SOCIAL MEDIA

Wednesday, May 1, 2019

Banyak Playground Anak, Bandara Changi Singapura Sangat Kids Friendly!

playground-anak-di-bandara-changi-singapura


Baru-baru ini, Bandara Changi di Singapura kembali meraih predikat sebagai bandara terbaik di dunia versi Skytrax yang dipilih oleh wisatawan dunia. Pencapaian ini luar biasa banget karena Changi sudah meraihnya 10 kali dengan tujuh kali berturut-turut selama 20 tahun sejarah World Airport Awards digelar. Waw banget, ya!


Jika Manteman pernah ke Changi, rasanya pasti nggak akan merasa heran dengan raihan tersebut. Changi memang bukan sekedar bandara semata, di dalamnya segala fasilitas lengkap tersedia. Seharian ada di bandara ini kayaknya akan jauh dari kata bosan.

Saat traveling dengan anak-anak ke Singapura, menjelajah Changi bisa jadi pilihan juga, nih. Di bandara nomor wahid itu, ada banyak sekali playground anak yang bisa dimanfaatkan. Saat terakhir kali ke Singapura, Bubu Dita pun sempat dibuat takjub dengan tempat bermain anak di Changi. Gimana nggak? Baru melangkah beberapa meter dari sebuah playground, mata ini kembali melihat playground lainnya.

playground-changi

Memang bukan playground yang besar, sih, tapi lumayan banget, lho, untuk dimainkan anak-anak. Orang tua bisa duduk istirahat di kursi tunggu, anak-anak bisa leluasa bermain.


Berbagai Fasilitas Playground Anak di Bandara Changi Singapura

playground-anak-di-bandara-changi-singapura

Tempat main anak pertama yang menarik perhatian saya adalah bertema Sanrio. Tempat bermain anak ini nggak sengaja saya temukan ketika akan membeli Subway di lantai basement 2 terminal 3. Nah, di dekat Subway itulah tempat playground yang menggemaskan tersebut berada... :D

Suasana cenderung sepi di sini, mungkin karena masih pagi. Dan meskipun juga playground ini nggak terlalu luas, namun ada beberapa permainan seru di sana.

Bagi penggemar karakter Sanrio, seperti Hello Kitty atau Cinamoroll, wajib banget, nih, untuk mampir ke playgroud ini.  Asli, tempat bermain dengan dominan warna pink dan pastel ini gemes banget. Anak-anak perempuan pasti akan suka bermain di sini.

Saat melihat tayangan di YouTube tentang Sanrio playground ini, benar saja, anak-anak yang bermain di sana kelihatan happy dan antusias! Dan nggak hanya untuk anak perempuan saja, lho, ada juga beberapa anak-laki-laki yang asyik bermain di tempat itu.

sanrio-playground-changi-singapura


Terminal 3 juga menyediakan beberapa permainan riding, seperti mobil-mobilan yang bisa bergerak di tempat. Jika ingin membaca pun ada reading corner khusus untuk anak-anak. Asyik banget, ya!

Masih di terminal 3, bersebelahan dengan Sanrio playground, terdapat slider atau seluncuran yang juga jadi icon di Changi. Slider indoor ini tingginya minta ampun, mencapai 12 meter! Anak-anak pun sudah boleh mencobanya, asal bertinggi minimal 1,1 meter dan tentu dengan pengawasan orang dewasa.

Nah, jika sedang berada di terminal 1 Bandara Changi, jangan lewatkan juga untuk mengajak anak-anak bermain di kids playground yang berada di lantai dua. Permainannya juga seru, ada jembatan kecil, perosotan, dan juga beberapa wahana riding. Pas banget untuk dimainkan anak-anak berusia 2-6 tahun. 

Dengan empat terminal di dalamnya, Bandara Changi memiliki semua fasilitas permainan anak di setiap terminalnya. Tak hanya itu, di semua terminal juga terdapat ruangan khusus ibu menyusui dan bayi. Ada pula entertainment corner yang bisa digunakan untuk bermain games arcade!


Baca Juga: Ide Hemat Menikmati Sentosa Island Singapura Tanpa Keluar Biaya!


Tempat Asyik di Bandara Changi Singapura

Jika punya waktu luang yang banyak di Singapura, Bubu Dita akan menyarankan Manteman Rumika menikmati berbagai hal seru yang ada di Bandara Changi sampai puas! Bukan hanya sangat kids friendly saja dengan banyak playground di dalamnya, bandara ini juga memanjakan para traveler dengan sederet fasilitas yang bisa dinikmati.

Mau berenang? Ada kolam renang rooftop. Mau nonton film? Ada bioskop juga! Mau menikmati taman? Bisa di indoor maupun outdoor, lengkap lagi dari taman bunga matahari, taman kaktus, taman anggrek, hingga taman kupu-kupu!

taman-indoor-changi-singapura
Salah satu taman indoor di Bandara Changi.
Dok. Pixabay

Beberapa instalasi seni, seperti kinetic rain, patung birds in flight, bunga daisy dengan kincirnya yang bisa berputar dapat dinikmati pengunjung dan jadi spot foto yang unik. Masih ada lagi Galeri Peranakan dimana kita bisa tahu tentang sejarah Peranakan di Singapura. Mirip museum!

Nah, lengkap banget ya hiburan yang ada di Bandara Changi Singapura. Tampak masih belum puas untuk menghadirkan kejutan bagi wisatawan, Changi pun kembali berinovasi di bulan April 2019 ini.

Yap, di Changi ada destinasi baru yang bisa Manteman kunjungi saat berlibur ke sana. Jewel Changi Airport, sebuah bangunan modern berarsitektur unik berbentuk kubah dengan taman indoor di dalamnya. Serupa mal, terdapat berbagai tenan ritel hingga kuliner juga di sana. Ada pula hotel di dalam gedung dengan total 10 lantai tersebut. Lokasinya dapat dijangkau dari berbagai terminal di bandara Changi dengan sky train.

Satu hal yang bikin Jewel ini sangat istimewa adalah terdapat Rain Vortex, air terjun indoor tertinggi yang berada di tengah gedung! Tingginya mencapa 40 meter, lho! Anak-anak pun bisa puas bermain taman berkabut hingga berjalan di sky nets yang tinggi. Asli, saya langsung berdecak kagum sama inovasi yang terus dihadirkan bandara ini.

air-terjun-jewel-changi-singapura
Rain Vortex yang supeeeeer kece di dalam Jewel Changi Airport.
Dok. Unsplash

Begitu melihat video tentang Jewel Changi Airport ini, rasanya kaki Bubu Dita sudah nggak sabar pingin segera main ke sana, deh. Hehehe...


Menginap di Singapura

Setelah menjelajah Bandara Changi, kini saatnya berpetulangan di Singapura! Banyak tempat seru di Singapura yang sayang banget jika terlewatkan. Dan sepertinya memang hanya satu kali ke Negeri Singa ini nggak akan cukup untuk mengekplorasi keseruannya.

Untungnya, beberapa tempat wisata yang jadi ikon di Singapura jaraknya nggak terlalu jauh banget. Jadi, Manteman Rumika pun bisa memilih penginapan di manapun yang terakses dengan transportasi, seperti MRT atau bus. Manteman dapat memilih penginapan di daerah Chinatown, Little India atau Kampong Glam. Untuk mencoba kuliner yang enak pun dapat dengan mudah ditemukan di daerah-daerah tersebut.

Pilihan penginapan di Singapura bisa disesuaikan dengan budget. Manteman Rumika bisa cek di OTA, seperti PegiPegi untuk melihat hotel Singapore dan tipe penginapan yang diinginkan di negara tersebut. Meski memang biaya hidup di Singapura cenderung tinggi, namun jika jeli mencari, masih banyak juga kok hotel murah di Singapore yang terjangkau dan dekat dengan transportasi umum.

Saat terakhir ke Singapura, saya beruntung banget bisa mendapat penginapan yang murah di kawasan Little India. Biaya per malamnya sekitar Rp200 ribuan/orang untuk tipe kamar dormitory

Hanya berjalan kaki beberapa menit dari stasiun MRT dan Mustafa Center, penginapan Mitra Inn yang kala itu saya inapi jadi favorit banyak orang Indonesia jika melancong ke Singapura. Ketika sarapan di penginapan ini, Bubu Dita memang bertemu dengan beberapa orang Indonesia, bahkan ada yang datang rombongan juga.


Baca Juga: Mitra Inn Singapore, Tempat Menginap Nyaman Untuk Backpacker


Nah, tapi jika ada budget berlebih bolehlah menginap di hotel di Singapura yang lebih bagus dengan fasilitas lebih lengkap. Apalagi jika berlibur bersama keluarga dan anak-anak, kan. Tentu budget yang harus disiapkan untuk akomodasi yang lebih oke juga lebih besar, sekitar Rp1,5 juta ke atas per malam.

Gimana, sudah siap menjelajah Changi dan Singapura? Yuk, siapkan ransel, koper, dan tentu saja tiket serta akomodasi selama di sana!

Happy traveling, yaaa....


-Bubu Dita-




22 comments :

  1. Gemesin deh, aku selalu ajak anak ke playground semoga nanti bisa mampir di Changi ❤️

    ReplyDelete
  2. Ya ampun bagus banget.. Ini mah kalau ke Singapura cukup muter-muter Changi aja udah puas kayaknya. Udah berasa lagi liburan ke theme park :D

    ReplyDelete
  3. Changi memng paling enak buat seluruh keluarga, mau di terminal manapun enak. Aku blom ke jewel mungkin tahun depan deh cari yg transit pesawat lama di changi heehehhe

    ReplyDelete
  4. aku tuh lg mikir2 Nov besok mau ajakin anak2 liburan kemana. Pilihannya banyak, mamak jd galau hahahaha. blm lg liat changi ini :D. jd kepikiran kalo memang jdnya ke Changi, begitu sampe mau puas2in main di sini, baru menjelang malam kluar bandara cari hotelnya :D. trlalu bgs memang airport 1 ini. susah sih kalo mau ngalahin hahahahah

    ReplyDelete
  5. Kalo transit yang lamaan dikit juga anak2 gk bete yaa.. Manjain anak2 banget sih ini mah ��

    ReplyDelete
  6. Kalau di Changi ga bakal mati Gaya deh. Kalau Ada uang lebih Makin asyik lagi bisa shopping hahaha. Duh pengen ke Jewel. Terakhir kesana belum buka deh

    ReplyDelete
  7. yampun bandara changi makin bikin betah aja ya. makin keren dan kumplit fasilitasnya

    ReplyDelete
  8. Salam kunjungan dan follow :)

    ReplyDelete
  9. penumpang transit nggak akan bosan nunggu di bandara ya, banyak spot untuk menghasbiskan waktu bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Changi emang bandara yang gak bikin bete kalau pesawat delay.

    ReplyDelete
  11. Iya seneng ade di changi ada playground di dekat gate juga ada. Jadi ga bosenin buat bocah kalau nunggu pesawat lama ya.

    ReplyDelete
  12. Bandara ini emang kece banget. Beberapa kali saya transit lama di sini, dan puas ama fasilitasnya. InsyaAllah bulan depan akan transit lagi di sini, jadi bisa liat Jewel of Changi deh.

    ReplyDelete
  13. Memang bagus banget bandara Changi ini. Senua aspek rasanya mereka pikirkan, mulai dari tatat letak, kebersihan, fasilitas. Pokoknya TOP deh.

    CGK harus belajar banyak nih dari Changi :)

    ReplyDelete
  14. Iya... Bandara Changi memang keren. Kalau transit di sana, bolehlah. Makanya, kalau perjalanan jauh yang perlu transit, kadang sengaja memilih transit di Singapura saja.

    ReplyDelete
  15. Kalau pada membicarakan Singapura dan bandarnya jadi mupeng mau ke sana

    ReplyDelete
  16. Singapura memang tiada duanya ya. Negara kecil tapi maju pesat. Indonesia seharusnya banyak belajar dari negara yang masyarakat nya multi etnik ini

    ReplyDelete
  17. Setuju mbak.Changi memang bukan hanya sekedar bandara tapi juga All lifestyle in one place for all ages. Taman2 anak itu themanya suka berganti2 lho. Kadang Sanrio, kadang pokemon... tematic. Apalagi sekarang sudah ada jewel.. makin pecah ini changi. Jelajah 2 hari dua malam aja kurang klo ke bandara ini. Ini juga jadi bandara favorit aku setelah Haneda di Tokyo.

    ReplyDelete
  18. Nah pantasan anakku heboh minta diajak ke sini ternyata ada air terjun indoor.

    ReplyDelete
  19. Nah pantasan anakku heboh minta diajak ke sini ternyata ada air terjun indoor.

    ReplyDelete
  20. Waah playgroundnya cakep ya. Lumayan nih kalau bawa bocil. Nggak bosen meski harus transit lama ya Mbak.

    ReplyDelete
  21. Changi ini emang amazing. Jewel airport yang paling baru nih yang diomongin orang2, bikin penasaran.

    ReplyDelete
  22. Sebagai salah satu pusat penerbangan dunia (TRANSIT), Changi memang tahu betul cara memanjakan "KLIEN" nya, tidak penumpang, tapi Tenant dan pegawainya. Keren. Konsepnya all in.

    ReplyDelete