Hidup Sehat dengan Gizi Seimbang Bersama So Good

29 comments


“Aaaaak...!”
Saya kaget banget begitu melihat jam di handphone sudah pukul 05.30 pagi. Padahal biasanya saya bangun pukul 4 atau paling telat 04.30. Hampir setiap hari saya pasti selalu masak untuk bekal Boo ke sekolah dan santapan di rumah. Tapiiii... jika telat begini, Bubu Dita masak apa, dong?

Untungnya di freezer selalu ada nugget So Good! Hihihi... Cus, langsung goreng dan bekal pun sudah siap. Ditambah nasi dan nori kesukaan Boo, akhirnya ada juga bekal dari rumah tanpa harus membeli lagi di luar. :D

Ya, begitulah. Chicken nugget So Good memang jadi andalan makemak seperti Bubu Dita. Tapi bukan hanya karena kepraktisannya saja, nugget juga kerap menjadi hidangan di rumah meski Bubu Dita punya waktu untuk memasak menu lain. Kenapa? Karena anak-anak suka, Bubu dan Yaya juga suka. :D

Apalagi setahu saya produk-produk So Good pun tak hanya enak tapi juga aman, bergizi, dan dapat mencukupi kebutuhan protein hewani untuk tubuh. Bubu Dita pun akhirnya tahu bahwa So Good ternyata mempunyai kontribusi besar untuk masyarakat setelah menghadiri sebuah acara yang diadakan oleh So Good beberapa hari lalu.

Bubu Dita merasa beruntung sekali, nih, menjadi salah satu undangan di acara peluncuran logo dan kemasan baru So Good yang berlangsung di The Hook Resto and Bar Jakarta pada Selasa, 27 Februari 2018.

Yap, jika berbelanja di supermaket, minimarket atau pasar tradisional, kita akan melihat kemasan dan logo baru So Good yang lebih fresh. Hmmm, kira-kira kenapa, ya So Good mengganti logonya dan apa arti dibalik logo barunya?


Logo Baru Sumber Kebaikan
Mengganti sebuah logo perusahaan menurut Bubu bukan perkara mudah. Pastinya ada pertimbangan matang hingga akhirnya sebuah logo diganti. Penggantian logo pun tentunya tidaklah murah, ada cost besar yang mesti dikeluarkan. Kemasan pun harus diganti jika logo berubah.

Logo perusahaan memang suatu hal yang penting. Bahkan setahu Bubu Dita ada, lho, fengshui mengenai logo. Tentu saja dengan logo yang sesuai dengan karakter perusahaan akan membawa kebaikan bagi perusahaan tersebut.

Mengapa logo So Good berubah? Menurut Head of Marketing & New Business Development PT So Good Food, Soegiono, yang hadir pada acara tersebut, perubahan logo So Good memiliki dua tujuan utama.

“Pertama, yaitu tujuan bisnis. Kami ingin memberikan nilai tambah ke masyarakat. Kami berkomitmen menambah produk protein hewani dan membuat produk So Good lebih terpercaya. Sedangkan tujuan kedua, kami ingin membantu pemerintah dengan menubah pangan karbo menjadi pangan gizi seimbang. So Good berkomitmen memberikan nutrisi alami dari peternakan sampai meja makan,” ujar Soegiono. 

So Good yang telah berdiri sejak 1999 sudah dikenal dengan logonya yang berbentuk kotak dengan sentuhan warna biru dan hijau serta tulisan SO GOOD di dalamnya. Untuk logo barunya, So Good tetap mempertahankan bentuk kotak tersebut namun menambah bulatan dengan lingkaran emas dipinggirnya dan berbagai ikon di dalam lingkaran berwarna hijau tersebut.


Ki-Ka: Bapak Soegiono, Bapak Andi Prasetyo, Maria Harfanti, Prof. Hardinsyah


Adapun filosofi yang terkandung dalam logo baru So Good tersebut antara lain:
- Lingkaran emas melambangkan trust dimana So Good selalu ingin menjaga kualitasnya agar tetap terpercaya di mata masyarakat.

- Warna hijau yang menjadi background di dalam lingkaran emas memiliki makna fresh and natural. So Good selalu ingin memberikan pembaharuan yang segar dan dinamis untuk setiap inovasi yang diciptakannya.  Warna hijau ini pun bisa diartikan bahwa semua produk So Good halal.

- Terdapat banyak ikon atau simbol di dalam lingkaran. Simbol protein digambarkan dengan ayam, daging, udang, telur yang sangat dibutuhkan tubuh untuk pemenuhan gizi seimbang. Ada juga ikon topi chef dan alat masak dimanabermakna So Good merupakan ahlinya dalam memberikan pengalaman kuliner ke masyarakat. Tak ketinggalan ikon senyum dan jempol yang melambangkan kepuasan dan rasa senang dari pelanggan.

Nah, kan, logo baru So Good filosofinya banyaaaaak banget dan menghadirkan segala kebaikan dan harapan. :)

Kemasan So Good pun saya lihat tampil lebih fresh dengan foto produk yang kece di bagian depannya. Sedangkan di bagian belakang terdapat cerita mengenai produk tersebut.

Oya, sekarang slogan So Good juga bukan lagi So Good is Very Good, ya. Tapi berubah menjadi Lebih Baik So Good. Yap, berubah dari Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia. :) Tak hanya perubahan bahasa saja, tapi melalui slogan ini So Good juga berkomitmen untuk memiliki produk dengan kualitas yang lebih baik lagi.


Kerjasama & Kolaborasi Berkelanjutan
Menurut Soegiono, PT So Good pun kerap melakukan edukasi ke konsumen untuk senantiasa aware mengenai gizi seimbang. Tujuan tersebut tentu bisa lebih cepat tercapai jika dilakukan bersama dengan mitra atau foundation nirlaba.

Nah, pada kesempatan ini saya baru tahu jika selama ini So Good juga sudah melakukan kolaborasi dengan Japfa Foundation yang memang selain concern pada pendidikan agrikultur juga fokus pada masalah gizi dan nutrisi masyarakat.

Japfa Foundation melihat So Good sebagai industri yang sangat  memperhatikan kualitas. Dalam hal melahirkan produknya pun, So Good melakukan prosesnya dengan baik.

Pada launching logo dan kemasan baru So Good, turut hadir Head of Japfa Foundation, Andi Prasetyo. Menurutnya, membangun awareness tentang gizi sangat penting. Jika tidak, masyarakat bisa cuek dan tidak menyadarinya. Gizi seimbang harus diawali dari keluarga.  Saat ini masih banyak balita yang kurang gizi. Angka kurang gizi di masyarakat tentu harus ditekan.

“Kita membangun sosial ekonomi di masyarakat dimana keuntungannya ke program-program berikutnya supaya berkelanjutan. Tujuan kemitraan ini adalah untuk menjauhkan dari pola CSR lama yaitu hanya “bagi-bagi saja” dan hal itu tidak membangun apa-apa,” ungkap Andi Prasetyo mengenai tujuan bermitra dengan So Good.

Untuk mensosialisasikan dan menularkan gaya hidup sehat dengan gizi seimbang, Japfa Foundation memiliki seorang Duta Gizi, yaitu Maria Harfanti. Dalam kesempatan ini, Bubu Dita pun bisa langsung mendengarkan pengalaman Maria Harfanti selama menjalani tugas sebagai Duta Gizi.





Menjalankan tugas sejak akhir 2016, ia melakukan kontak langsung ke masyarakat dengan mempraktikkan bagaimana menerapkan gizi seimbang. “Pendekatan ke masyarakat harus menarik. Tentunya ada perbedaan cara campaign ke anak dan dawasa,” cerita Maria.

Dari kementerian kesehatan telah  diterapkan 4 pilar gizi seimbang, yaitu makan bervariasi, olahraga/aktivitas fisik, hidup bersih, dan pantau berat badan.

Maria menambahkan, manfaat yang didapat dari gaya hidup sehat dengan gizi seimbang bisa dirasakan sehari-hari, antara lain berat badan ideal, kognitif yang baik, menghilangkan stress dan menjaga mood, juga untuk mencegah penyakit berbahaya hinggap ke tubuh kita.

Maria Harfanti juga meyakini produk-produk So Good dapat memenuhi kebutuhan gizi seimbang sehar-hari. Menurutnya So Good memiliki kandungan protein yang baik, dibuat dari daging pilihan, dan diolah secara higienis dengan proses pengolahan modern serta pengawasan mutu ketat. 

Dari mana Maria Harfanti tahu mengenai hal tersebut? Ternyata ia melakukan kunjungan langsung ke pabrik So Good Food yang terletak di Cikupa Tangerang. Kunjungannya tersebut didokumentasikan dalam bentuk video yang diputar saat acara peluncuran logo baru So Good diadakan.

Melalui video itu, Bubu Dita ikut melihat juga bagaimana proses pembuatan chicken nugget So Good dari mulai ayam datang, dibersihkan, dipotong, dibumbui, lalu di-frozen hingga dikemas.

Seruuu banget melihat video perjalanan Maria Harfanti ke pabrik So Good... Rasanya pingin juga melihat langsung ke pabriknya. :D

Oya, untuk varian So Good chicken nugget dan sejenisnya ternyata telah melalui proses pemasakan dengan suhu 170 C selama tidak kurang dari 3 menit dan langsung dibekukan secara cepat melalui proses IQF (Individual Quick Frozen) sehingga menjamin kesegaran, kelezatan, dan tentu nutrisinya. IQF membantu produk lebih awet dan terjaga serta membuat bakteri tidak bisa berkembang biak.

“Dari melihat proses langsung pembuatannya, saya yakin produk So Good tidak memakai pengawet sama sekali,” ujar Maria Harfanti mantap.


Kebaikan Protein Hewani   
Pengetahuan Bubu Dita pun semakin kaya karena dalam acara ini tak hanya dari pihak So Good, Japfa Foundation, dan Duta Gizi saja yang mendapat kesempatan berbicara. Seorang pakar gizi, Prof. Hardinsyah MS PhD yang juga merupakan Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia juga hadir dan memberikan penjelasan sangat rinci mengenai manfaat protein hewani dan bagaimana mencukupi gizi seimbang sehari-hari.

Prof. Hardinsyah menyatakan bahwa pangan hewani memiliki banyak keunikan, yaitu enak dan gurih; bisa dibuat menjadi beragam olahan; mudah dicerna tubuh; kaya protein, vitamin, dan mineral; memiliki kualitas protein, vitamin, dan mineral yang baik; serta dapat melengkapi asupan gizi seimbang. 

Adapun manfaat protein juga sangat banyak dan penting bagi tubuh, seperti:
1. Pembentuk sel, termasuk otot, otak, dan butir darah merah (tumbuh kembang).
2. Pemeliharaan sel dan jaringan tubuh.
3. Pembentuk antibodi (pertahanan tubuh).
4. Pembentuk hormon dan menjaga keseimbangan hormon.
5. Pembentuk enzim yang penting dalam berbagi reaksi biologis dalam tubuh.
6. Pembentuk gen dan kromosom, penyimpan informasi dan mewariskan.
7. Pembentuk media perambatan impuls syaraf.
8. Pembentuk kulit dan rambut (keratin).
9. Berperan sebagai pengatur proses pembentukan zat dalam tubuh.
10. Pengatur keseimbangan asam-basa sel.
11. Mencegah masalah kurang gizi, stunting, anemia/kurang darah.

Sedangkan kebutuhan asupan protein per hari yang ideal adalah sebagai berikut:
- Kebutuhan protein 1.0-1.5 g/kg BB atau 35-72 g/ anak sekolah dan remaja/hari.
- Kebutuhan protein hewani 7-15 g/hari atau 1-2 porsi (60-120 g)/hari.
- Protein untuk anak 1-18 tahun dianjurkan lebih tinggi dari yang dikonsumsi oleh orang dewasa.

Wow, banget, kan, manfaat dari protein. Banyaaaaak! Saat Prof Hardinsyah menjelaskan mengenai ini, asli saya seperti jadi mahasiswa lagi. Hihi... Prof Hardinsyah menjelaskan hal berat seperti ini namun selalu diselipi dengan tawa dan canda hingga tidak membosankan. :D

Ya, dari data di atas terlihat jelas bahwa protein, termasuk protein hewani sangat dibutuhkan tubuh, apalagi bagi anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang. Karena itulah kebutuhan protein anak-anak terbilang tinggi.

Protein juga bisa mencegah terjadinya masalah kurang gizi dan stunting. Hal ini yang menjadi perhatian So Good Food dan Japfa Foundation seperti yang telah saya tulis sebelumnya. Prof. Hardinsyah pun telah melihat kualitas produk-produk So Good dan memastikannya sebagai produk yang memenuhi standar dan sangat aman dikonsumsi masyarakat.





Jadi, mau makan So Good apa hari ini? Favorit Boo dan Mika, tentu saja yang gambar dino, alphabet, dan donut! :D Kalau Manteman Rumika suka So Good yang mana? :D


-Bubu Dita-

29 comments

  1. so good is very good. udah percaya kalo soal nugget mah. emang enaaakkkk.
    kalo setiap hari bentounya pasti ada nugget so good.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeees betul mba, selalu stok di rumah ya.. :D Sekarang slogannya sudah ganti jadi "Lebih Baik So Good" :D

      Delete
  2. baca ini langsung ke youtube nontonin iklannya. secara enggak bisa makan nugetnya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... :D Tapi di sana ada juga nugget versi Kolombia kan Fi?

      Delete
  3. So Good ya ingetnya Chicken Nugget ya. Andalan kalo tiba-tiba gak ada makanan. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bener bangeeet mba Lia.. Kadang aku juga kalo lagi pingin nyemil tapi gak ada camilan, akhirnya goreng nugget.. :D

      Delete
  4. logo baru, mudah-mudahan semakin banyak produknya dan semakin baik kualitasnya

    ReplyDelete
  5. Nugget So Good ini memang enak banget. Agak mahal sih dibandingin merek lain,tapi sebanding dengan rasanya.

    ReplyDelete
  6. Ass.. Wr.. Wb..!!!
    Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya samuel kusuma asal surabaya seorang mantan TKI dulu kerja di johor bahru malaysia selama kurang lebih 7 tahun lamanya. Singkat cerita.. Saya sangat berterima kasih kpd Mbah Balapati atas bantuan beliau melalui pemasangan nombor togel 6D Nya alhamdulillah saya menang RM,350.000 saya tidak menyangka kalau saya bisa seperti ini dan ini semua berkat bantuan Mbah Balapati, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg perna saya pon dari google untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa bantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah pon Mbah Balapati di nombor +6282190534451 / WhatsApp 082190534451 muda2han beliau bisa membantu anda seperti saya. Demi alloh inilah kisah Nyata sye.. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adaNya pesan singkat ini bisa bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk So Good yang ber-macam2 bikin anak2 juga nggak bosan ya kalau dibekelin atau makan dengan produk So Good. Halal serta nutrisinya terjamin yang bikin kita nggak khawatir ya untuk menyantap produknya So Good.

      Delete
  7. Kalau favorit di sini chicken katsu mbak. Enakndicocol pake saus tomat atau mayones ��

    ReplyDelete
  8. Chicken stick dan chicken katsu SO GOOD favorit kalau di rumah saya makanya selalu sedia. Masaknya yang praktis bikin gampang deh pemenuhan kebutuhan protein harian di rumah ya, Mbak

    ReplyDelete
  9. aku lihay bubu bahagia banget disini enak-enak emang klo masak so good langsung jadi lahap

    ReplyDelete
  10. aku lihay bubu bahagia banget disini enak-enak emang klo masak so good langsung jadi lahap

    ReplyDelete
  11. So good, yang aku rasakan memang terasa banget tekstur dagingnya, kerasa fresh.

    ReplyDelete
  12. Stok So Goodku udah habis. Harus segera ke minimarket nih.

    ReplyDelete
  13. Anak2ku ya gitu, kalau ke minimarket mesti minta nugget so good, enyaak... Mempersiapkan bekal jadi lebih praktis ya mba

    ReplyDelete
  14. Saya suka banget so good, penyajian praktis dan pastinya fresh.

    ReplyDelete
  15. Wah..So Good mah jangan diragukan lagi. Sejak th 2000 aku kenal produk2nya yg berkualitas, praktis banget dan bergizi tentunya. Ada sosisnya kesukaan anak2ku. Nugget aneka benyuk. Rasanya hhmmm.. bikin ketagihan deh bu Dita heheh.

    ReplyDelete
  16. So Good sll ada dikulkas. Membantu bgt pas pagi hari. Praktis tp lezat bergizi. Variannya juga bnyk

    ReplyDelete
  17. saya suka produk-produk so good karena menu bervariasi dan enak

    ReplyDelete
  18. Toss bubu So Good juga chicken nugget andalanku buat Gie. Paling suka yang alphabet, bisa sambil mengenal huruf ya.

    ReplyDelete
  19. Protein hewani manfaatnya banyak yaaaa. Makanya anak2 juga kudorong makan protein hewani.
    Anak2ku juga suka so good mbak, emaknya juga suka soale praktis :D

    ReplyDelete
  20. So goodku dah habisnludes dalam seminggu. Protein hewani ternyata sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh ya? Terutama perkembangan otak.

    ReplyDelete
  21. tossss bubu dita !

    aku pun selalu nye-tock so good buat bekal sekolah ato cemilan mada, favorit mada ya yg ada bentuk2 lucunya gitu

    nugget so good juga cocok buat bekal klo lagi nge-bolang ... jadi bebas lapar kriuk

    ReplyDelete
  22. Favoritku jugaaaaa.. Nuggetnya, sosisnya, aku suka :D. Cuma anakku yg pertama yg kurang suka Mb. Tp kalo dia mah memang susah banget Makannya. Terlalu milih.. Untuk gambar2 alphabet ato binatang sih, buatku sama aja yaa :D. Si adekpun ga merhatiin itu. Buat dia yg ptg, kalo rasanya cocok, lgs dilahap :p

    ReplyDelete
  23. Saya cenderung beli So Good nugget ayam varian dinosaurus, alfabet, dan pesawat. Itu ada ceritanya lho.
    Jadi dulu pertama kalau memperkenalkan nugget So Good ke anak saya, saya suruh dia pilih bungkusnya sendiri. Ternyata yang dia pilih adalah gambar binatang (gambar dinosaurus). Saya ngajarin dia bahwa ini namanya "dinosaurus", tapi karena dia baru 2 tahun, maka dia menyebutnya "ilalus".

    Ternyata dia doyan. Lalu lain kali saya ajakin beli nugget So Good lagi, cuman saya pilihin varian yang lain. Dari banyak varian yang ada, ternyata dia milih produk yang bungkusnya gambar pesawat terbang. Tapi dia tetap menyebut makanan ini "ilalus", bukan nugget.

    Belakangan ini saya lagi sering beliin "ilalus" berbentuk alfabet, supaya dia rada familiar gitu dengan bentuk-bentuk abjad. Lumayan lah, saban kali makan pun jadi nampak fotogenik, hahahaha..

    ReplyDelete
  24. ASSALAMU ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATU...
    Salam sejahterah bagi kita semua...
    Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya agus sodikin asal surabaya seorang mantan TKI dulu kerja di pabrik triplek malaysia selama 4 tahun lamanya. Singkat cerita.. Saya sangat berterima kasih kpd pak h.cahyono atas bantuan beliau melalui pemasangan nombor togel 6D nya alhamdulillah saya menang RM,450.000 selama 3X pusingan, saya tidak menyangka kalau saya bisa seperti ini dan ini semua berkat bantuan pak h.cahyono, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyaknya orang yg perna saya pon dari google untuk minta bantuannya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa bantu melalui Uang gaib/Bank gaib tanpa tumbal, Uang balik, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/6D.. Bagi saudara yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah pon pak h.cahyono di nombor +6285 213 737 273 / WhatsApp 085213737273 insya alloh beliau pasti membantu anda seperti saya. Demi alloh inilah kisah nyata sye.. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat...


    ReplyDelete
  25. Mbaa, pas banget hari ini aku juga masak menu maksakan dari SO GOod. Aku suka banget dan keluargaku juga senang. Katanya enaakk

    ReplyDelete