Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Depok

by - April 02, 2023

rekomendasi-tempat-ngabuburit-di-depok-universitas-indonesia

Warga Depok dijamin gak akan kehabisan tempat buat ngabisin waktu sambil nunggu berbuka puasa atau istilahnya ngabuburit. Ya, ada banyak, nih, tempat yang bisa dimanfaatkan warga Depok buat ngabuburit. 

Lebih menyenangkan lagi gak perlu keluar biaya untuk ngabuburit. Yuk, cek rekomendasi tempat ngabuburit di Depok versi Bubu Dita… 


TAMAN ALUN-ALUN KOTA DEPOK

Berlokasi di Grand Depok City (GDC), Taman Alun-Alun Kota Depok cocok banget buat Manteman ngabuburit. Tempatnya luas banget sehingga bisa menampung banyak warga Depok di dalamnya. 

alun-alun-depok

Alun-alunnya luas, begitu pun dengan tempat parkirnya. Karena gak terlalu banyak angkutan kota yang melewati alun-alun ini, paling enak memang ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi. 

Hal yang Bisa Dilakukan:

- Main di Playground

Kalau ke sini jangan lewatkan untuk ajak anak-anak main di playground-nya! Ada banyak permainan seru dan pastinya bakal bikin anak seneng!

- Main Basket & Futsal

Ada lapangan basket dan futsal dengan tempat duduk penonton yang cukup banyak. Olahraga sebelum berbuka, why not? 

- Main skateboard & BMX

Ada arena khusus skateboard dan BMX di Alun-Alun Depok. Kalau Manteman skateboard dan sepeda BMX bisa dibawa juga untuk main di sini.

- Bersantai di Banyak Spot

Alun-Alun Depok juga banyak menyediakan spot untuk bersantai, mulai dari padepokan, pendopo, sampai menara pandang, Ya, di atas menara pandang pun kita bisa duduk-duduk santai sambil menikmati alun-alun dari ketinggian. Sambil santai bisa main kartu sama teman atau baca buku sendirian.


Makanan Berbuka:

Nah, untuk berbuka puasa ada banyak penjual makanan di sekitar alun-alun. Kalau mau makan di resto juga banyak banget resto dan cafe di sekitaran GDC. 

Baca Juga: 10 Hal Menarik di Alun-Alun Depok


UNIVERSITAS INDONESIA

Hampir setiap minggu Bubu sekeluarga juga main ke Universitas Indonesia (UI) untuk berkeliling dan olahraga. 

Saat bulan puasa, UI termasuk tempat favorit warga Depok buat ngabuburit. Kampus ini memiliki hutan kota yang rindang dan beberapa danau yang bisa jadi tempat untuk menikmati waktu sore menjelang berbuka. 

Hal yang Bisa Dilakukan:

- Santai di Pinggir Danau

Salah satu spot paling enak di UI saat sore adalah di sekeliling Danau Kenanga. Danau ini berlokasi di dekat Perpustakaan dan Masjid UI. Manteman bisa duduk di tempat duduk dekat perpus atau di rerumputan. 

- Main di Dekat Rektorat

Di sekitaran rektorat ada tempat luas juga yang bisa Manteman manfaatkan untuk bermain bersama anak-anak. 

ngabuburit-di-ui

Gak hanya itu, kita juga bisa mengelilingi bagian depan rektorat sambil olahraga ringan. Main badminton dekat Balairung juga bisa banget. 

- Ngasih Makan Kucing

Boo dan Mika pernah mengelilingi UI untuk memberi makan kucing-kucing liar yang ada di sana. Saat itu anak-anak melakukannya pagi hari smabil keliling UI, tapi hal ini juga bisa kita lakukan saat sore menjelang berbuka. :) 

- Zikir di Masjid UI

Tempat ngabuburit yang bisa sambil zikir, sholat, dan baca Al Quran bisa dilakukan di Masjid UI. 

Tempatnya berada di pinggir danau dan dengan bagian sisi bangunannya yang terbuka membuat masjid ini terkesan adem dan nyaman. 

ngabuburit-di-masjid-ui

Makanan Berbuka:

Bubu cuma pernah melihat ada siomay enak yang dijual di depan Masjid UI. Manteman bisa juga membawa makanan dan minuman dari rumah untuk berbuka di berbagai spot di UI. 


ROOFTOP MAL

Tempat paling favorit buat ngabuburit di mana pun apalagi kalau bukan MAL! Sambil jalan-jalan, nonton film, setelah itu bisa langsung berbuka di berbagai restoran yang ada di mal. 

Ada mal di Depok yang cukup unik dengan memiliki tempat nongkrong di bagian rooftop-nya, yaitu Pesona Square dan Depok Town Center.

Hal yang Bisa Dilakukan:

- Ngobrol dan Main di Rooftop

Manteman bisa menghabiskan waktu ngabuburit dengan mengobrol bersama teman atau keluarga di rooftop Pesona Square. 

Tapi waktu itu saat ke sana bukan di bulan puasa, sih, Bubu mencium aroma rokok. Jadi kalau sama anak-anak memang kurang kids friendly, ya. 

rooftop-pesona-square

- Main dan Melihat Mini Zoo di Sky Bird Park

Di rooftop Depok Town Center, Manteman bisa mengajak anak-anak untuk mengelilingi Sky Bird Park! Di Sky Bird Park ada banyak hewan, seperti burung, iguana, ular, kura-kura, dan lainnya. Ada juga banyak mainan, seperti becak mini, mobil-mobilan yang bisa dimainkan anak-anak. 

Baca Juga: Sky Bird Park Depok Town Center

Makanan Berbuka:

Untuk takjil berbuka dan makan malam bisa Manteman pilih di berbagai restoran yang ada di mal tersebut. :) 


Selain rekomendasi tempat di atas, masih ada lagi berbagai tempat yang bisa warga Depok datangi untuk ngabuburit. 

Tempat-tempat tersebut antara lain Taman Lembah Gurame, Taman Mawar, Nara Village, sampai D’Kandang Amazing Farm. 

Selain itu ada beberapa situ atau danau yang bisa juga jadi tempat ngabuburit di Depok, seperti Situ Rawa Besar, Situ Pengasinan, Situ Cilodong, Situ Rawa Kalong, dan lainnya.

Ada tempat ngabuburit di Depok favorit Manteman? Yuk, share di komentar… :) 


Bubu Dita 

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar