Liburan Seru di Perpustakaan Anak Kota Bogor

by - July 07, 2024


Ada banyak cara untuk mengisi liburan sekolah tanpa perlu merogoh kantong dalam. Yap, salah satunya dengan mengajak anak-anak liburan ke perpustakaan! :D 

Nah, salah satu perpustakaan yang Bubu kunjungi bersama anak-anak saat liburan sekolah kali ini adalah Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. 

Di dalam Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor terdapat satu ruangan khusus perpustakaan untuk anak. Wah, asik banget, bisa liburan seru ke Bogor sambil nambah wawasan juga dengan baca di perpustakaan… :D 


Lokasi Perpustakaan Anak Kota Bogor

Pagi yang cerah menemani perjalanan Bubu dan anak-anak  menuju Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. Tentunya Bubu sudah menginfokan ke anak-anak rencana jalan-jalan di hari itu. 

Karena anak-anak seneng banget naik kereta, kami pun melakukan perjalanan dari Depok ke Bogor dengan KRL. Perjalanan dari Depok menggunakan kereta api cukup singkat, hanya sekitar 30-40 menit aja. 

Sesampainya di stasiun Bogor, kami pun melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. 

Yes, lokasi perpustakaan ini memang dekat sekali dengan Stasiun Bogor. Kurang lebih jaraknya 300 meter, jadi hanya butuh jalan kaki sekitar 5 menit dan sampailah Bubu dan anak-anak di gedung perpustakaan. 

Untuk lokasi persisnya ada di Jl. Kapten Muslihat No.21, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Jam bukanya setiap Selasa - Minggu 08.00 - 15.00, ya. Kalau hari Senin, hari libur nasional atau cuti bersama juga tidak buka. 




Nah, sebelum masuk ke dalam ruang Perpustakaan Anak Kota Bogor ini, kami mendaftar dulu sebagai tamu di bagian lobi. Karena Bubu bukan pemilik KTP Bogor, jadi nggak bisa mendaftar jadi anggota dan meminjam buku, ya. 

Untuk non anggota perpustakaan hanya bisa membaca di dalam gedung perpustakaan ini. 

Usai urusan administrasi yang singkat, Bubu dan anak-anak langsung menuju ruang perpustakaan anak. 

Di gedung ini Perpustakaan Anak Kota Bogor berada di lantai satu. Pintunya memang nggak besar. Bubu pikir pun ruangannya kecil, tapi begitu masuk, ya, lumayanlah hehe… :D Oiya, di bagian depan ruang perpustakaan anak terdapat rak sepatu, ya. Kita bisa sekalian mengajarkan anak untuk mengikuti aturan menaruh sepatu di luar dan merapikannya. 


Koleksi Buku dan Fasilitas  di Perpustakaan Anak Kota Bogor

Sesampainya di dalam perpustakaan anak ini, kami disambut dengan ruangan berwarna-warni yang ceria. Dominasi warna biru dan kuning cukup terasa di dalamnya. 

Suasana di perpustakaan anak ini juga cukup nyaman, petugas di dalamnya pun ramah. Jadi saat baru masuk ke dalam ruangan, ada dua petugas yang berjaga. 

Nah, karena Bubu dan anak-anak hanya membawa tas kecil jadi nggak diharuskan menitipkan tas di loker perpustakaan. Bubu bisa membawa tas kecil Bubu ke dalam sambil membaca buku. 

Rak-rak buku di Perpustakaan Anak Kota Bogor ini juga tertata rapi di sepanjang dinding, dengan ketinggian yang disesuaikan untuk anak-anak. Bubu suka, sih, rak bukunya juga bervariasi. 



Koleksi buku di sini juga boleh dibilang cukup lengkap, ya. Tapi memang ada baiknya Perpustakaan anak Kota Bogor menambah koleksi bukunya karena ada beberapa bagian rak buku yang terlihat kosong… :) 

Buku-buku di sini sepenglihatan Bubu terdiri dari buku cerita, buku pengetahuan, hingga komik. Yap, bahkan ada komik Tintin juga, lho. Wah, kalau itu sih buku favorit Bubu. Jadi bukan hanya anak-anak yang baca tapi Bubu juga jadi ikutan baca di perpustakaan anak ini. 

Kalau Boo membaca beberapa buku science, sedangkan Mika membaca majalah Bobo. 

Mika termasuk anak yang cepat bosan. Untungnya di Perpustakaan Anak Kota Bogor ini juga tersedia semacam tempat bermain. Jadilah Mika, si anak kinestetik ini bisa leluasa bergerak di area bermain itu.

 



Perpustakaan Anak Kota Bogor ini juga dilengkapi dengan beberapa tempat duduk dan meja. Pengunjung bisa memilih duduk lesehan di bawah atau duduk di kursi. 

Selain itu ada juga beberapa tempelan poster pengetahuan yang tertempel di dinding. Mika sempat memperhatikan poster bergambar peta untuk beberapa lama. 

Usai membaca dua sampai tiga buku, kami pun bergegas keluar dari ruangan perpustakaan. Setelah itu kami nggak berniat langsung pulang tapi kami menuju ke lantai atas untuk melihat Galeri Bumi Parawira. 

Nah, untuk ulasan Galeri Bumi Parawira Kota Bogor nanti Bubu tulis terpisah, ya. :D 


Bubu Dita 

@rumiaksjourney




Related Posts

0 komentar