Kolam Ikan Koi, Salah Satu Atraksi Menarik Saat Staycation di Hotel The 101 Bogor Suryakancana

by - December 29, 2021


Jalan Suryakencana Bogor jadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang sedang melancong ke Bogor. Saya pun punya kenangan indah bersama Mama dan Papa saat masih ada dan berjalan-jalan di sepanjang jalan ini kemudian mampir ke sebuah kedai makanan. Ada menu soto kuning yang saya nikmati saat itu. Mama pun juga membeli lumpia basah, makanan yang sangat disukai Boo dan Mika. 

Ingin mengulang kenangan itu, saya pun rasanya sudah sejak lama ingin menghabiskan waktu lebih lama di Jalan Suryakencana dengan menginap di Hotel The 101 Bogor Suryakancana. Tidak sulit menemukan hotel ini karena hanya bangunan hotel inilah yang menjulang tinggi di sepanjang Jalan Suryakencana. 

Bak gayung bersambut, ada promo hotel ini dari Obral Voucher Hotel yang jadi langganan Bubu untuk mendapat voucher hotel dengan harga jauh lebih murah daripada di OTA. Untuk kamar Executive Suite dengan city view (plus mountain view juga!) di OTA bisa kena 1,4 - 1,8 juta. Bubu dapat harga hanya setengahnya dari 1,4-an itu, lho! Gimana gak seneng, kan, ya? :D Dapat kamar tipe paling bagus tapi cuma bayar kayak kamar tipe biasa, sudah sekalian dapat breakfast pun! :D

Jadi rajin-rajinlah pantengin berbagai promo ya Buibu Pakbapak kalau mau dapat voucher hotel yang harganya miring… :) Dan asyiknya masa berlalu voucher pun lama, bisa sampai satu tahun. Mau dipakai kapan aja sampai batas waktu bisa banget, asalkan tetap menghubungi pihak hotel paling tidak seminggu sebelum tanggal menginap, ya. 


Disambut Kolam Ikan Koi di Hotel The 101 Bogor Suryakancana

Untuk sampai ke Hotel The 101 Bogor Suryakancana ada dua jalan yang bisa dilalui, yaitu tentu saja Jalan Suryakencana (hotel bagian depan) dan Jalan … (hotel bagian belakang). Karena saat weekend dan Bubu takutnya jalan Suryakencana yang satu arah itu macet, akhirnya kami memutuskan untuk masuk melalui pintu belakang yang langsung mengarah ke parkiran. Namun tetap dari pintu masuk itu tetap ke arah lobby untuk pengecekan suhu dan aplikasi Peduli Lindungi.

Langsunglah mata Boo dan Mika sumringah ketika melihat kolam ikan koi yang cukup besar di depan hotel. Ya, sebelum masuk ke dalam lobby hotel, para tamu akan disambut banyaknya ikan koi di kolam ini. Mungkin ada ratusan ikan, ya. Dan ikannya besar-besar sekali. Wah, kebayang kan betapa girangnya anak-anak melihatnya. :)



Hanya sehari semalam kami menginap di sini tapi Boo dan Mika sampai berkali-kali bermain di sekitar kolam ikan koi ini. Bahkan mereka juga memberi makan ikan koi. Yap, cukup tanya ke petugas di dekat kolam saja di mana bisa mengambil makanan ikan dan tentunya tanpa biaya. Jadi menurut Bubu, kolam ikan koi ini jadi atraksi paling menarik kalau Buibu Pakbapak menginap dengan anak-anak. 

Bukan hanya anak-anak yang senang, sih. Kolam ikan koi ini pun bisa jadi sarana refreshing buat kita… :D

Tak hanya kolam ikan koi, pergola dengan tanaman rambatnya juga membuat suasana bagian depan hotel semakin tambah adem dan asri. Duh, beneran jadi kepingin punya tanaman rambat seperti ini juga di rumah jadinya, kan… :D

Begitu memasuki lobby hotel, suasana art deco yang kental pun begitu terasa. Setiap sudutnya boleh dibilang instagramable! Puas banget kalau Buibu Pakbapak yang rajin posting di social media, hotel yang satu ini menawarkan banyak spotnya. 

Fasilitas yang menarik di hotel ini apalagi kalau bukan kolam renang! Tentu wajib banget dicoba saat menginap di sini. Meski tidak terlalu besar tapi cukup nyaman dengan beberapa tempat duduk berpayungnya. 



Pas anak-anak dan Yaya Indro mau berenang, eh ndilalah kok ya hujan. Kayaknya memang kurang afdol ya kalau main ke Bogor tapi gak hujan seharian, hehehe… Walaupun hujan, berenang tetap jalan teruuuus… 

Di dekat kolam renang juga ada semacam common space gitu untuk tamu hotel. Ada permainan fussbal atau sekedar duduk-duduk sambil nunggu yang berenang juga bisa. 


Kamar  Executive Suite The 101 Bogor yang “Terlalu” Besar

Begitu sampai di depan pintu kamar dan membukanya, Bubu langsung takjub, sih. Asli segede itu kamar Executive Suite-nya!!! Bahkan Yaya Indro kamar ini terlalu besar dan terlalu lowong. Mungkin jika menginap dengan menambah extra bed, akan lebih terasa passs ruangan kamarnya. 

Hal yang ikonik dari Hotel The 101 Bogor Suryakancana adalah balkonnya. Ya, sepertinya setiap tipe kamar ada balkonnya. Kamar suite bahkan memiliki dua buah balkon. Satu balkon tanpa meja dan kursi teras, dan balkon lainnya dilengkapi kursi dan meja teras.

Bertempat di lantai tertinggi yaitu lantai delapan, view-nya beneran ciamik banget! View kota Bogor sejauh mata memandang dengan di sebelah kanan view pegunungan. Double view gini keren banget, kan!




Oiya, kamar Executive Suite ini juga dilengkapi dengan bathtub, ya. Di kamar juga ada meja, sofa, serta meja kerja. Nah, sayangnya untuk meja kerjanya agak mentok di kaki, nih. Rasanya akan pas jika mejanya lebih tinggi sedikit. :)

Saat menginap di sana, kami juga memutuskan untuk tidak breakfast di restoran hotel. Ketika baru check in pihak hotel menjelaskan jika tamu bisa breakfast di kamar. Tamu bisa memilih American Breakfast atau Indonesia Breakfast. Karena untuk dua pax, Bubu pun memesan keduanya. Tentu dibuat porsian sehingga tidak seperti prasmanan yang kita bisa bebas ambil, ya. 

Dan betul saja, porsi breakfast di kamar memang tidak banyak, tapi cukuplah kalau buat Bubu… :D Dengan meja besar di dalam kamar juga memudahkan Bubu untuk menaruh sarapan yang telah diantar. 


Aktivitas Saat Menginap di The 101 Bogor Suryakancana

Seperti yang sudah Bubu ceritakan sebelumnya di awal, Bubu ingin bernostalgia kembali dengan menjelajahi Jalan Suryakencana. Saat sore hari Bubu, Boo, dan Mika berjalan-jalan santai di sana. Kami menunggu hujan reda sebelum mulai jalan-jalan. 

Jalan ini mengingatkan Bubu dengan suasana Jalan Braga di Bandung. Yang pasti gak boleh ketinggalan untuk kulineran kalau sedang ada di Suryakencana! Kami membeli soto kuning khas Bogor dan juga bubur kacang hijau. Karena ramai di tempat makan, kami pun memutuskan untuk makan di kamar saja. 

Over all, pengalaman menginap di The 101 Bogor Suryakancana ini menyenangkan! Terutama dengan adanya kolam ikan koi yang jadi magnet untuk anak-anak. Tapi yang masih agak mengganjal sebenarnya di Bubu adalah, kenapa nama hotelnya Suryakancana, ya, tapi untuk nama jalannya sering disebut Suryakencana??? Ada yang tau??? :D



THE 101 BOGOR SURYAKANCANA

Jl. Suryakencana No.179-181, RT.2/RW.1, 

Babakan Ps., Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor,

 Jawa Barat 16123 

(0251) 7565101

Related Posts

1 komentar

  1. Duuuh 101 ini aku pernah inepin di Bali kalo ga salah Yaa,atau Jogja, udah lama soalnya 🤣, dan puas sih. Sbnrnya dulu suka bgt karena warna turqoise yg jadi ciri khas mereka mba. Tapi seperti ya 101 udah ga turqoise lagi yaaa wrna khasnya.

    Jadi pengen coba nginep yg di Bogor kalo staycation lagi. Udah ada plan sih mau nginep di Bogor, wiskul Ampe puas, tapi mau nunggu pas hujan agak mendingan. Lagi musim hujan gini pasti Bogor basah Mulu tiap hari 😄 .

    ReplyDelete