#SkillSetUp Bareng Komunitas Bloggercrony Indonesia di Blogger Day 2023

by - March 17, 2023

blogger-day-2023

Gak kerasa tahun 2023 ini genap 8 tahun Bubu membuat blog RumikasJourney. Blog yang niat awalnya hanya sebagai dokumentasi keluarga, kini bisa menjadi personal branding Bubu dan menjadi tempat berjejaring hingga mendapatkan cuan. 

Tentunya dalam dunia blogging ini Bubu juga merasakan pasang surut selama 8 tahun. Efek yang paling terasa adalah saat pandemi. 

Berhubung blog ini berniche traveling dan kebanyakan mengulas tentang wisata, karena pandemi akhirnya sejak 2020-2022 tulisan yang publish di blog hanya hitungan jari saja.

Jiwa ngeblog seperti sudah meredup, bahkan untuk mengukir beberapa kata saja rasanya sulit sekali… :(Ditambah lagi adanya tuntutan pekerjaan yang menyita perhatian dan juga mesti adaptasi bagaimana bekerja sambil membersamai keluarga di rumah saja. 

Walaupun blog RumikasJourney seperti terlantar di rentang tahun itu, tapi blog ini masih ingin Bubu kelola. Setiap tahun domain terus diperpanjang. Draft tulisan sebenarnya juga masih dibuat meski pada akhirnya hanya berakhir sebagai draft saja… :’) 

Ada perasaan yang gak mengizinkan Bubu buat ngelepas blog yang sudah Bubu bangun sejak 2015 ini. 

Dan pada akhirnya mulai akhir tahun 2022 hingga bulan Maret 2023 ini, Bubu mendapat semangat lagi dan kembali rutin menulis di blog. Setiap minggu ada dua tulisan baru yang Bubu hasilkan. 

Memang tidak mudah untuk kembali lagi seperti saat awal dulu. Tapi Bubu yakin konsisten adalah satu cara untuk tetap bertahan. Bertahan pada hal yang kita sukai… :)  


2023 Saatnya Belajar Lagi, Tambah Skill Lagi! 

Secuplik cerita di atas tentang up and down-nya dari dunia blogging mungkin pernah dirasakan juga oleh Manteman blogger yang lain. 

Tapi Bubu sadar, ketika kembali menekuni blogging lagi ternyata bukan hanya soal konsistensi. Dunia blog dan juga social media semakin berkembang sekarang ini.

Jika ingin terus menggelutinya ada banyak hal yang tentunya harus dipelajari dan diperdalam lagi. Karena itulah sejak akhir tahun lalu, Bubu juga coba belajar lagi untuk menambah dan meningkatkan skill Bubu dalam dunia digital ini. 

Bubu sempat belajar lagi soal SEO di salah satu platform belajar daring.  Dan rasanya Bubu butuh untuk memperdalam mengenai SEO dan ada rencana untuk mengambil kelas yang lebih advanced. 

Selain itu, bulan lalu Bubu juga sempat belajar videografi smartphone. Kebutuhan akan skill videografi ini tentunya diperlukan apalagi jika Bubu ingin lebih membranding diri di social media. 

Blogger memang intinya adalah menulis, tapi skill seperti fotografi dan videografi tentunya sangat diperlukan sebagai nilai plus seorang blogger. 

Dan ada lagi satu skill yang pingiiiiin banget Bubu pelajari, yaitu skill voice over. :) 

Untuk skill ini Bubu pernah mendapat masukan dan sharing dengan teman Bubu yang memang sudah terjun di dunia voice over. Namun rasanya mau mempelajari lagi lebih dalam dengan mengambil kelas-kelas di beberapa tempat. Semoga untuk skill yang satu ini bisa Bubu pelajari juga di tahun 2023 ini.

Di luar dunia tulis menulis dan dunia digital kreatif, Bubu juga ingin mulai belajar bisnis. Tahun ini Bubu mulai lagi berjualan untuk menambah penghasilan. Pastinya ada ilmu dan seni berbisnis juga yang mesti Bubu pelajari supaya hasil dari bisnis Bubu bisa lebih maksimal. Doakan, ya, Manteman supaya usaha Bubu bisa berjalan lancar di tahun ini. Baru mulai bangeeeet… :)     


Blogger Day 2023, Dari Online Sampai Nge-Camp

Keinginan Bubu untuk skill set up di tahun 2023 ini ternyata sejalan dengan tema yang diangkat Komunitas Bloggercrony Indonesia dalam rangkaian acara Blogger Day 2023. 

Bloggercrony mengadakan Blogger Day 2023 sebagai acara perayaan ulang tahun ke-8 komunitas blogger ini. Wah, ternyata umur Bloggercrony sama seperti umur blog Rumikasjourney… :D 

Hampir setiap tahunnya, komunitas Bloggercrony indonesia mengadakan Blogger Day. Namun untuk Blogger Day 2023 ini rasanya berbeda dengan Blogger Day tahun-tahun sebelumnya karena dilakukan secara hybrid! 

Perayaan Blogger Day 2023 kali ini dilakukan secara online pada Jumat, 24 Februari 2023 bersama 100 blogger terpilih. Dan dilanjutkan dengan acara Fun Camp di Puncak Halimun pada 4-5 Maret 2023. 

blogger-day-2023
Dok. IG @bloggercrony

Sayangnya Bubu gak bisa mengikuti kegiatan Fun Camp. Tapi alhamdulillah banget bisa terpilih menjadi bagian dari peserta online Blogger Day 2023. Terima kasih sekali sudah memilih Bubu jadi salah satu peserta, ya, kakak-kakak Bloggercrony… :) 

Di acara kick off secara online ini Bloggercrony mengangkat tema “Pemetaan #SkillSetUp Blogger Indonesia Bersama #BCCSquad.”

Dari tema tersebut Bubu bisa melihat bagaimana komitmen Bloggercrony untuk terus membersamai BCC Squad (sebutan anggota Bloggercrony) dalam meningkatkan kualitas blogger dari berbagai aspek.  

“Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.”

Tak hanya mengenai skill berupa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tapi juga skill dalam memahami kode etik dan profesionalisme blogger sehingga BCC Squad bisa menjadi blogger-blogger yang kredibel. 

Berikut Bubu rangkum gimana keseruan acara Blogger Day 2023 yang Bubu Dita ikuti, ya, Manteman… 


  • Pembukaan Acara Blogger Day 2023

Acara Blogger Day 2023 secara online dipandu oleh host/MC Kak Zhea dengan Kak Bowo Susilo dan Kak Satto Raji sebagai fasilitator, Kak Anesa Nisa, serta Kak Fawwaz sebagai moderator. 

Menurut Kak Bowo Susilo yang juga menjadi Ketua Panitia Blogger Day 2023, kegiatan ini merupakan ajang berkumpul anggota komunitas blogger Indonesia dari berbagai daerah, memperkuat jejaring antar anggota, menambah kompetensi diri, dan sebagai ajang apresiasi dari komunitas kepada anggotanya. 

blogger-day-2023

blogger-day-2023

Pengurus Bloggercrony memang paling bisa banget kasih surprise. ada banyak dan undian berhadiah juga di acara Blogger Day ini… :D 

Oiya, acara Blogger day 2023 juga didukung oleh Cera Production, Kausamesta, dan ICT Watch, lho… 

Acara yang pertama kalinya dilakukan secara hybrid online dan offline dengan 100 anggota ini juga menjadi wadah bagi Bloggercrony yang ingin fokus untuk mendengar suara dari para blogger. 


  • Special Guest Bloggerpreneur

Blogger Day 2023 juga kedatangan special guest, yaitu Kak Uwan Nurwan dan Kak Tanti Amelia. 

Keduanya adalah blogger yang memiliki usaha dalam bidang seni artwork ilustrasi dan lettering serta doodle.

blogger-day-2023

blogger-day-2023

blogger-day-2023


Kak Uwan dan Kak Tanti menceritakan pengalamannya bagaimana memulai hal yang mereka sukai menjadi sebuah usaha yang menghasilkan. Kak Uwan mulai suka menggambar dari kecil hingga akhirnya ada teman yang memesan karyanya. Ia sempat kaget dengan karyanya yang ternyata dinilai cukup tinggi. 

Sedangkan Kak Tanti sempat memulai usaha dengan berjualan cireng hingga salad buah. Hingga pada akhirnya Kak Tanti menekuni usaha lettering dan doodle yang sangat disukainya.  

“I believe in art. Seni akan terus berkembang,” kata Kak Tanti Amelia.

Selain Kak Uwan dan Kak Tanti, ada banyak BCC Squad yang memiliki usaha. Bloggercrony pun mewadahinya melalui program Bloggerpreur. Untuk berbagai program di bloggercrony Bubu tulis terpisah di bawah, ya… 


  • Most Wanted Blog Award 2023

Nah, ini dia satu hal yang paling ditunggu oleh BCC Squad  saat Blogger Day tentunya pengumuman Most Wanted Blog Award. 

Yap, jadi setiap tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia memberikan apresiasi kepada satu orang blogger yang konsisten dalam menulis dan memberikan manfaat melalui tulisan-tulisan positifnya.

blogger-day-2023

Dan untuk Blogger Day tahun ini Mba Helena Safitri terpilih menjadi Most Wanted Blog Award. Yeaaayyy… :D Mba Helena termasuk yang sudah lama mengikuti perjalanan Bloggercrony dan termasuk blogger yang sangat konsisten.

Bubu salut banget sama kekonsistenan Mba Helena dalam menulis tema parenting dan juga traveling. Di social media-nya pun Mba Helena juga senang berbagi terutama tentang pendidikan anak.


  • Talkshow Bersama Bang Away

Dan ini dia sesi talkshow utama di acara Blogger Day 2023, tu yaitu perbincangan antara Kak Wardah Fajri/Kak Wawa (Founder Bloggercrony) dengan Bang Anwar Natari/Bang Away (Pengawas Komunitas Bloggercrony Indonesia). 

Kak Wawa sempat bercerita di awal bagaimana Bloggercrony terbentuk dan yang dicari pada awal pembentukan komunitas ini adalah seorang mentor/guru. Dan yang menjadi mentor sejak dulu adalah Bang Away. 

“Dari awal yang kita bangun adalah edukasi, literasi, literasi digital, itu yang dikuatin, yang kita siapkan. Kalau teman-teman sudah siap, apa pun peluang akan dengan mudah kita ambil,” ujar Kak Wawa. 

blogger-day-2023


Menurut Bang Away, skill set up atau  soal pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebenarnya sudah dijalani teman-teman blogger. Tapi mungkin kita sebagai blogger tidak menyadarinya.

Skill set merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki apapun profesinya.

Dari mulai mencari tahu tekniknya, dilatih sehingga menjadi keterampilan dan dapat berkembang. Kemudian sikap atau attitude baik harus berjalan seiring dengan pengetahuan dan keterampilan tersebut. 

“Keterampilan memotret untuk melengkapi tulisan. Bisa juga menulis berdasarkan dokumentasi, bisa mengasah otak kreativitas kita. Memotret melatih indra penglihatan kita. Dari gambar kita bisa terpancing. Tidak asal foto, setidaknya tahu komposisi yang baik seperti apa. Sayang punya konten tapi gak dibuat dalam bentuk visualnya. ” ungkap Bang Away.  

Itulah salah satu skill set up yang diceritakan oleh Bang Away. Meski sebagai blogger yang utama adalah menulis, namun kemampuan lain juga sebisa mungkin dikuasai. 

Kalau punya skill set yang bertambah, kepercayaan diri pun akan meningkat.

blogger-day-2023


Salah satu pembahasan paling menarik saat sesi bersama Bang Away adalah mengenai ChatGPT. Teknologi AI ini memang sudah merambah dunia kretaif, termasuk blogging. 

Dengan hitungan detik saja kita bisa membuat tulisan dan caption yang kita inginkan.

Teknologi memang tidak bisa dibendung, namun apakah dunia blog akan tergerus dan bagaimana kita sebagai blogger menyikapinya??? 

“ChatGPT sama seperti produk teknologi lain. Bisa menjadi tantangan atau peluang. Chat GPT tidak bisa lagi dilihat sebagai sesuatu yang tabu. Kita harus melihatnya sebagai peluang, bukan ancaman. Bisa jadi ancaman untuk orang yang tidak bisa adaptasi dan tidak bisa inovasi.” 

Nah, jawaban dari Bang Away ini setidaknya melegakan, ya. Bubu pernah mencoba juga memakai ChatGPT. Benar memang dalam hitungan detik info yang Bubu butuhkan dengen cepat tersaji.

Namun menurut Bubu tetap butuh pandangan kita sebagai penulis untuk mengecek kembali tulisan hasil AI tersebut. 

ChatGPT memang tidak bisa dihindari, tapi kita sebagai blogger tentu bisa memanfaatkannya untuk hal yang baik. 

Untuk menjadi blogger yang kredibel dan dapat dipercaya tentu harus selalu melakukan riset dan pengecekan terhadap tulisan yang dibuatnya, kan. Teknologi hanya menjadi alat untuk membantu. "Otaknya" tentu saja masih ada di diri kita sendiri... :) 

Ada satu hal penting juga yang diungkapkan oleh Bang Away. 


“Jangan terlalu keras sama diri sendiri.”


Ya, keinginan untuk skill set bisa jadi malah memusingkan diri sendiri. Karena itu Bang Away memberi tips untuk fokus saja dalam satu minggu atau satu bulan mempelajari tentang apa, kemudian baru berganti di minggu atau bulan berikutnya. 

“Lama-lama jadi komplit. Yang penting dalam setahun ini nambah skill set yang kita miliki.” 

Hal ini tentu bakal Bubu ingat terus. :D Terima kasih, ya, Bang Away untuk pesannya… 


8 Tahun Bersama Bloggercrony

Seperti yang Bubu ceritakan di awal. Ternyata umur blog Bubu dan umur Bloggercrony sama-sama 8 tahun… :D 

Bubu juga sudah lama menjadi BCC Squad meski memang tidak terlalu aktif mengikuti semua kegiatannya. Tapi meski begitu Bubu banyak berterima kasih untuk Bloggercrony karena sampai sekarang ada banyaaaak banget program yang dilakukan dan bisa diikuti BCC Squad.

blogger-day-2023


Program-program di Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Blogger Hangout: Workshop gratis 1x sebulan untuk anggota.

Blogger View: Program tematik partnership dengan pihak ketiga dengan komunitas sebagai fasilitator bagi anggota. 

Blogger Care: Program membantu sesama yang membutuhkan.

Bloggerpreneur: Program pemberdayaan untuk blogger yang memiliki usaha.

Blogger Day: Gathering komunitas setahun sekali

Nah, itulah beberapa program unggulan milik Bloggercrony. Di samping itu di Whatsapp Group komunitas juga ada program harian seperti #BWTuesday dan #W60. Di twitter juga ada program #Monday2Follow dan #InspirasiKamis.

Beberapa kali Bubu ikut program #BWTuesday. Bisa membaca tulisan teman-teman rasanya menyenangkan dan tentu bisa menambah pengetahuan. 

Dari yang gak tahu soal skincare jadi tahu. Dari yang awan soal financial jadi mulai peka berkat tulisan teman-teman blogger. Begitu pun dengan tulisan traveling yang suka bubu baca, wah jadi bisa nambah list tempat wisata dari tulisan para blogger. :D

Bubu juga selalu memperhatikan gimana kakak-kakak pengurus melakukan tugasnya dengan baik. Terutama soal etika dan profesionalisme. Brief pun dibuat dengan rapi dan detail.  

Pengurus Bloggercrony gak lelah buat selalu mengingatkan. Di sini juga kita belajar bagaimana beradaptasi dalam suatu komunitas dan bagaimana harus bersikap secara profesional. 

Beberapa kegiatan yang Bubu ikuti di Bloggercrony juga punya kesan tersendiri. Dan yang paling berkesan saat itu adalah ketika terpilih menjadi Most Wanted Blog Award tahun 2019. 

Di tahun tersebut Bubu memang rajin sekali menulis blog, terutama tulisan organik. Blog Bubu rasanya begitu hidup :D Sayangnya waktu itu berhalangan gak bisa ikut acara Blogger Day…  :’)

Senang rasanya ketika bisa menginspirasi melalui tulisan dan juga diberikan apresiasi dari tulisan yang kita buat. 

Semoga Komunitas Bloggercrony Indonesia bisa terus berkembang di tahun-tahun berikutnya dan tentunya bisa memberi banyak inspirasi untuk semua blogger Indonesia… 

Salam sayang selalu untuk Bloggercrony… :) 

Instagram/Twitter @bloggercrony



Bubu Dita

@rumikasjourney 



Related Posts

0 komentar