Kopi Bajawa Flores Depok, Tempat Ngopi Unik Bekas Gedung Bioskop!

by - January 27, 2023

kopi-bajawa-flores-ntt


Saat ini di Kota Depok makin buanyaaaak banget tempat ngopi. Masing-masing punya ciri khas dan keunikannya masing-masing. Biasanya yang berkembang belakangan ini adalah tempat ngopi dengan tema industrialis dengan desain minimalis.

Nah, di salah satu sudut Kota Depok, ada, nih, tempat ngopi unik yang beda daripada yang lain. 

Namanya Kopi Bajawa Flores NTT.  Sesuai namanya, kopi yang disajikan di tempat ini pas Bubu baca-baca referensi memang berasal dari daerah Bajawa yang berada di Ngada, Nusa Tenggara Timur. 

Keberadaan Kopi Bajawa Flores Depok juga ternyata punya misi mulia, lho. Dengan hashtag #dariNTTuntukIndonesia, tempat ngopi ini juga memberikan keuntungannya untuk pendidikan anak-anak di NTT. :) 

Selain Kopi Bajawa Flores Depok, ada juga Kopi Bajawa Flores NTT di beberapa di tempat lainnya, seperti Tebet, Bintaro, Kemang, dan Bogor. 

Ada gak, nih, Manteman yang sudah pernah mampir ke sana? Nah, bedanya Kopi Bajawa Flores NTT dengan tempat ngopi lainnya? Cus, lanjut baca cerita Bubu di bawah ini! :D 


Tema Unik dengan Gedung Besar Bekas Bioskop!

Begitu berada di depan Kopi Bajawa Flores Depok, gedung tinggi besar sudah ada di hadapan Bubu. 

Tidak mengherankan memang kenapa gedungnya besar sekali, beda dengan tempat ngopi lainnya. Ternyata Kopi Bajawa Flores Depok memang menempati gedung yang dulunya difungsikan sebagai bioskop!

Kalau menurut website poestahadepok yang sering membahas mengenai sejarah Kota Depok, bioskop yang kini menjadi Kopi Bajawa Flores Depok merupakan bioskop pertama di Depok. 

Tidak dijelaskan secara pasti kapan bioskop ini berdiri, namun gagasan pendirian bioskop di Depok sudah dilakukan sejak tahun 1934.  

Dulunya bioskop ini tidak beratap, karena itu orang kerap menyebutnya MISBAR alias GERIMIS BUBAR! :D Sedangkan diketahui kalau nama asli bioskop ini adalah Bioskop Elsandra.

Tahun 80-an bioskop ini ramai pengunjung. Bioskop Elsandra kemudian sempat direnovasi sehingga memiliki atap. Namun sekitar awal tahun 90-an, bioskop ini ditutup dan berganti fungsi menjadi Gereja Depok City Blessing. 

Bubu pakai dokumentasi dari Kompas(dot)com di bawah ini ya untuk foto dokumentasi gedung saat masih ada plang nama gerejanya:

kopi-bajawa-flores-depok-bekas-gedung-bioskop

Sejak tidak digunakan lagi sebagai kegiatan beribadah, bangunan ini dibiarkan kosong. Beberapa kali Bubu Dita lewat melintasi gedung bangunan ini juga kayak gak ada aktivitas atau tanda-tanda akan dibongkar. 

Dan barulah sejak 2022 lalu, gedung ini menjadi Kopi Bajawa Flores Depok hingga saat ini. 

Karena berupa bekas gedung bioskop, bagian dalamnya pun banyak tangga berundak. Beberapa meja ditata di bagian berundak tersebut. Nah, bagian tribun sampai ke bawah termasuk smoking area, ya.

Kalau Manteman mau yang no-smoking area bisa di lantai 1 sebelum masuk ke bagian ini. Oiya, di Kopi Bajawa Flores Depok ada juga ruang VIP yang bisa ditempati sekitar  10-15 orang. Kalau mau menggunakan ruang VIP ini minimal purchase sebesar Rp 1 juta. 

kopi-bajawa-flores-depok-bekas-bioskop

Kopi Bajawa Flores Depok asik banget memang buat kongkow bareng teman, apalagi saat malam ada live music di bagian atas lantai 2 yang langsung menghadap ke pengunjung.

Nah, tapi Bubu agak kurang rekomen ke sini kalau bersama anak-anak apalagi yang masih toddler, ya. Ngajak Boo dna Mika aja Bubu masih mikir, sih. Karena banyak tangga berundak takutnya bagi anak-anak yang aktif bolak-balik jadi PR banget, gak, sih, kalau diajak ke sini? :D 

Bubu bari sekali ke Kopi Bajawa Flores Depok ini saat arisan ibu-ibu sekolah, dan niatnya pingin ke sana lagi berdua sama Yaya Indro aja, anak-anak dititip dulu. :D 

Baca Juga: Restoran Seafood Sari Laut 79


Banyak Pilihan Menu Makanan!

Meski namanya tempat ngopi, tapiiiii asli deh banyak banget menu makanan dari mulai cake, snack, sampai main course di Kopi Bajawa Flores Depok ini. 

Saat ke sana, Bubu memesan kopi khasnya, yaitu Kopi Susu Rote (20K). Kopinya tidak terlalu manis, pas sih rasanya di Bubu. Selain itu Bubu juga memesan Sei Matah Rice (50K), Chocolate Cake (28K), dan Lychee Tea (35K). Mayan, yaaa, banyak juga… :D 

kopi-bajawa-flores-depok-menu-kopi

kopi-bajawa-flores-depok-menu-makan

Untuk rasa keseluruhan enak, yaa. Penyajiannya juga cantik untuk menu main course-nya. Bubu suka platting dan jenis piring yang dipakai. Harga pun termasuk bersaing dengan tempat ngopi dan restoran lainnya. 

Menu juga termasuk lengkap, nih. Snack ada berbagai jenis kentang goreng, fried mushroom, onion ring, wings padang, dan lainnya. Mau toast, burger,  dan croissant juga ada. Menu pizza dan pasta juga pastinya tersedia. 

Buat yang gak bisa lepas dari nasi, selain menu Sei Matah Rice seperti yang Bubu pesan, ada juga menu lain, seperti Sei Padang Rice, Chicken Bulgogi Rice, Merege Rice Chicken, sampai menu andalannya Bajawa Rice.  Tapi kalau misalnya lagi diet, ada salad juga, lho! :D

Baca Juga: Sky Bird Park, Tempat Wisata di Depok Town Center


Lokasi Kopi Bajawa Flores Depok 

Buat Manteman yang mau nyobain sensasi ngopi, makan di gedung bekas bioskop ini, catat alamat Kopi Bajawa Flores Depok di sini, ya:


Jl Pemuda No. 23 a, Kecamatan Pancoran Mas 

Depok

WA Cabang Depok: 0812 8360 0494

Jam Buka: 10.00 - 22.00 WIB


Kalau yang mau kerja di sini pun pastinya bisa banget. Wifi-nya kenceng! 


Manteman ada lagi yang tau tempat ngopi mana lagi yang unik??? Yuk, share ke Bubu di komentar… :D 



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar