The Onsen Hot Spring Resort, Penginapan Ala Jepang di Batu Malang

by - March 10, 2024

the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

Berlibur di Batu Malang bisa jadi pilihan untuk Manteman dan keluarga dalam menghabiskan waktu liburan mendatang. 

Tak hanya bisa menikmati banyaknya tempat wisata yang tersedia di kota tersebut, tetapi juga bisa hanya menikmati waktu liburan dengan berada di penginapan berkonsep resort. 

Salah satu rekomendasi resort yang bisa jadi pilihan di Batu Malang adalah The Onsen Hot Spring Resort. 

Boleh dibilang resort ini memiliki keunikan dibanding dengan resort atau penginapan lainnya yang ada di Batu Malang. 

Ya, di The Onsen Hot Spring Resort inilah tamu bisa menikmati waktu libur serasa berada di Jepang! Konsep yang ditawarkan The Onsen Hot Spring resort ini memang penginapan yang mengadopsi gaya Jepang. 

Bagaimana pengalaman Bubu dan keluarga menginap di resort ini?


Resort dengan Ryokan

Nuansa Jepang yang dihadirkan di The Onsen Hot Spring bukan hanya dapat ditemukan pada dekorasi di bagian luar atau eksterior saja. 

Tema Jepang juga hadir di tempat menginap yang berupa rumah dengan gaya ryonan. 

Menurut Wikipedia ryokan merupakan penginapan dengan fasilitas dan bangunan berarsitektur Jepang. Penginapan jenis ini menyediakan kamar bergaya Jepang yang berlantaikan tatami.

the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

ryokan-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang


Benar saja, begitu sampai di The Onsen Hot Spring dan menyelesaikan proses check in, Bubu sekeluarga langsung diantar oleh golf car menuju kamar. 

Nah, kamar yang ada di resort ini terdiri dari bangunan seperti rumah kayu dengan arsitektur Jepang. Kebetulan rumah kayu yang kami tempati bernama Hiroshima. 

Setiap rumah kayu di resort ini memang dinamakan seperti nama tempat-tempat di Jepang. Terdapat 25 ryokan di The Onsen Hot Spring resort ini. 

Begitu masuk ke dalam, rasanya seperti masuk ke dalam rumah yang nyaman dan cukup luas. Homey banget! Ryokan ini didominasi oleh kayu dari mulai dinding sampai lantainya, ya. 

Di bagian dalam terdapat dua kamar tidur, ruang tv, ruang makan, dan kamar mandi. Untuk ruang tv memang nggak kelihatan tv-nya. Awalnya Bubu juga bingung, kok, tumben, nih, nggak ada tv di penginapan. 

ryokan-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

toilet-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

kamar-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang


Namun ternyata tv di rumah resort ini disimpan di dalam rak, dan kalau mau nonton tinggal dibuka aja raknya. :) Compact banget, deh, rasanya. 

Di dekat tv juga ada kulkas mini dan beberapa minuman, seperti teh dan kopi. Tentunya juga ada penghangat air, ya. 

Nah, untuk kamar mandinya sendiri juga dilengkapi amenities lengkap dan handuk. Kesan kamar mandinya juga lebih modern. Bukan berornamen kayu tapi batuan dan keramik.

Resort ini memang cocok banget untuk keluarga. Dengan dua kamar, anak-anak bisa tidur terpisah dari Bubu dan Yaya. Setiap kamarnya juga luas, lho. Dan disediakan juga yukata yang bebas digunakan. Lumayan banget nih, bisa untuk foto-foto biar lebih kerasa Jepangnya saat di ryokan ini… :) 

yukata-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang


Terdapat Private Onsen

Hal paling menarik yang ada di resort ini apalagi kalau bukan private onsen yang ada di setiap ryokan! 

Onsen ini terdapat di bagian belakang ryokan berdampingan dengan teras. Ukurannya memang nggak terlalu besar tapi untuk berendam sekeluarga muat, kok.

private-onsen-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

Airnya akan diisi saat malam hari pukul 8 sampai 11 malam. Jadi pengisian air di onsen ini diatur oleh pihak resort, ya. Kita nggak bisa mengisinya sendiri. 

Tentunya air yang diisi di setiap onsen privat ini juga merupakan air hangat alami. Sambil berendam di onsen, kita bisa menikmati suasana alam yang menghadap perbukitan. 


Menu Breakfast Jepang

Pagi harinya jangan lewatkan untuk sarapan di Restoran Fushimi yang berada di dalam area resort. Untuk breakfast sudah termasuk biaya saat Bubu mereservasi resort ini, ya. Free breakfast untuk 4 orang. 

Restoran Fushimi menyediakan area makan dengan kursi atau lesehan. Karena udah tahu bakal gampang kesemutan, pastinya Bubu sekeluarga memilih di area dengan tempat duduk saja. 

View dari area ini juga lebih bagus, karena menghadap langsung ke view alam perbukitan, dan tentunya ikon resort, gerbang Tori berwarna merah. 

restoran-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

restoran-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

Sarapan di The Onsen Hot Spring Resort banyak banget pilihannya. Tentunya menunya pun juga kebanyakan menu khas Jepang. 

Ada satu stan khusus yang membuat teppanyaki. Ini, sih, yang jadi favorit Bubu sekeluarga. Karena satu porsinya nggak gitu banyak, Bubu sampai nambah dua kali makan ini… :D 

Menu lainnya di sini, ada sushi, nasi goreng, sandwich, omelette, bubur, sup miso, aneka minuman, dessert, dan lainnya.  


Fasilitas di The Onsen Hot Spring

Dengan luasnya resort ini, beberapa fasilitas juga tersedia di sini dan dapat dinikmati oleh semua tamu penginapan. 

Kalau menginap di sini, coba deh banget pagi dan berjalan kaki mengikuti semacam jogging track-nya. Asli, enak banget suasananya, apalagi kalau pagi segar banget! 

Sepanjang berkeliling ini Bubu melihat ada Chaya, tempat untuk bersantai dan bisa juga untuk minum teh di sini. 

view-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

Pemandangan sekitar resort juga bagus banget. Apalagi juga ada beberapa spot yang bernuansa Jepang, seperti Tori, serta jembatan merah dengan kolam ikan di bawahnya. 

gerbang-tori-the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang

Di resort ini juga bukan hanya memiliki private onsen di tiap ryokan, tapi juga ada public onsen, lho. Onsen tersebut dibedakan untuk perempuan dan laki-laki. Setiap onsennya bisa memuat hingga 20 orang.

Selain itu ada juga hall yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti meeting, engagement, sampai wedding.  

Karena konsepnya berupa resort ala Jepang, di The Onsen juga menyediakan penyewaan kimono sekaligus fotografernya setiap weekend, ya. Pastinya ada tambahan biaya untuk fasilitas yang satu ini. 

Begitu pun dengan fasilitas ATV. Boo dan Mika sempat mencobanya bersama Yaya dan memang ada tambahan biaya. Namun karena tamu resort kami mendapat potongan harga. 


Rate The Onsen Hot Spring Resort

Nah, berapa, sih, biaya, untuk menikmati penginapan ala Jepang di Batu Malang ini? 

Bubu sekeluarga menginap di bulan Desember 2023. Saat itu termasuk waktu holiday, ya. Rate di The Onsen Hot Spring Resort Batu Malang sekitar Rp 2,1 juta. 

Bubu melakukan reservasi di OTA Tiket.com. Rate ini tentunya bisa berubah tergantung waktu dan tempat pemesannya, ya. 

the-onsen-hot-spring-resort-batu-malang


The Onsen Hot Spring Resort

Jl. Arumdalu No.98, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312

Telepon: (0341) 5101888

IG: @theonsenresortbatu


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar