ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), Laptop Multitasking Performa Tinggi dengan Dua Layar Sentuh!

by - September 18, 2023

Tidak kerasa sudah satu tahun yang lalu Bubu memutuskan untuk resign dari pekerjaan dan memutuskan full menjadi Ibu Rumah Tangga (IRT). 

Tentunya bukan tanpa alasan. Keputusan resign menjadi keputusan bersama antara Bubu dan Yaya karena anak-anak, terutama Mika sepertinya butuh lebih banyak waktu untuk bersama Bubu. 

Dan selama satu tahun ini pula Bubu sekeluarga tidak lagi memiliki Asisten Rumah Tangga (ART) yang memang sudah pindah rumah. Sayang, sih, sebenarnya melepas ART karena sudah lama sekali bekerja di rumah Bubu. 

Mau mencari ART lain rasanya, kok, ada rasa malas untuk memulai hubungan baru. Jiwa bersih-bersih Bubu pun juga melonjak. “Ah, bisalah ngerjain sendiri dibantu suami,” begitu pikir Bubu.  

Awalnya ragu, apa bisa, ya, Bubu yang biasanya selalu bekerja tiba-tiba harus lebih banyak meluangkan waktu di rumah, mengurus rumah tangga dan juga anak-anak. 

Namun setelah dijalani rasanya memang nano-nano. Banyak senang, tentu ada juga sedih dan lelahnya… :D  

Satu hal yang pasti jadi full stayed at home mom membuat Bubu jadi semakin bisa multitasking. Misalnya saja sambil menunggu cucian baju, Bubu bisa langsung mengerjakan beberapa pekerjaan rumah lainnya, seperti memasak, beres-beres, menyapu, mengepel, sampai cuci piring yang menumpuk. :) 

Tak hanya kesibukan sebagai IRT, Bubu juga masih rutin menulis blog, membuat konten untuk social media pribadi, dan menerima job freelance. 

Pekerjaan freelance yang Bubu biasanya ambil juga masih berkaitan dengan dunia penulisan dan industri kreatif, seperti membuat subtitle serial, membuat konten perusahaan, membuat video, dan lainnya.    

Tentunya dalam menulis blog dan membuat konten serta menyelesaikan beberapa pekerjaan freelance ini, Bubu membutuhkan perangkat yang mumpuni, kencang, dan powerful. 

Rasanya butuh banget, perangkat laptop yang super multitasking juga seperti halnya Bubu yang saat ini menjadi IRT dengan beberapa kesibukan sampingan. Mau punya laptop baru, tapi masih bingung laptop apa, ya, kira-kira yang kualitasnya bagus dan cocok?

Makanya Bubu senang banget begitu mendapat kesempatan untuk datang di acara ASUS Blogger Gathering yang diadakan pada 14 September 2023 di Semanggi Lounge, Hotel Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta. 

Di acara ini ASUS Indonesia, yang dikoordinir oleh Kak Katerina (www.travelerien.com) mengundang kami para blogger untuk mencoba langsung (hands-on) produk-produk laptop ASUS.

Ya, di acara tersebut terdapat beberapa laptop keluaran ASUS yang bisa dicoba, diantaranya ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), ASUS Vivobook 14X (M1403), ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), dan ASUS Vivobook 14X (K3405). 

Kebetulan Bubu bisa mencoba salah satu laptopnya, yaitu ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE). Begitu melihat tampilan dan hands on langsung, ini dia laptop yang paling pas buat kebutuhan blogger, pekerja kretaif, dan konten kreator masa kini! 

Bisa dibilang ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) adalah laptop dengan kasta tertinggi untuk para pekerja kreatif, termasuk konten kreator. berbagai fitur di dalamnya dapat membantu berbagai pekerjaan dalam satu waktu. 

Apa aja keunggulan laptop ini dan berapa, sih, harganya? Bikin penasaran, yaa…  :D Simak review Bubu di bawah soal laptop ini, yuk!


Laptop Multitasking Dua Layar Sentuh

Dari bentuknya saja, laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) sudah berbeda dengan kebanyakan laptop yang ada. 

Ya, laptop ini tidak hanya punya satu layar, tapi memiliki layar ganda yang bisa memaksimalkan pekerjaan mutitasking! 

Seneng banget, kan, ada laptop yang bisa multitasking. Cocok buat Manteman yang bekerja sebagai kreator, animator, video editor, dan pekerjaan di dunia industri kreatif lainnya. Ini dia laptop performa tinggi yang memiliki dua layar touchscreen!

Layar sentuh utamanya berukuran 14 Inchi yang memiliki resolusi 2.8K OLED 16:10 dengan refresh rate 120 Hz. Akurasi warna tinggi, sudah tervalidasi PANTONE. Tampilan visual kaya warna, tajam, akurat, dan tidak merusak mata.

Layar pada laptop ini menggunakan teknologi layar sentuh. Bisa dengan jari maupun menggunakan stylus. Laptop ini dilengkapi juga dengan ASUS Pen 2.0. Stylus jenis ini memiliki 4096 pressure level yang telah menggunakan Microsoft Pen Protocol 2.0 untuk pengalaman menulis dan menggambar yang jauh lebih baik dari generasi stylus sebelumnya.

Memang saat Bubu mencobanya, layar bisa dengan mudah digerakkan menggunakan stylus pen ini maupun dengan jari. Gerakan layar cepat tanpa jeda dan tetap smooth. 

Sedangkan layar sentuh tambahannya atau layar yang kedua memiliki ukuran 12,7 Inchi beresolusi 2880x864 pixel. Dengan ScreenPad Plus yang imersif dan response time ultra cepat tentunya kita bisa beraktivitas dengan lebih produktif dan sat set sat set, ya!

ScreenPad Plus di Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) juga dilengkapi dengan teknologi ScreenXpert, lho, yaitu fitur yang memudahkan penggunanya untuk melakukan multitasking. 

ScreenXpert mempermudah untuk mengatur posisi jendela aplikasi melalui fitur touchscreen-nya sehingga membuat proses multitasking dapat berjalan dengan baik.

Tak hanya itu aja, ternyata ScreenPad Plus di laptop ini juga memiliki fitur Control Panel! Dengan adanya fitur tersebut, layar tambahan ini bisa berubah menjadi panel kontrol saat membuka aplikasi kreatif dari Adobe. Aplikasi ini tentunya sanagt dibutuhkan bagi pekerja di industri kreatif dan konten kreator. 


Teknologi Layar OLED

Sesuai namanya, layar monitor di laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) juga dibekali dengan teknologi layar terbaik saat ini, yaitu ASUS OLED. 

Dengan teknologi OLED tentunya kualitas warna yang ditampilkan nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Dalam hal ini, ASUS mengerti banget akan kebutuhan industri kreatif yang memang butuh keakuratan warna seperti yang diinginkan. 

Layar ASUS OLED juga telah dibekali dengan ASUS OLED Care yang dapat mencegah efek screen retention dan burn-in untuk muncul sekaligus membantu meningkatkan durabilitas layar secara keseluruhan. 

Bagi pekerja kreatif di bidang animasi, video editing,  dan konten kreator juga nggak bisa lepas dari menatap layar selama berjam-jam lamanya. Oleh karena itu kenyamanan dalam melihat layar monitor juga menjadi hal yang diperhatikan oleh ASUS. 

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dengan teknologi ASUS OLED juga memiliki fitur Eye Care. Fitur ini dapat memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis. Meskipun demikian hal itu  tidak mengorbankan kualitas visualnya, ya. Jadi kualitas visual tetap prima.  

ASUS OLED sendiri juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Karena itulah bagi pengguna ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) nggak perlu khawatir lagi dengan kesehatan mata mesi harus beraktivitas lama di depan layar laptopnya. 


Prosesor Generasi Terbaru!

Keunggulan lainnya yang terdapat di laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE)  ini adalah dibekali dengan hardware terbaik! 

Prosesor generasi terbaru dengan fitur paling modern, yaitu prosesor 12th Gen Intel® Core™ i7 H-Series siap bekerja untuk segala daily mutitasking-mu di laptop ini. Proses ini biasanya digunakan pada laptop gaming. 

Prosesor 12th Gen Intel® Core™ mendukung RAM DDR5, konektivitas PCIe Gen 4.0, serta fitur pendukung seperti Intel Quick Sync. Terdapatmemori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB didalamnya. Dengan dukungan Intel Quick Sync, laptop ini menjadi sangat powerful, termasuk dalam memproses video. Pemrosesan data dapat dilakukan secara lebih efisien dengan tetap menghasilkan perform tinggi. 

Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE)juga dibekali chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti. Chip grafis tersebut memiliki memori sebesar 4GB serta dukungan fitur grafis modern termasuk real-time ray-tracing. 

Dengan prosesor dan chip grafis tersebut nggak salah lagi kalau ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) merupakan laptop ultimate bagi para konten kreator.


Cooling System Mumpuni

Membuka banyak tab dalam satu waktu di dua layar pastinya pekerjaan yang berat untuk sebuah laptop. Tapi dengan dukungan prosesor dan juga teknologi pendingin, hal tersebut terasa ringan di laptop ASUS  Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) ini. 

Saat laptop terbuka, layar tambahan atau ScreenPad Plus di laptop ini akan terangkat. Di sinilah terdapat teknologi AAS Ultra untuk mengatur laju udara pendinginan. AAS Ultra membuat layar kedua terangkat sehingga menghasilkan rongga udara ekstra untuk sistem pendinginan di laptop ini.

Dengan rongga udara ekstra yang dihadirkan oleh AAS Ultra, sistem pendingin ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dapat bekerja secara optimal. Melalui ASUS Ice Cool Plus cooling system untuk pendinginan yang maksimal di dalamnya, laptop ini dapat bekerja dengan optimal. 


Laptop Ringkas dan Portable

Kebayang nggak, sih, dengan dua layar di dalamnya, laptop ASUS  Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) yang powerful ini  ternyata termasuk laptop yang ringkas dan portable, lho! Ini dia nilai plus yang menurut Bubu jadi salah satu keunggulan dibanding laptop lainnya. 

Bobot laptop ini hanya 1,75 kg dengan ketebalan 1,96 cm. Bisa banget dibawa ke kantor atau meeting dengan klien di luar. Mau dibawa business trip atau sambil traveling langsung mau  mengedit konten di hotel  juga masih bisa banget! :D Bisa dibilang inilah laptop dua layar yang paling ringkas! 

Untuk konektivitas kabel dan nirkabelnya juga sudah lengkap, ya.  ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) juga didukung oleh fitur USB Power Delivery sehingga laptop ini dapat diisi daya baterainya menggunakan adapter maupun power bank USB Type-C. 

Laptop tangguh dengan performa maksimal ini juga dibekali dengan port HDMI,  3.5mm combo audio jack, dan USB Type-A. Port USB Type-C di laptop ini juga sudah Thunderbolt 4yang menawarkan kecepatan transfer data tinggi.

Sedangkan untuk konektivitas nirkabelnya, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) memiliki fitur Bluetooth 5 dan WiFi 6E (802.11ax) sehingga dapat terhubung ke jaringan wireless 6GHz. Mantap, kan!


Harga ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE)

Tertarik buat punya laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) ini? Dengan berbagai fitur dan keunggulannya, laptop ini dibanderol dengan harga sekitar 30 jutaan!

Bagi para pekerja industri kreatif multitasking yang menginginkan kesempurnaan dari segi performa hingga visual, laptop ini tentunya pas banget untuk menemani hari-harimu dan aku jugaaa… :D 

Asli, sih, saat mencoba hands-on langsung terpikat sama ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE). Ayok, nabung biar bisa beli laptop ini, ya… :) 



Bubu Dita

@rumikasjourney 


Related Posts

18 komentar

  1. Tampilan laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) ini adalah apa yang saya inginkan dulu waktu berkecimpung di dunia per-desain-an hehehe. Karena layar keduanya itu memang membuat kerja desainer jadi jauh lebih efektif.

    ReplyDelete
  2. Laptopnya masuk kategori ringan bgt nih, dan punya prosesor yg cukup mumpuni utk perangkat pekerjaan kita..

    ReplyDelete
  3. Laptopnya masuk kategori ringan bgt nih, dan punya prosesor yg cukup mumpuni utk perangkat pekerjaan kita..

    ReplyDelete
  4. Lihat ASUS ROG STRIX-G15 aja sudah bikin pusing. Ini ada lagi keluaran ASUS yang bikin ngiler. duh duh..

    ReplyDelete
  5. Ya ampun cakep bener ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) ini ya mbak. Apalagi dengan dua layar, puas banget untuk nulis dan edit-edit. cocok banget ni buat blogger dan konten kreator. Ya walaupun harganya lumayan juga. hehehe..

    ReplyDelete
  6. Asus ini jago bikin orang berpindah ke brand lain 😂. Aku dulu sukanya brand tertentu mba, tapi saking seringnya liat produk2 baru asus, yg mana featuresnya keren2 bangettt, tapi ttp di harga masuk akal, kan langsung berpaling yaa 🤣. Rugi aja kalo ttp setia Ama brand lama tp updatenya lama, harga jauh lebih tinggi.

    Aku masih proses nabung utk Minang salah satu laptop Asus. Walopun mungkin begitu uang terkumpul, produk baru lain juga muncul, gapapa. Yg penting maunya ntr laptop Asus 😄

    ReplyDelete
  7. Duuuh, cakep dan canggih bgt laptopnya mbak. Spek prosesornya jg kayak laptop gaming ya. Jadi auto gak bakalan nge-lag klo dipake seharian buat nulis atau bkin konten.

    ReplyDelete
  8. Ya ampun baru beberapa bulan lalu ganti Asus Vivobook tapi kok naksir ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED ya, cakep banget mbak untuk multitasking karena layarnya jadi ada 2 gitu

    ReplyDelete
  9. Fitur-fiturnya canggih yaa! Jadi mupeng pengen punyaaa hiksss biar kerja makin produktif

    ReplyDelete
  10. Inovasi yg dirilis ASUS lewat produknya ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402) begitu memikat dgn laptop dua layarnya yg yang tidak hanya powerful, tetapi juga merupakan bisa layar sentuh. Bodi nya pun terbilang ringkas, pas bgt utk para pengguna yang mobilitasnya tinggi.

    ReplyDelete
  11. Wah, Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED ini powerful banget ya Kak. Ada stylusnya lagi, cocok banget untuk digunakan para pekerja kreatif yang butuh sering-sering ada di depan laptop. Harganya memang sepadan sih dengan imbal balik yang diberikan, mulai dari processor, screen yang maksimal, semuanya ada di sini ya.

    ReplyDelete
  12. Aduh ini mah laptop idaman suami yang kerjanya suka ngoding dan design. Udah layarnya OLED, ada layat tambahan di tambah ringan dan tipis. Apalagi ini zenbook ya, yang terkenal tipis dan ringan dari jenis laptop. ❤️

    ReplyDelete
  13. Daku sempet hands-on ini laptop, bikin mupeng dengan layar touchscreen nya dan ada 2 pula lagi. Berasa banget bisa bantu kerjaan buat pekerja konten ya

    ReplyDelete
  14. Terkagum-kagum dengan spek dan fitur laptopnya. Tapi pas lihat harganya, jadi lesu darah.. ini laptop untuk pekerja kreatif berpenghasilan sultan. Hehe.. udah bisa beli motor nmax harganya..

    ReplyDelete
  15. Wah, punya dua layar sentuh ? Omg cakep banget sih laptop terbaru dari ASUS ini
    Spesifikasinya mumpuni pula

    ReplyDelete
  16. ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) ini memang tepat banget buat kita yang jadi konten creator. Udah layarnya jelas, tajam, tapi gak bikin sakit mata.

    ReplyDelete
  17. keren banget laptop asus yang ini. mbak itu yang layar tambahannya itu bisa dilipat gitu ya pas laptopnya ditutup?

    ReplyDelete
  18. Ada dua layar, woow. Tau aja kita butuh buka banyak kerjaan di aplikasi berbeda dalam satu waktu. Ram nya nggak main-main inimah

    ReplyDelete