5 Kuil Terindah di Kyoto Jepang yang Wajib Dikunjungi!

35 comments

Siapa yang tidak ingin ke negeri sakura? Jepang sebagai negara yang memiliki sejuta daya pikat  tidak henti-hentinya memanjakan para wisatawan mancanegara dengan wisata alam, kuliner, sejarah, kebudayaan bahkan religi. 


Salah satu wisata sejarah dan religi yang ditawarkan yaitu wisata kuil yang berada di Kota Kyoto. Kota Kyoto terletak di wilayah Kansai. Kyoto merupakan salah satu kota populer di Jepang bagi para wisatawan mancanegara dan memiliki 2000 kuil Shinto dan Buddha. Kuil-kuil tersebut sangat megah, menawan, sakral walau sudah berusia ratusan tahun. Hampir semua kuil tersebut dapat Manteman Rumika nikmati dengan gratis.

Segala kenikmatan yang memanjakan para wisatawan mancanegara dengan berbagai pesona kuil yang sangat indah serta kemudahan akses membuat banyak orang berencana berlibur ke Jepang. Apabila Manteman Rumika menggunakan Japan Arlines terdapat banyak penawaran menarik untuk harga tiket pesawat, lho. Duh, Bubu Dita jadi enggak sabar pingin langsung ke Jepang, nih! :D

Sebelum ke Jepang, Bubu Dita punya daftar kuil-kuil terindah di Kyoto Jepang yang nanti bisa jadi destinasi ketika mengunjungi kota itu. Apa saja 5 kuil terindah yang akan memanjakan mata selama berada di Kyoto?


1. Fushimi Inari Taisha

Kuil yang terletak di selatan Kyoto ini merupakan kuil penting bagi penganut aliran kepercayaan Shinto serta pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari. Inari merupakan Dewa Padi bagi penganut Shinto.

Di dalam kuil tersebut kita juga akan menemukan banyak patung rubah. Apa sebabnya? Hal ini dikarenakan rubah merupakan pembawa pesan dari Inari. Kuil ini dikenal juga dengan keberadaan seribu torii berwarna merah muda yang menghubungkan kuil dengan hutan kayu serta Gunung Inari yang sakral.

Kuil yang sangat indah ini merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan mancanegara. Jam operasional untuk kuil selalu terbuka untuk umum dan tidak ada biaya masuk atau gratis.


Dok. Pixabay

2. Rengeo-in atau Sanjusangendo

Kuil yang terkenal dengan keberadaan 1001 patung Kannon merupakan kuil Buddha yang terletak di sebelah timur Kyoto. Ditemukan pada tahun 1164, namun pernah mengalami kebakaran sehingga harus dibangun kembali satu abad kemudian.

Akses untuk ke kuil Sanjusangendo ini pun mudah, dapat menggunakan bus atau pun kereta. Lokasi dari kuil ini dekat dengan Halte Hakubutsukan-Sanjusangendo-mae dan dekat dengan Stasiun Shichijo.


3. Tenryuji

Selanjutnya kuil yang terletak di sebelah barat Kyoto yaitu Kuil Tenryuji, tepatnya berada di lereng pegunungan Arashiyama. Kuil Tenryuji adalah Kuil Buddha paling terkenal yang memiliki pemandangan panorama alam begitu indah. Dibangun pada tahun 1339, Kuil Tenryuji sudah menjadi salah satu kuil warisan dunia UNESCO.

Salah satu transportasi pilihan untuk menuju kuil ini adalah dengan menggunakan kereta. Dari Stasiun Kyoto, Anda dapat naik kereta JR Sagano Line dan turun di Stasiun Saga-Arashiyama, kemudian dari stasiun tersebut tinggal berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit.


4. Yasaka Shrine

Kuil Yasaka Shrine yang sudah menjadi warisan dunia ini terletak di daerah Gion, bagian selatan Kyoto. Belum lengkap rasanya kalau kita ke Kyoto tetapi tidak ke Kuil Yasaka Shrine. Kuil Shinto ini terletak di pusat keramaian Gion, bersebelahan dengan Maruyama Park, sebuah taman dimana sangat ramai dikunjungi ketika musim semi tiba, saat bunga sakura bermekaran.

Kuil yang megah dan merah merona ini dibangun pertama kali pada tahun 656 SM, didedikasikan untuk dewa kemakmuran dan dewa kesehatan. Kuil Yasaka Shrine terkenal sebagai kuil penjaga daerah Gion serta Festival Gion Matsuri yang merupakan festival besar di Kota Kyoto bahkan Jepang.

Festival yang sudah ada sejak 1.000 tahun yang lalu ini diadakan setiap musim panas di bulan Juli. Manteman Rumika juga dapat menikmati keindahan ratusan lampion di Kuil Yasaka Shrine pada malam hari. Suasana malam hari pun akan lebih hikmat untuk berdoa di Kuil Yasaka Shrine.

Akses menuju kuil ini pun dapat ditempuh dengan tiga moda transportasi umum, yaitu bus, subway dan kereta. Apabila memilih menggunakan bus, maka nanti supir bus tersebut akan menerunkan di pinggir jalan depan salah satu kuil yang dekat dengan Gion. Namun apabila menggunakan subway, stasiun subway terdekat adalah Gion-Shijo, kemudian tinggal dilanjutkan dengan jalan kaki. Sedangkan stasiun kereta terdekat adalah stasiun Kyoto kemudian dilanjutkan menggunakan bus yang bernomor 100 atau bisa juga 206.


Dok. Pixabay

5. Genkoan

Kuil Genkoan adalah Kuil Buddha dari aliran Zen Buddha, berarti kuil asal mula cahaya dalam bahasa Jepang. Bangunan dari kuil ini sangat menarik. Memiliki ukuran yang tidak seluas bangunan-bangunan kuil di Kyoto lainnya, namun mempunyai banyak bagian-bagian yang  dapat Anda jelajahi.

Terdapat banyak patung-patung Buddha dan Kannon Bodhisattva. Pada salah satu ruangan terdapat “bloody ceiling”, di mana langit-langit atau plafon ruangan terbuat dari lantai kayu Kastil Fushimi yang dihancurkan sekitar tahun 1598. Pasti tidak akan menyesal datang ke kuil ini!

Akses menuju Kuil Genkoan dapat menggunakan bus wisata dari Stasiun Kyoto sekitar 30 menit kemudian turun di Halte Bus Takagamine Genkoan-mae kemudian hanya butuh 1 hingga 2 menit untuk sampai di Kuil Genkoan. Harga tiket masuk Kuil Genkoan 400 yen untuk orang dewasa dan 200 yen untuk anak-anak.


Gimana Manteman Rumika, tertarik buat mengeksplorasi Kyoto Jepang? Jangan lupa untuk mampir ke kuil-kuil indah jika sudah sampai di sana, yaa...


-Bubu Dita-   



35 comments

  1. Mupengggg....
    Meskipun mengunjungi negara dengan bahasa lain selain Inggris adalah wishlist terakhir, tapi liat ini jadi pengen ke sana deh, semoga di izinin Allah, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiinn.. Di Jepang banyak Hal menarik ya mba.. :)

      Delete
  2. kuilnya cakep banget, rumah saja cakep disana apalagi kuil ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuil pun jadi destinasi wisata yaa..

      Delete
  3. Yang nomor satu sering banget liat fotonya di Instagram, ternyata namanya itu ya hehe. Cakep emang sih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yas, yaaaass, aku juga suka liat di IG mas.. :D Kece ya..

      Delete
  4. impian aku nih mau banget travelling ke Jepang, apalagi bisa menjelajah kuil-kuilnya seperti ini mbak, keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuilnya punya nilai histori juga, banyak kuil yang umurnya tua banget.. Makin menarik buat dijelajahi..

      Delete
  5. Jepang memang mempunyai sejuta pesona ya, makanya jadi salah satu destinasi impianku juga nih, udah kebayang bisa lihat bunga Sakura langsung disana, dan selain itu Kuil2 yang indah dan kaya akan sejarahnya makin bikin pengen menjejak disana. Semogaaa ada rezekinya, Amiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiiin, tooss dulu yuk Mba Han.. Hihi.. Impianku juga nih ke sana.. Udah banyak list mau ke mana aja kalo ke sana.. :D

      Delete
  6. Wah, ingat Jepang jadi ingat tokoh Oshin di drama seri dulu :) Aku belum pernah ke Jepang hihihi, kalo ada rezeki mau beli tiket hemat aja deh. Btw itu kuil2 semua ya destinasi wisata Negeri Sakura-nya? Sesuatu yang baru bagiku. Bisa jadi nambah wawasan nih, mudah2an suatu hari bisa ke sana terutama Yasaka Shrine.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oshin gak terlupakan ya mba.. Dorama, drama Jepang, juga banyaak banget yang bagus-bagus.. Favoritkuuu.. :D Makin pingin ke sana jadinya.. hehe..

      Delete
  7. Mau bubu kapan kita ke Jepang bareng.. unik dn menarik kbudayaan aplg kuinya mudah2an dlm waktu dekat ya.. smoga ya kita semua bisa travelling ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiiin, hayuk Mamah Utie, Kita siapin koper sama ransel. Cuusss... :D

      Delete
  8. Cakep cakep ya kuilnya. Dan ke kuil memang a must visit place ya kalau ke Jepang... Jadi tambah kenceng doa dan nabungnya nih, biar bisa buru-buru ke Jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeess, ikhtiar sama doa mesti makin kenceng nih mba biar bisa terealisasi ke saa.. :D

      Delete
  9. Kyoto ini katanya semacam 'Jogja'nya Jepang ya, banyak menyimpan kekayaan budaya. Makanya harus banget masuk wishlist kalau mau jalan-jalan ke Jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya bisa juga itu perumpamaannya Dew.. :) Kayak Kota yang bakal selalu dirindukan gitu juga ya..

      Delete
  10. Pengin balik lagi ke Jepang! Senang sama destinasi wisatanya, budayanya, penduduknya, semua. Lafff!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnyaaa Mba Haya udah ke Jepang.. :D Ngangenin ya mbaaa..

      Delete
  11. Fix aku baper hihihi, pengen banget eksplore jepang tp belum kesampean mbak, mudah2an bisa honeymoon disana amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiinn semoga ya bisa bulan madu ke sana, seneng banget pasti.. :D

      Delete
  12. Waaah, pengen banget nih menjelajahi Jepang, kalau misal nih saya muslim masuk ke kuil buat melihat2 kegiatan mereka disana, kira2 diperbolehin masuk gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku rasa gak ada masalah mba.. Soalnya udah jadi destinasi wisata dan semua orang boleh masuk ke dalamnya.. :)

      Delete
  13. asikk ngak sabar mau ke jepang heheh

    ReplyDelete
  14. Tertarik banget. Kapan ya bisa traveling ke Jepang. Hehehe... Nabung dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba, itu yang paling penting.. Nabung dulu.. hehe..

      Delete
  15. Kuilnya cantik dan khas tradisional Jepang, jadi makin tertarik pengin travelling ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuls, banyak kuil cantik di sana mas.. :)

      Delete
  16. Jepang ini salah satu negeri impian untuk dikunjungi sejak kecil. Cuma, sayangnya, masih belum dapet kesempatan ke sana. Walaupun terbilang sangat modern, tapi orang Jepang masih sangat menjaga budaya dan tradisinya ya. Ada festival yang masih terus dijalankan sejak 1000 tahun lalu. Luar biasa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga yang aku salut dari negara itu.. Meaki kehidupan sudah smahat modern tapi masyarakat jug masih menjunjung nilai-nilai traditional sampai gak hilang. Bahkan festival2 ada juga yang sampai diadakan di banyak negara ya..

      Delete
  17. Tahun lalu ke Jepang, belum sempat explore Kyoto. Maybe next year? Amin! Thanks sharing infonya, teh Dita.

    ReplyDelete
  18. Duh, semoga tahun depan bisa ke Jepang. Aamiin. Dari dulu pengen banget foto undakan masuk Fushimi Inari Taisha itu. Sejuta umat sih, tapi suka aja hehehe :)

    ReplyDelete
  19. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete