Momen Langka Tumbuhnya Bunga Bangkai Raksasa di Jakarta Escape!

by - February 05, 2024

titan-arum


Pernahkah Manteman mendengar tentang bunga bangkai raksasa, tanaman langka yang terkenal dengan ukurannya yang besar dan bau yang menyengat?

Bubu dari kecil hanya tahu tentang bunga dengan aroma menyengat, yaitu Bunga Rafflesia Arnoldi. Bunga ini termasuk bunga langka dengan ukuran sangat besar dan berasal dari Bengkulu. 

Untuk bisa hidup hingga mekar, ternyata Rafflesia Arnoldi harus menjadi parasit atau menumpang hidup dengan tumbuhan inangnya. Nah, biasanya yang menjadi tumbuhan inangnya tersebut adalah jenis pohon merambat seperti pohon anggur hitam.

Selama ini Bubu belum pernah melihat Rafflesia Arnoldi. Dan ternyata anggapan Bubu kalau Rafflesia Arnoldi adalah bunga bangkai ternyata salah, lho. Manteman juga berpikiran hal yang sama??? :D

Ya, bunga bangkai ternyata merupakan tumbuhan yang bisa “berdiri sendiri” mencari makan sendiri, hidup tanpa inang seperti Rafflesia Arnoldi.  

Seumur hidup Bubu belum pernah sekalipun melihat bunga bangkai, termasuk bunga bangkai raksasa. Nah, baru-baru ini Bubu berkesempatan melihat bunga bangkai raksasa yang ternyata ada di Jakarta! 

Wah, ada di mana sebelah mana dan seperti apa bunga bangkainya? Yuk, simak cerita Bubu di bawah ini! 


Tentang Amorphophallus Titanum atau Titan Arum

Bunga bangkai raksasa yang Bubu maksud berjenis Amorphophallus Titanum. Bunga ini bisa disebut juga sebagai bunga Titan Arum. Beda, kan, bentuknya dengan Rafflesia Arnoldi? Kalau bunga bangkai raksasa ini menjulang tinggi ke atas. 

Tanaman ini juga berasal dari Sumatera dan tumbuh subur di iklim tropis yang hangat dan lembab. 

Bisa dibilang tanaman ini termasuk langka dan hanya bisa tumbuh sekaligus mekar dalam jangka waktu 5-7 tahun sekali! 

Tertarik buat melihatnya langsung??? Saat ini Manteman bisa melihat bunga bangkai raksasa Titan Arum di Jakarta Escape. Nah, Jakarta Escape merupakan satu bagian dari Rumah Perubahan, tempat yang dimiliki oleh Prof. Rhenald Kasali. 

Di Jakarta Escape ada banyak aktivitas seru dan juga ada cafe dengan suasana alam yang segar. 

Jika Manteman ke Jakarta Escape untuk melihat Titan Arum ini waktunya nggak lama, hanya dimulai dari 27 Januari 2024 dan hingga mekarnya nanti diprediksi sekitar tanggal 7, 8 atau 9 Februari 2024. 

Momen mekarnya Titan Arum juga hanya sebentar aja, diperkirakan hanya 2-3 hari lalu kemudian layu. 

Nah, saat Bubu ke Jakarta Escape bersama dengan Mba Isti dan Mba Gema, bunga Titan Arum masih kuncup. Jadi Bubu nggak mencium aroma busuknya. 

bunga-bangkai-raksasa-di-jakarta-escape

Nantinya saat mekar itulah bunga ini baru akan mengeluarkan bau yang mengundang para serangga untuk datang dan melakukan penyerbukan.

Saat mekar sempurna, Titan Arum bisa mencapai tinggi 3 meter dengan diameter 1,5 meter. Makanya bisa dibilang bunga ini juga termasuk bunga terbesar di dunia berdasarkan volumenya.  

Saat mekar, kelopak bunga ini akan berwarna merah marun keunguan. Cakep banget, deh. Bubu memang belum melihatnya saat mekar tapi hanya dari foto saja.

Nah, kebayang, kan, kalau dari foto aja cakep gimana aslinya? :D Saat belum mekar saja Bubu udah dibuat takjub oleh bunga bangkai raksasa ini. Apalagi kalau nanti sudah mekar bunganya, yaa… :) 


Siklus Hidup Titan Arum

Bunga bangkai raksasa Amorphophallus Titanum memang bukanlah sembarang bunga. Tanaman ini memiliki siklus hidup yang unik dan hanya mekar selama beberapa hari saja dalam kurun waktu bertahun-tahun (5-7 tahun). 

Nggak heran, kan, kalau mekarnya bunga ini menjadi peristiwa yang dinantikan dan menarik perhatian banyak orang.

Nah, Jakarta Escape menawarkan kesempatan langka, nih, bagi pengunjung untuk menyaksikan bunga bangkai raksasa yang sedang dalam proses meuju mekar hingga mekar nanti. 

Pihak pengelola menyediakan area khusus untuk melihat bunga ini dari jarak dekat, lengkap dengan informasi dan edukasi mengenai tanaman unik tersebut dari Tim Botani Jakarta Escape.

Ya, dari Tim Botani Jakarta Escape bernama Mba Sisca inilah Bubu jadi lebih memahami tentang Titan Arum, termasuk siklus hidupnya, sebagai berikut:

fase-hidup-bunga-bangkai-raksasa-di-jakarta-escape
Berawal dari umbi, daun, daun yang semakin banyak.




fase-hidup-bunga-bangkai-raksasa-di-jakarta-escape
Dari daun kembali lagi ke fase umbi, lalu tumbuh tunas.




fase-hidup-bunga-bangkai-raksasa-di-jakarta-escape
Dari tunas lalu mekar dan kemudian layu.


Bubu baru tau kalau bunga bangkai raksasa Titan Arum ini tidaklah memiliki batang. Jadi seluruhnya adalah berupa daun dan nanti di bagian tengahnya. 

Dari fase kuncup menuju mekar ini juga suhu benar-benar dijaga. Makanya bunga bangkai ini juga dilindungi oleh pepohonan supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu lama. 

Selain itu ada juga kemungkinan bunga ini tidak mekar. Namanya juga proses alam, kan. Makanya Bubu, tuh, rasanya ikut deg-degan menunggu bunga ini menuju mekar. Semoga aja benar-benar bisa mekar dengan sempurna seperti tahun 2017 lalu. 

Ya, kala itu Titan arum mekar dengan sempurna dan tingginya mencapai 3 meter. 

fase-hidup-bunga-bangkai-raksasa-di-jakarta-escape

Cerita-cerita ini Bubu dapatkan dari Mba Sisca yang menemani Bubu dan teman-teman saat melihat Titan Arum dari dekat. 

Seru, deh, ke Jakarta Escape ini bukan hanya melihat bunga bangkai raksasa aja tapi juga dapat pengetahuan baru yang menarik tentang bunga bangkai raksasa ini. :)


Banyak Bunga Bangkai di Jakarta Escape!

Bunga bangkai yang jadi spotlight di Jakarta Escape memang kelihatan hanya satu yang paling besar. Namun ternyata di Jakarta Escape nggak hanya ada satu bunga bangkai ini aja, lho! 

Di dekat Titan Arum yang sudah dimasukkan ke dalam pot besar ini juga ada beberapa bunga bangkai lain dengan siklus hidup yang berbeda. 

Ada yang masih umbi, ada yang berbentuk daun-daun, ada juga yang berbentuk tunas. 

bunga-bangkai

Di bagian yang cukup jauh dari tempat bunga bangkai ini juga ditemukan bunga bangkai lain, tepatnya di dekat rumah Joglo, nggak jauh dari Breezy Cafe. 

Untuk bunga-bunga bangkai lainnya ini memang belum diberikan pagar pembatas. Mungkin karena masih dalam fase belum menuju mekar dan ukurannya juga kecil. 

Meskipun demikian, sama seperti aturan untuk bunga Amorphophallus Titanum yang besar, bunga bangkai lainnya juga dilarang untuk disentuh, ya. Jadi cukup melihat dari jarak dekat saja. 

bunga-bangkai-raksasa-di-jakarta-escape


Harga Tiket Masuk

Tentunya ada tiket masuk yang diberlakukan jika kita ingin melihat Titan Arum di Jakarta Escape ini. 

Berikut harga tiket masuknya, ya:

Rp 75K : Melihat Titan Arum + Jelajah Hutan Bambu

Rp 50K : Melihat Titan Arum 

Saat ke sana Bubu juga sekaligus eksplorasi Hutan Bambu. Ada banyak jenis bambu yang terdapat di sana, seperti Bambu Kuning, Bambu Hitam, Bambu Papua, dan bambu lainnya. 

Selain itu juga ada beberapa hewan yang ada di kawasan Hutan Bambu Jakarta Escape, seperti gizelle, rusa, angsa, kuda Sumbawa, dan lainnya. Kita juga bisa, lho, memberi makan hewan-hewan tersebut. 

bunga-bangkai-raksasa-di-jakarta-escape

Gimana? Tertarik buat melihat dari dekat bunga bangkai raksasa Titan Arum???

Mekarnya bunga bangkai raksasa di Jakarta Escape termasuk kesempatan langka dan jarang terjadi. Bisa dibilang ini keajaiban alam yang luar biasa. 

Yuk, jangan lewatkan kesempatan ini untuk belajar dan melihat langsung tanaman langka dan unik ini, ya! Update terus perkembangan bunga bangkai raksasa Titan Arum ini di Instagram @jkt.escape, ya.


Bubu Dita

@rumikasjourney



Related Posts

0 komentar