SOCIAL MEDIA

Friday, December 25, 2020

Staycation di Masa Pandemi Bersama Si Kecil? Cek Tipsnya di Sini!

 


Dunia pariwisata mulai bergejolak lagi meski pandemi belum benar-benar usai. Masyarakat mulai banyak yang berlalu-lalang, termasuk yang menghabiskan waktunya untuk liburan. Diskon hotel pun bertaburan. Potongan harga banyak dilakukan demi menjaga usaha tetap berjalan.

Pandemi memang belum bisa dikendalikan, namun kondisi ekonomi mau tidak mau harus bergulir. Negara pun sepertinya juga membiarkan. Ketika hal ini terjadi, kegiatan liburan sepertinya juga memang tidak bisa disalahkan. Ada banyak kalangan masyarakat yang bergantung pada penghidupan di bidang ini. Pada akhirnya kita sendiri yang bisa menjaga diri kita dan keluarga, bukan?

Nah, jika Manteman sudah mulai beraktivitas lebih banyak, termasuk berlibur, yuk sama-sama saling jaga. Jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan.

Bagi yang belum ada rencana keluar kota, pilihan untuk menginap di hotel pun bisa jadi pilihan untuk meringankan pikiran.  Beberapa hal patut untuk jadi perhatian saat staycation bersama keluarga, termasuk anak-anak. Terutama bagi keluarga yang memang rada ketat untuk keluar rumah (seperti halnya keluarga Bubu).

Bubu coba rangkum ya beberapa hal yang disiapkan sebelum staycation di hotel supaya lebih aman dan nyaman.

 

Pilih Hotel yang Tepat

Pilih hotel dengan standar kesehatan yang mumpuni. Penarapan protokol kesehatan yang ketat, dengan tetap menjaga jarak, semua pekerja menggunakan masker, dan ketersediaan hand sanitizer.

Cek ke pihak hotel bagaimana mereka menerapkan protol kesehatan tersebut. Manteman juga bisa lihat di IG Story atau review orang-orang yang pernah menginap di hotel tersebut selama masa pandemi.

 

Bawa Selalu “Perlengkapan Perang” Masa Pandemi

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadi, termasuk hand sanitizer dan disinfektan. Jika perlu, bekali diri juga dengan membawa UV lamp. 

Setelah masuk kamar, sebaiknya jangan buru-buru bebas loncat ke kasur ya. Manteman bisa menyemprot desinfektan ke berbagi sudut kamar, terutama bagian yang sering disentuh seperti gagang pintu, knob lampu, dan lainnya.

Jika membawa UV lamp, siapkan waktu juga beberapa menit untuk menyinari ruang kamar, ya.


Baca juga: Hotel Kuretakeso, Hotel Ala Jepang di Jakarta

Bawa seprei, selimut, serta alat pribadi lainnya

Tentu staycation di masa pandemi akan lebih repot, apalagi bagi keluarga yang memang benar-benar menjaga protokol kesehatan.

Jika diperlukan, Manteman juga bisa mempersiapkan seprei dan selimut sendiri. Siapkan juga handuk serta toiletteries pribadi. 


Hindari Prasmanan Dulu

Jika masih ragu untuk makan prasmanan di hotel, maka jangan lakukan. Manteman bisa terlebih dahulu menanyakan ke pihak hotel apakah sarapan bisa diantar ke dalam kamar. Pilih room only akanlebih baik.

Nah, namun bagi Manteman yang sudah nyaman untuk makan prasmanan di dalam ruangan restoran hotel silakan dilakukan.  Sebaiknya sarapanlah saat restoran baru buka agar masih sepi.

Bisa juga lho Manteman memilih hotel dengan restoran tipe outdoor agar sirkulasi udara tetap aman.

 

Bawa Penghangat Makanan

Biasanya pihak hotel membolehkan kita memesan makanan dari luar. Jika tidak mengambil breakfast di hotel dan membeli makan siang dan malam di luar, Manteman bisa memesan secara online dan menghangatkannya di dalam kamar menggunakan oven, microwave atau  pengukus portable. 

Ya, jika perlu bawalah alat penghangat makanan juga, ya. Jangan lupa peralatan makan pribadi pun perlu disiapkan.


Baca juga: Review Hotel De Braga Bandung



Berenang Aman Saat Sepi

Staycation memang lebih seru dengan memanfaatkan berbagai fasilitas hotel, seperti kolam renang, fitness center atau spa. 

Sebelum menginap Manteman juga bisa cek terlebih dahulu apa saja fasilitas hotel yang sudah bisa digunakan. 

Biasanya Si Kecil akan happy banget kalau diajak berenang atau main air. Bagi yang masih ragu untuk berenang di hotel, ya jangan dilakukan… :)

Namun jika sudah tidak masalah, Manteman dapat mengajak Si Kecil berenang saat kondisi pool masih sepi. Tanyakan juga ke pihak hotel perihal durasi kapan kolam renang tersebut dibersihkan.

Alternatif lainnya, pilihlah hotel yang mempunyai bathtub agar Si Kecil tetap bisa merasakan asyiknya main air atau bisa juga memilih villa yang menyediakan fasilitas private pool. Berenang pun bisa jadi lebih tenang dan nyaman, kan!


Selalu Ingatkan Si Kecil!

Terakhir, nih, pastikan anak-anak tidak sembarangan menyentuh barang-barang yang ada di dalam hotel, ya. Jangan lelah untuk mengingatkan mereka tentang hal ini. 


Selama pandemi berlangsung, Bubu Dita dan keluarga baru dua kali staycation di hotel. Kami lebih banyak menghabiskan waktu dengan berdiam diri di dalam kamar hotel saja. Memang ribet dan rempong jika kita termasuk orang yang ketat banget soal ini. Dan gakpapa, karena akan membuat lebih nyaman juga kan.

Manteman yang lain pasti juga punya cara untuk bisa menyamankan diri sendiri dan keluarga saat melakukan staycation atau berlibur. Stay safe ya semua! :*

 

-Bubu Dita-


11 comments :

  1. Intinya, kita harus makin kritis akan kondisi lingkungan dan kesehatan pribadi. Bukankah begitu?
    Salken yaa :))

    ReplyDelete
  2. Meskipun sedang pandemi, biasanya wisatawan tetp mencari hotel yang ada kolam renangnya :) Meskipun ragu2 nyemplung atau ga hahahah :) Iya ya bawa semua perlengkapan pribadi supaya menghindari benda2 bekas orang. Meskipun biasanya disemprot disinfektan sih. Kalau sprei dan selimut perlu juga bawa dari rumah? Rempong kayaknya hihihi :D

    ReplyDelete
  3. Waah tengkyu Mbak tipsnya. Selama pandemi baru 3 kali staycation. Dua kali yang ajak anak-anak. Sekali sendirian. Tapi emang belum berani renang sih. Makan juga masih di kamar beraninya.

    ReplyDelete
  4. solusi kalau belum bisa berenang di hotel adalah cari yang kamarnya pakai bath tub yak, ahaha. Jadi teteup bisa main air mereka walau gak sepuas di kolam renang.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tips nya mba, kami berencana staycation juga nih..jadi ada gambaran harus gimana2nya..

    ReplyDelete
  6. Iya agak repot pas staycation masa pandemi itu mengingatkan anak biar nggak pegang macam-macam dan sering banget cuci tangan hehe yang penting bisa bersenang-senang piknik tipis di hotel ya ganti suasana

    ReplyDelete
  7. Lumayan repot ya Mba. Bawa sprei juga berat hahah kayak camping ya. Nggak maka bareng juga jadi makan di bawain ke atas atau kita ambil bawa ke kamar? Sehay sehat ya Mbak

    ReplyDelete
  8. Kalau aku sih bukan yang tipe sampe bawa selimut sendiri ya.
    Memang saat pandemi gini agak sulit staycation.
    Mau staycation tapi takut covid. Sedangakan kalau di rumah terus takut kurang waras 😂

    ReplyDelete
  9. Emang travelling di masa pandemi ini lebih ribet dibanding biasanya ya mbak. Tapi demi kesehatan bersama. Sama satu lagi, harus tetap sehat dan jaga imunitas untuk menangkal virus-virus.

    ReplyDelete
  10. Betul, mbak. Pastikan ada protokol pengecekan suhu badan di entry area yang ketat. Seluruh staf harus mengenakan masker, face shield, dan sarung tangan. Kalau bisa ada sekat kaca di front desk.

    Hotel berjaringan internasional are preferrable karena mereka sudah ada SOP yang jelas dan ketat, usahakan bintang 3 ke atas. Jadi nggak perlu cemas bobok di kamarnya karena semua udah di-sanitize. Repot juga yekan kalo harus bawa-bawa sprei dan selimut sendiri hehe. Maka dari itu, timing juga penting, jangan pas weekend atau holiday biar hotel nggak rame dan protokol dijalankan dengan optimal seluruhnya.

    ReplyDelete
  11. Jadi agak banyak yang disiapkan ya Mba. Tapi gpp, demi kenyamanan bersama. Aku juga kalau mau staycation, selektif banget milih hotelnya.

    ReplyDelete