Balkondes Borobudur, Tempat Makan Sekaligus Penginapan Dekat Candi Borobudur

by - March 16, 2023

balkondes-borobudur

Kalau dipikir-pikir sepertinya saat liburan keluarga ke Yogyakarta beberapa waktu lalu, kami sekeluarga cukup ambisius juga. :) 

Dalam satu hari, kami wisata berkeliling lereng Gunung Merapi dengan jeep Lava Tour Merapi, lalu dilanjutkan wisata ke kawasan Borobudur. 

Bukan hanya ke Candi Borobudur saja tapi juga keliling desa mengunjungi Punthuk Setumbu dan  peternakan lebah madu menggunakan jasa VW classic.

Setelah semua kegiatan hari itu berlalu rasanya memang lumayan lelah, apalagi matahari di hari itu lagi nyala-nyalanya… :D 

Tapiiii, tetap saja keseruan hari itu seperti menutupi rasa lelah yang Bubu sekeluarga rasakan. Ada banyak pengalaman dan hal baru yang kami tahu.  

Nah, salah satu hal terbaik di hari itu adalah kami menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak di Balkondes Borobudur.  

Yes, sebelum memulai petualangan di kawasan Borobudur, Bubu, Yaya, Boo, dan Mika memang berencana untuk makan siang dan istirahat terlebih dahulu. 

Sempat Googling tentang restoran di sekitaran Borobudur, akhirnya pilihan jatuh ke Balkondes Borobudur. Selain karena ada restorannya, di sana juga terdapat jasa untuk VW Tour keliling Borobudur. 

balkondes-borobudur-vw-tour

Meski belum pasti akan wisata dengan VW karena takut waktunya terlalu lama,  tapi seenggaknya kalau tetiba mau wisata VW jadi gak susah lagi, kan cari tempatnya. 

Ada apa lagi di Balkondes Borobudur? Yuk, simak cerita lengkapnya di sini! 


Ternyata Ada Banyak Balkondes! 

Hmmm, Manteman pernah dengar kata Balkondes sebelumnya? Jujur aja, nih, Bubu baru pas ke sana baru tau ternyata Balkondes itu adalah sebuah singkatan. 

Balkondes adalah Balai Ekonomi Desa. Jadi ada beberapa desa di sekitaran Borobudur yang bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan mendirikan semacam rest area untuk para pengunjung. 

Yes, ternyata di sekitaran Borobudur ini bukan hanya ada Balkondes Borobudur, lho. Ada beberapa Balkondes lainnya yang jaraknya tidak terlalu jauh satu sama lain, sebut saja Balkondes Wringinputih, Balkondes Wanurejo, Balkondes Duta Menoreh, Balkondes Karangrejo, dan lainnya. 

Setiap Balkondes memiliki ciri khas bangunannya masing-masing dan dekat dengan tempat wisata serta usaha milik masyarakat desa.

Masyarakat desa juga yang mengelola Balkondes ini. Lumayan ya ada di Balkondes ini bisa turut membantu perputaran ekonomi masyarakat lokal di sana… :)     


Warung Kopi & Restoran

Nah, kalau Balkondes Borobudur sendiri letaknya hampir 1,5 km setelah pintu masuk Taman Wisata Candi Borobudur. 

Begitu sampai di Balkondes Borobudur, Bubu langsung seneng sama tempatnya! Bangunan khas Jawa bernuansa kayu dengan banyak pohon yang bikin suasana jadi lebih adem dan teduh.

Balkondes Borobudur ini juga dikenal dengan nama Waroeng Kopi Borobudur. Sayangnya pas di sini, Bubu gak sempat mencoba minuman kopi khas Magelang. 

balkondes-borobudur-waroeng-kopi-borobudur

Karena sampai tengah hari saat cuaca agak panas, alhasil jadilah kami memesan minuman dingin, seperti es teh manis, jeruk dingin, cokelat dingin, dan juga soda. Beuh, seger banget, kan, tuh! :D 

Untuk makannya karena pas lagi liburan jadwal makan indomie agak longgar dari yang biasanya hanya boleh 1 minggu sekali, akhirnya pas di sini anak-anak Bubu izinkan makan indomie goreng dan juga makan pisang goreng… :D 

Nikmat banget, setelah capek keliling Merapi dan bisa istirahat di Balkondes Borobudur ini sambil isi perut.     

balkondes-borobudur-restoran

balkondes-borobudur-restoran

Sebenarnya ada banyak menu yang disajikan di Balkondes Borobudur. Bahkan tempat ini juga sudah biasa menerima kunjungan rombongan wisatawan sehingga ada paket makan dengan harga Rp30.000,- sd Rp 55.000,- per paketnya. Tapi untuk paket rombongan ini terlebih dahulu melalui pemesanan, ya, Manteman. 

Untuk daftar menunya Bubu lampirkan di bawah ini, ya:

balkondes-borobudur-daftar-menu

Kami menikmati menu makan siang dan minuman di joglo bagian depan. tempatnya cukup luas dengan banyak kursi dan meja. Di tempat ini juga disediakan mushola dan toilet yang cukup bersih di bagian belakang.

balkondes-borobudur

balkondes-borobudur

balkondes-borobudur

Karena di sekitar joglo juga ada taman dan pepohonan, anak-anak jadi bisa keliling-keliling dan gak merasa bosan ada di tempat ini.  

Oiya, bangunan pendopo joglo ini juga bisa disewakan untuk acara, lho. Area parkirnya juga cukup luas hingga bisa memuat beberapa mobil, bahkan bis. 


Penginapan Dekat Tempat Wisata

Satu hal lagi yang jadi keunggulan tempat ini adalah disediakannya penginapan/homestay. 

Pas lagi keliling Balkondes Borobudur ini, Bubu melihat bangunan di belakang yang ternyata adalah penginapan yang disewakan. 

Tak hanya itu. Di bagian seberang Balkondes Borobudur juga ada bangunan khas Jawa yang ternyata masih satu bagian dari Balkondes ini dan bisa disewakan sebagai penginapan. 

balkondes-borobudur-penginapan-homestay

balkondes-borobudur-penginapan-homestay

Sayangnya Bubu gak melihat bagian dalam kamarnya. Saat Bubu di sana pun kelihatannya sedang tidak ada tamu yang menginap atau mungkin saja memang ada tamu tapi sedang tidak ada di penginapan. 

Untuk rate kamarnya sendiri sebagai berikut, ya, Manteman:


Single Room Rp500.000,-/ malam

Tersedia 7 kamar 


Couple Room Rp1.000.000,-/ malam

@2 kamar

Tersedia 2 rumah 


Family Room Rp1.500.000,-/ malam

@3 kamar

Tersedia 4 rumah


Siapa tahu ada Manteman yang berencana untuk eksplorasi berbagai tempat wisata di Borobudur, bisa banget menginap di sini. Menghemat waktu dibanding menginap di pusat kota Yogyakarta yang butuh waktu 1 jam lebih ke Borobudur. 

Gimana, tertarik buat menginap, makan atau nyoba VW Tour di Balkondes Borobudur ini? Cus, yuk, rencanain liburan bareng keluarga ke Borobudur juga!


Balkondes Borobudur 

Jl Borobudur Ngadiharjo, Dusun Ngaran 2, RT.001/RW.006, Sawah, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553

Jam Buka : 07.00 - 20.00 

Telepon: 0811 2644 432

IG: @balkondesborobudurofficial



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar