Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam (Bersama Balita)

by - April 28, 2017

Jogjakarta akan selalu ada di hati. Berkali-kali mengunjungi kota ini dari kecil rasanya enggak pernah bosan hingga kini. Jalan-jalan ke kota pelajar ini beberapa waktu lalu terasa lebih spesial karena saya mengunjunginya bersama Yaya Indro, Boo, dan Mika. Ini pertama kalinya buat kami sekeluarga bisa traveling di Jogja. Kami menghabiskan 3 hari 2 malam di sana. Dan itu tidaklah cukup! Hihi... Ya, ke Jogja rasanya memang tidak bisa hanya sekali saja. Makin lama makin banyak destinasi di Jogja yang menarik hati. Makanya saya dan Yaya pun sepakat kapan-kapan kami harus kembali lagi sekeluarga ke kota itu.

Nah, buat yang membawa balita traveling ke Jogja, saya buat itinerary-nya, nih. Tempat yang kami kunjungi cukup ramah anak dan lengkap dari mulai wisata alam, budaya, dan belanja. Awalnya saya sudah membuat rencana perjalanan jauh hari, namun banyak juga yang meleset karena situasi dan kondisi di lapangan... :D Dan akhirnya inilah itinerary kami selama 3 hari 2 malam di Jogja.

DAY 1
20.15 - 03.40
Perjalanan dari Stasiun Gambir Jakarta ke Stasiun Tugu Jogja

03.40 - 05.15
- Tiba di Stasiun Jogja
- Bertemu dan bertransaksi dengan penyewaan mobil
- Isi bensin

08.15 - 08.20
Melihat Pantai Depok

08.20 - 09.00
Perjalanan mencari losmen buat mandi dan bersih-bersih

09.00 - 09.45
Istirahat dan bersih-bersih diri di losmen

09.45 - 10.00

- Taman Pintar
- Tempo Gelato

Catatan:
Kami pilih perjalanan malam hari ke Jogja dari Jakarta karena anak-anak jadi bisa istirahat selama perjalanan. Risikonya sampai Jogja masih gelap, bahkan belum subuh. Nah, solusinya kita bisa sewa mobil dan janjian di stasiun sesuai jam kedatangan kereta. Ada biaya ekstra, sih, tapi enggak mahal. Pilih juga sewa mobil yang lepas kunci. Jadi, bisa kita pakai ke manapun yang kita mau selama 24 jam. Kalau ada yang mau info soal penyewaan mobil yang kami pakai, bisa langsung japri aja, ya. :)

Destinasi pertama kita pilih pantai. Tadinya mau ke pantai sore tapi akhirnya kami sepakat ke tempat wisata di selatan Jogja dari pagi hari sampai menunggu waktu check in di hotel. Saya rasa ini juga hal tepat yang kami lakukan. Pantai Selatan ternyata enggak kalah indah di pagi hari. Bahkan saya happy banget selama perjalanan ke selatan karena pemandangannya bagus dan tentu aja enggak macet.. :D Apalagi pas di gumuk pasir juga ketemu enggak sengaja sama saudara, Pakde Hairil, yang lagi survei tempat buat syuting... :D

Oiya, saya juga menyarankan setelah main pasir di pantai dan gumuk pasir, sebaiknya cari losmen untuk mandi dan bersih-bersih. Repot kau bawa dua anak balita dan mandi di pemandian umum yang disediakan di dekat pantai. Banyak losmen yang murah, kami dapat harga 35 ribu dengan kamar dan kamar mandi di dalam. Tapi sebelum deal, cek dulu deh kamar sama kamar mandinya. Yaya pas lagi mencari sempat ditawari harga 50 ribu tapi kamar mandinya jorok. Nah, kamar losmen yang kami dapat juga biasa banget tapi kamar mandinya cukup  bersihlah. :)

Pantai Parangtritis

Gumuk Pasir

Hutan Pinus Imogiri

DAY 2
07.00 - 08.00

Perjalanan ke hotel

12.00 -13.30
- Yaya sholat Jumat
- Bubu, Boo, dan Mika jalan dari hotel ke Superindo lewat jembatan Sayyidan. Dari superindo naik becak ke Wijilan beli Gudeg Yu Djum bawa pulang.

13.30 - 15.00
Makan siang dan istirahat di hotel

15.00 - 16.15
- Boo ke Taman Pintar lagi sama Yaya
- Mika tidur, jadi Bubu stay di hotel aja nemenin Mika

16.20 - 16. 40
Berenang (enggak lama karena tiba-tiba hujan deras)

16.40 -19.00
Istirahat di hotel, mandi, makan sore

19.00 - 21.15
Beli oleh-oleh di Bakpia Pathok 25
Isi angin ban mobil
Beli Sop Ayam Pak Man di Jl. Colombo (dekat UGM)
Beli Sushi Tei (Yaya tiba-tiba kangen sushi... Hadaaaah)

- Candi Prambanan
- Gudeg Yu Djum
- Taman Pintar (LAGI)
- Bakpia Pathok 25
- Sop Ayam Pak Man

Catatan:
Hari kedua di Jogja agak santai, nih. Meski ke berbagai destinasi tapi sempat juga leyeh-leyeh di hotel. Enaknya di Jogja gitu, dari kota ke berbagai tempat wisata enggak terlalu makan waktu. Pas buat keluarga yang traveling dengan membawa balita.

Candi Prambanan jadi destinasi utama hari kedua. Maaaak, tapi sampai di sana udah panas banget. Padahal sudah berangkat pagi, ya... :D Meski begitu, Boo dan Mika tetap menikmatinya apalagi di sana juga ada taman bermain anak. Boo bahkan sempat naik sampai bagian terbatas Candi Siwa, candi terbesar di Prambanan. Oiya, di Prambanan kami juga enggak sengaja ketemu teman SMA (Uci, Madi, serta anaknya Kami dan keluarganya) yang juga lagi jalan-jalan dari Depok... :D

Karena hari kedua ini hari Jumat, saat Yaya Indro sholat Jumat, saya, Boo, dan Mika jalan-jalan bertiga naik becak. Tujuan kami ke tempat sentra gudeg di Jalan Wijilan. Ongkir pp becak 35 ribu dari Superindo Sayyidan - Wijilan - Hotel DSenopati Malioboro. Seru, deh, naik becak di Jogja sama anak-anak... :D

Setelah itu, Boo enggak sabar pingin main ke Taman Pintar lagi naik kereta di wahana dinosaurus! Iya, padahal hari sebelumnya sudah, lho. Akhirnya cuma Yaya dan Boo yang jalan-jalan lagi. Saya dan Mika di hotel aja. Malamnya, kami cari makan di seputar UGM. Dan mampirlah kami di Sop Ayam Pak Man. Enaaaakkk, gurih, sedap sopnya deh. Mesti coba! Kalau Boo dan Mika suka banget sama sop cekernya. Banyak lagi isinya. :D Dan hari kedua ini diakhiri oleh Sushi Tei! Elaaah, jauh-jauh ke Jogja makan itu juga... LOL

Candi Prambanan

DAY 3
07.00 - 08.00
Mandi dan sarapan di hotel

08.00 - 10.00
Keliling Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Benteng Vredeburg

10.00 - 11.30
Beres-beres, makan siang, check out hotel

12.00 - 13.30

15.45 - 17.00
Perjalanan ke kota Jogja

17.00 - 19.00
- Leyeh-leyeh di mobil dan lobi hotel
- Makan malam di Miroso

- Museum Gunung Merapi
- Kaliurang

Catatan:
Enggak afdol rasanya ke Jogja tanpa ke Malioboro, kan. Apalagi enggak foto di nama jalan Malioboro yang ngehits itu... Hehehe... Kami pun pagi-pagi menikmati suasana Malioboro. Anak-anak masih rada ngantuk, jadi kakak di stroller, adik pun digendong. Lumayan juga jalan dari Mal Malioboro (tempat parkir mobil) sampai Benteng Vredeburg. Lumayan bikin pegel badaaan... :D

Karena harus check out siang dan kereta kami masih malam hari, kami pun jalan-jalan ke tempat yang agak jauh. Pilihan jatuh ke Kaliurang. Sempet pingin lava tour tapi kayaknya butuh waktu lebih lama dan lebih santai. Biayanya pun lumayan mahal juga. Jadi keinginan itu kami pending kalau nanti ke Jogja lagi. Akhirnya setelah check outbox kami ke Museum Gunung Merapi dan ke menara pandang. Sempet juga lewat Museum Ullen Sentalu yang kereeen itu. Tapi kami enggak masuk. Kenapa? Wediiiii aku bawa bocil-bocil ini. Hehehehe...

Setelah keliling Kaliurang kami sampai di kota masih sore hari. Sambil menunggu malam, kami sempat ke hotel lagi nunggu di lobi, leyeh-leyeh, ganti pakaian, sholat, dan makan malam di Miroso (chinese food) sebelah hotel. Enak deh makanannya... :D

Salah satu sudut Malioboro

Benteng Vredeburg

Museum Gunung Merapi

Kaliurang

------

Bagi saya dan Yaya, tiga hari dua malam di Jogja, ya, kurang bangetlah. Masih banyak tempat yang belum didatangi, masih banyak kuliner yang belum dicoba. Saya dapat banyak  rekomendasi tempat makan enak di Jogja dari beberapa orang teman, ya, tapi enggak sempat mencoba. Main ke Jogja memang enggak bisa sekali aja. Mesti berkali-kali... Hehehe... Modus... :D

Semoga itinerary ini bisa berguna untuk teman-teman yang mau ke Jogja, ya, terutama yang membawa anak balita... :D

Happy traveling!

-Bubu Dita-

*Note:

Waktu yang saya tulis di itinerary ini mungkin enggak semuanya pas tepat, ya. Ancer-ancernya ya jam segitu, lebih kurang beberapa menit aja paling, enggak terlalu beda jauh. Okkaaay... :D

Related Posts

35 komentar

1. Mau ke jogja lagi, blm pernah ke parangtritis, ke museum gunung merapi, kaliurang, Benteng vredeburg .. Ahh pengen liat wayang orang diprambanan, pengen ke candi boko lagi.
    Jogja memang istimewa ya mb dita,aku baru dua kali ke jogja.
    Boo sm mika anteng ya jalan2 jauh, anak2 pintaaar.. Kisa kiss

Replies
    1. Aku puuun pingin banget liat sendratari di Prambanan sama ke Ratu Boko ituuu.. Kmren pas ke Jogja gak sempet mba.. Emang mesti berkali2 ya ke Jogja hehe.. Makaciii tante Mude :D

Delete
  2. Wah asiknya.. gak salah itunya losmen di Yogya cuma 35 rb per malam? Ihiir murah banget. Jadi total budget berapaan Mbak?

Replies
    1. Iya mba di dkt Parangtritis 35 ribu tapi aku cuma numpang mandi aja sekeluarga.. Nah total budget kayaknya nanti mau aku tambahin updatenya mba Leyla :D

3. Mbak list budget jg donk :D
    Jdnya kmrn mobil sewa sama sopir apa setir sendiri? Eh Yogya rame gak long wiken kmrn?

Replies
    1. Hehe iya mbaa belum aku list budgetnya.. Nanti kutambahin ya.. Kmren itu jadinya setir sendiri mba.. Rame tapi gak macet2 amat kok mba.. :)

Delete
  4. Ta, itu bawahan yang lo pake foto di depan Benteng Vredeburg celana ya? cakep.

.: efi :.

Replies
    1. Yooaaaa, fi.. Celana gombrong gitu, gw pun suka bgt makenya hehe..

5. asik sekali ya mbak bisa berpergian bareng

ReplyDelete
  6. Tuh kan aku jadi pengen ke Jogja lahi setelah lihat foto-foto dan tulisan, mba Dita. Hihii

Replies
    1. Aku puuun kayaknya belom move on mba Alida hahaha..

Delete
  7. Sama mba, aku jg g prnh bosen ke jogja. Apalagi baru2 ini ada wisata 4WD di sana.. Gilaaa, bayangin aja aku lgs seneng, naik jeep nerabas hutan dan bisa sampe borobudur :D. Lumayan extreme kata temenku.. Makanya udh niat next k jogja harus bgt ngejajal itu :D. Anak2 memang ga bisa ikut sih jadinya.. Tp biasanya mereka ntr jalan2 ama eyangnya kalo aku dan suami wisata extreme begini :D

Replies
    1. Ya ampuuuuun aku pun juga pingin naik ituuu.. :D Emang mesti banget balik ke Jogja lagi ini sih.. :D

Delete
  8. Mbaaaak aku berencanaaa ke jogjaa jugaaa minggu depaan hehehe. . 😁😂 rinduu jogjaaaa. . 😂

1. Hihi iya mba, Jogja emang bikin kangen bangeeet... :D

Delete
  9. Ckckckck padat banget jadwalnya.. tapi dapet banyak lokasi wisata yang kunjungi (jadi terinpirasi) :)

Replies
    1. Yuk, ke Jogjaaaa.. Iya lumayan padat tapi sebenernya banyak istirahatnya juga kak.. Tergantung anak2.. :)

10. huwaaa aku kalaah deh sama si bayii :P
    aku kemarin ga sempet ke hutan pinus di Imogiri, pas long weekend takut kena macet :(( sedih bgt ihh

Replies
    1. Yaaah, next time pas ke Jogja lagi ke sana aja Mei.. Aku jg gak terlalu lama di sana, pingin juga ke sana lagi.. Hihi..

Delete
  11. Lagi yuk ..keren sama balita kemana2 gini. Aku nggak sanggup bubu... dan kmaren cuma kuliner. Padahal mau ke imogiri...sama lava tour tapi Ashika takut kelilipan :))

Replies
    1. Huaah aku juga pingin lava tour tapi gak sempet mba, jadi cuma ke Kaliurang aja.. Yuuukk, pingin ke Jogja lagiii :D

12. Wah ...losmennya murH bgt tu

Replies
    1. Iya murah ya, tapi kita cuma numpang bersih-bersih aja mas, enggak nginep..

Delete
  13. mbak, boleh minta kontak penginapan yg 35 ribu itu nggak? *wink* pas banget deh mampir ke sini...

Replies
    1. Maaaf baru reply. Aku enggak nyatet alamatnya mba. Tapi di dareah Parangtritis cukup banyak penginapan segitu tapi diliat-liat dulu ya mba.. :D

Delete
  14. Halo mba dita..boleh minta kontak sewa mobilnya?inshaAllah bulan depan mau ke jogja juga.kalo dpt info persewaan yg rekomen kan hati jadi tenang :D

ReplyDelete
  15. Halo mbk..salam kenaal, saya icha,rencana kami bulan agustus 2018 mau ke jogja, boleh minta no kontak sewa mobilnya? Email saya kartissa@gmail.com atau tirza_r@yahoo.com terima kasih

Replies
    1. Halo Mba Kartissa, saya sudah kirim email nomor kontak sewa mobil di Jogja yang waktu itu keluarga kami pakai ya.. :) Terima kasih sudah berkunjung je blog ini..

16. Ambu shillaJune 19, 2018

Haii..mba dita..salam kenal...sya ada rencana k jogja jg nih bln dpn..boleh minta kirim no kontak sewa mobil nya ke email ambushilla@gmail.com?mksh ya mva sblmnya..

Replies
    1. Halo mba, nomor kontaknya sudah saya kirim via email, ya.. :) Terima kasih sudah membaca blog ini.. :)

17. Halo mba.. Boleh di emailkan no hp rental mobilnya ke an_hrp@yahoo.com
    Terima kasih

ReplyDelete
  18. hai mba dita,,,boleh minta no hp rental mobilnya ke email ranikaesa@gmail.com
    Salam kenal ya mbaa

19. Sangat membantu.. 😍 terimakasih ba udah sharing. Kebetulan aku blm pernah ke Jogja, tp ada rencana akhir kesana akhir tahun ngajak anak umur 3th. Duh jd ga sabar mau sana. 😍

ReplyDelete
  20. Jogja memang istimewa... jalan-jalan bareng keluarga makin menyenangkan.

Oh iya, pembaca blog ini barangkali mau ke Jogja dan butuh info sewa mobil di Jogja bisa baca info di blog kami ya