Ini Dia, Cara ke Pantai Indah Kapuk Naik Kereta dan TransJakarta

by - January 13, 2023

cara-ke-pantai-indah-kapuk-pantjoran-pik

Lokasinya yang berada di ujung utara Jakarta dan terkesan jauh sebenarnya jadi alasan kenapa Bubu dan keluarga baru-baru ini menyambangi Pantai Indah Kapuk atau PIK. Padahal happening-nya sudah dari kapan, ya… Hehehe… Kebayangnya kalau ke sana tuh jauuuuh banget dari rumah. Ternyata, memang jauh tapi bisa banget dicapai dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

PIK jadi kawasan yang semakin dilirik.  Kini banyak tempat wisata kuliner maupun wisata tematik di PIK yang memiliki ciri khas dan menarik untuk dikunjungi wisatawan. Mau bikin konten juga di PIK banyak bangeeeet yang bisa dieksplor, geys.

Pengalaman saat Bubu ke PIK memang akses untuk transportasi publik masih terbatas di daerah sana. Karena itulah akses menuju PIK yang terbaik saat ini menurut Bubu memang menggunakan kendaraan pribadi. 


Baca Juga: 5 Tempat Wisata di PIK yang Wajib Dikunjungi!


Namun bukan gak mungkin ke PIK dengan naik kereta dan TransJakarta, lho. Setelah Bubu browsing dan bertanya ke Mba Milana, Bubu jadi tau juga cara ke Pantai Indah Kapuk naik kereta dan TransJakarta. 

Thanks to Mba Milana yang sudah mau berbagi. :) Untuk Manteman bisa cek akun Instagramnya Mba Milana @milana_lau. Di IG Mba Milana sering berbagi juga tentang tempat wisata di Jakarta, festival, acara-acara seru, dan juga berbagi mengenai transportasi umum seperti TransJakarta.

Nah, Manteman mau tau juga gimana cara ke Pantai Indah Kapuk naik kereta dan TransJakarta? Yuk, simak caranya di bawah ini:


Cara Ke PIK Naik Kereta + Ojol / Shuttle

Karena Bubu rumah di Depok, Bubu ceritanya berangkat dari Stasiun Depok Baru, ya. Nah, rute pertama seperti ini:


1. Naik kereta dari Stasiun Depok Baru.

2. Turun di Stasiun Manggarai.

3. Lanjut naik kereta rute Angke atau Kampung Bandan, lalu turun di Stasiun Duri. 

4. Dari Stasiun Duri, Manteman bisa lanjut ke PIK naik ojek online atau shuttle TRON. 


Biayanya untuk ojek online bisa dilihat di gambar di bawah ini, ya. Lumayan mahal juga karena jarak cukup jauh. Jadi biayanya bisa sekitar hampir 60 ribu. 

cara-ke-pantai-indah-kapuk-naik-ojek-online


Sedangkan untuk shuttle TRON dari Stasiun Duri ke Pantai Indah Kapuk biayanya kalau gak salah sekitar 15 ribu. CMIIW, ya, Manteman. Untuk rute shuttle TRON bisa dicek di sini:

cara-ke-pantai-indah-kapuk-shuttle-tron


Cara Ke PIK Naik Kereta + TransJakarta

Nah, cara kedua ini sudah dicoba oleh Mba Milana. Dan menurut Bubu, buat Manteman yang lagi punya banyak waktu dan juga mau berhemat, opsi kedua ini yang paling bisa dicoba. Seperti ini cara dan rutenya, ya:


1. Naik kereta dari Stasiun Depok Baru.

2. Turun di Stasiun Kota.

3. Lanjut naik TransJakarta A1 jurusan Balaikota - Pantai Maju, PIK.


Nah, sesimple itu aja, Manteman. Tapi menurut Mba Milana, ada triknya kalau mau pakai cara ini. Apa triknya?

Jarak antara Halte Kota dan Pantai Maju PIK cukup jauh dan macet pula. Nah, kalau pas lagi ramai bisa sampai 1,5 jam berdiri! Hal ini sempat dialami oleh Mba Milana dan tentunya bikin bete, kan. :D

Karena itulah saat ke PIK selanjutnya, Mba Milana setelah turun kereta di Stasiun Kota, ia naik TransJakarta ke Halte Monas. Dan di Halte Monas inilah Mba Milana baru berganti TransJakarta yang ke arah PIK. 

Kalau mau lihat rutenya seperti ini:

cara-ke-pantai-indah-kapuk-naik-transjakarta


Dengan naik dari Halte Monas, tentunya bisa dapat kesempatan buat dapat duduk. Belum terlalu banyak penumpang yang naik ke TransJakarta. Beda jika dibandingkan kalau kita naik dari Halte Kota. Lumayanm kan, dapat duduk bisa pulas tidur sampai pemberhentian terakhir di PIK. :D 

Namun untuk memakai cara ini memang spare waktunya kudu lebih lama, dan tentunya bisa dilakukan kalau Manteman juga lagi santai aja, ya. 

Nah, Bubu juga dapat info dari Mba Desy Yulia @de_pictangle kalau mau naik kereta juga bisa banget turun di Stasiun Gondangsia dan jalan aja sekitar 10 menitan ke Halte Busway Balaikota. Dengan cara ini kamu bisa menghemat waktu dan pastinya dijamin dapat duduk, tuh, kalau langsung naik di Halte Balaikota, kan. 

Gimana, buat Manteman yang gak mager buat jalan, tentu ini satu cara yang bisa dicoba! 

Dengan kereta dan TransJakarta rute ini pastinya biaya ke PIK juga jauh lebih hemat. Tarif kereta dari Stasiun Depok Baru sampai Stasiun Jakarta Kota Rp 4000,- saja. Sedangkan tarif TransJakarta Rp 3500,-. Gimana? Hemat bangeeeet, kan!

Jika Manteman ingin ke sekitaran Pantjoran PIK, bisa turun di Halte Food Street, ya. Atau kalau mau melihat laut dan jogging bisa sampai Halte Pantai Maju.

Pantai Maju masih di Golf Island, PIK 1. Nah, gimana kalau mau ke La Riviera atau Pantai Pasir Putih PIK 2, Bubu??? 

pantai-indah-kapuk-la-riviera


Nah, buat ke sana dari PIK 1 sepertinya Manteman bisa memesan layanan online, ya. Karena TransJakarta sendiri hanya sampai di PIK 1 saja, tidak sampai ke PIK 2. Oiya,  PIK 2 sendiri sebenarnya sudah masuk ke wilayah Tangerang, Banten. 

Mungkin kedepannya jika PIK 2 sudah semakin berkembang akan ada transportasi umum yang bisa sampai ke area tersebut, ya. 

Baca Juga: Pokemon Festival di Pantai Indah Kapuk


Pergi dengan Kendaraan Pribadi

Cara termudah untuk ke Pantai Indah Kapuk menurut Bubu memang dengan mobil sehingga bisa melewati jalan tol. Bubu saat ke PIK berangkat weekend pagi sekitar jam 7an dan jam 8 sudah bisa sampai PIK. 

Rutenya juga tinggal masuk ke Tol Sawangan dan keluar Tol PIK. Untuk biaya tol sekitar Rp 51.000,- atau kurang dari itu, deh, kalau gak salah. 

Bubu coba simulasi, ya, jika naik kendaraan via tol dan non-tol berapa jam yang dibutuhkan dari daerah Depok sampai ke Pantai Indah Kapuk. Cek di bawah ini, ya, Manteman:

cara-ke-pantai-indah-kapuk


cara-ke-pantai-indah-kapuk

Dengan kendaraan pribadi lewat tol gak sampai 1 jam, jalan non-tol 1,5 jam lebih. Sedangkan dengan kereta bisa dilihat gak tuh totalnya bisa sampai 3 jam-an... Hehehe...

Nah, gimana? Jadi sudah ada bayangan, kan, gimana cara ke PIK baik dengan kendaraan pribadi atau dengan transportasi umum, terutama kereta dan TransJakarta. 

Manteman ada yang sudah pernah mencoba ke PIK dengan transportasi umum? Yuk, ceritain pengalaman kamu di komentar… :D 


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

1 komentar

  1. Beluuum kalo naik kendaraan umum 😂. Eh tapi kalo taxi kendaraan umum ga 😅? Dulu zaman msh kerja, ada cabang HSBC di PIK mba. Aku pernah di tempati di sana. Dan pulang pergi kantor aku naik bluebird 😂😂 saking bingungnya naik kendaraan umum yg lebih murah 😅🤭. Kalo naik taxi aku jadinya lewat tol. Tapi paling males kalo pik hujan gede. Pernah sekali saking deres dan lamanya, jadi muaceeet tol nya. Aku terjebak di tol ga bisa kemana-mana 4 jam wkwkwkwkk. Udh pasrah aja Ama argo 🤣

    Kalo skr, tiap ke PIK jadinya naik mobil sendiri. Sebenernya aku males naik kendaraan umum ini, Krn dari rumahku halte trans J sih ada yg Deket, cuma busnya luamaaaa bgt muncul wkwkwkwkkw. Kan sebel nunggunya 😂

    ReplyDelete