SOCIAL MEDIA

Saturday, March 23, 2019

Bantu Saya Memilih: ASUS VivoBook Pro F570, Laptop Mumpuni Untuk Menunjang Hobi!


Ya! “Bantu Saya Memilih” ini adalah salah satu fitur yang ada di website ASUS saat kita akan memilih tautan untuk mencari produk dari merek ASUS. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin mencari sebuah laptop sesuai dengan kebutuhannya. Pada fitur Bantu Saya Memilih ada beberapa pertanyaan, seperti, jenis laptop seperti apa yang dicari? apa tujuan menggunakan laptop? hal terpenting apa yang diperhatikan saat membeli laptop baru? dan juga bagaimana pengguna menggunakan laptop tersebut?

Pilihan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan itu akan menjadi filter pada produk-produk yang ada di website ASUS. Nantinya akan terpampang nyata, deh, produk-produk ASUS yang direkomendasikan berdasarkan pilihan jawaban kita.

Nah, menurut Bubu Dita hal ini penting bagi user yang sedang mencari laptop idamannya, seperti Bubu Dita dan juga Yaya Indro. Kenapa? Karena pengguna dapat dengan cepat mengetahui produk ASUS yang sesuai banget dengan kebutuhannya, kan. Selain itu, kita juga dapat melihat detail semua produk pada setiap kategori produk jika memang ingin mencari lebih lanjut produk-produk ASUS lainnya dan membandingkan produk yang satu dengan yang lainnya.

Fitur Bantu Saya Memilih di website ASUS

Laptop Mumpuni untuk Hobi

Eits, tapi kenapa, nih, di blog Rumika's Journey tiba-tiba ada bahasan mengenai laptop? Ini karena Yaya-nya Boo dan Mika lagi mencari laptop baru untuk mendukung hobinya di toys photography, gaming, dan belakang ini lagi asyik banget berkutat untuk belajar mendesain menggunakan Illustrator dan Photoshop.

Untuk mendukung semua itu, laptop yang biasa dipakai sehari-hari untuk urusan pekerjaan di kantor rasanya kurang untuk menunjang berbagai hobinya tersebut. Dan memang sepertinya urusan hobi ini ada baiknya dipisahkan dari urusan kantor, sehingga bisa lebih puas memakai laptopnya.

Jika ada laptop khusus untuk hobi, Bubu Dita pun jadi bisa memanfaatkannya secara maksimal juga dalam menunjang hobi menulis Bubu di blog dan mengedit foto. Bubu Dita pun lagi tertarik banget untuk belajar desain yang berguna buat menunjang blog yang Bubu kelola ini. Apalagi laptop pribadi Bubu sendiri umurnya sudah uzur sekaliiii... Ku ingin laptop baruuu... :D

Bagi kami berdua memiliki hobi disamping kehidupan sehari-hari itu sangat penting. Sampai-sampai saya pernah bilang ke Yaya Indro, "Seneng, ya, Yaya, punya hobi." Iya, punya hobi itu memang menyenangkan! Rasanya enggak kebayang jika kami berdua enggak memiliki hobi. Bisa jadi akan rentan stres karena hal yang dipikirkan hanya seputar pekerjaan atau keluarga. Manteman Rumika apakah merasakan hal yang sama dengan kami?

Baca Juga: Belajar Motret Mainan dengan Kamera Handphone

Hobi bukan hanya bisa menyegarkan pikiran dari rutinitas, tapi juga dapat menambah jejaring dan teman. Dari hobi pun kita bisa berbagi pengalaman dengan orang lain dan terbuka kesempatan bermanfaat untuk orang lain juga. Hal- hal tersebut tentu saja priceless, kan!

Hobi kami berdua ternyata memang enggak bisa terlepas dari kebutuhan akan laptop. Karena itulah, Yaya Indro dan Bubu Dita lagi gencar, nih, mencari tahu laptop apa yang bisa jadi andalan bagi hobi kami. Pastinya laptop terbaik yang mumpuni, enak dipakai, punya spesifikasi kece, dan juga ramah di kantong dengan harga yang terjangkau. Apakah ada? Tentu saja ada, kakaaaak... :D


Kenapa Memilih ASUS?

Di awal tulisan ini, Bubu Dita sudah menulis tentang serunya berburu laptop keren melalui website ASUS. Tapi, kenapa mesti ASUS diantara sekian banyak laptop lainnya? Kalau soal memilih laptop, biasanya Bubu Dita percaya dengan pilihan Yaya Indro yang lebih paham soal teknologi.




Untuk urusan laptop, Yaya Indro dari zaman kuliah ternyata memang selalu memakai produk ASUS. Makanya enggak heran lagi, kan, saat mencari laptop baru pasti pertama kali yang dilihat tentunya produk laptop yang sudah dekat dengan keseharian (dan juga dekat dengan hati... :D). Karena itu, langsunglah kami melihat-lihat produk terbaru yang ada di website ASUS.

Kenapa ASUS? Bubu Dita dikasih bocoran, nih, sama Yaya Indro. Sebagai anak teknik, Yaya Indro  jatuh cinta pada ketahanan produk-produk ASUS yang telah melewati pengujian ekstrem, mulai dari uji tekan, puntir, abrasif, kebisingan, temperatur tinggi, jatuh, guncangan, getaran, akselerasi tinggi, port, keyboard hingga uji engsel, sehingga setiap produk ASUS dijamin dapat digunakan dengan kinerja yang baik dalam kondisi apapun.




Belakangan ini, jika Manteman Rumika tilik dari segi pasar pun, ASUS didapuk sebagai TOP BRAND AWARD 2018 dengan jumlah market share sebesar 35% dan Top Brand Index (TBI) sebesar 23,6%. Itu angka yang besar, lho! Artinya apa? Hal ini juga menandakan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk ASUS juga tinggi.

“Kami sangat bangga dengan hasil survey Top Brand 2018. Ini membuktikan bahwa usaha dan jerih payah kami bisa diterima dan menjadi pilihan masyarakat. ASUS akan terus berupaya agar brand dan produk-produknya dapat lebih diterima dan menjadi pilihan utama saat konsumen di seluruh Indonesia akan membeli laptop. Harapannya, akan lebih banyak lagi masyarakat yang beralih ke laptop ASUS yang saat ini menguasai sekitar 35 persen market share.”
- Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia -

Apa yang disampaikan oleh Jimmy Lin tersebut tentunya sejalan dengan slogan ASUS, yaitu ASUS – IN SEARCH OF INCRIDIBLE yang menggambarkan ketertarikan dan hasrat dari ASUS terhadap teknologi yang didorong akan rasa “haus” akan inovasi dan keinginan untuk memberikan yang terbaik dari setiap produk yang dihasilkan.

We dream, We dare, and we strive to create an effortless and joyful digital life for everyone. We’re always in search of incredible ideas and experience and we aspire to deliver the incredible in everything we do.
-ASUS-

Saat ini salah satu inovasi produk ASUS yang sedang menjadi highlight adalah ASUS VivoBook Pro F570 yang baru diluncurkan pada 14 Februari 2019. Masih gres banget, nih! Jika Manteman Rumika juga sama seperti Bubu Dita dan Yaya Indro yang lagi berburu laptop, produk ini bisa dilirik (untuk kemudian dibeli dan dipakai untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, hehe...).




Fitur-fitur pada ASUS VivoBook Pro F570

Penasaran dengan produk baru ASUS ini, akhirnya kami berdua membedahnya dan terkesima dibuatnya! Saya melihat beberapa review mengenai laptop ini dan juga mengecek langsung di website ASUS.

ASUS VivoBook Pro F570 ini merupakan produk yang unik, enggak seperti laptop mainstream pada umumnya. Keunikan laptop ini ada pada kombinasi CPU dan GPU yang enggak biasa. Biasanya, seperti pada produk laptop ASUS lain, laptop yang memiliki prosesor AMD Ryzen akan dikombinasikan dengan GPU Radeon Vega yang juga dibesut oleh AMD, dan laptop yang memiliki prosesor Intel akan ditandemkan dengan grafis keluaran dari Nvidia.

Nah! Laptop ASUS VivoBook Pro F570 ini mengkombinasikan AMD Ryzen 5 ataupun 7 dengan  Nvidia GeForce GTX 1050 di dalam satu laptop. Sebuah inovasi yang unik dan baru pertama kali dilakukan pada produk yang dikeluarkan oleh ASUS.

Dengan kombinasi unik tersebut ASUS ingin para pengguna laptop VivoBook Pro F570 yang masuk ke dalam kategori laptop consumer/mainstream dapat merasakan pengalaman menggunakan laptop gaming. Tentunya dengan adanya kombinasi tersebut laptop ini dapat dibeli dengan harga yang lebih murah di banding laptop gaming berbasis GeForce GTX 1050 lainnya. Walau lebih murah, namun performa/kinerja laptop tetap optimal.


Ngomongin laptop, kan, pasti enggak bisa lepas dari desain, spesifikasi, dan performa laptop tersebut. Enggak mau, kan, jika laptop yang akan dibeli ternyata nantinya zonk baik dari tampilan yang kurang kece hingga enggak nyaman dipakai untuk keperluan pengguna.

Kenapa Bubu Dita menyarankan bagi Manteman Rumika yang sedang mencari laptop baru untuk melirik ASUS VivoBook Pro F570? Karena setelah melihat spesifikasi, tampilan, dan harganya, laptop ini awesome sekaliii!

Yuk, sekarang simak review Bubu Dita soal ASUS VivoBook Pro F570 ini.


Desain, Eye Catchy dan Elegant

ASUS VivoBook Pro F570 mempunyai tampilan luar yang eye catchy, warna reaper black dengan finishing brush metal dan logo ASUS yang berwarna lightning blue, ditambah dengan lis biru pada tepi laptop menambah kesan elegannya. Kalau diperhatikan dengan lebih seksama, tampilan luarnya mirip dengan varian TUFgaming yang dikeluarkan ASUS.


Sukaaaa banget dengan desainnya yang elegan ini!

Pada tampilan dalam, ada backlit yang dipasang pada keyboard dengan 3 tingkat brightness yang bisa diatur sesuai dengan tingkat pencahayaan saat digunakan. Keyboard-nya sendiri berukuran full size keyboard sehingga laptop ini nyaman digunakan untuk mengetik maupun gaming. Nah, bagi yang suka nge-game dijamin bakal betah juga, deh, jika memakai ASUS VivoBook Pro F570.

Laptop ini juga dilengkapi dengan berbagai macam port yang dibutuhkan pengguna mulai dari slot microSD, USB3.1 Type-C,HDMI berukuran penuh, USB3.0, RJ45 LAN,USB 2.0 hingga microphone-in/headphone-out jack, dan ini memudahkan pengguna untuk memasang perangkat input/output ke laptop.

Jika diperhatikan dengan seksama, dari sisi desain, laptop ini juga memiliki pembuangan hawa panas di sisi belakang sehingga enggak mengganggu saat menggunakan laptop dengan mouse.

Bagian port yang berada di sisi kanan dan kiri laptop ASUS VivoBookPro 570.

Dari segi dimensi, ASUS VivoBook Pro F570 memiliki layar sebesar 15.6” dan ketebalan 21.9mm. Ternyata laptop ini cukup tipis, ya, padahal layar monitornya termasuk berukuran besar. Nah, layar besar ini juga sangat pas untuk mendesain dan juga mengedit foto.

Selain itu, laptop ASUS terbaru ini juga ringan karena beratnya cuma 1.9 kg dan sudah termasuk berat baterai. Bisa dibilang, ini laptop yang cukup ringan untuk laptop yang bisa dipakai sebagai casual gaming. Dengan beratnya yang ringan, ASUS VivoBook Pro F570 pun dapat dengan mudah dibawa di dalam tas dan masih nyaman jika diajak traveling dan jalan-jalan.

Bubu Dita dan Yaya Indro jarang banget membawa laptop saat bepergian dengan anak-anak. Duh, kesannya riweuh, ya. Mana barang keperluan keluarga, terutama anak-anak juga banyak dan berat. Tapi sepertinya jika memiliki laptop ini, saat traveling bersama Boo dan Mika sambil membawa laptop pun jadi enggak ada masalah, deh. Beratnya juga enggak sampai 2 kg, kok. Cukup ringan, kan.

Jika ada yang ingin dikerjakan di laptop padahal lagi pas traveling ke luar kota, jadi bisa dikerjakan saat itu juga. Bubu Dita juga bisa bikin banyak draft untuk blog, nih, pas saat liburan karena membawa ASUS VivoBook Pro F570 ini. :D Saat staycation dengan keluarga di hotel atau penginapan pun rasanya juga jadi enggak membosankan karena bisa menonton film dan bermain game melalui laptop ini. Iya, kan?



Spesifikasi Laptop ASUS VivoBook Pro F570

Saat membahas spesifikasi laptop yang bagus untuk jadi pilihan laptop yang bakal dibeli, Bubu Dita belajar banget dari Yaya Indro yang lebih fasih dan paham. Karena suka bertanya, akhirnya, sekarang Bubu Dita pun sudah enggak terlalu gaptek bangetlah soal laptop. Hihihi...

Ketika membedah ASUS VivoBook Pro F570 pun, saya jadi lebih banyak tahu soal spesifikasi laptop yang bagus dan bisa menunjang hobi kami berdua itu. Dan kelihatannya memang laptop ASUS VivoBook Pro F570 inilah jawabannya.

Yuk, sekarang cek dulu apa saja spesifikasi ASUS VivoBook Pro F570 di gambar di bawah ini.




  • CPU
Untuk bagian CPU, laptop ASUS VivoBook Pro F570 menyediakan dua varian, yaitu CPU AMD Ryzen 5 2500U mobile processor  (4C/8T, 6Mb chache, up to 3.6hz) dan CPU AMD Ryzen 7 2700U mobile processor  (4C/8T, 6Mb chache, up to 3.8hz).

Secara umum dua  prosesor ini tipikal dengan Intel Core i5 dan Core i7 dengan perbandingan kecepatan processing yang enggak jauh berbeda saat digunakan dalam kondisi normal maupun saat dipakai penuh dnegan banyak aplikasi yang dibuka (full load). Hal ini berkat adanya efisiensi daya dari AMD Ryzen mobile yang didukung oleh AMD Sense MI yang memberikan kemampuan pada prosesor untuk menyesuaikan beban kerja sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan kata lain, laptop ini  mampu mendukung hobi Yaya Indro dan Bubu Dita secara lengkap.

Jika dilihat dari aspek harga, laptop yang menggunakan prosesor AMD secara umum menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan yang berprosesor Intel. Walaupun begitu, performa tetap baik dan terjaga. Produsen AMD pastinya juga terus melakukan inovasi agar dapat memberikan yang terbaik untuk pengguna.

“Baik itu kebutuhan casual gaming, bisnis atau untuk kreasi konten, AMD tetap berkomitmen untuk menghadirkan komputasi performa tinggi yang lebih baik kepada semua pelanggan kami.”
 - Peter Chambers, AMD Sales Senior Director, Asia Pacific and Japan-.

Nah, jadi lebih yakin, deh, setelah baca langsung pernyataan Peter Chambers di atas soal AMD. Bubu Dita malah senanglah, dapat harga beli lebih terjangkau tapi performanya juga oke. :D


  • Memori dan penyimpanan (storage
Dari segi memori, ASUS VivoBook Pro F570 ini pun sudah cukup cepat dengan 8GB DDR4 2400MHz, apalagi bisa di-upgrade hingga 16 GB supaya bisa lebih memaksimalkan pengalaman dalam bermain game.

Untuk varian dengan AMD Ryzen 7, laptop sudah dilengkapi hardisk 1TB 5400RPM + SATA3 256G M.2 SSD, sedangkan untuk varian AMD Ryzen 5, laptop dilengkapi dengan hardisk 1TB 5400RPM saja. Perbedaan ini tentunya berkaitan dengan kecepatan dari laptop untuk mengakses data dari media penyimpanan.


  • GPU
Dari Graphic Processing Unit (GPU), ASUS VivoBook Pro F570 dilengkapi dengan Nvidia GeForce GTX 1050 4GB GDDR5 VRAM. Sedikit informasi, pada Desember 2018 ASUS berhasil memegang market share laptop gaming berbasis Nvidia GeForce GTX sebesar 60.2%, dan secara spesifik, ASUS mendominasi di segmen GTX1050 dengan 47.4% pasar. Waw, waw, waw, ini angkanya beneran gede banget!




ASUS memberikan pengalaman unik dan optimal bagi para pengguna laptop consumer/mainstream yang dapat digunakan untuk keperluan kerja harian, casual gamer ataupun content creator dengan performa tinggi melalui VivoBook Pro F570 yang kombinasinya dengan AMD Ryzen Mobile.

“Ini merupakan kali pertama kami menghadirkan laptop dengan kombinasi prosesor AMD Ryzen 5 ataupun Ryzen 7 yang ditandemkan dengan grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Kini pengguna bisa memiliki sebuah laptop mainstream yang memiliki kombinasi unik sekaligus menghadirkan performa tinggi.”
- Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia-



Kombinasi AMD Ryzen 5 2500U dan Nvidia GeForce GTX-1050 pada produk ASUS VivoBook ini juga mendapatkan respon dan review yang positif dari beberapa media yang khusus membahas teknologi, seperti Medcom.id, Teknoreview, Gadget Empire, Telset dan Tek ID.

Semua media di atas sepakat dan satu suara bahwa laptop dengan ketegori mainstream/consumer, ASUS VivoBook Pro F570 dengan AMD Ryzen 5 2500U dan Nvidia GeForce GTX-1050 dapat memberikan performa yang optimal baik untuk digunakan sehari-hari, casual-gaming, dan pembuatan konten digital.

Baca Juga: Membuat Konten Traveling Kreatif Bersama Marischka Prudence

  • Baterai
Untuk baterainya sendiri, ASUS VivoBook Pro F570 mengklaim dapat bertahan selama 9 jam. Dan dari hasil benchmark dalam keadaan normal, ternyata laptop ini dapat bertahan hingga 10 jam, sedangkan dalam keadaan full load dapat bertahan selama 2 jam 20 menit. Namun jangan khawatir karena laptop ini dilengkapi juga dengan fast charging yang diklaim dapat mengisi baterai hingga 60% dalam 49 menit.

Jadi cocok banget jika laptop ini akan dibawa untuk traveling ataupun digunakan di luar tanpa harus khawatir masalah daya tahan baterai. Oiya, baterai ASUS dan power adapter-nya sudah mendapatkan berbagai macam perlindungan yang membuatnya tetap aman untuk digunakan. Walaupun dirasa sudah aman, tetap harus di cek, ya, terutama jika sudah lama digunakan. Hal ini tentu demi keamanan yang lebh maksimal dalam penggunaannya.




Yang perlu dicatat lagi, laptop ini juga menyediakan Dual-band 802.11ac wi-fi yang memiliki kecepatan konektifitas 6x lebih cepat dari Dual-band 802.11n yang biasa digunakan pada laptop consumer. ASUS VivoBook Pro F570 pun memiliki koneksi Bluetooth 4.2 untuk dapat terkoneksi dengan perangkat mobile dan laptop ini juga dilengkapi dengan HD Web Camera.


  • Audio Visual Berkualitas

Bahas prosesor sudah, memori sudah, graphic sudah, koneksi dan port sudah, baterai sudah dibahas juga. Masih kurang enggak, ya? Oiya, Bubu Dita baru ingat, gimana mengenai kualitas AUDIO dan VISUAL dari ASUS VivoBook Pro F570 ini?

Jujur, selain kecepatan dan kualitas graphic laptop, kualitas suara dan visual dari layar monitor sangat menentukan apakah laptop tersebut layak digunakan atau enggak, khususnya untuk mengoptimalkan penggunaannya dalam hobi Yaya Indro dan Bubu Dita.

Terdapat tiga teknologi audio visual yang sangat mumpuni dari produk-produk keluaran ASUS, yaitu ASUS Splendid, ASUS Tru2Life Video, dan ASUS SonicMaster. Kita lihat satu-satu, yuk, gimana teknologi ini kemudian bisa membuat ASUS VivoBook F570 jadi laptop yang sangat berkualitas.

Untuk layar monitor, ASUS VivoBook F570 yang berukuran 15.6” sudah dilengkapi dengan layar full HD 1920x1080p 16:9, ultraslim 200nits, dan 45% NTSC. Kelebihan layar monitor ini pun bisa dilihat dari adanya anti-glare sehingga laptop dapat digunakan di luar ruangan ataupun di dalam ruangan tanpa terkendala pantulan sinar matahari atau lampu pada layar monitor laptop.

Contoh teknologi ASUS Splendid.


Di ASUS VivoBook ProF570 ini juga terdapat teknologi ASUS Splendid dan EyeCare, yang dapat menghasilkan perfect image, sehingga tampilan pada layar akan sejernih dan seakurat mungkin. Pengguna juga dapat mengatur tampilan warna pada layar dan dengan teknologi EyeCare dapat mengurangi sinar biru sebanyak 33%. Artinya ramah pada mata meski Manteman Rumika sering menggunakannya.




Untuk videonya sendiri, laptop ini juga mengadopsi teknologi ASUS Tru2Life yang secara cerdas mengoptimalkan setiap piksel dalam frame video dalam meningkatkan ketajaman dan kontras warna sehingga video tampak lebih jernih, detail, dan realistis. Dengan kelebihan tersebut pengguna akan dapat menikmati hiburan secara visual, baik bermain game, menonton film, dan melihat foto secara lebih optimal.


Video ini memperlihatkan perbedaan antara yang memakai teknologi Tru2Life dengan yang tidak. 


Yes, terima kasih banget, nih, Bubu Dita dan Yaya Indro sama ASUS soalnya sudah mengembangkan teknologi ASUS Tru2Life sehingga laptop ini bisa memaksimalkan pengalaman dalam mendukung hobi kami. Selain blogging, gaming, desain, dan toys photography, kami berdua yakin, deh, dengan adanya ASUS Tru2Life di laptop ini pun bisa membuat hobi menonton film kami juga akan lebih berkesan.

Kualitas warna di laptop akan prima, gambar tajam, dan juga indah. Jadi enggak sabar pingin meluk ASUS VivoBook ProF570 dan dibawa pulang ke rumah... :D

Laptop ini juga dilengkapi dengan SonicMaster yang merupakan hasil karya inovasi dari ASUS Golden Ear Team agar laptop dapat menghasilkan suara yang sangat baik dengan range frekuensi yang lebih lebar, vokal yang lebih jelas, serta bass yang lebih mendalam.





SonicMaster ini merupakan kombinasi hardware dan software superior yang didesain agar pengguna memiliki kontrol penuh terhadap suara yang dihasilkan sesuai kebutuhan.

ASUS juga mengerti banget bahwa data adalah harta yang sangat berharga dan enggak bisa diakses oleh siapapun yang enggak berkepentingan. Untuk itu, laptop ASUS VivoBook Pro F570 ini sudah dilengkapi dengan pre-installed Windows 10 dan adanya FINGERPRINT SENSOR pada touch pad.

Ini adalah cara yang aman, efektif, dan praktis  untuk melindungi laptop dari un-authorized access. Sedikit info, respon dari fingerprint sensor ini diklaim cukup cepat (dibawah 1 detik) sehingga untuk log in bisa dilakukan dengan cepat dan aman.

Canggih, kan, ada fingerprint sensor di touchpad.  Aman, deh!


Pada touchpad VivoBook Pro F570 ini terdapat windows gestures yang didesain dengan algoritma yang bisa membedakan antara ujung jari dengan telapak tangan. Dengan begitu enggak akan ada lagi kursor pada layar yang tiba-tiba pindah jauh dan bisa mengoperasikan laptop hanya dengan gerakan jari pada touchpad. Hal ini tentu sangat berguna untuk yang sudah terbiasa menggunakan touchpad dalam mengoperasi laptop sehari-hari.


Pekerjaan jadi lebih efektif dikerjakan dengan menggunakan teknologi windows gesture pada touchpad
di ASUS VivoBook Pro F570. 


AMAZING PERFORMANCE 

Buat menilai performa atau kinerja laptop,  Bubu belum pernah melakukan benchmarking terhadap laptop ini.  Jadi untuk mendapatkan review performance Laptop ASUS VivoBook Pro F570 ini, Bubu Dita harus browsing dan mencarinya langsung ke mbah Google dan om Youtube. Dan saat ada yang Bubu kurang paham istilahnya, Bubu pun bertanya pada Yaya Indro maksud dari sumber yang Bubu dapat.

Untuk melihat performa atau kinerja dari CPU dan GPU pada laptop, ia harus dites dengan berbagai macam software benchmark yang umum digunakan, baik dalam keadaan maximum load dan dalam keadaan idle. Beberapa software yang sering dipakai adalah Cinebench R15 dan PCMark10 untuk CPU; 3Dmark Fire Strike dan 3D Time Spy untuk GPU.

Berikut hasil dari benchmarking dari Laptop ASUS VivoBook Pro F570 AMD Ryzen 5 2500U mobile dan Nvidia GeForce GTX-1050:

Hasil benchmark CPU ASUS VivoBook F570. 

Menggunakan CineBench R15, didapatkan nilai untuk single core sebesar 117-142, dan untuk multi core sebesar 558 – 617. Nilai ini lebih baik dari pada Intel Core i5-3570K (3rd gen – Ivy Bridge) dengan nilai 483, dan sebanding dengan Intel Core-i5-8250U yang nilai cinebench R15-nya berada pada nilai 544-576 untuk multicore.

PCMark10, didapatkan nilai pada pengujian essential sebesar 5122, productivity sebesar 4561, dan digital content sebesar 3216. Essential mengacu pada aktifitas penggunaan laptop untuk kondisi normal, seperti web browsing dan video conference. Untuk productivity mengacu kepada pekerjaan yang membutuhkan spreadsheet dan writing. Sedangkan digital content mengacu kepada aktifitas penggunaan laptop untuk foto dan atau edit video, rendering, dan visual.


Hasil benchmark GPU ASUS VivoBook F570 dan laptop gaming ASUS TUF FX505GD.
Hasilnya sebanding, kan.

Untuk performa GPU, dengan 3Dmark Fire Strike didapatkan nilai keseluruhan sebesar 5257-5310, dan pada 3Dmark Time Spy (dx12) didapatkan nilai overall 1760-1811. Sebagai pembanding, laptop gaming ASUS  TUF FX505GD dengan CPU i5-8300H mendapatkan nilai 5499 dan 1857 secara berurutan.

Hal ini menandakan Laptop ASUS VivoBook Pro F570, yang termasuk dalam kategori laptop consumer/mainstream, dapat memberikan sensasi laptop gaming jika dipakai untuk bermain game tentunya. Game seperti Battlefield, GTA V, Assassin Creed Odyssey, masih nyaman dijalankan dengan setting medium.

Dari sisi temperatur, laptop ASUS VivoBook Pro F570 saat idle baik untuk CPU dan GPU berada di kisaran 40-46'C, dan saat full load maksimum dijaga pada 81-88'C. Hal ini karena pada saat full load ada limiter yang menjaga agar temperatur enggak meningkat terus.



Wah, sepertinya sudah banyak, nih, yang Bubu Dita bahas soal ASUS VivoBook ProF570. Jika melihat dari spesifikasinya, laptop ini memang ditujukan untuk digunakan pada aktifitas harian, casual gamer, dan content creator. Terlebih lagi dengan berprosesor AMD, laptop ini juga menjadi lebih murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan laptop lainnya yang memiliki Nvidia GeForce GTX 1050 Series.

Untuk mendapatkan laptop ini juga mudah banget karena dua varian VivoBook Pro F570 AMD Ryzen 5 dan AMD Ryzen 7 sudah beredar di pasaran Indonesia.  Untuk ASUS VivoBook Pro F570 Ryzen 7 juga dijual eksklusif di JD.ID, melalui mobile site di https://m.jd.id/camp/asus-f570zd-r7591t-316210179.html atau desktop site di https://www.jd.id/campaign/asus-f570zd-r7591t-3162.html

Gimana, tinggal duduk manis di rumah atau kantor, nanti ASUS VivoBook Pro F570 bisa langsung sampai ke tangan kita dengan cepat!

Semoga review Bubu Dita ini bisa membantu Manteman Rumika yang sedang mencari laptop baru dan tentu saja juga bisa meyakinkan Yaya Indro yang sedang mencari laptop untuk hobinya. Yuk, aminkan biar Yaya Indro punya laptop baru ASUS VivoBook Pro F570 ini (supaya Bubu Dita juga bisa memakainya.... Hihihi...). :D


-Bubu Dita & Yaya Indro-


Referensi:
- Website ASUS.com/id


12 comments :

  1. aku sama suami lagi butuh laptop mulmel begini, huhuhu. bagus speknya, tapi lagi nimbang harganya, mending laptop atau pc.

    ReplyDelete
  2. aku sama suami lagi butuh laptop mulmel begini, huhuhu. bagus speknya, tapi lagi nimbang harganya, mending laptop atau pc.

    ReplyDelete
  3. Lengkap banget Bubuuu infonya, pas buat Aku yang sedang perlu lappy baru. Aku lagi nabung karena niat mau beli lappy yang spek dan performanya bagus, dan biasanya harga pun menyesuaikan kan ya alias mahal,haha. Tapi kalau memang sesuai yang dibutuhkan dan mumpuni untuk bantu banyak pekerjaan, worth to buy sih memang.

    Untungnya ada fitur Bantu Saya Memilih nih, bisa bantu mengurangi kegalauan saat memilih diantara semua Produk ASUS yang bagus :))

    ReplyDelete
  4. Asus ini emang laptop idaman para mommy ya.. hahaha. Itu laptop asus ade lumayan bandel dan masih awet. Ada kali 10 tahunan. Lebih sepertinya. Ga salah deh kalau mau milih laptop merk asus.

    ReplyDelete
  5. Nah, ini nih....aku emang rencana mo beli laptop buat Rafa ujian tahun depan pas kelas 9. Aku belum tau sih musti kayak apa spesifikasinya. Tapi kalau kubaca detil bubu Dita, sepertinya laptop Asus ini idaman kita2 banget ya. Mau ngapain aja bisa. Perfecto lah yaw. kudu ceki2 harga terkini kayaknya. Mudah2an bisa kebeli aamiin. Btw baterainya kuat juga ya bisa 9 jam an :D

    ReplyDelete
  6. Aku lagi cari2 spek leptop yg dukung aktifitas jg ni Mba, meskipun bukn gamer, tapi tipe ini boleh juga buat rekomendasi ya. Speknya mantep...

    ReplyDelete
  7. Wah jenis laptop baru lagi, makin ngiler aja sama asus. Tiap model mempunyai spesifikasi yang mumpuni walau laptop gamers tapi pas kok buat narablog

    ReplyDelete
  8. Wah membaca tulisannya sungguh lengkap sekali. Pengen aku bubu punya laptop lengkap dan kece seperti Asus. Btw selamat ya tulisannya lengkap pas buat menang :)

    ReplyDelete
  9. Lengkaaap, suka banget baca tulisannya mba, bikin betah. Dari kemaren2 tertarik sama laptop Asus, jadi pengen ganti laptop, hihi

    ReplyDelete
  10. Laptop ASUS ini makin menguatkan cangkramnya ya, banyak banget fitur-fitur yg sangat mumpuni untuk kebutuhan digital era millenial. Keren banget ulasannya bubu, lengkap

    ReplyDelete
  11. naksir banget sama laptop dan handphone dari ASUS ini, harganya sesuai dengan spesifikasinya yaaa... makanya kudu nabung dulu deh... Thanks for sharing yaaa. Makin mupeng deh...

    ReplyDelete
  12. Ini infografis bikin sendiri ya Bu? Mantap nih. Besok traveling bisa bawa laptop deh ya karena laptopnya tipis.

    ReplyDelete