7+ Wahana Dinosaurus di Indonesia

16 comments

Rooaaarrr... Suara Tyranosaurus Rex itu cukup bikin kaget! Tapi Boo dan Mika malah terlihat senang! :D Yes, kami sedang berada di wahana dinosaurus yang sangat disenangi mereka. Boo dan Mika memang penggila dino!


Cuuung, siapa yang anaknya suka banget sama dinosaurus? Bubu Dita heran juga, kenapa hewan purba tersebut bisa digilai anak-anak sedunia, termasuk anak-anak saya! Boo dan Mika malah enggak terlalu tertarik sama kucing atau kelinci yang imut itu. Hihihi...

Dinosaurus memang hewan yang menyimpan banyak cerita. Penemuan banyak fosilnya di seluruh dunia membuat banyak orang semakin ingin tahu keberadaannya di masa lalu. Dinosaurus begitu populer sampai-sampai dibuatlah beberapa film yang fenomenal, seperti Jurassic Park atau Jurassic World.

Sebelum Boo dan Mika suka dinosaurus, pengetahuan saya seputar dino memang cetek. Ya, paling taulah T-rex, Triceratops, Velociraptor, Brachiosaurus dan beberapa dino lain yang populer. Namun begitu Boo suka dino dan punya buku Dino-Pedia dan buku-buku dino lainnya, barulah saya tahu jika jenis dinosaurus itu gilaaaaaa banyak banget... BANGET!

Dari buku itu, Bubu Dita jadi tahu ada dinosaurus yang namanya YANGCHUANOSAURUS.  Dinosaurus macam apa ituuu? Haha... Dan ternyata masih banyak dinosaurus lain yang namanya asing dan “sedikit” aneh didengar. :D

Banyaknya anak-anak dan orang dewasa yang menyukai dinosaurus rasanya menjadikan hewan yang sudah punah jutaan tahun lalu ini membentuk budayanya sendiri. Selain film, banyak juga merchandise sampai games dengan dinosaurus sebagai bintangnya.

Nah, kali ini Bubu Dita mau membahas tentang wahana dinosaurus yang ternyata cukup banyak juga, lho, di Indonesia! Beberapa diantaranya sudah pernah kami eksplorasi. Dan ada juga yang belum dan sangat ingin kami (terutama Boo dan Mika) coba. :D



1
Petualangan Dinosaurus
Taman Legenda Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Ini dia tempat favorit anak-anak Bubu Dita! Boo bahkan sudah berkali-kali bermain ke wahana Petualangan Dinosaurus yang ada di Taman Legenda TMII, bertemu dengan T-Rex, Diplodocus, Parasaurolophus, dan dino lainnya.



Dinosaurus yang ada di dalam wahana tersebut dibuat seperti nyata, bisa bergerak dan bersuara. Tempatnya pun dibuat seperti di dalam hutan dengan banyak pohon di sekitarnya.  Pengunjung bisa melihatnya dari dekat dengan berjalan kaki mengelilingi wahana.

Eits, tapi meski bisa dilihat dari dekat tapi tetap dibatasi oleh pagar dan saya enggak mengizinkan Boo dan Mika untuk menyentuhnya. Di samping dino terdapat informasi mengenai dinosaurus yang bersangkutan. Informatif bangetlah.

Yang paling seru, setelah asyik melihat dinosaurus, anak-anak bisa bermain pasir dan menjadi arkeolog mencari fosil! Seruuuu... Tenang, ada toilet dan tempat untuk membersihkan badan yang cukup representatif, kok. Jangan lewatkan juga untuk melihat souvenir shop-nya. Bisa-bisa enggak tahan untuk membeli merchandise kece bergambar dinosaurus. :D

Bubu Dita juga seneng banget ada di wahana ini tapi sayang ada kekurangannya. Apa? Kurang banyak dinonyaaaaa... Jadi waktu mengelilingi wahana ini, tuh, rasanya sebentar banget! :D

Oiya, selain wahana Petualangan Dinosaurus, di Taman Legenda TMII juga ada wahana lain yang masih berhubungan dengan dinosaurus. Nah, wahana ini juga jadi favorit Boo dan Mika. Yak, namanya wahana Baby Dino.

Anak-anak bisa menunggang dinosaurus kesukaan mereka seperti Angkylosaurus atau Triceratops dan berputar mengikuti jalur yang ada di sana. Permainan akan selesai jika robot dino tersebut berhenti bergerak. Lumayan juga durasinya, sekitar 5-10 menit.

Jadi, mau pilih wahana yang mana? Kalau kami pasti akan masuk ke dua wahana itu jika berkunjung lagi ke Taman Legenda TMII.

HTM Taman Legenda: Rp 25.000,-
HTM Wahana Petualangan Dinosaurus: Rp 30.000,-
HTM Baby Dino: Rp 20.000,-

Baca Juga:   Taman Legenda Keong Mas TMII

   

2
Dino Park
Jawa Timur Park 3 Malang

Malang selalu menghadirkan tempat wisata baru dan keren. Enggak heran, deh, ya banyak banget wisatawan yang mampir ke kota tersebut.

Tempat wisata yang tergolong baru dan masuk list pertama saya jika ke Malang nanti adalah Dino Park! Yeaaayy, ini wahana dinosaurus yang pas saya lihat di Youtube ternyata cakep banget. Boo sama Mika aja sudah langsung nodong jalan-jalan ke sana pas melihat video itu bersama saya... :D

Dino Park merupakan bagian dari taman hiburan baru, Jatim Park 3. Di Dino Park yang seluas 6,5 hektar ini pengunjung bakal dimanjakan dengan banyaknya animatronik dinosaurus dan berbagai info yang edukatif. 

Terdapat wahana kereta yang akan mengantar kita untuk menjelajahi lima zaman, termasuk zaman dimana dinosaurus hidup. Durasinya sekitar 15 menit. Nah, keretanya ini yang saya lihat cukup besar. Katanya, sih, bisa menampung sampai 50 orang.

Selain dengan kereta, pengunjung juga bisa bertemu dinosaurus lebih dekat dengan berjalan kaki di taman dino. Ya, namanya juga Dino Park, yeh. :D Dan pas melihat video vlogger yang jalan-jalan ke sana, dinonya bisa dipegang, lho. Tamannya juga kelihatan bagus. Baru pula, kan.

Selain bertemu dino, kita juga bisa mengenal dino dari fosil-fosilnya. Ada beberapa fosil dino, seperti Angkylosaurus dan Apatosaurus yang ditampilkan di dalam museum. Tak hanya dino, ada juga tempat untuk melihat hewan prasejarah dan kehidupan di zaman es. Wiw, seru amat ini tempatnya!    
Bagi para pecinta dinosaurus (termasuk Boo dan Mika), wajiiiiib banget, nih, untuk mencoba wahana Dino Park di Jatim Park 3 ini. Bubu Dita aja sudah semangat banget pingin ke sana, pingin merasakan langsung sensasi di taman dinosaurus yang guedeee itu!

Di Jawa Timur Park 3, ternyata bukan cuma Dino Park saja kita bisa say hi ke dinosaurus. Masih di dalam tempat ini juga terdapat Dino Mall. Nah, di dalam mall bertema dinosaurus ini, pengunjung bisa merasakan bertemu dengan dinosaurus di wahana 6D Cinema Dino Invasion.

Maaak, 5D aja belum pernah nyoba, ini ada lagi yang 6D! :D Bubu Dita penasaran banget bakal senyata apa, ya. Bakal deg-degan parah enggak, ya? :D

Ada lagi satu wahana seru di Dino Mall,yaitu Jurassic Action. Di wahana ini, pengunjung akan berjalan di atas kereta dengan memakai kacamata 3D dan dilengkapi dengan senjata (bohongan)! Waktunya berburu dinosauruuuus. Seru..... Aslilah ini Jawa Timur Park 3 bikin mupeng parah. :D

HTM Dino Park: Rp 110.000,-
HTM 6D Cinema: Rp 20.000,-
HTM Jurassic Action: Rp 25.000,-
   

3
Taman Dinosaurus
Malang Night Paradise

Ingin merasakan bertemu dinosaurus dalam suasana romantis? Huahahaha... Eh, iya, bener, lho. Jika datang ke Malang Night Paradise, kita bisa melihat dinosaurus dalam bentuk animatronik berhiaskan cahaya lampu warna-warni!

Seperti namanya, tempat ini memang dibuka saat malam hari. Selain suasananya romatis, kita juga bisa akrab dengan dino karena tidak berjarak dan dinonya bisa dipegang. :D
Di dalam Taman Dinosaurus tidak hanya menampilkan dino semata, tapi juga ada science centre sebagai sarana edukasi keluarga. Ada juga permainan, seperti mengendarai dinosaurus dan menggali fosil.

Nah, yang seru, di dekat Taman Dinosaurus ini ada juga Taman lampion yang baguuus. Jadi saat ke Malang Night Paradise jangan lewatkan untuk menyambangi dua taman ini, yaa. :D

HTM Malang Night Paradise:
Weekday: Rp 35.000,-
Weekend: Rp 45.000,-

   
4
Dino Adventure
Taman Pintar Jogjakarta

Salah satu alasan kami sekeluarga berwisata ke Jogjakarta tahun lalu enggak lain dan enggak bukan adalah pingin ke Taman Pintar dan mencoba wahana Dino Adventure yang ada di sana! Hihihi...

Enggak tanggung-tanggung, Boo bahkan sampai dua kali mencobanya dan enggak ada kata bosan. Yes, dua hari berturut-turut Boo ke Taman Pintar. Hari pertama bersama kami sekeluarga dan hari kedua hanya bersama Yaya Indro.
   
Dino Adventure yang ada di Lantai 3 Gedung Kotak Taman Pintar memang jadi wahana yang menarik untuk dicoba, terutama bagi anak-anak. Setelah membayar di loket, pengunjung akan dipersilakan menaiki kereta. Petualangan dino pun dimulai!

Untuk anak-anak kayaknya, sih, bakal senang masuk wahana dinosaurus ini. Buktinya Boo sampai mau ke sana lagi. Tapi untuk orang dewasa, wahana ini rasanya biasa aja, sih. Hehehe...

Kereta berjalan lambat dengan beberapa dino yang akan menyambut di kedua sisi kereta. Ada tumbuhan dan pohon plastik dan yang menjuntai di atas. Tapi berasa artificial banget.

Memang di dalam ruangan wahana ini tidak terlalu terang, bahkan ada bagian terowongan yang gelap banget. Saya sempat tergidik juga. Tapi, di terowongan itu ternyata juga enggak ada apa-apa. Kirain bakal ada dino yang ngagetin. :D

Satu hal yang paling saya ingat saat mencoba wahana ini adalah suara dinonya yang cukup menggelegar. Walau bentuk dinonya juga enggak sebagus seperti di Taman Legenda TMII, tapi dinosaurus di Dino Adventure Taman Pintar juga animatronik yang bisa bergerak.

Sayangnya, jalur keretanya juga sangat pendek. Durasi untuk mencoba wahana ini paling hanya 3-5 menit. Aaaak, sebentar banget, kan. We want more-lah! :D

Nah, kalau masih mau wahana yang berbau dino di Taman Pintar, kita bisa menonton tayangan tentang dinosaurus di wahana Theatre 3D. Cek dulu jadwalnya karena ada film dengan tema selain dino.

HTM Taman Pintar:
Anak-anak: Rp 10.000,-
Dewasa: Rp 18.000,-

HTM Wahana Dino Adventure:
Anak-anak: Rp 20.000,-
Dewasa: Rp 25.000,-

HTM Wahana Theatre 3D:
Anak-anak: Rp 20.000,-
Dewasa: Rp 25.000,-


5
Safari Dino
JungleLand Sentul Bogor

Satu tempat di Bogor yang pingin banget Bubu Dita kunjungi adalah JungleLand. Hihihi... Sampai sekarang belum keturutan main ke sana sama anak-anak. Saya lihat di website-nya, ada sekitar 30 lebih wahana di theme park ini. Banyak, ya!

Nah, dari sekian banyak wahana itu ada wahana khusus dino juga, lho. Wahana ini hampir mirip seperti wahana dinosaurus di Taman Legenda TMII dengan konsep outdoor. Namun yang membuat Safari Dino lebih unik adalah pengunjung bisa bertemu para dino dengan menggunakan mobil jeep!

Waaaa, seru, nih. Alhasil jadinya pun enggak capek, ya. :D Dinosaurus yang bisa dilihat seperti Brachiosaurus dan T-rex. Tapi ada juga anaconda sampai replika bunga raflesia di sana. Tak hanya outdoor, ada pula bagian indoor yang dimasuki oleh mobil jeep tersebut. Jadi bisa merasakan dua sensasi sekaligus, ya...

HTM JungleLand:
Weekday: Rp 165.000,-
Weekend: Rp 220.000,-

   

6
Dino Hunter
World of Wonders Tangerang

Bubu Dita enggak menyangka di Tangerang ada taman bermain yang lengkap banget dan bertema dinosaurus! World of Wonder merupakan theme park yang dibuat oleh jaringan Jatim Park Group.

Di dalam theme park ini terdapat banyak wahana yang bisa dicoba oleh anak balita sekalipun. Nah, makanya Bubu dan Yaya enggak merasa rugi mengeluarkan kocek untuk menikmati tempat ini karena Boo dan Mika juga bisa bermain di hampir semua wahana.

Tema  dinosaurus memang langsung terasa saat sampai di gerbang depan World of Wonders. Ada beberapa replika patung dinosaurus besar di sana, seperti Therizinosaurus sampai Parasaurolophus.

Ada pula satu wahana khusus dinosaurus di sana yang tidak kami lewatkan untuk dicoba. Wahana tersebut bernama Dino Hunter. Berbeda seperti wahana lain yang hanya melihat penampakan dino saja, di wahana ini seperti namanya, kita memang akan berburu dinosaurus!
    

Saat itu hanya saya dan Boo yang mencoba permainan ini. Kami berdua duduk di kereta dengan senjata di tangan. Kami melewati lorong yang gelaaaap, sampai akhirnya ada sebuah layar besar dengan gambar dinosaurus yang menjadi sasaran tembak.

Wahana ini mestinya, sih, bisa seru. Tapi saya merasa enggak telalu worth it main di wahana dino ini. Selain durasinya yang sekejap mata, atraksinya juga hanya menembak dino saja. Kurang cocok kayaknya, ya, buat anak balita. Apalagi senjata saya juga sepertinya enggak berfungsi dengan baik. Jadilah pengalaman yang saya rasakan kurang seru. Hiks...


Nah, untungnya, ya, itu, di World of Wonders ini terdapat cukup banyak patung dino. Bahkan sampai ada yang di danau, lho, patungnya. Jadilah kami bisa berfoto bersama dino dan anak-anak  pun senang dibuatnya. :D

HTM World of Wonders: Rp 70.000,-
HTM Dino Hunter: Rp 15.000,-



Baca Juga: World of Wonders Tangerang
 


7
Kids City Transmart
(Depok, Cilandak, dll)

Gila, ya, invasi Transmart sekarang sudah ada di mana-mana. Perasaan setiap lihat iklan Transmart di tv, adaaaa aja Transmart yang baru buka di suatu kota.

Boo dan Mika baru mengunjungi dua Transmart, yaitu Transmart Depok dan Transmart Cilandak. Hasil kunjungan kedua anak balita ke sana adalaaaah..... mereka pingin ke sana terus buat lihat dino! :D

Ya, selain  sebagai pusat perbelanjaan, Transmart juga menyiapkan arena permainan untuk anak-anak. Di kedua Transmart yang kami kunjungi itu, konsep playground-nya bernama Kids City dengan adanya dinosaurus di kota itu.

Sebenarnya tidak ada wahana khusus dino, hanya saja ada beberapa patung dino sebagai hiasan di 1wahana permainan yang ada di sana. Ada juga animatronik kecil yang bisa disentuh. Lucu, sih, kayak bayi dinosaurus. :D

Anak-anak kayaknya cukup menikmatinya walau cuma “gitu doang”. Apalagi Pteranodon yang tergantung di langit-langit langsung membuat mata mereka berbinar-binar. :D







----------
So, mau main ke wahana dinosaurus yang mana, nih, Manteman Rumika? Ada yang punya info tentang wahana dinosaurus lainnya yang seru dan keren? Yuks, bisa share di komentar... :D





-Bubu Dita-

                                           

16 comments

  1. Jatim Park 3 itu baru dibuka
    aku aja belum ke sana
    penasaran gimana dinonya
    di transmart juga banyak mbak buat yang suka indoor ya

    ReplyDelete
  2. Wah cocok nih buat jalan" dan pengetahuan anak-anak :D hehe
    Tempatnya juga sudah banyak ya gak cuma di TMII

    ReplyDelete
  3. Nice info bubu dita, abang juga suka banget sama dino udah gak keitung udah berapa kali nonton jurasic world gak ada bosennya dan kalo ditanya cita2 jawabnya arkeolog hahaa..abang baru coba yang no.1 next harus coba yang lain niih..kapan2 main bareng yuk boo & mika sama abang airlangga

    ReplyDelete
  4. Eh, di jungleland di mananya yaaaa. 2 minggu lalu aku baru dari sana soalnya ... tau gitu aku ke bagian dino nya juga, krn anak2 seneng ama dino mba :D.

    dulu aku tertarik juga baca sejarah dino... kdg ngayal, gimana sih zaman saat dino itu masih ada.. seseram apa yg sebenernya, dan kenapa mereka bisa punah gitu.. denger2 kan krn letusan gunung api yg dahsyat yaa.. ga kebayang aja sedahyat apa sampe binatang sebesar dino bisa punah semua

    ReplyDelete
  5. Thanks infonya, teh Dita. Kebetulan ponakan aku suka sama Dino. Bisa nih direkomendasikan ke emaknya.

    ReplyDelete
  6. Wah asyik banget nih infonya.
    Dulu Fathir sempet tergila-gila banget ama dinosaurus dan hapal nama-namanya,tapi kayaknya masa2 itu udah lewat, anaknya sekarang lagi seneng mainan minecraft huhuhu..

    ReplyDelete
  7. Anakku juga suka banget dino, apalagi anak kita laki dua2nya ya, pasti deh perabot sama mainan serba dino2an. Hehe.

    ReplyDelete
  8. Ya Ampun mba Dita udah keliling nih di berbagai wahana dinosaurus di Indonesia. Aku baru sekali doang pas di Sentul Jungle land, mba.

    ReplyDelete
  9. Transmart Cilandak juga ada, aku pengen yang di Sentul tapi kayaknya Pendar bakal jejeritan

    ReplyDelete
  10. Pengen yang di taman mini...tapi belum kesampaian juga..

    ReplyDelete
  11. Anakku sampai hapal nama dn jenisnya mba,, dn koleksi miniatur yg dr plastik, tp blum sempet aku ajak ke taman dinosaurus

    ReplyDelete
  12. huaa.. koq belum ada satupun yang pernah ku datangin, mesti cari cara dan jadwal nih buat ke taman2 Dino ini

    ReplyDelete
  13. Halo bubu Dita... anak bungsuku demen dinosaurus sampe punya mainan2nya. Tapi belum pernah hangout liat si Dino...kpn2 mau ah jalan2 ke TMII dll biar seneng hehe tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru lihat Dino di Jungleland aja. Ternyata banyak ya di tempat lain.

      Delete
  14. Yg paling murah dan dekat no 1 di TMII yaaaa. Pengen bawa anak2 ke sana deh dalam waktu deket, pasti seneng banget. Tengkyu infonya mbak. Yg no 7 belum pernah samsek ksana hahaha, mau coba juga ah kapan2. Dulu pas msh di depok males ke sana soalnya males rame org, pas zaman boomingnya :D

    ReplyDelete
  15. Wah kebetulan pas anak lagi demen2nya soal dinosaurus
    tapi yang di Jatim park 3 kok rasanya 2016 lalu gak ketemu ya pas kesana

    ReplyDelete