SOCIAL MEDIA

Wednesday, June 30, 2021

Mika dan Mimpi-Mimpi Besarnya bersama ASUS VivoBook 15 A516

ASUS VivoBook 15 A516



Bubu melirik smartphone sesaat, “Wah, sudah jam setengah sembilan!” kataku dalam hati. “Mikaaaa, ayo, siap-siap. Sebentar lagi les sama Kak Doni!” Ya, itulah kata-kata rutin setiap hari Senin dan Rabu yang selalu Bubu ucapkan saat mendekati pukul 9 pagi. Mika yang bulan ini genap 6 tahun mengikuti kursus membaca. Kini saat pandemi, Mika pun mau tidak mau, suka tidak suka harus bisa beradaptasi. Kegiatan belajar di TK-nya yang konvensional dan hanya memberikan tugas melalui pesan singkat di grup WhatsApp dan dikembalikan seminggu sekali, Bubu rasa kurang efektif untuknya belajar, termasuk berlatih membaca. Dan karena Bubu dan Yaya juga masih bekerja full time akhirnya kami pun sepakat untuk memberikan les tambahan membaca secara online kepada Mika. Apakah berjalan lancar? Oh, tentu saja tidak :) Jika dipikir, kita saja yang orang dewasa sempat kelimpungan menghadapi kondisi ini, bagaimana dengan anak-anak? Tapi namanya manusia memang sejatinya makhluk yang pandai beradaptasi. Di tengah pandemi, di tengah gadget yang seadanya, namun Mika tetap bisa mengikuti kegiatan membaca online dengan baik. Agar dapat maksimal mengikutinya, Mika menggunakan laptop yang biasanya Bubu pakai bekerja. Jadi, setelah Mika selesai belajar, saya pun segera membuka deadline pekerjaan. Jika menggunakan smartphone dengan layar yang kecil, rasanya memang kurang nyaman dipakai untuk mengikuti pelajaran secara daring, ya. Rasanya seperti kejar-kejaran dengan waktu, belum lagi Bubu juga harus mengurus perintilan rumah yang lain. Menyiapkan sarapan, menyiapkan Mika dan Boo sebelum belajar, membereskan rumah, menemani belajar, hingga akhirnya bisa fokus bekerja. Sekali lagi, kuncinya memang adaptasi. Semua bisa berjalan, meski mungkin hasilnya kurang maksimal. Bubu rasa sebentar lagi Mika sudah bisa mandiri, sudah bisa belajar daring sendiri tanpa full ditemani. Sudah lebih percaya diri dan dan dapat mengikuti semua pelajaran dengan baik setiap hari. Wah, rasanya memang sudah saatnya Mika mempunyai laptopnya sendiri. Kira-kira laptop apa yang cocok untuk Mika?????

Mika dan Mimpi-mimpinya…..

Entah kapan kondisi bisa berlangsung normal kembali seperti dulu. Tapi daripada berandai-andai, memang ada baiknya jalani yang bisa dilakukan saat ini. Lakukan yang terbaik bagi diri sendiri dan juga keluarga. 


Ketika melihat sepertinya pendidikan anak sejak dini sudah mulai blended learning, akhirnya Bubu dan Yaya juga bersepakat memindahkan Mika ke sekolah yang akan memfasilitasi kegiatan belajar secara online setiap hari Senin sampai Jumat. 


Saat observasi sekolah melalui Zoom, seorang psikolog bertanya pada Mika, “Mika, kalau nanti sudah besar, Mika mau menjadi apa?”


Tak berpikir lama, Mika pun menjawab, “Jadi astronot!”


“Wah, kenapa Mika mau jadi astronot?,” tanya psikolognya.


“Soalnya, saya mau ketemu sama alien!” jawab Mika sambil tersenyum.


Bubu sama sekali nggak menyangka Mika akan menjawab seperti itu. Ketertarikannya sama alien sudah pasti karena rasa penasarannya yang tinggi. Kadang kita pikir mimpi anak-anak absurd, tidak mungkin, dan mustahil. Tapi siapa yang tahu??? :)


Mika menjadi astronot



Bisa jadi 30 tahun lagi Mika benar-benar menjadi astronot. Bisa jadi di saat ia menjelajah luar angkasa, ia menemukan kehidupan lain yang belum pernah diketahui. Semuanya mungkin saja, kan. Bubu berusaha untuk menyemangati dan tentunya tidak mengecilkan apa yang menjadi impiannya.


Apakah impian bisa berubah-ubah? Tentu saja! Di lain waktu, Mika sangat menunjukkan ketertarikannya pada hewan. Kucing yang ada di komplek suka diajaknya bermain dan diajak ngobrol. Kelihatannya ia sayaaang sekali dengan kucing. Sampai berkali-kali Mika memohon untuk mempunyai hewan peliharaan, mulai dari ikan cupang, kura-kura, hamster, bunglon, kadal, bahkan sampai bilang mau punya ular! Huahuaaaa... Dan pada akhirnya keluarga kami di rumah kini bertambah empat. Ada dua ikan cupang dan dua kura-kura. :) 


Setiap hari Mika dan Boo juga memberi makan, mengajak ngobrol serta mengganti air tempat mereka hidup. Apakah rasa sayangnya pada binatang akan menjadikannya seorang dokter hewan, zoo keeper, peneliti hewan??? Bisa saja!


Ada lagi mimpi Mika yang lain. Mika senang sekali menonton channel CKN Toys dan CKN Gaming di Youtube. Di channel tersebut, dua kakak beradik Calvin dan Kaison me-review berbagai mainan dan games yang mereka mainkan. Tak hanya berujung di YouTube, mereka berdua pun kini mempunyai acara sendiri di Nickelodeon.


Saat melihat Calvin dan Kaison ada di Nickelodeon, Mika langsung berujar, “Aku juga mau bisa ada di tv kayak CKN Toys!”


“Iya, Mika bisa kok masuk tv kayak mereka,” jawab Bubu.


Di lain kesempatan, ia berujar ingin menjadi naga! Katanya, “Biar bisa cepat sampai ke kantor, Bubu. Naga, kan, cepat banget terbangnya!” Seru, ya, jadi anak-anak, bisa melontarkan impian dengan mata berbinar dan penuh semangat! :D




Apapun impian dan cita-citanya kelak, Bubu yakin sekali bisa didapat dengan pendidikan yang baik. Ya, termasuk menjadi naga! Mungkin suatu saat nanti ia bisa menciptakan sesuatu yang memudahkan orang lain untuk menuju kantor tanpa terhalang kemacetan? Mungkin saja!


Dan pendidikan di sini juga tak terbatas hanya  pada sekolah formal. Saya percaya ilmu bisa didapat dari mana-mana. Akses untuk mendapatkan semua ilmu juga bisa didapat dengan mudah melalui perangkat mumpuni seperti laptop yang handal. 


Sekali, lagi. Kami ingin mencari laptop untuk Mika. Laptop apa yang cocok dan bisa menjadi bagian dirinya mencapai impian???



Laptop Jadi Kebutuhan Prioritas

Sebentar lagi sekolah akan dimulai. Perjalanan Mika menuju impiannya selangkah demi selangkah juga dimulai kembali.


Rencananya pembelajaran secara luring atau tatap muka terbatas yang sampai detik Bubu menulis ini juga belum ada kepastiannya akan dicoba kapan. Namun, satu hal yang pasti kegiatan daring akan terus berjalan. Bukan hanya sekolah formal, tapi juga kegiatan Mika yang lain, seperti les membaca dan juga kursus bahasa Inggris.


Setahun lebih sejak pandemi, Mika bisa beradaptasi untuk menerima pembelajaran secara online yang seolah tanpa jarak, tanpa sekat. Semakin lama ia semakin terbiasa, begitu pula dengan Bubu. Belajar secara daring memang ada saja minusnya, seperti salah satunya masalah jaringan tapi sampai sejauh ini kami sekeluarga merasa nyaman dengan apa-apa yang dilakukan secara online. Kamu juga merasakan hal yang sama?


Kebutuhan akan perangkat pembelajaran daring seperti laptop yang handal akhirnya menjadi prioritas. Dan bukan hanya sekadar untuk belajar daring, tapi laptop juga bisa jadi alat bantu menggapai mimpi-mimpi Mika!


Saat melihat berbagai referensi laptop, Bubu dan Yaya tertambat pada satu laptop keluaran anyar dari ASUS, yaitu ASUS VivoBook 15 A516! Setelah melihat spesifikasinya, aaahh ini dia nih laptop yang cocok banget untuk Mika. Dan tentu saja juga pas untuk keluarga kami. :D



ASUS VivoBook 15 A516
Laptop Layar Lebar untuk Menggapai Impian Mika!


Tentunya bukan tanpa alasan ketika Bubu dan Yaya melihat ASUS VivoBook 15 A516 sebagai laptop pilihan. Malah ada banyak banget alasan untuk itu! 


ASUS VivoBook 15 A516

ASUS sudah lama dipercaya sebagai brand produk laptop yang handal. Di awal tahun saja 16 produk ASUS dan ASUS Republic of Gamers (ROG) berhasil meraih penghargaan CES 2021 Innovation Awards. Wah, kebayang, kan, ada 16 produk dari 28 kategori produk!


CES Innovation Awards sendiri bukan kompetisi main-main. Kompetisi tahunan yang diprakarsai Consumer Technology Association ini menilai produk teknologi dilihat dari segi inovasi, fungsi, estetika, dan desainnya. Komitmen ASUS untuk selalu mengembangkan teknologi dalam setiap produknya dapat terlihat nyata. 


Pun begitu dengan komitmen ASUS untuk menghadirkan produk yang nyaman dan mudah diterima oleh semua kalangan masyarakat. Tak ayal, penghargaan Top Brand Awards 2018 pun dapat diraih ASUS. 


Selalu melihat kebutuhan masyarakat tampaknya jadi kunci kesuksesan ASUS yang rajin banget mengeluarkan produk-produk baru yang berkualitas. Seperti halnya di pertengahan tahun ini, ASUS pun menghadirkan seri baru di kategori VivoBook, yaitu ASUS VivoBook 15 A516. 


"Seri VivoBook yang Berani dan berjiwa muda memungkinkan Anda menunjukkan siapa Anda sebenarnya. Mereka adalah laptop terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan, dengan kinerja terbaik, dan fitur inovatif yang meningkatkan produktivitas dan memberi Anda yang terbaik, pengalaman pengguna."

-ASUS-


Wider Screen & Anti Silau!

ASUS VivoBook 15 A516 meng-highlight tampilan layar besar yaitu dengan layar 15,6 Inch. Teknologi layar NanoEdge yang diusung seperti para pendahulunya juga memberi ASUS VivoBook 15 A516 ini bezel layar tipis dengan area layar yang luas sehingga memiliki screen to body ratio hingga 83%! 


ASUS VivoBook 15 A516


Layar besar ini tentu cocok sekali dengan kebutuhan Mika belajar daring. Sudut pandangnya sendiri bisa mencapai 178 derajat. Lebar banget, kan!  Dengan keunggulan layar tersebut, semua penjelasan yang disampaikan akan terasa lebih jelas, baik tulisan teks dan juga video interaktif. 


"Laptop berlayar besar memiliki banyak manfaat untuk penggunanya, mulai dari ruang kerja yang lebih luas, hingga pengalaman visual yang lebih imersif. Itulah salah satu alasan ASUS menghadirkan VivoBook 15 (A516).”

Jimmy Lin (ASUS Regional Director Southeast Asia)

Source: Infokomputer


Ya, pengalaman visual yang lebih imersif! Bisa dibayangkan dengan layar yang lebar dan luas, memungkinkan pengguna untuk merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata saat ia bereksplorasi menggunakan  ASUS VivoBook 15 A516 ini. 


Tak hanya itu, dengan ASUS VivoBook 15 A516 Mika bisa lebih fokus dengan apa yang dilihatnya di layar karena laptop ini juga sudah dibekali resolusi full HD dengan lapisan anti-silau (anti glare). Dengan lapisan ini, gangguan dari pantulan dan silau dapat direduksi. Mantap!



Anti Lemot, Efisien, dan Cepat!

Apa sih yang diharapkan dari kinerja laptop? Tentunya pingin banget punya laptop yang anti lemot dan bisa sat set sat set cepat kalau kita ingin mengerjakan banyak hal di dalamnya. 


ASUS VivoBook 15 A516



Bubu Dita pun jadi tenang deh begitu tahu kalau ASUS VivoBook 15 A516 di kelas yang paling tinggi dipersenjatai dengan memori hingga 8GB DDR4RAM! Dengan RAM 8GB, kecepatan proses data pun akan lebih cepat. Membuka berbagai video pembelajaran untuk Mika dalam satu waktu tentu tidak akan khawatir dengan loading yang lama dan bisa membuat Mika bosan. 


Kecepatan pemrosesan inilah yang juga Bubu, Yaya, dan Kakak Boo butuhkan (tentu, kita semua butuh juga, ya). :) Pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien tentunya. (Tanpa harus diselingi ngedumel kok buka satu layar aja lama amat! Hahaha)... :D


Satu hal yang paling penting, di beberapa varian ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi dengan prosesor handal Intel Core i5 generasi ke-10 dan grafis NVIDIA MX330. Wah, kebayang perfoma grafisnya super banget dan lebih bertenaga, nih, terutama untuk laptop di entry level. Pengalaman melihat layar 15 Inch di laptop ini pun jadi lebih menyenangkan.


“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

-Mba Dewi Rieka-



Kapasitas Besar, Bisa Banyak Simpan Modul & Dokumentasi Keluarga!

Punya laptop dengan kapasitas penyimpanan besar itu satu hal yang penting banget kalau buat Bubu Dita. Apalagi kami punya dokumentasi foto dan video keluarga yang cukup banyak, sehingga memindahkan data-data dari kamera maupun smartphone ke laptop tidak akan khawatir tentang kapasitasnya lagi. Muat gak ya, muat gak ya…? :D


Nah, apalagi Mika dan Kakak Boo yang sekolah daring juga pasti sudah membutuhkan penyimpanan data untuk tugas maupun modul-modul pembelajaran dari sekolah maupun tempat kursusnya. Nah, apalagi jika sekarang tugas-tugas pun banyak sekali berupa video, kan. Makin, makinlah butuh space besar di perangkat gadget, termasuk laptop. 


Beruntung banget nih jika ASUS VivoBook 15 A516  sudah ada di tangan. Gimana nggak? Laptop ini punya penyimpanan ganda SSD 256 GB dan HDD hingga 1 TB di beberapa tipenya. 


Dengan daya simpan besar, tak hanya dokumentasi keluarga hingga tugas serta modul sekolah yang bisa disimpan, film-film favorit keluarga juga pastinya bisa disimpan di sini dan ditonton bareng. Udah kebayang tiap malam minggu keseruan bakal bertambah dengan nonton bareng melalui layar lebar di kamar bareng Mika, Boo, dan Yaya! Ya, bukan hanya sekedar laptop untuk belajar dan bekerja, ASUS VivoBook 15 A516 juga pas jadi teman hiburan.



Besar Tapi Gak Berat!


ASUS VivoBook 15 A516


Dari tadi Bubu beberapa kali menjelaskan betapa laptop ini punya layar lebar dengan ukuran 15 Inch. Mungkin Manteman kebayangnya, “aduh, pasti berat deh ini laptopnya.”


Weits, ternyata laptop besar nggak berarti berat! ASUS VivoBook 15 A516 punya bobot keseluruhan cuma 1,8 kg aja! Dan ketebalannya juga hanya 19.9 mm! Untuk sekelas laptop 15 Inch, berat laptop ini termasuk ringan, bahkan cukup portable, lho!


Bagi Manteman yang suka traveling atau bekerja di luar rumah, ASUS VivoBook 15 A516 mudah dibawa kemana-mana.


“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

-Mba Dewi Rieka-


Bagi Mika, untuk saat ini, laptop ini mungkin hanya akan dipakai di rumah saja. Namun, beberapa tahun ke depan Mika bisa saja mobile dengan laptop ini ke rumah temannya untuk mengerjakan proyek bersama! Dan bagi Bubu atau Yaya, membawa laptop ini keluar untuk bekerja atau menulis jadi lebih mudah karena nggak memberatkan. 



Keyboard Nyaman di Segala Suasana

Jika dilihat, satu bagian ini benar-benar bisa mencuri perhatian Bubu! Ya, keyboard ASUS VivoBook 15 A516 didesain dengan backlit yang memungkinkan kita untuk menggunakannya dalam kondisi apapun, dalam gelap sekalipun!


Seperti halnya Bubu yang saat ini sedang mengetik di kamar anak-anak yang sudah tertidur pulas dengan lampu kamar redup. Ah, terbayang pasti betapa nyamannya mengetik dengan backlit keyboard. (Karena laptop yang Bubu pakai ini tidak ada backlit-nya ehehehe…).... :D 


ASUS VivoBook 15 A516



Ternyata keyboard ini juga memiliki number pad di bagian sebelah kanan. Mirip seperti keyboard PC, kan. Dengan number pad ini dapat memudahkan Mika dalam mengetik. 


Keyboard ASUS VivoBook 15 A516 juga didesain dengan kokoh namun tetap ergonomis sehingga sangat nyaman dipakai, termasuk ketika bepergian.  

 


Konektivitas Lengkap & Cepat

Untuk konektivitasnya sendiri ASUS VivoBook 15 A516 terbilang lengkap. Dengan port USB type-C dan USB type-A, HDMI, audio jack, serta microSD reader. Menariknya port USB type-C merupakan generasi 3.2 yang dapat mentransfer data hingga 10 kali lebih cepat, lho! Laptop ini pun juga dibekali WiFi 5 serta Bluetooth 4.1. Gimana, lengkap, kan?


ASUS VivoBook 15 A516




Proteksi Mumpuni

Keunggulan ASUS VivoBook 15 A516 ternyata masih ada lagi! Nilai plus yang dimiliki ASUS varian ini juga meliputi proteksi di dalamnya. Penting banget nih!


ASUS VivoBook 15 A516  dilengkapi dengan HDD E-A-R atau peredam guncangan/getaran. Dengan adanya HDD E-A-R ini kita nggak perlu khawatir dengan keamanan data dari kerusakan. HDD E-A-R akan melindungi data yang berada di dalam laptop dari segala benturan.


Ya, ternyata laptop dengan HDD memang biasanya akan lebih rentan terhadap kerusakan fisik. Weits, namun perlindungan yang diberikan ASUS melalui fitur ini tentu dapat mengurangi kerisauan kita. Terutama jika laptop digunakan oleh anak-anak dan juga saat dipakai dalam perjalanan.


ASUS VivoBook 15 A516




Keamanan yang Utama!

Wah, sepertinya nggak habis-habis nih Bubu Dita membahas gimana keunggulan fitur-fitur produk ASUS  VivoBook 15 A516 ini. Satu lagi teknologi unggulannya adalah akses untuk masuk dan menggunakan perangkat.


Ya, mengakses ASUS VivoBook 15 A516 bisa dengan satu sentuhan  jari saja! Seaman dan semudah itu, kan? Tak perlu lagi mengetik password, just touch to log in! Mika pun pasti akan dengan mudah mengoperasikannya. 



And The Last.... MyAsus!

Apa itu MyAsus? Bagi para pengguna laptop ASUS bagi yang entry-level maupun premium, pasti sudah nggak asing nih dengan MyAsus. Yap, MyAsus merupakan aplikasi besutan ASUS yang sudah ter-install di dalam perangkat.


Dengan MyAsus, pengguna dapat melakukan pengaturan teknis agar performa laptop menjadi lebih maksimal. Ada apa saja di dalamnya? Di dalam MyASUS dapat terlihat informasi teknis perangkat dengan berbagai pengaturan seperti update driver, saturasi warna, hingga diagnosis mengenai kinerja laptop.


Dalam MyAsus juga terdapat Customer Support, lho. Jadi bisa langsung menghubungi pihak ASUS jika terjadi sesuai dengan laptop atau ketika ingin berkonsultasi mengenai laptop yang kita miliki.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Beberapa keunggulan dan poin plus ASUS VivoBook 15 A516 sudah Bubu jelaskan di atas. Semoga bisa menambah referensi bagi Manteman juga juga sedang mencari laptop handal, ya. Sebagai tambahan, Bubu pun ingin mengutip kembali apa yang disampaikan Mba Dewi Rieka, seorang travel blogger mengenai laptop ini:


“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”


ASUS VivoBook 15 A516


Dari apa yang disampaikan Mba Dewi Rieka di blognya, Bubu Dita dan Yaya Indro makin yakin kalau laptop ini memang pas untuk Mika. Ya, tidak salah memang kalau ASUS VivoBook 15 A516 disebut-sebut sebagai modern PC dilihat dari semua spesifikasinya. Dan dengan aplikasi Office lengkap serta Student 2019 tentu cocok untuk digunakan Mika sehari-hari. 


Mungkin memilih perangkat digital dalam hal ini laptop yang tepat bagi Mika merupakan satu langkah kecil untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi besarnya. Bersama ASUS VivoBook 15 A516, bigger dream, wider screen! 



-Bubu Dita & Yaya Indro-



“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. 

Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”




Sumber  gambar laptop:

Asus.com


No comments :

Post a Comment