Tante Thea Snoephuis, Restoran Autentik Belanda di Depok

by - July 07, 2024


Sekarang semakin banyak pilihan kuliner di Kota Depok, termasuk kuliner yang menyajikan menu autentik Belanda. 

Yap, beberapa waktu lalu, Bubu mengikuti walking tour dari Jakarta Good Guide dengan rute Depok Lama. Nah, salah satu destinasi yang Bubu kunjungi bersama peserta walking tour adalah sebuah restoran bernama Tante Thea Snoephuis. 

Seperti apa restorannya? Apa saja menu autentik Belanda yang ada di restoran ini? Dan di mana lokasinya? Yuk, simak tulisan Bubu tentang Tante Thea Snoephuis berikut ini… :)  


Suasana di Tante Thea Snoephuis

Siang itu panas cukup terik saat Bubu dan rombongan walking tour berjalan mengelilingi kawasan Depok Lama. 

Bagi Manteman yang nggak familiar dengan Depok, kawasan Depok Lama memang merupakan tempat yang dulunya menjadi pusat pemerintahan yang dipimpin orang Belanda saat masa penjajahan. 

Nah, di kawasan inilah pada akhirnya banyak bangunan peninggalan Belanda serta orang-orang keturunan Belanda.

Menelusuri kawasan Depok Lama sampailah kami di suatu rumah dengan halaman depan yang cukup besar. 

Ada mobil terparkir di depannya ketika Bubu dan teman-teman rombongan tiba. Di bagian atas rumah tampak logo dengan tulisan Tante Thea.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak, ya, kalau pemilik rumah yang dijadikan restoran ini adalah bernama Tante Thea.

Beberapa pernak Pernik khas Belanda sudah terlihat di bagian depan rumah. Dari mulai sepeda tua, bendera kecil Belanda, dan dekorasi lainnya.

Mulai memasuki rumah, Bubu langsung disambut oleh tempat memesan makanan serta beberapa kursi dan meja bagi tamu restoran.





Ruangan itu terlihat kecil dan sempit. Bubu pikir restoran ini hanya segitu aja, tapi ternyata pikiran Bubu salah besar 

Pengunjung restoran bisa masuk lagi ke bagian dalam rumah dan di situlah semakin banyak meja dan kursi yang disediakan untuk para tamu menikmati sajian makanan.

Asli, pas masuk ke bagian dalam restoran ini suasananya homey banget. Mungkin rasanya seperti ada di rumah nenek yang senang mengoleksi benda-benda antik di rumahnya… :)



Bukan hanya di bagian dalam tetapi ada juga meja dan kursi untuk pengunjung restoran di bagian luar rumah.

Cocok banget kalau ke restoran ini di sore hari, kita bisa duduk di bagian luar. Nah, tapi karena Bubu dan rombongan sampai saat siang, pilihan terbaik tentunya duduk di bagian dalam rumah… :) 



Nah, beruntungnya pas Bubu dan teman-teman walking tour sedang mengobrol sambil menikmati pesanan kami, tiba-tiba Tante Thea pemilik restoran dan rumah ini datang dan bergabung dengan kami. 

Seru banget, lho, ngobrol sama Tante Thea. Kalau Bubu sendiri menyapanya dengan Oma Thea… ;) Beliau bercerita tentang masa lalunya. Termasuk bagaimana beliau fasih berbahasa Sunda dan lancar berkomunikasi dengan orang-orang Indonesia.  




Menu di Tante Thea Snoephuis

Seperti yang sudah Bubu sebut sebelumnya kalau di Tante Thea Snoephuis ini menyajikan beberapa menu yang autentik Belanda. 

Menu-menu tersebut antara lain poffertjes, bitterballen, hingga sup brenebon. Nah, Bubu sendiri memesan makaroni schotel. Untuk rasanya, asli sih nggak diragukan lagi enaknya. Macaroni schotel yang disajikan terasa gurih. 



Selain itu Bubu juga sempat mencicipi sup brenebon atau sup kacang merah yang dipesan teman Bubu. Satu porsi sup brenebon disajikan dalam mangkok yang cukup besar. 

Tekstur sup brenebon di sini agak kental, dengan kacang yang sudah dihancurkan. Namun tetap ada tekstur kacang yang masih berbentuk kacang juga, sih, jadi nggak benar-benar hancur semuanya. 

Di dalam sup brenebon ini juga ada banyak potongan dagingnya, lho. Selain itu dilengkapi juga dengan sayuran wortel. 

Nah, sayangnya pas di sana Bubu nggak sempat mencoba bitterballen dan poffertjes-nya. Kayaknya kalau next ke Tante Thea Snoephuis lagi Bubu mau pesan kedua menu itu, deh. 

Oiya, untuk menu minumannya sendiri juga ada berbagai pilihan, ya, termasuk kopi. Asik, nih, kita bisa ngopi sambil santai juga di restoran khas Belanda ini. 



Lokasi Tante Thea Snoephuis

Boleh dibilang Tante Thea Snoephuis ini lokasinya hidden gem, lho. Restoran ini berada agak di bagian dalam kawasan Depok Lama. 

Namun kalau memakai Google Maps, Manteman bisa dengan mudah kok menemukannya. :D 


Berikut ini untuk alamat lengkap Tante Thea Snoephuis, ya: 

Jl. Sumurbatu Raya No.10, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431

Telepon: (021) 7522247


Jam Buka

Selasa - Sabtu 09.00 - 17.00

Khusus hari Minggu Tante Thea Snoephuis tutup karena jadwal melakukan ibadah. 


Gimana, tertarik nggak untuk nyobain langsung makan di restoran khas Belanda ini??? Yuk, langsung main ke Depok! :D 



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar