urungkan dulu niat menikmati theme park, ya. Hehe...


Main di pantai.


Happy melihat patung di taman.

MAKANAN LOKAL DAN STREET FOOD
Biaya untuk makan juga cukup besar, lho, jika traveling bareng keluarga apalagi kalau makan di restoran atau cafe yang fancy. Nah, untuk memperketat biaya dan bisa traveling hemat, masalah lapar di perut bisa diatasi dengan makan di tempat makan lokal yang harganya murah meriah. Cobalah makanan khas suatu daerah dengan mencicipinya di tempat penjual yang ada di pinggir jalan atau street food. Makanan ala street food ini malah rasanya terkadang lebih sedap dan enak, lho. Perut kenyang, hati bahagia, dompet pun gembira..  :)


Jika ingin lebih murah dan siap repot, masak sendiri dengan membawa kompor listrik. Biasanya untuk traveling dalam jangka waktu lama hal tersebut akan sangat membantu. Mau lebih hemat lagi? Berharaplah ada sahabat atau kerabat di tempat tujuan traveling yang mengajak kita sekeluarga untuk makan bersama alias ditraktir... Hihihi.. :D

***

Nah, sekarang jadi tidak ragu lagi, kan, mau traveling dengan keluarga tapi budget minimalis? Semoga beberapa tips dari Bubu Dita bisa membantu, ya.

Happy traveling with your family! 


-Bubu Dita-




29 komentar:

  1. Zenrooms emang hotel paling cocok buat traveling sama keluarga ya mba. Nyaman, strategis dan murah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, kamarnya tampak kece, ya.. Aku harus nyoba deh kayaknyaaa.. Hihi.. Goodluck ya Mba Nesa.. :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Aku juga suka banget traveling hemat, mba. Hati lebih senang. Hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget Mba Alida.. Biar nanti sisanya bisa buat beli baju baruuu.. Hihihi.. :D

      Hapus
  4. Hihi.... kalau bawa pasukan kayaknya gak enak kalo ditraktir😄 makasih mbak tips hematnya okey 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. ngarep.com itu ya mbaaa.. :D Sama2 Mba Rita.. :)

      Hapus
  5. Makan di warung kaki lima tak apa yang penting bisa traveling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa mbaa.. makanan kaki lima juga enak2 lg.. :D

      Hapus
  6. pergi ke tempat wisata free entri saya bangettt, mantap nih tips traveling

    Regards
    Budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  7. sayangnya di korea dan jepang blm ada yaa.. aku lg nyari hotel utk liburan korea jepang thn dpn, dan zen room blm ada di sana :(.. pdhl murah sih memang, dan bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaah, pdahal d Brazil aja ada yaa.. Semoga dalam waktu dekat ada ya Mba Fan. Banyak juga kan wisatawan Indo yg ke Jepang n Korea.. Asiiikk nih mba ke sana, ditunggu aah ceritanya.. :D

      Hapus
  8. Toosss.. Kami juga lebih suka traveling bukan pas peak season, mumpung anak masih bayi, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyeess mba, hehe.. Malah jd bete kalo rame, macet yaa.. Tapi kalo anak udah sekolah, mau gak mau pas liburan sekolah, deh..

      Hapus
  9. mbaaak~ saya juga kalo travelling sama keluarga bawa bekal yang buanyaaakk hihihi kadang bahkan bawa panci listrik kecil buat masak-masak air atau indomie buat dijalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan kan ya mbaa bisa hemat banyak buat makan.. hihihi.. Kalo aku bawa cemilan yg banyak :D

      Hapus
  10. Thank u mbak infonya ttg Zen Rooms. Aku belum pernah coba tapi bakal jadi pilihan kalau ke luar kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba. Iya aku pun pingin banget nyoba karena murah dan review-nya bagus2.. :D

      Hapus
  11. akkk keren nih tipsnya, buat bekel nanti kalo udah berkeluarga, bisa tetep traveling dengan hemat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Triiims mba.. Hihi Iyaa kalo udah berkeluarga segala pengeluaran traveling bakal membengkak soalnya.. :D

      Hapus
  12. Bener banget mba, kalo.tujuan traveling mau explore, memang gk perlu booking hotel bintang 5 yoo. Hotel budget aja udah oaling bener. Dan booking via zenrooms aja, dijamin nyaman dan kantong ngga jebol. Qiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi siippp Mba Noe. Pingin bgt nih aku nyobain Zen Rooms :D

      Hapus
  13. sama mba, waktu anak masih TK travelling di hari kerja ga masalh tapi pas yg besar udah SD suka sayang aja takut dia ketingglan pelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya mba mumpung masih kecil bisa diajak jln kpn aja ya, klo udah gede pasti rada susah jg..

      Hapus
  14. Good luck ya Dita:)
    Btw aku sih ga bisa traveling enggak musim liburan karena ga punya cuti #persoalan hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thaaaanks Mba Tesya :D Ahaha iya niih klo cuti udah abis tp mau traveling susah jg. Klo unpaid leave sayang yaa, blum tentu boleh jg sama bos.. hihi..

      Hapus
  15. Ak belum pernah mba Dita, nyoba pergi jauh banget.. Tapi memang transportasi umum lebih hemat yaaaa..keretaan seru ^^ good luck yaa mbaaa. Link yang kemarin bw ke aku, kok broken link yaa mba

    BalasHapus
  16. Tiket promo mmg selalu jadi andalan

    BalasHapus