Outfit Favorit Untuk Liburan. Dari Baju, Celana, Sampai Hijab!

34 comments

Urusan memilih outfit saat liburan memang bisa bikin pusing. Gimana caranya supaya kita tetap nyaman saat bepergian ke tempat yang mungkin jauh tapi penampilan tetap kece. :D  Apalagi bagi perempuan berhijab. Mesti banget punya trik buat memadu padankan pakaian dan hijab supaya kelihatannya cucok! :D

Sejak menerapkan konsep KonMari di rumah, outfit yang tersimpan di lemari saya jauuuuuh berkurang. Konsep yang dipopulerkan oleh Marie Kondo, seorang konsultan kerapian asal Jepang, ini memang membuat hidup lebih simple dan rapi, termasuk urusan pakaian dan menatanya.

Pakaian saya yang segambreng akhirnya bisa berkurang lebih dari setengahnya. Lemari jadi lebih lapang dan bernapas lega. Baju suami yang tadinya hanya kebagian space sedikit, akhirnya bisa juga mendapat tempat yang lebih luas. Haha... Dasar, yah, perempuan kalau untuk urusan pakaian pastilah “menjajah” laki-laki. :D

Mengikuti metode KonMari, saya pun hanya menyimpan pakaian yang benar-benar saya sukai dan yang benar-benar saya pakai. Dari situlah Bubu Dita harus memaksimalkan pakaian yang ada untuk berbagai kesempatan, termasuk untuk liburan. Ya, sebisa mungkin satu outfit bisa dipakai ke beberapa acara. Bisa untuk acara formal, casual, dan jalan-jalan. :D

Nah, jadi, gimana, dong, buat mensiasatinya? Apakah dengan pakaian yang enggak terlalu banyak di lemari masih bisa tampil kece saat liburan? Bisa banget, dong.... Intinya, pastikan beberapa must have item perempuan kita miliki di lemari.


Baju
Bubu Dita paling suka memakai blouse saat liburan. Lho, bukannya kaos? Yes, kaos juga pasti dibawa, kok. Wajib bangetlah bawa kaos kalau traveling. Tapi, entahlah setelah berhijab jadinya lebih suka pakai blouse lengan panjang buat kemana-mana. Blouse ini pun bisa banget dipakai untuk jalan-jalan sampai ke acara paling formal sekalipun. :)

Pilih blouse yang bahannya adem, ya. Tapi tetap bukan yang transparan. Jika transparan mesti pakai manset dan itu buat saya malah bikin gerah. Harus, kudu, wajib punya blouse polos. Gampang buat dipadu padan sama hijab polos maupun bermotif.


Untuk kaos juga harus ada yang polos dan saya paling suka pakai kaos motif garis-garis. Waaa, motif ini, sih, everlasting bangetlah, ya. Untuk kaos polos, meski saya suka hitam tapi jarang bangeeeet pakai hitam saat jalan-jalan. Mungkin karena pingin suasana ceria kali, ya. :)

Oiya, untuk atasan, sebaiknya juga membawa outer, bisa cardigan, kimono atau yang berbentuk vest atau rompi. Kenapa? Selain bisa untuk variasi, outer ini juga bisa membuat foto-foto liburan enggak membosankan! Hihi... Outer bisa jadi penyelamat jika ke berbagai destinasi dalam satu hari, bajumu enggak itu-itu aja, gaes. :D


Celana
Buat saya memilih celana, nih, yang agak sedikit ribet. Saya suka jeans, tapi kalau liburan malas aja pakai jeans yang tebal. Lebih baik jika memakai jeans yang bahannya ringan dan stretch.

Untuk yang bekerja, banyak, kok, pilihan celana kerja wanita yang juga bisa dipakai untuk liburan. Celana capri berbentuk pipa termasuk jenis celana yang terlihat formal dan biasanya dijadikan sebagai celana kerja wanita. Celana jenis ini cocok juga untuk jalan-jalan karena enggak terlalu ketat dan masih bisa dipakai untuk hijabers.

Saya dulu bekerja di perusahaan media yang termasuk santai dalam hal berbusana. Busana casual pun enggak masalah jika ke kantor. Akhirnya celana yang saya punya pun banyak yang enggak terlalu formal, seperti celana jogger dan ankle puff (aladdin). Yes, dua jenis celana itu yang jadi favorit saya juga buat dipakai saat liburan.

Dengan model lebar dan enggak bikin gerah, jogger dan aladdin pas banget dijadikan outfit pilihan ketika traveling. Celana lebar lainnya, seperti kulot dan palazzo juga bisa jadi pilihan. Apalagi kini banyak juga celana kulot plisket yang banyak disukai. Semua celana model lebar tersebut cocok untuk hijabers dan bisa membuat liburan jadi lebih nyaman.


Source: arabianwanderess

Source: arabianwanderess

Saya pun lebih suka jika traveling menggunakan celana dengan bagian pinggang dari karet, bukan dengan kancing dan zipper. Yap, hampir sebagian celana yang ada di lemari, termasuk celana kerja wanita yang saya gunakan saat masih bekerja kantoran dulu pun bagian pinggangnya dari karet. Kenapa? Maaak, setelah lahiran ukuran pinggang jadi enggak kekontrol lagiiii… :D

Aman bangetlah punya celana dengan ban pinggang dari karet. Biasanya, sih, bakal lebih tahan lama karena bisa melar walaupun saya lagi bertambah ukuran pinggang. Huhuuuw, doain, dong, biar ukuran pinggang Bubu Dita ini mengecil, gaes! :D



Hijab
Nah, kalau buat hijab, paling suka hijab motif atau polos? Segi empat atau model pashmina? Atau jangan-jangan hijab instan? Mana yang paling enak dipakai buat liburan? Jawabannya... semuanya! Ya, semua hijab cocok untuk digunakan kala liburan.

Hijab ini memang personal banget. Enggak bisa dipatok mana yang enak buat liburan, mana yang enggak. Kalau favorit Bubu Dita tetap hijab instan polos. Biar enggak ribet, aja. Tanpa peniti, tanpa jarum pentul, sudah jadi. Apalagi kalau jalan-jalan sama Boo dan Mika, kan.

Tapi saya juga tetap membawa hijab segiempat polos dan motif, kok. Biasanya untuk variasi juga dan disesuaikan dengan outfit yang saya bawa. Hijab polos enggak cuma cocok dengan baju motif, tapi dengan baju polos pun juga masih oke.

Menurut saya, hijabers juga mesti punya hijab bermotif yang terdiri dari berbagai warna karena bisa di-mix and match dengan baju polos yang warnanya ada di dalam hijab tersebut.

Yes, semua jenis hijab dengan model yang paling “aku banget” bisa jadi pilihan kita saat iburan. Eh, tapi, asal model hijabnya enggak lebay kayak mau ke kawinan aja, ya. :D

Nah, kalau Manteman Rumika outfit kayak apa, sih, yang paling bikin kamu nyaman saat liburan? Sama enggak kayak favorit Bubu Dita? Share, yuk!



-Bubu Dita-

34 comments

  1. Halo Mbak!! Makasii infonya.. sy mmg ngerasa sbg perempuan apalagi berhijab, memilih outfit saat traveling itu penting bgt, biar ga kelebihan brg bawaan hehe.. btw aku jd pengen baca2 ttg KonMari.. makasii infonya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan lho lemari bisa rada napas setelah ngikutin KonMari.. haha :D

      Delete
  2. Cewek itu apa2 disimpen yak. Kali aja suatu saat dibutuhkan. Makanya tuh barang2 menumpuk. Hehehe.

    Kalo aku lebih suka pakai t-shirt dan celana jeans.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga ceweeek Hihi.. :D Aku pun suka banget jeans n tshirt.. Tapi sekarang lagi suka pakai blouse gitu mba..

      Delete
  3. Aku belum bisa nih nerapin konmari, suka sayang dan berfikir fashion tuh berulang, siapa tahu nanti baju2 yg aku punya sekarang hitz lagi.. nice sharing ka dita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciii Kak Nurul.. Nah iya trend bakal keulang ya.. Yang udah bener-bener gak kepakai dan aku udah gak suka, baru deh aku sortir.. :)

      Delete
  4. aku udah lama banget nggak pakai kaos saat bepergian. Belakangan emang lebih suka blouse, mba. Dan dipadu dengan kulot. Jadi berasa nyaman. Untuk hijab aku suka yang simpel. Asik juga niru outfit favorit ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Al, blouse bahan katun pun juga adem kok yaa.. Enak dipakai jalan-jalan.. :)

      Delete
  5. Jeans dan kaos adalah andalanku kalau bisa sandal jepit ok atau minimal sneakers deh. Buat hijab aku bawa yg polos n motif tp yg bisa padu padan. Nggak suka ribet aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa Mba Gita, aku juga sukanya yang simpel-simpel aja.. :)

      Delete
  6. Iya nih padu padan memang hrus ada ide banget, tapi tetep aja bingung klo mau pergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga perempuan mbaaa.. haha pembelaan.. :D Baju selemari suka ngerasa gak ada yang bisa dipakai.. Hihi :D

      Delete
  7. Tadinya sih, kalau liburan itu paling enak ngejeans dan pakai t shirt aja. Tapi, berhubung kebutuhan foto, jadi ribet deh heheheheheee....yang penting nyaman yaaa :)

    ReplyDelete
  8. Sy termasuk orng yg susah pilih baju kalau mau pergi. Udh lama banget ga PD pake kaos, lebih senang pake kemeja dan celana panjang. Mungkin karena ukuran Bandan kali ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, makin kesini aku pun udah jarang pakai kaos buat pergi.. Cuma kupakai di rumah aja kalo kaos.. :)

      Delete
  9. Karena aku belum berhijab jadi outfitnya cuma atasan dan bawahan. Celana legin, pants atau kaos menjadi andalan. Tapi lihat dulu lokasi liburan nya kemana ya. Sesuaikan tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeeessss betul, sesuaikan tempat baru deh pilih bajunya.. :)

      Delete
  10. Aku masih belum bisa nentuin outfitku sendiri kalau liburan Mba, akhirnya jadi banyak yg dibawa padahal gak semua dipake. Bikin berat doang, huhu. Makasih tipsnya ya Mba :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu bisa di-prepare outfitnya perhari mba, biar sudah pasti bakal pakai yang mana.. Aku biasanya gitu, baju celana hijab buat satu hari aku gabung..

      Delete
  11. Out fit milih yang santai yang adem hehehe.
    Makasih share nya ya mba, dicatet nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes bu mesti yang bahannya adem biar labih nyaman jalan-jalannya..

      Delete
  12. Oooohhh ternyata fave nya bubu Dita adalah blouse �� Wah... kalo aku sih kaos pastinya. Blouse juga suka. Yang penting disesuaikan dengan bawahannya. Bisa pakai rok atau celana panjang kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting matching ya mbaa, biar pas difoto juga cakeppsss.. hihihi

      Delete
  13. aku suka konseonya tapi hanya wacana belum dilakukan. coba kumpulin barang2 dan jual sih paling supaya move on. baju sih aku sesederhana restoran padang mba yg penting pas dilihat ngengenin ekh. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu udah dijual juga mba, siiiplah.. Aku juga mulai berantakan lagi nig rumah hahaha..

      Delete
  14. saya biasa libuaran bawa yang ringan, disesuaikan dengan warna dan yang penting nyaman buat dipakai selama liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba sebisa mungkin bawa baju celana yang enteng ya, apalagi kalo liburan sama keluarga yang pasti bawaannya makin banyak..

      Delete
  15. Favoritku sebenarnya jeans dan blouse yang lucu, tapi sekarang bwralih ke tunik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaak aku jadi pingin beli tunik lagi, cuma punya dikit di rumah.. Hihi..

      Delete
  16. Kalau jalan2 ade lebih suka pakai gamis dan jilbab instan yg lebar. Pastinya didalam pkai celana kaos, bukan leging buat lapisan. Kenapa? Biar ga usah bawa mukena. Sholat tinggal pakai kaos kaki. Xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum bisa nih pakai gamis Mba Ade.. Hihi.. Kalo hijab instan juga favoritku bangeeet, biar gak ribet.. :D

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. ASSALAMU ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATU...
    Salam sejahterah bagi kita semua...
    Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya agus sodikin asal surabaya seorang mantan TKI dulu kerja di pabrik triplek malaysia selama 4 tahun lamanya. Singkat cerita.. Saya sangat berterima kasih kpd pak h.cahyono atas bantuan beliau melalui pemasangan nombor togel 6D nya alhamdulillah saya menang RM,450.000 selama 3X pusingan, saya tidak menyangka kalau saya bisa seperti ini dan ini semua berkat bantuan pak h.cahyono, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyaknya orang yg perna saya pon dari google untuk minta bantuannya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa bantu melalui Uang gaib/Bank gaib tanpa tumbal, Uang balik, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/6D.. Bagi saudara yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah pon pak h.cahyono di nombor +6285 213 737 273 / WhatsApp 085213737273 insya alloh beliau pasti membantu anda seperti saya. Demi alloh inilah kisah nyata sye.. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat...


    ReplyDelete