10 Hal Paling Menarik di Alun-alun Depok

by - March 24, 2023

taman-alun-alun-depok

Sering banget Bubu lihat berita-berita soal Depok yang berseliweran di social media. Adaaaa aja, ya, bahan berita yang bikin depok suka dijulid-in sama warganya sendiri dan masyarakat kota lain… :D 

Tapi kali ini Bubu Dita mau menyebarkan salah satu hal positif, nih, yang ada di Depok, yaitu tentang Alun-alun Depok!

Ada yang sudah pernah main ke Alun-alun Depok?? 

Jujur, sejak dibuka awal tahun 2020 sebelum pandemi, Bubu baru sekali ini main ke alun-alun dan bisa mengeksplorasi bagian dalamnya. 

Saat pandemi yang Bubu tahu alun-alun ini sempat ditutup dan kembali direnovasi hingga menjadi wajah baru seperti sekarang ini. 

Dari jalan-jalan ke Alun-alun  Depok ini Bubu jadi tahu ada banyaaaak ternyata hal menarik yang ada di tempat wisata gratis ini. Cus, yuk, cek di sini apa aja yang bakal Manteman temui kalau main ke Alun-alun Depok!


1. Taman yang Luas dan Nyaman

Begitu masuk ke kawasan alun-alun ini, Bubu gak ngira, sih, kalau ternyata bagian dalamnya luas banget dan punya fasilitas yang cukup lengkap untuk warga masyarakat.

Alun-alun Depok punya nama lengkap Taman Alun-alun Kota Depok. Alun-alun ini didirikan di lahan seluas 3,9 hektar. 

alun-alun-depok

alun-alun-depok

Lokasinya berada di Jatimulya, Grand Depok City. Memang agak jauh dari pusat kota Depok di sekitaran Margonda, ya. Tapi alun-alun ini berada cukup dekat dengan perbatasan Kabupaten Bogor, Cibinong sampai Bojonggede. 

Jadi, bukan hanya warga Depok aja, nih, yang bisa menikmati alun-alun ini. Masyarakat yang tinggal di Kabupaten Bogor juga bisa ke tempat ini. 

Oiya, menurut berita yang beredar, Pemerintah Kota Depok juga berencana untuk membuat alun-alun di Sawangan. Menarik, sih, satu kota dnegan beberapa alun-alun. 

Saat ini Depok sudah semakin luas dan kebutuhan akan alun-alun yang bisa menjadi Ruang terbuka Hijau (RTH) juga pasti dibutuhkan masyarakat. 


2. Punya Menara Pandang 5 Lantai

Di bagian belakang alun-alun bubu gak menduga ternyata alun-alun ini punya menara pandang setinggi 5 lantai. 

alun-alun-depok-menara-pandang

alun-alun-depok-menara-pandang

Saat ke sana bersama teman blogger, Mba Istiana Sutanti, kami pun naik sampai tingkat teratas dan bisa melihat pemandangan Alun-alun Depok dan sekitarnya dari ketinggian. 

Spot ini jangan sampai Manteman lewatkan kalau ke Alun-alun Depok, ya. Tapi kalau membawa serta anak-anak, perhatikan dan selalu awasi. Karena lumayan banget, nih, tingginya. 


3. Playground Anak Lengkap

Main ke Alun-alun Depok saat weekday sekitar jam 10.00 pagi walaupun sepi ternyata ada beberapa keluarga yang membawa anak-anaknya ke Alun-alun Depok juga.  

Di alun-alun ini pastinya juga tersedia playground khusus untuk anak dengan berbagai permainan, seperti perosotan, ayunan, hingga jungkat-jungkit. 

alun-alun-depok-playground-anak

alun-alun-depok-playground-anak

Kalau bubu lihat permainannya aman untuk anak-anak dan bagian bawahnya juga sudah dilapisi karet yang empuk. Sehingga kalau misalnya anak-anak ada yang jatuh akan meminimalkan cedera. 

Saat kali kedua Bubu ke Alun-Alun Depok, Bubu juga melihat ada yang menyewakan mobil-mobilan listrik yang bisa dinaiki anak-anak, lho.

Review lengkap mengenai sewa mobil-mobilan ini bisa Manteman baca juga di blog-nya Mba Istiana Susanti, ya. Lengkap, deh, pembahasannya, termasuk berapa harga sewa permainannya. :) 

Di dekat tempat bermain anak juga ada atraksi air mancur. Tapi saat Bubu di sana sedang tidak dinyalakan. 

Baca Juga: Tempat Wisata Gratis di Depok


4. Tersedia Beberapa Gazebo dan Padepokan Besar

Ada bangunan di bagian tengah Alun-alun Depok yang menjadi pusat kegiatan. Ya, inilah bangunan yang dinamakan Padepokan. Bangunannya cukup besar dan biasanya dipakai saat ada acara.

Ketika tidak dipakai, bangunan ini bisa dimanfaatkan warga untuk bersantai di bagian dalamnya. Lumayan banget, kan, setelah keliling alun-alun bisa istirahat ngadem dulu di sini. :D 

alun-alun-depok-padepokan

alun-alun-depok-gazebo

alun-alun-depok-gazebo

Selain padepokan ini, masih ada lagi beberapa gazebo kecil yang bisa dipakai warga untuk beragam kegiatan. Bisa buat arisan, bahkan sampai anak-anak sekolah belajar di luar kelas (pas Bubu ke sana ada beberapa anak pramuka sama pembinanya gitu). Seru, kan!


5. Ada Lapangan Basket & Lapangan Futsal

Iyaaa, di Alun-alun depok juga tersedia lapangan basket dan lapangan futsal yang lengkap dengan tempat duduk ala mini stadion, lho. 

Saat Bubu di sana kedua lapangan tersebut memang sepi tidak ada yang bermain. Namun pintunya tidak terkunci. Artinya lapangan ini bebas untuk digunakan, ya.

alun-alun-depok-lapangan-basket-futsal

Sambil memandangi lapangan, Bubu juga sembari istirahat di bangku penonton. :D Kayaknya baru kali ini, deh, Bubu ke alun-alun di sebuah kota yang ada lapangan basket sama lapangan futsalnya dengan model seperti ini. 


6. Arena Main Skatebord, BMX, Gym, Hingga Wall Climbing

Tidak jauh dari lapangan basket dan futsal, ada arena permainan lainnya yang gak kalah seru. 

Di Alun-alun Depok juga dibangun tempat bermain skateboard, BMX, dan juga arena panjat dinding atau wall climbing.

alun-alun-depok-skateboard-bmx

alun-alun-depok-wall-climbing

alun-alun-depok-alat-gym

Di bagian seberangnya terdapat beberapa alat gym juga yang bebas digunakan. Wah, makin sehat deh ya kalau main ke Alun-alun Depok! :D 

Dan kebayang kalau weekend pasti tempat ini bakal seramai apa karena banyak hal yang bisa dilakukan di sini!


7. Ada Keran Air Siap Minum

Tetiba minum habis pas lagi jalan-jalan di Alun alun depok? Tenang ajaaaa, ada keran air minum siap pakai di beberapa sudut alun-alun. 

Bubu dan Mba Isti juga sempat mencobanya dan alat ini memang berfungsi dengan baik. Miriplah, ya, kayak yang ada di Singapura. :D 

alun-alun-depok-air-siap-minum


8. Vending Machine yang Berfungsi!

Nah, kalau mau minum yang lain yang ada rasanya, Manteman juga bisa mencoba vending machine yang ada di samping bangku penonton lapangan basket. 

Vending machine ini juga berfungsi dengan baik dan pembayarannya bisa menggunakan QRIS! :D

Baca Juga: Kopi Bajawa Flores Depok


9. Mushola yang Teduh

Alun-alun Depok juga dilengkapi dengan mushola yang teduh dan ada dipinggir danau kecil. 

Saat Bubu ke sana memang belum masuk waktu sholat jadi bubu gak mencoba fasilitas mushola di sini. Tapi kalau lihat dari bagian luarnya dengan ada kucing yang tidur selasarnya, sepertinya mushola di sini juga nyaman, ya… :) 

alun-alun-depok-mushola

10. Tempat Parkir yang Representatif

Untuk tempat parkir juga jadi salah satu fasilitas yang diperhatikan. Lahan parkir kendaraan yang ingin ke Alun-alun Depok ternyata juga cukup luas. Dari hasil browsing, tempat parkir ini bisa menampung sekitar 30 mobil dan 200 motor.

Sebenarnya untuk ke Taman Alun-alun Depok bisa saja naik angkutan kota (angkot) D05A dan D10A. Tapi kedua angkot tersebut sepertinya tidak terlalu banyak, ya. 

Bisa juga naik ojol, tapi tarifnya kalau dari rumah Bubu di Pancoran Mas, lumayan bangeeet! Nah, memang paling enak ke Alun-alun Depok pakai kendaraan pribadi, sih. 

Untuk yang mau ke Alun-alun Depok catat waktu bukanya, ya:

Setiap hari jam 08.00 - 17.00 


Gimana, tertarik buat datang ke Alun-alun Depok dan mengeksplorasi tempatnya? :D 


Bubu Dita

@rumikasjourney

Related Posts

10 komentar

  1. Kalo Deket aku datangin. Dan kalo ga macet jugaaaaa 🤣🤣. Selama ini kalo udah denger kata Depok, pasti yg kebayang macetnya aja mbaaaa 🤣🤣, sampe trauma pernah kejebak Bbrp jam pas lebaran THN lalu. Kirain semua orang mudik, ternyata ke Depok semua kayaknya 😅

    Baguuuuus alun2nya. Perasaan ga Nemu alun2 komplit gini di JKT 😄👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Jakarta mungkin Tebet Eco Park yaa mbak, tapi iya sih gak seluas dan selengkap ini juga, ahaha.

      Depok tuh sekarang udah lumayan lhoo, soalnya udah mulai ada akses tol. Tapi kalau ke daerah Sawangan sih masih lumayan macet, ihihi. Margonda iya deng macet juga, apalagi kalau sabtu sore, huaah, semua orang tumpah ke jalan kayanya xp

      Delete
  2. Ini dia yang namanya surga dunia anak2 di Kota Depok! Serba luas dan bersih ya fasilitas penunjangnya. Walaupun lokasinya lebih masuk lagi (Bukan di keramaian pusat kota), tetapi tempat ini patut sering2 dikunjungi keluarga khususnya dengan anak2 kecil dan remaja. Playgroundnya menarik banget, berbagai lapangan olahraga, bangunan pandang 5 tingkat dan semuanya keren banget! Hebat Depok nih.

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah loh ke alun-alun Depok, padahal dulu aku tinggal di Depok, malah sering ke alun-alun Bogor. Kapan ya bisa main ke sana, penasaran juga aku tuh baca-baca tentang alun-alun Depok

    ReplyDelete
  4. Lagi lagi sebagai warga Depok aku malu belum pernah main ke Alun-alun Kota Depok. Kayanya kalau mau ke sini mesti pas hari kerja ya biar sepi. Kalau weekend pastinya sih bakalan kaya cendol. Semoga Pemda dan warga Depok bisa menjaga fasilitas umum yang kece ini agar tetap terjaga dan bisa digunakan semua kalangan.

    ReplyDelete
  5. Udah lama gak lewatin GDC, padahal pengen banget nyobain bawa anak-anak ke sini buat main dan lihat alun-alun Depok, keren banget yaaa, apalagi playgroundnya kece, tapi berhubung susah ngatur waktunya jadi cukup di wilayah Cibinong dulu.

    ReplyDelete
  6. Cocok untuk ngabuburit yah, aku belum eksplor lagi waktu itu cuma lewat aja kayaknya luas banget nih. Bisa jd pilihan jalan-jalan irit

    ReplyDelete
  7. Pernah sekali ke Alun-Alun Depok. Duduk lama di area skateboard ,liatin para skaiter . Ramenya minta ampun, mungkin baru awal-awal buka ya. Jarang ke sana lagi karena jauh aja dari rumah, ongkosnya lumayan mahal soalnya. Angkot juga ga tiap waktu ada.

    ReplyDelete
  8. Wuah kok apik alun2 Depok nih, sayangnya dah pindah dan belum ke sana. Kyknya asyik juga ya buat piknik atau kalau puasaan gini mah buat ngabuburit. Anak2 jua pastinya seneng kalau dibawa ke sana ya mbak bisa main puas2 di playground.

    ReplyDelete
  9. Nggak nyangka Depok punya alun-alun sebagua ini. Sebagai orang Depok, malu juga aku ga pernah mampir ke alun-alunnya hehe. Pengen mampir nanti pas iseng-iseng.

    ReplyDelete