Tips Road Trip Bersama Anak

by - June 18, 2023

road-trip-jawa

Punya waktu libur bersama keluarga yang agak panjang? Coba, yuk, untuk merasakan sensasi road trip bareng keluarga, termasuk anak-anak dengan kendaraan sendiri. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengajak anak-anak untuk road trip menjelajah beberapa kota. 

Bubu sekeluarga pernah melakukannya ketika road trip ke Yogyakarta, Solo, Semarang, Tegal, dan kembali lagi ke Depok beberapa waktu lalu. :)

Karena anak-anak sudah agak besar usia SD sebenarnya jadi nggak terlalu ribet untuk persiapannya, ya. Tapi tetap saja ada tips-tips yang bisa dilakukan agar perjalanan road trip bersama anak jadi lebih nyaman dan menyenangkan.   

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan perjalanan road trip bersama anak-anak dengan kendaraan roda empat.


Ceritakan rencana road trip dari jauh-jauh hari

Penting banget untuk menceritakan rencana road trip yang akan dilakukan kepada anak jauh-jauh hari. Selain menceritakan tentang kota yang dituju, rute, tempat wisata, penginapan, ceritakan juga bahwa perjalanan dengan kendaraan akan memakan waktu lebih lama jika dibandingkan transportasi kereta atau pesawat. 

Dengan bercerita, anak-anak akan lebih siap mentalnya dalam menghadapi perjalanan road trip-nya nanti. 

road-trip

Baca Juga: Cerita Perjalanan di Yogyakarta


Rencanakan dengan baik rute perjalanan

Tentukan rute perjalanan yang akan dilewati dan estimasi berapa lama kita berencana berada di dalam perjalanan. Pertimbangkan jarak tempuh, destinasi yang ingin dikunjungi dan waktu istirahat yang diperlukan.

Bubu juga sudah memperkirakan kira-kira akan berhenti di rest area mana saja untuk ke toilet, untuk makan, dan istirahat sejenak. 

road-trip-keliling-jawa

Ngomongin soal toilet, Mika kalau pergi termasuk anak yang seriiiiing banget mampir ke minimarket buat pipis… :D 

Nah, saat ingin road trip ini salah satu hal yang rada Bubu khawatirkan juga adalah gimana kalau Mika tetiba di tengah jalan tol mau ke toilet sedangkan rest area masih jauh. 

Alhamdulillah hal tersebut nggak terjadi karena dari awal perjalanan Bubu dan Yaya sudah mewanti-wanti dan mengingatkan Mika untuk selalu ke toilet saat kami berada di suatu rest area atau pom bensin. :)  


Siapkan hiburan di mobil

Penting banget, nih, untuk membawa beberapa hiburan untuk menjaga anak-anak supaya nggak bosan di perjalanan. 

Buku, mainan, permainan papan, atau bahkan film bisa menjadi pilihan. Pertimbangkan juga untuk membawa peralatan elektronik seperti tablet atau perangkat audio yang dapat menghibur anak-anak.

Namun pastikan durasi menonton atau membaca juga jangan terllau lama agar anak-anak nggak pusing di perjalanan, ya. 


Jangan lupa selalu bawa camilan dan makanan ringan

Biasanya, nih, yang bikin anak-anak anteng selain tidur dan menonton adalah makan! :D 

Karena itulah meskipun kita berencana mampir ke rest area untuk makan, bawa juga perbekalan seperti camilan dan makanan ringan dari rumah, ya. Atau bisa beli di minimarket saat di perjalanan.  

Bawalah makanan yang disukai anak-anak, tapi hindari makanan yang berpotensi berantakan atau terlalu berbau.

Baca Juga: Road Trip Keliling Pulau Jawa


Jadwalkan waktu untuk istirahat

Perjalanan jauh tentunya dapat melelahkan bagi anak-anak, jadi penting untuk menjadwalkan waktu istirahat secara teratur, ya. 

Cari tempat-tempat yang aman dan nyaman untuk berhenti sejenak, memberi mereka kesempatan untuk bergerak, meregangkan kaki, dan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Untuk road trip ini, Bubu dna Yaya juga agak memodifikasi mobil bagian belakang sehingga anak-anak bisa tidur dengan lebih nyaman. Kami membawa beberapa bedcover dan bantal. 

tips-road-trip


Bawa perlengkapan yang diperlukan

Pergi bersama anak-anak pasti, deh, bawaannya segambreng, ya. Enaknya dengan road trip karena membawa kendaraan sendiri jadi bawaan banyak pun nggak terllau ribet harus berpindah-pindah seperti halnya naik transportasi umum. 

Nah, jangan lupa, nih, bawa perlengkapan yang biasanya dibutuhkan seperti tisu basah, tisu kering, pembersih tangan, dan obat-obatan. 

road-trip-jawa

Selain itu, bawa juga pakaian cadangan selain yang sudah ada di koper, ya. Supaya kalau mau berganti baju karena keringat, muntah, atau terkena basah bisa langsung ganti tanpa perlu membuka-buka koper. 

Bagi yang masih memakai diaper pun siapkan diapers di luar koper, ya. Dan satu benda lagi yang terpenting adalah kantong plastik atau kantong sampah untuk menjaga kebersihan di dalam mobil.


Yuk, libatkan juga anak-anak dalam perjalanan

Meski segala keputusan ada di orang tua atau orang dewasa, namun perlu juga mengajak anak-anak berpartisipasi dalam perjalanan dengan memberikan tugas-tugas sederhana. 

Misalnya, mereka dapat membantu memilih lagu atau memperhatikan tanda-tanda jalan. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa bosan dan memberikan mereka rasa kepemilikan dalam perjalanan.

road-trip-bersama-anak


Pastikan perjalanan tetap aman

Usahakan agar anak-anak selalu menggunakan sabuk pengaman dan duduk di kursi yang sesuai untuk usia mereka, ya. Pastikan juga mobil dalam kondisi baik sebelum berangkat. Penting, nih, buat service atau cek kendaraan terlebih dahulu. 

Baca Juga: Itinerary Semarang


Fleksibel saja, ya!

Pastinya akan ada hal-hal tak terduga sepanjang perjalanan road trip. Karena itu jangan sampai nggak fleksibel! 

Perjalanan dengan anak-anak bisa menjadi tantangan, jadi penting untuk kita belajar lebih sabar dan fleksibel. Siapkan diri untuk kemungkinan adanya hambatan-hambatan atau perubahan rencana di sepanjang perjalanan. Tetap tenang dan berusaha menikmati momen bersama keluarga.

road-trip-keluarga


Tenang saja, dengan persiapan yang matang dan sikap yang positif, road trip dengan mobil bersama anak-anak dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga tentunya! 

Bubu aja mau banget untuk road trip lagi bersama anak-anak jika ada waktu dan kesempatan… :)


Bubu DIta

@rumikasjourney


Related Posts

1 komentar

  1. Anak2ku sbnrnya udah dari bayi dibiasakan road trip mba. So far mereka pernah kliling Jawa, dan sumatera pernah sampei ke Sibolga dan Barus, daerah tapanuli sana.

    Cuma pada dasarnya anak2ku itu ga suka jalan. jadi terkadang mereka baik2 aja selama perjalanan, tapi ada kalanya sakit.

    Kayak kemarin ke Jogja, dramanya itu dua2nya sakit. Batpil dan sakit perut plus muntah2. Untung ya muntah2nya di hotel. Pas di mobil ga, tapi demam tinggi. Luar biasa pas ke Jogja kemarin 😅

    Aku tuh ada planning mau ajakin anak2 ke New Zealand dan di San nanti road trip. Antara pesen campervan atau mobil biasa dan stay di hotel. Cuma ya itu, aku hrs mastiin anak2 kuat. Apalagi untuk 2 Minggu. Dan winter pula

    ReplyDelete