SOCIAL MEDIA

Sunday, September 13, 2020

10 Tempat Urban Legend di Jakarta

10-tempat-urban-legend-di-jakarta


Salah satu virtual tour paling berkesan yang pernah Bubu Dita ikuti adalah menjelajah tempat-tempat urban legend di Jakarta! 

Ada 10 tempat yang Bubu kunjungi. Meski tidak berada di lokasi secara langsung namun aura mistis dan seramnya tetap terasa!

Ya, yang membuat virtual tour urban legend yang diadakan oleh Jakarta Good Guide ini sangat menarik adalah selain dilakukan malam hari, ada juga guide yang menceritakan kisah  mengapa tempat tersebut mendapat julukan urban legend, bagaimana sejarahnya, dan cerita dari mulut ke mulut orang-orang yang pernah mengalami hal mistis di tempat tersebut.

Yuk, langsung aja simak 10 tempat urban legend di Jakarta berikut ini! Kamu berani langsung ke sana???


Jembatan Ancol

Kalau mendengar nama Jembatan Ancol pasti Bubu langsung ingat ke sinetron zaman dulu, Si Manis Jembatan Ancol yang diperankan Diah Permata Sari dan Ozy Saputra. Wih, ini sinetron ikonik banget dan nggak terlupakan sosoknya, kan.

Kisah Si Manis ini ternyata berkembang dari seorang pelukis di Ancol. Ia melukis sesosok perempuan yang diduga adalah Si Manis.

Nah, ternyata kisah Si Manis Jembatan Ancol ini juga ada tiga versi perempuan, lho. Versi pertama bernama Maryam yang memakai baju putih. Lalu ada versi kedua bernama Halimah dengan baju merah dan kerudung kuning. Dan versi terakhir yaitu Asih, seorang perempuan yang diceritakan kecewa karena ditinggalkan oleh kekasihnya. Asih inilah yang sosoknya paling mendekati Si Manis yang menurut cerita sering terlihat, berbaju merah dan berkerudung merah.


Mal Klender

Tahun 1998 menjadi salah satu periode terkelam bangsa ini. Di tahun itu meski masih kelas 6 SD, Bubu Dita menyaksikan gimana ramainya pemberitaan kerusuhan, termasuk berita terbakarnya Mal Klender, salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Timur gang menewaskan sekitar 450 orang.

Kini Mal Klender sudah berganti nama menjadi Ciplaz. Meski sudah direnovasi dan berganti wajah, cerita mistisnya masih terdengar hingga kini. 

Suara tangisan minta tolong, bau amis darah, bahkan penampakan kerap terlihat. Harmti-hati jika berada di basement, lantai 3 maupun di dalam lift-nya! 


Terowongan Casablanca

Pernah lewat Terowongan Casablanca dan membunyikan klakson sebanyak 3 kali? Bubu pernah! 😄

Ya, konon kabarnya jika melewati terowongan ini sebaiknya sambil membunyikan klakson untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. 

Menurut cerita dari mulut ke mulut, ada seorang gadis yang meninggal dan dibuang begitu saja di area ini. Ada pula yang beranggapan kemistisan terowongan karena membelah kuburan sehingga terowongan yang dibangun pun tadinya berupa lahan kuburan.

Beberapa orang bahkan diceritakan pernah melihat penampakan seperti nenek-nenek atau sosok yang dapat menembus tembok terowongan. Ada pula yang mengalami kejadian nahas, jatuh dari motor tapi tidak ada yang menolong karena "ditutupi" sehingga pengemudi kendaraan yang melewati tidak melihatnya. 


TPU Jeruk Purut

Cerita keangkeran TPU Jeruk Purut mungkin sudah nggak asing lagi ya. Namanya juga pemakaman, auranya pasti ada kesan seramnya. 

Jeruk Purut populer banget dengan legenda Pastur tanpa kepala. Bahkan di film Hantu Jeruk Purut yang tayang pada tahun2006, posternya menggambarkan sosok tersebut.

Weits, tapi ternyata menurut kuncen pemakaman ini, sosok Pastur itu kini sudah tidak ada lagi di area pemakaman tersebut. 

Berani uji nyali di tempat ini setelah pandemi? Kamu bisa menjelajah ke sumur tua dan pohon benda atau pohon tertua di sana yang katanya menjadi tempat paling angker di pemakaman seluas 9 hektar ini. Kalo Bubu mah nyeraaah, ikut virtual tour-nya aja, deh! 


Bintaro

Film Tragedi Bintaro yang menceritakan kisah nyata kecelakaan dua kereta di kawasan Bintaro hingga kini masih terngiang di ingatan Bubu. Padahal film tersebut dirilis tahun 1989 dan beberapa tahun sesudahnya ketika Bubu SD baru menontonnya sekilas. 

Peristiwanya sendiri tepat terjadi pada 19 Oktober 1987. Akibat kecelakaan tersebut, 129 orang meninggal dunia. 

Banyak kabar yang beredar jika di dekat lintasan kereta tempat terjadinya kecelakaan, ada saja terdengar suara tangisan, suara anak-anak kecil yang sedang bermain, hingga penampakan sosok bermata merah!


Menara Saidah

Setiap kali naik kereta dan melewati Cawang, Bubu seringkali langsung melihat ke arah gedung tingginyang kini tidak berpenghuni, Menara Saidah. Kamu juga nggak sih yang sering naik kereta jurusan Jakarta-Bogor?

Ya, gedung ini dulunya merupakan perkantoran yang cukup elit dengan desain mewah bergaya Romawi. Namun semakin lama, semakin sepi dan pada akhirnya kosong total. 

Awalnya Menara Saidah berlantai 15 namun ditinggikan hingga mencapai 28 lantai. Tidak heran jika gedung ini menjulang diantara gedung-gedung di sekitarnya. 

Kenapa aura mistisnya terasa kental di tempat ini diduga karena berdiri di atas lahah kuburan. Namun ada juga yang mengatakan jika tadinya merupakan hutan yang mungkin menjadi tempat pembantaian. 

Penampakan makhluk berbaju merah, jendela yang selalu terbuka, lantai terlarang, dan juga bau anyir di bagian basement adalah beberapa cerita mistis yang berkembang di Menara Saidah. Hingga pada tahun 2015 pun dibuat film tentang keangkeran tempat ini dan diberi judul Menara Stasiun Cawang. Kamu sudah pernah nonton filmnya???


Manggarai

Anker atau anak kereta pasti sudah nggak asing lagi kan sama cerita kereta hantu! 

Konon banyak kejadian dimana orang-orang pernah menaiki kereta hantu yang suasananya sepi, gelap, bau, dan kotor. Penumpangnya pun diam seribu bahasa.

Legenda urban tentang kereta hantu juga dijadikan Inspirasi dalam film Kereta Hantu Manggarai/Kereta Setan Manggarai

Salah satu tempat mistis tentang kereta api ini adalah di Dipo Manggarai. Konon kereta Tragedi Bintaro setelah kecelakaan ditempatkan di dipo tersebut. Banyaknya kereta yang terparkir di dipo juga membuat suasana makin terasa aura seramnya saat malam hari. 

Ada cerita yang berkembang di masyarakat sekitar tentang seeing terdengarnya suara anak-anak bermain, tangisan, dan kisah mistis lainnya di Dipo Manggarai.


Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Hmm, cerita tentang kejadian mistis di rumah sakit sepertinya banyak, ya. Nah, untuk di Jakarta, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) adalah salah satunya!  

RSCM sudah dibuka sejak 19 November 1919. Jadi sudah kebayang kan bangunannya setua apa. Nah, ada banyak cerita yang beredar tentang kejadian di luar nalar yang tejadi di rumah sakit ini, seperti terciumnya bau-bauan, gorden kamar yang bergerak-gerak sendiri saat jam dua malam, hingga penampakan suster!

Gimana, kamu yang pernah ke RSCM pernah juga nggak ngerasain aura-aura serem di tempat ini? Atau pernah ngalamin kejadian mistis di rumah sakit? Mau dong diceritain... 


Pulau Onrust

Ini dia salah satu tempat di Jakarta yang bikin Bubu penasaran! Pingin banget ikutan tour sehari ke Pulau Onrust dan pulau-pulau sekitarnya di gugusan Kepulauan Seribu. Setelah pandemi, Bubu pasti bakal masukin Pulau Onrust ke top wishlist!

Pulau Onrust ini dulu dikenal sebagai tempat karantina masyarakat yang baru naik haji. Sempat pula menjadi rumah sakit khusus bagi penyakit menular, seperti lepra. 

Karena dulunya merupakan tempat ramai yang ditinggalkan, tak heran jika di pulau ini banyak reruntuhan bangunan serta pemakaman. 

Cerita urban di Pulau Onrust adalah penampakan seorang Noni Belanda bernama Maria. Konon cinta Maria kepada laki-laki pujaannya tidak terwujud karena tentangan orangtua. Kisah sedihnya ia bawa sampai akhir hidupnya.

Terdapat pohon besar di pulau ini yang bentuknya mirip seperti seorang perempuan terperangkap di dalam pohon yang diduga adalah Maria. 


Lubang Buaya

Kamu pernah nonton film G30SPKI? Bubu sampai sekarang belum pernah menonton filmnya dari awal sampai akhir, meski begitu tetap rasanya mendengar kata-kata itu langsung teringat dengan kejadian berdarah di Lubang Buaya. 

Yap,  Lubang Buaya yang terletak di Jakarta Timur menjadi saksi bisu kisah tersebut. Di dalam areanya terdapat diorama rumah penyiksaan serta lubang di mana para jenderal dikubur. Namun aura paling kuat, dingin dan menyedihkan konon adalah salah satu ruangan di mana terdapat baju bernoda darah yang dipakai terakhir kali oleh para Jenderal!

Kamu pernah mengunjungi Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya? Apakah merasakan aura yang sama di tempat itu?



Nah, itulah 10 tempat urban legend populer di Jakarta. Jika teman-teman punya cerita mistis di tempat lainnya boleh banget share di kolom komentar, ya! 


-Bubu Dita-

No comments :

Post a Comment