Dukung Bisnis UMKM Melalui Pendanaan Online di Akseleran

by - February 20, 2021

umkm-pendanaan-online-akseleran


Pandemi masih berlangsung dan banyak masyarakat terkena dampaknya. Mulai dari pemutusan kerja hingga pengurangan penghasilan. Berbagai cara tentu dilakukan untuk bisa bertahan dalam situasi yang dianggap sulit bagi banyak orang. Salah satu caranya tentu dengan membuka usaha atau mengembangkan usaha yang pernah dirintis sebelumnya.

Nah, namun kendala utama dalam memiliki usaha, apalagi masih berupa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah dalam hal pendanaan atau modal. Meminjam modal di bank bukan hanya jadi pintu satu-satunya. Kini ada banyak cara untuk membuat usaha lebih berkembang dan bisa bersaing di pasaran. 

Pernah mendengar pendanaan online melalui peer-to-peer Lending atau P2P Lending? Cara ini bisa jadi solusi bagi UMKM ataupun usaha bisnis yang sudah besar sekalipun dalam memperoleh dana segar dari masyarakat. P2P Lending mempertemukan lender (pemodal/pendana) dan borrower (peminjam) secara langsung dalam satu wadah. 

Kini ada banyak P2P Lending yang bisa ditemui, dan Akseleran menjadi salah satu P2P Lending terpercaya di mana masyarakat umum bisa berkontribusi dalam pendanaan UMKM atau usaha yang lebih besar dan pemilik usaha bisa mendapatkan modal usaha dengan lebih mudah.  


Apa Itu Akseleran?

Pasti pernah, dong, ya, manteman berbelanja berbagai barang kebutuhan atau sekedar beli sesuatu untuk self reward di marketplace atau e-commerce? Nah, sebenarnya Akseleran juga tak ubahnya seperti marketplace yang biasa kita lihat. Yang berbeda adalah di Akseleran kita dapat melihat berbagai jenis usaha yang nantinya dapat kita berikan suntikan pendanaan sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita. 

Ya, manteman bisa memilih sendiri, nih, mana usaha yang kira-kira manteman ingin bantu dan menjadi bagian dalam perkembangannya.  

Akseleran merupakan P2P Lending yang sudah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui nomor surat KEP-122/D.05/2019. Dengan adanya izin usaha ini, sebagai P2P Lending, Akseleran pun diawasi secara ketat oleh OJK. Jadi sebenarnya kita tidak perlu memiliki kekhawatiran lagi jika ingin menjadi lender atau borrower melalui platform ini.

Mengutip dari Bisnis.com, sejak berdiri 3 tahun lalu, Akseleran secara kumulatif telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp1,85 triliun, di mana pada tahun 2020 sendiri jumlah pinjaman berada di angka Rp960 miliar! Jumlah yang sangat besar, bukan?

Tak hanya itu, jumlah UMKM pelaku usaha yang menjadi borrower pun telah menyentuh 2500 usaha yang ada di 23 provinsi! Bagaimana, tertarik untuk menjadi lender atau borrower di Akseleran? Atau ingin jadi keduanya???


Cara Memberikan Pinjaman di Akseleran

Menjadi pemodal usaha ternyata bisa semudah itu! Ya, di P2P Lending Akseleran, minimal pinjaman yang dapat diberikan mulai dari Rp100 ribu, lho! Tanpa biaya tambahan apapun dan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun juga. 

Manteman bisa langsung menjadi lender dengan terlebih dahulu membuat akun di Akseleran. Lengkapi data diri dengan menyertakan KTP, nomor rekening, dan NPWP. Keseluruhan prosesnya secara online, ya. Setelah terverifikasi, kita bisa langsung memberikan pinjaman modal ke kampanye usaha yang terdaftar di Akseleran. 

umkm-pendanaan-online-akseleran

Menariknya, di Akseleran juga ada fitur auto lending. Fitur ini memungkinkan kita sebagai lender untuk memberikan pinjaman otomatis. Jadi kita nggak perlu waktu lama untuk mencari untuk mencari borrower. Secara otomatis dana akan dipinjamkan. Lebih hemat waktu, kan, dengan hasil yang juga tetap bisa optimal. 

Fitur kalkulator finansial juga bermanfaat banget, nih, untuk kita yang ingin menghitung berapa banyak bagi hasil yang kita dapatkan dalam jangka waktu tenor tertentu dengan tingkat bunga yang ada. 

Untuk lender, bunga yang diberikan juga sangat kompetitif, yaitu mencapai hingga 21% per tahun. Tentunya semakin tinggi nilai pinjaman, imbal hasilnya juga akan semakin banyak. Besarnya bagi hasil tiap pinjaman bisa berbeda. Hal ini tergantung dari hasil analisis kelayakan dan risiko pinjaman yang sudah dilakukan Akseleran. Pinjaman pun tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu tetapi mengikuti tenor pinjaman yang kita pilih. 



Syarat Mengajukan Pinjaman di Akseleran

Nah, bagi manteman UMKM sebagai pihak peminjam bisa juga mendapatkan dana dari masyarakat yang turut serta menggerakkan roda perekonomian negeri melalui Akseleran. Perputaran modal terus berjalan dan ekonomi negara pun bisa semakin kuat. 

umkm-pendanaan-online-akseleran

Secara umum, semua usaha dapat menjadi borrower di Akseleran. Tentunya tetap dilakukan analisis kelayakan dan risiko usaha, ya, sehingga nantinya bisa disebut layak atau tidak layak mendapat pinjaman modal. Jika dinyatakan layak, proses peminjamannya mudah, persyaratannya juga tidak birokratis, dan bunga yang kompetitif.

Lalu apa saja syarat-syarat untuk mendapat pinjaman? Mengutip dari website Akseleran beberapa syarat berikut sebaiknya dipenuhi untuk dapat mengajukan pinjaman:

  • Usaha sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun
  • Sudah mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir
  • Lokasi usaha di Jabodetabek, Banten, dan Bandung. Usaha di luar wilayah tersebut di Indonesia, jika jumlah pinjaman lebih dari Rp200 juta.
  • Memiliki laporan keuangan (minimal laporan laba rugi).
  • Membuat proposal pinjaman dengan menyertakan dokumen yang diperlukan.

pinjaman-umkm-akseleran


Kenali Risiko dalam Peminjaman

Memberikan pinjaman ke pihak lain bisa jadi tetap ada risikonya, bukan? Namun dengan P2P Lending seperti Akseleran yang sudah berizin dan diawasi OJK, kekhawatiran akan risiko bisa diminimalisir.  

Selain itu, 98% portofolio pinjaman di Akseleran memiliki agunan. Hal ini juga dapat menekan risiko yang mungkin akan timbul. Sebelum diberi lampu hijau untuk mendapat pinjaman, Akseleran melakukan analisis kelayakan dan risiko pinjaman. Pengecekan dilakukan melihat dari besarnya pendapatan, arus kas untuk membayar pokok pinjaman dan bunga, perbandingan aset dan kewajiban peminjam, dan analisis lainnya. 

Dari sisi lender, kita dapat menekan risiko dengan melakukan diversifikasi pinjaman. Gunakan dana yang kita miliki dengan memberikan ke beberapa peluang pinjaman. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

---------------------------

Yuk, berkontribusi untuk negeri dengan memberikan pendanaan bagi UMKM yang membutuhkan. Manteman bisa menggunakan kode referral:

AKSLDITA401641

untuk mulai menjadi lender di Akseleran, Dengan kode referral ini, kamu akan mendapat saldo awal sebesar Rp100 ribu! Pas banget untuk memulai pendanaan, kan! Gunakan kode referral ini juga untuk pendanaan berikutnya, ya!

---------------------------

Kini kita memiliki banyak pintu untuk melakukan pendanaan dan mendapatkan manfaatnya. Manteman bisa memilih memberikan pinjaman modal di P2P Lending yang tentu saja sudah terdaftar dan terjamin keamanannya. Dan tetap ingat, ya, manteman, sebaiknya gunakan selalu dana dingin saat ingin memberikan pinjaman! Pastikan dana darurat, asuransi kesehatan serta cash flow bulanan sudah dalam kondisi baik. 

Selamat membantu usaha dalam negeri! Yuk, dukung kemajuan usaha dan perekonomian negeri sendiri dengan menjadi pemodal UMKM… 


-BubuDita-


Related Posts

7 komentar

  1. Wah keren ini
    Gak ada alasan kurang modal untuk memeulai usaha ya
    Tinggal hubungi akseleran, prosesnya mudah dan gak pake ribet
    Semoga makin jaya selalu UMKM Indonesia

    ReplyDelete
  2. menarik, wadah P2P memang ideal asal diawasi dan dijamin OJK. Aku tertarik baik sebagai lender or borrower nanti, kalau studi sudah beres dan mulai punya uang dingin, or mulai punya usaha kecil2an. semangaat

    ReplyDelete
  3. Wah jadi Tau nih mau ah Aku coba daftarin beberapa umkm di sekitar rumahku y mba mudah2an pendanaan online peer-to-peer Lending P2P Lending bisa jadi solusi bagi UMKM berkembang

    ReplyDelete
  4. nah lebih baik pinjam dana untuk usaha di akseleran ini ya bubu, sudah terjamin OJK? daripada pinjem di pinjeman2 yang beredar belakangan ini, ditagihnya kayak rentenir bngt horor

    ReplyDelete
  5. Dengan adanya ojk bisa meminimalisir kerugian akibat kasus investigasi bodong. Cek and ricek sebelum memulai P2P Lending

    ReplyDelete
  6. Pandemi ini emang bikin banyak UMKM jadi macet dan bangkrut, semoga saja dengan adanya Akseleran yang memberikan pinjaman modal ini bisa kembali menghidupkan UMKM yang sempat redup untuk kembali meraih sukses.

    ReplyDelete
  7. Teknologi makin memudahkan hidup kita ya. Seperti Akseleran ini, kita yg butuh modal ataupun yg mau menanamkan modal, bisa bergabung dgn platform keren ini.

    ReplyDelete