Hotel Kosenda Jakarta, Hotel Estetik di Pusat Kota!

by - May 03, 2023

hotel-kosenda

Mau rehat sejenak dari rutinitas dan ganti suasana tapi gak punya waktu banyak? Kalau iya, staycation di dekat rumah udah paling bener, sih… :D 

Beberapa waktu lalu Bubu dan Yaya Indro sempat menghabiskan waktu berdua saja staycation di Hotel Kosenda Jakarta. 

Lho, anak-anak ke mana, Bubu? :) Tenang aja, karena lagi menginap di rumah tantenya, jadi untuk staycation kali ini jadinya nggak bareng anak-anak. :D 

Kebetulan Bubu masih menyimpan voucher Hotel Kosenda yang sudah mau expired. Sayang banget, kan, kalau gak dipakai. Akhirnya ada waktu juga untuk bisa staycation di sana. 

Dari rumah Bubu di Depok, tentunya letak hotel ini nggak jauh-jauh amat. Hotel Kosenda terletak di Jl. KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Dekat sekali dengan Sarinah. Nah, udah kebayang, kan, gimana strategisnya hotel ini.

Begitu melihat di website dan foto-foto di OTA, Hotel Kosenda Jakarta memang terlihat unik dan beda dibanding hotel-hotel lainnya! 

Dan benar saja, begitu masuk ke dalam hotel,  nuansa estetik sangat terasa di area lobby hotel dan cafe-nya.

127-cafe-hotel-kosenda

hotel-kosenda-jakarta

Saat Bubu membuka website Hotel Kosenda, tertulis jelas bahwa hotel ini memang mengusung konsep desain modern abad pertengahan dengan sentuhan gaya peranakan juga. 

Di hotel ini, kita juga bisa melihat berbagai benda hasil daur ulang hingga art wall yang mengesankan. 

Yuk, lanjut baca tulisan Bubu di bawah ini untuk tahu lebih banyak tentang Hotel Kosenda Jakarta! :)


Kamar & Fasilitas di Hotel Kosenda 

Sebenarnya Bubu sering lewat Hotel Kosenda ini. Apalagi kalau dari stasiun Gondangdia ke arah kantor di Slipi, kadang-kadang ojol suka lewat Sarinah lanjut ke Tanah Abang. 

Nah, beberapa kali melihat Hotel Kosenda tapi nggak nyangka kalau bagian dalamnya ternyata se-estetik itu! 

Kalau melihat dari luar, Hotel Kosenda Jakarta memang terlihat mungil. Tidak lebar tapi cukup tinggi. Bentuk bangunannya sendiri juga unik dengan jendela yang tidak simetris. 

Saat menginap di sana, Bubu mendapat kamar di lantai 6. Tapi dari jendela kamar, view di luar menghadap ke bangunan di sebelah dan hanya terlihat sedikit gedung-gedung tinggi yang menyembul diantaranya.

Nah, untuk kamarnya Bubu suka banget. Kesan estetiknya terasa dengan dominasi ornamen kayu. Lihat saja bagian head board-nya, unik, kan? :D 

kamar-tipe-comforta-hotel-kosenda

Tersedia juga meja kerja kayu dan ada peralatan tulis yang cukup lengkap. Jarang-jarang,  nih, di hotel lain disediain hekter sampai tipe-ex… :D Selain itu, di atas meja selain terdapat tv juga ada telepon jadul yang angkanya diputar! Asli, vintage abis, kan. 

Yang menarik juga di dalam kamar disediakan kimono batik. Sampai-sampai air mineral pun dipakaikan cover dengan bahan kain tebal. Lucuk, deh. 

Dan senangnya lagi, di bagian kamar mandi yang cukup bersih ini, sabun, shampo, dan conditioner-nya memakai Sensatia Botanica! :D Ini dapat nilai plussss banget dari Bubu… :D   

room-hotel-kosenda

Untuk kamarnya sendiri memang tidak terlalu luas, tapi cukup nyaman. Bubu menginap di kamar tipe Comforta dengan luas 18 m2. Selain tipe Comforta, di Hotel Kosenda juga ada kamar tipe lainnya, yaitu petita (16 m2) dan Spatia (32 m2). 

Karena hanya berdua dengan Yaya, untuk kamar Comforta cukup banget. Kalau untuk Manteman yang membawa anak, saran Bubu menginap di tipe Spatia yang lebih luas dua kali lipat, ya. 

Sebenarnya Hotel Kosenda Jakarta ini kalau menurut Bubu juga kurang cocok, ya, jika menginap bersama keluarga dengan anak kecil. Selain tidak terlalu besar, untuk fasilitas anaknya juga tidak ada. Di hotel ini tidak ada playground maupun kolam renang.

Hotel Kosenda Jakarta memang cocoknya untuk dijadikan tempat menginap dalam rangka bisnis maupun wisatawan yang ingin lebih dekat dengan pusat kota Jakarta. 

Selain itu, Hotel Kosenda juga bisa jadi tempat yang asyik buat makan bareng teman! 

Di Hotel ini terdapat Waha Kitchen, The Awan Lounge (rooftop bar), dan 127 Cafe. Saat menginap di sana, sayangnya Bubu gak sempat ke rooftop-nya. Padahal pas lihat fotonya bagus, deh, tempatnya.

Kalau Waha Kitchen dan 127 Cafe ini letaknya bersebelahan di lantai bawah, dekat area lobby. Waha Kitchen juga jadi tempat para tamu hotel untuk menikmati breakfast. 

Baca Juga: Hotel Intercontinental Pondok Indah Jakarta


Menu Breakfast di Hotel Kosenda

Saat pagi menjelang sebelum keliling di Car Free Day, Bubu dan Yaya menyempatkan sarapan dulu di Waha Kitchen. 

Kalau biasanya menu sarapan di hotel prasmanan, maka di Hotel Kosenda Jakarta menu sarapannya per paket, ya. Jadi nanti breakfast akan dibawakan oleh karyawan hotel di Waha Kitchen. 

Jadi paket breakfast-nya terdiri dari: 

- Small mixed fruit

- 1 choice of main

- Black coffee or tea


Untuk menu makanan utamanya terdiri dari beberapa pilihan, seperti: Soto Ayam Banjar, Bubur Ayam, Mie Goreng Ayam, Nasi Goreng Waha, Bubur Ketan Hitam, Eggs Your Way (scrambled egg atau omelette dengan roti dan salad), Waffle & Fried Chicken, Chia Seed Pudding. 

Pilihan Bubu saat itu jatuh ke Nasi Goreng Waha dan black coffee. Sedangkan Yaya memilih Eggs Your Way dan black coffee juga… :) 

waha-kitchen-hotel-kosenda

menu-breakfast-hotel-kosenda-jakarta

Untuk Nasi Goreng Waha, rasanya enak, berasa bumbunya, dilengkapi dengan telur ceplok. Nilai plusnya ada tambahan sate juga dua tusuk. Jadi lebih terasa mengenyangkan buat Bubu.

Sebenarnya breakfast dengan konsep seperti ini cukup banget, ya. Apalagi ada tambahan buah juga. Kadang kalau prasmanan malah suka gragas ngambil makannya jadi berasa full banget banget. :D 

Baca Juga: The Alana Hotel & Conference Sentul

 

Tempat Menarik di Sekitar Hotel Kosenda

Ngomongin soal lokasi Hotel Kosenda Jakarta, udah pasti strategis dan premium banget, nih, lokasinya. 

Untuk ke Sarinah aja cukup jalan kaki nggak sampai 5 menit udah sampai. Ke Mal Grand Indonesia dengan kendaraan juga cuma 6-7 menit aja. :) 

Paling seru menginap di sini saat weekend, supaya bisa ngerasain hari Minggu paginya Car Free Day (CFD). Bisa sekalian juga bawa sepeda dari rumah buat nantinya ke CFD. 

Kalau untuk spot tempat wisata atau tempat yang touristy-nya sendiri, ada banyak banget, ya, yang dekat dengan Hotel Kosenda Jakarta ini. Mulai dari Monas, Masjid Istiqlal, Katedral, Perpustakaan Cikini, Museum Nasional, dan banyak lagi. 

Di website-nya sendiri, Hotel Kosneda Jakarta juga menyajikan beberapa tempat menarik yang ada di sekitarnya seperti di bawah ini:

Dok. Hotel Kosenda

Buat yang dari luar kota dan mau belanja di Tanah Abang, juga bisa menginap di sini. Tinggal lurus terus aja sekitar 600 meter sudah bisa sampai ke pusat perbelanjaan tersebut dari Hotel Kosenda. :)  


Rate Hotel Kosenda Jakarta

Untuk rate kamar di Hotel Kosenda Jakarta, Bubu cek mulai dari Rp 650.000,- ++ (tipe room terkecil dan tanpa sarapan).

Harganya tergantung tanggal, ya. Pas cek di tanggal lain berubah jadi Rp 900.000,-.

Nah, kebetulan, saat staycation di sana, Bubu menggunakan voucher hotel dari @obralvoucherhotel. Lumayan banget untuk tipe Comforta termasuk breakfast harga vouchernya bisa diskon sampai 30-40% dari harga normal tergantung level member. 

Ini bisa jadi salah satu trik buat staycation dengan harga lebih miring, ya, Manteman… :D 

Biasanya voucher yang keluar juga expired-nya bisa antara 6 bulan sampai 1 tahun. Jadi masih ada banyak waktu buat merencanakan waktu staycation kamu. :)

Buat dapetin harga rate hotel lebih murah, Manteman juga bisa pantengin di OTA pas lagi ada promo. Biasanya ada kode khusus buat promo-promo tertentu.  Happy staycation!

Sampai ketemu di review hotel lainnya di blog www.rumikasjourney.com, yaa…


Bubu Dita 

@rumikasjourney


Related Posts

2 komentar

  1. Aku sering liat juga hotel ini tiap lewat daerah sana, tapi ga nyangka kalo bakal secakep itu 😄. Soalnya dari luar biasa aja 😁.

    Tapi memang hotel daerah Wahid Hasyim lebih cocok buat bisnis sih ya mba, makanya ga ada kolam renang. Pernah stay di beberapa hotel sana, tapi ternyata ga pake kolam renang. Anak2 jadi kecewa.

    Tapi kapan2 kalo cuma berdua suami, aku mau deh stay di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, bukan tipe family hotel gitu, ya.. Anak-anak kan nyarinya kolam renang kalo mau staycation.. :D Seneng banget liat dalemnya Hotel Kosenda.. Nyeni banget gitu, beda dari hotel biasanya.. :D

      Delete