Rumah Perubahan Jakarta Escape Citypark, Tempat Seru Buat Bonding Sekeluarga

by - January 17, 2023

rumah-perubahan-jakarta-escape-citypark


Lagi bingung weekend nanti jalan-jalan ke mana lagi, ya, bareng keluarga? Bubu punya, nih, satu rekomendasi tempat seru buat bonding sama keluarga seharian. Nama tempatnya Rumah Perubahan Jakarta Escape Citypark! 

Hmmm… Gak asing dengan Rumah Perubahan? Yap, Rumah Perubahan merupakan program yang digagas Prof. Rhenald Kasali. Pas Bubu baca referensi, tujuan adanya Rumah Perubahan bagus banget. Intinya ingin menjadi wadah pengabdian masyarakat yang dapat memberikan perubahan nyata. Rumah Perubahan dibangun dengan jiwa  social entrepreneurship.

Nah, Jakarta Escape Citipark ini jadi salah satu bagian dari Rumah Perubahan. Apa bedanya Jakarta Escape dengan tempat wisata keluarga lainnya? Apa aktivitas yang bisa dilakukan di sana? Yuk, simak cerita jalan-jalan Bubu dan keluarga ke Jakarta Escape!


Lokasi Jakarta Escape

Ada di sebelah mana, sih, Jakarta Escape???

Meski namanya Jakarta Escape Citypark, tapi lokasinya ternyata bukan di Jakarta! Lokasi persisnya, Jakarta Escape berada di Jl. Mabes 2 No.5, Jatimurni, Kec. Pd. Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat 17431. 

Mana, nih, warga Bekasi? :D Ya, Jakarta Escape berlokasi di Bekasi. Meski demikian, pas Bubu lihat di maps, Jakarta Escape berada persis di perbatasan Jakarta Timur. Mepet banget. Jadi ya gak salah juga kalau pakai nama Jakarta, sih. :D

Menurut Bubu juga pas, tuh, dikasih nama Jakarta Escape. Karena apa? Pastinya karena memang cocok banget buat jadi pelarian warga Jakarta yang sehari-harinya riweuh, ruwet sama urusan masing-masing. :D  Di Jakarta Escape ini bisa bersantai sejenak sambil nikmatin segarnya udara dengan banyaknya pepohonan di sekitar. Nikmat banget, nih! Apalagi kalau pas weekend ke tempat ini.  


Aktivitas di Jakarta Escape

Nah, biar ada bayangan sebelum ke main ke sana. Bubu bocorin dulu di sini, apa aja yang bisa Manteman lakukan saat berada di Jakarta Escape! Kebetulan beberapa waktu lalu pas liburan sekolah, Bubu sekeluarga plus tante-tantenya anak-anak pergi ke Jakarta Escape, nih. Check this out, yo!


Berenang

Begitu masuk Jakarta Escape dan jalan sebentar saja, mata Bubu langsung terpana dengan kolam renang besar di hadapan Bubu. 

rumah-perubahan-jakarta-escape-aktivitas-berenang


Kolam renang ini bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Kalau mau main ke Jakarta Escape seharian bisa banget, nih, Manteman siapin baju renang dan berenang di sini! Waktu operasionalnya setiap Selasa-Kamis & Sabtu-Minggu jam 08.00-17.00. Sedangkan di hari Jumat pukul 13.00-17.00.

Tentu ada biayanya, ya. Per orang dikenakan biaya Rp 50 ribu. Untuk anak di bawah 2 tahun free. Nah, jadi udah kebayang, kan, kalau bareng keluarga mesti bawa berapa jika mau sekalian berenang di sini. 


Keliling Hutan Bambu & Feeding Animal

Salah satu hal unik di Jakarta Escape menurut Bubu adalah area hutan bambu! Pengunjung bisa keliling hutan bambu. 

rumah-perubahan-jakarta-escape-hutan-bambu

rumah-perubahan-jakarta-escape-hutan-bambu


Sebelum masuk, kami diberikan sayuran wortel untuk sekalian feeding animal di dalam. Seru, nih! Anak-anak pasti seneng pas diajak feeding animal di sini. 

Hewannya juga ada banyak, kelinci, kambing, sampai kuda. Yang paling seru pas ngasih makan rusa. Beda dengan Istana Bogor yang bisa memberi makan rusa dari pinggir pagar, kali ini Boo dan Mika langsung berinteraksi dengan rusa.

Agak kaget juga karena beberapa rusa sempat mendekatinya. Hihihi… Boo bahkan sempat lari kabur. Tapi untungnya di sana ada penjaga jadi ya aman-aman aja, sih… :) 

rumah-perubahan-jakarta-escape-memberi-makan-hewan

rumah-perubahan-jakarta-escape-feeding-animal

rumah-perubahan-jakarta-escape-feeding-animal

Di dalam area ini juga ada komunitas reptil. Mau foto bareng ular juga bisa. Ada beberapa reptil seperti bunglon dan kadal yang menarik minat anak-anak untuk melihatnya. 

Nah, pas lagi di tempat reptil ini, Yaya Indro sempat keliling sendirian dan melihat ada burung merak! Sayang banget, Bubu dan anak-anak gak sempat lihat burung merak di sana. Jadi bisa dibilang kalau Jakarta Escape juga punya semacam mini zoo, ya. 

Nah, untuk masuk ke kawasan hutan bambu ini dikenakan biaya Rp 30 ribu/orang. Harga ini sudah termasuk makanan hewan juga, ya. 


Menembak & Memanah

Selepas berkeliling hutan bambu, ada satu kegiatan seru yang dilakukan anak-anak. Terdapat dua booth menembak dan memanah yang bersebelahan. Karena sebelumnya sudah pernah memanah, akhirnya Boo dan Mika pun memilih untuk mencoba menembak.

rumah-perubahan-jakarta-escape-menembak

rumah-perubahan-jakarta-escape-aktivitas-menembak-dan-panahan

Harga tiket menembak Rp 25 ribu/orang dan akan mendapat 12 peluru (bahkan sempat dilebihkan). Tenang, aja, ini mainan, kok :D Jarak tembak juga dekat jadi kelihatannya sih aman-aman aja, ya. Setelah menembak selesai, Boo dan Mika pun dapat souvenir pulpen berbentuk senapan. :D. 


Jajan di Sunday Market

Area booth menembak berada di tanah lapang dekat dengan Sunday Market. Yes, di Sunday Market ini ada banyaaaak jajanan yang bisa Manteman pilih. 

Makanannya mulai dari makanan khas Indonesia, seperti kerak telor, soto, gorengan, pempek, dan lainnya sampai ala western macam burger yang dipilih anak-anak… :D Untuk harga makanan masih relatif bersaing, ya, sama tempat lain. 

rumah-perubahan-jakarta-escape-sunday-market

rumah-perubahan-jakarta-escape-kuliner-sunday-maket

Namanya juga Sunday Market, jadi jajanan ini adanya setiap weekend Sabtu dan Minggu aja. Jajanan ini punya tenant-tenant UMKM, lho. Jadi sambil makan, kita juga bisa berkontribusi supaya UMKM dalam negeri lebih berkembang lagi.  

Nah, sambil makan Bubu sekeluarga juga ditemenin sama live music. Suasana di Jakarta jadi makin seru dengan hadirnya live music ini, apalagi suaranya enak dan lagu yang dibawain juga bagus! :D 


Ngelukis Pot Bareng TanahpoT

Kalau Manteman main ke Jakarta Escape, jangan lupa mampir juga dong ke booth-nya TanahpoT… :D Di booth ini selain bisa pot buat tanaman kamu, juga bisa ngelukis potnya langsung, lho.

rumah-perubahan-jakarta-escape-tanahpot

Nah, ini dia salah satu alternatif kegiatan juga buat anak-anak yang seru dan lain daripada yang lain. Biayanya mulai dari Rp 45 ribu, ya! Oiya, lokasi booth TanahpoT berada di dekat tenant-tenant makanan Sunday Market. 


Makan di Resto & Ngopi di Cafe

Selain bisa jajan di Sunday Market, di dalam Jakarta Escape juga ada restoran dan cafe. 

Kalau Manteman mau suasana yang beda atau lebih nyaman buat duduk bisa coba makan di Pengilon Resto dan Breezy Cafe. Pengilon Resto ini jadi cabang pertama di luar Yogyakarta, Makanan yang disajikan mempunyai konsep balanced eating. Range harganya antara Rp 25 ribu - Rp 60 ribu. 

Nah, kalau Breezy Cafe konsepnya berupa coffee shop dengan suasana alam gitu. Range harganya lebih terjangkau, antara Rp 15 ribu - Rp 50 ribu. 

Kebetulan pas ke Jakarta Escape lalu Bubu gak mencoba kedua tempat itu.  Udah cukup jajan di Sunday Market, ehehe… :D 


Staycation

Gak nyangka ternyata di Jakarta Escape juga bisa buat staycation, lho! Ada penginapan dengan free swimming pool. 

Untuk rate harganya ada di bawah ini:

rumah-perubahan-jakarta-escape-staycation

rumah-perubahan-jakarta-escape-staycation

Ada yang pernah staycation di Jakarta Escape? Yuk, kalau ada yang sudah pernah boleh share pengalamannya di komentar, ya… :)


Aktivitas Lainnya

Kayaknya gak habis-habis nih bahas Jakarta Escape karena saking banyaknya yang bisa dilakukan di sana… :D 

Ada lagi aktivitas seru di sini, yaitu PIKNIK! Manteman bisa menyewa alat-alat piknik dengan biaya Rp 100 ribu dan bisa langsung piknik di area Jakarta Escape. 

rumah-perubahan-jakarta-escape-shuttle

Di Jakarta Escape Manteman juga bisa berkeliling dengan shuttle bus (Rp 10 ribu), berkeliling dengan becak (Rp 30 ribu), sampai memancing (Rp 50 ribu). Mau bawa hewan peliharaan juga boleh! 

Punya komunitas terus mau ngadain gathering bisa, arisan bisa, sampai nikah juga bisa di Jakarta Escape... :D

Kalau Manteman ke sana mau ngelakuin apa aja, nih???


Harga Tiket Masuk Jakarta Escape

Pas Bubu dan keluarga ke Jakarta Escape baru tau kalau sistem pembayaran di sana adalah dengan memakai voucher.

Jadi sebelum masuk, kita membayar voucher seharga Rp 50 ribu/orang. Voucher itu bisa digunakan untuk berbagai aktivitas dan buat jajan juga di Sunday Market.

Voucher tersebut harus habis di hari itu dan gak bisa diuangkan kembali, ya. Gimana kalau voucher Rp 50 ribu habis? Di dalam ada counter untuk beli voucher lagi, kok. Jadi gak perlu ke depan pintu masuk untuk beli voucher. 

Oiya, voucher ini diperuntukkan bagi 13 tahun ke atas, ya. Makanya pas waktu itu ke sana, Boo dan Mika belum dikenakan biaya voucher. 

Menurut Bubu pribadi, agak pricey, nih, kalau mau main ke Jakarta Escape rame-rame sekeluarga. Terutama kalau kita mau ngelakuin semau kegiatan di sana. Ehehehe... Buat yang mau lebih hemat, sebelum ke Jakarta Escape bisa tentuin dulu, aktivitas apa yang mau Manteman dan keluarga lakukan di sana. Berarti mesti dipilih-pilih, tuh, biar gak over budget... Okeee...  :D 


Rute ke Jakarta Escape & Transportasi Umum

Mau ke Jakarta Escape enaknya lewat mana, Bu?

Karena naik kendaraan pribadi, jadi Bubu dari Depok langsung masuk tol dan keluar tol Jatiwarna. Gampang banget, kok, nyari tempatnya asal ada Google Maps… :D 

Nah, kalau menggunakan transportasi umum bisa juga, kok. Tapi memang agak jauh, sih. Untuk yang naik Commuterline bisa turun di Stasiun Tanjung Barat lalu lanjut ojek online dengan biaya sekitar Rp 42 ribuan.

Sedangkan kalau naik TransJakarta bisa turun di Halte Garuda TMII dan lanjut lagi dengan ojek online dengan biaya Rp 26 ribuan..  


Jam Buka Jakarta Escape

Untuk jam operasional Jakarta Escape mulai dari jam 08.00 - 20.00. Namun beberapa fasilitas seperti kolam renang memang ada jam tutupnya tersendiri, ya. 

rumah-perubahan-jakarta-escape-citypark

Paling enak ke Jakarta Escape pagi atau menjelang sore. Asik banget menikmati Rumah Perubahan Jakarta Escape yang meski dekat dengan ibu kota tapi suasananya sungguh berbeda. Seperti tagline-nya, sebuah area hijau yang mengedepankan alam, manusia, dan teknologi. 



Bubu Dita

@rumikasjourney




Related Posts

0 komentar