SOCIAL MEDIA

Saturday, October 12, 2019

Rekomendasi 7 Hotel Bintang 5 di Yogyakarta. Ada yang “’Sejengkal” dari Malioboro, Lho!

hotel-dekat-malioboro-yogyakarta


Saat lagi scroll Instagram sebelum tidur, Bubu Dita terpaku sama postingan seorang teman. “Ah, senangnya dia lagi liburan ke Yogyakarta!” Saya pun jadi mengingat-ingat kembali kapan terakhir kali saya mengunjungi Kota Gudeg itu.

Waw, ternyata sudah dua tahun lalu kali terakhir Bubu Dita bersama Yaya Indro, Boo, dan Mika ke Yogya. Bahkan ketika itu kami masih membawa stroller! Hihi... Jika saat ini liburan lagi, rasanya beban agak terangkat karena nggak butuh lagi bawa stroller buat anak-anak... :D


Saya ingat banget setelah liburan ke sana, bersama Yaya Indro kami bahkan sudah merencanakan akan mengajak anak-anak lagi ke Yogya. Misi kami menjelajah pantai di kawasan Gunung Kidul yang indahnya nggak ketulungan!

Perpaduan antara pasir putih dan tebing tinggi patut untuk dilihat secara langsung. Pantai Indrayati, Pantai Siung, Pantai sadeng, Pantai Wediombo, dan Pantai Ngobaran hanya segelintir pantai di Gunungkidul yang bisa dieksplorasi. Masih banyak pantai lainnya yang juga nggak kalah cantiknya.

Ketika terakhir kali ke Yogya, anak-anak hanya bermain di beberapa wisata alam, seperti Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir Parangkusumo, dan Hutan Pinus Mangunan Bantul. Karena itu, ingin rasanya menjelajah deretan pantai di Gunungkidul yang selalu diminati oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.


Baca Juga: Budget Traveling ke Yogyakarta Bersama Dua Balita


Tapi, tentu saja berlibur ke Yogyakarta rasanya juga nggak lengkap kalau nggak menjelajah pusat kotanya sendiri. Malioboro dan Pasar Beringharjo seperti jadi destinasi wajib tiap kali Bubu Dita ke Yogyakarta, bahkan sejak Bubu Dita masih kecil dulu ketika liburan sama keluarga.

Siapa yang menolak buat makan makanan enak di Yogya? Dari makanan tradisional sampai modern yang lagi hits, seperti gelato hingga kopi kekinian ada semua di kota Yogya.

Nah, makanya, nih, kayaknya butuh waktu liburan yang lebih lama di Yogya jika ingin menikmati wisata alam sekaligus wiata budaya, kuliner, dan belanja. Seminggu kira-kira cukup nggak? :D

Untuk merasakan liburan yang lebih nyaman, pilihan akomodasi tentu bisa memengaruhi. Apalagi bagi Manteman Rumika yang tipe liburannya ala “koper” ^ ^. Mirip, nih, seperti Yaya Indro yang punya motto “liburan harus rileks, jangan ribet!” hehe...

Jika ingin liburan sekaligus merasakan nikmatnya menginap di hotel, langsung aja pilih hotel bintang lima. Hotel bintang lima pastinya memiliki fasilitas yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan hotel berbintang dibawahnya. Apalagi ketika menginap bersama anak-anak, pasti, deh, fasilitas kolam renang ada di urutan prioritas. Dan hotel bintang lima tentu saja menyediakan fasilitas tersebut.

Bukan hanya itu, fasilitas fitness, gym, spa, parkir khusus, wifi, minibar, dan lainnya juga disediakan pihak hotel. Ada standar khusus terkait fasilitas sehingga sebuah hotel bisa mendapatkan bintang lima.

Tapi tentu saja jika ingin merasakan kenyaman menginap di hotel bintang lima sesuaikan juga dengan budget liburan, ya. Jangan sampai usai liburan malah tekor. Karena ada rupa, ada biaya. Ada fasilitas super lengkap, tentu saja rate per malamnya pun tidak bisa dibilang murah.

Nah, di Yogyakarta ada beberapa pilihan hotel bintang lima yang Bubu Dita temukan di Traveloka. Bahkan ada juga yang jaraknya dekat dengan Malioboro! Apa saja hotel bintang lima di Yogyakarta yang bisa Manteman pilih? 


Hotel Tentrem

hotel-tenterm-hotel-bintang-5-di-yogyakarta
Dok. Hotel Tentrem

Hotel ini mendapat tanggapan yang positif banget, lho. Di Traveloka aja mendapat poin 9,1. Wiiiw... diatas 9! Hotel ini bahkan tahun lalu mendapat predikat "Traveloka Hotel Award Winner: Best Overall". Sebagus apa, sih, Hotel Tentrem yang ada di kawasan Jetis, Yogyakarta ini?

Dari review pengunjung yang pernah menginap di tempat ini, service yang diberikan oleh para staf ternyata kunci yang merebut hati mereka. Pelayanan bintang lima yang ramah dan menomorsatukan tamu dilengkapi dengan fasilitas lengkap pasti bikin liburan di Yogyakarta makin berkesan jika menginap di sini.

Jaraknya dari Stasiun Tugu juga nggak sampai 2 km. Dekat kemana-mana, kan. Hotel Tentrem juga termasuk hotel dekat Malioboro, lho. Cuma 10 menit berkendara sudah sampai. Jadi jangan lewatkan untuk belanja di sana, ya.

Playground anaknya pun juga niat banget! Luas dan banyak permainannya. Tak hanya itu, menu breakfast sangat variatif, bahkan ada ice cream rasa tolak angin! Mau coba?

Kamarnya pun luaaaassss. Manteman bisa merasakan kamar tipe executive suite king seluas 105 m2 dengan rate 4 jutaan/malam!


Eastparc Hotel

hotel-eastparc-hotel-bintang-5-di-yogyakarta

Hotel ini sepertinya lagi jadi highlight para traveller, deh. Soalnya Bubu Dita sering banget lihat di IG yang menginap di hotel ini.

Setelah mengintip seperti apa hotelnya, Bubu Dita pun jadi nggak penasaran lagi kenapa banyak yang menginap di sana. Bagi yang berlibur ke Yogyakarta bersama anak-anak, Eastparc bisa jadi pilihan utama, apalagi jika anak-anak suka berenang.

Bukan hanya kolam renang biasa tapi juga dilengkapi dengan water slider yang melingkar dan lurus. Playground di area outdoor pun didesain sangat menarik dan warna-warni. Di dalam hotel pun juga ada playground-nya. Mantap, kan. Tapi yang paling istimewa menurut Bubu Dita adalah ada kids movie! Ini semacam bioskop mini yang bisa dipakai untuk menonton fim bersama anak-anak. Wow!

Berbagai kegiatan, seperti berkuda sampai melihat berbagai binatang di mini zoo juga bisa dilakukan di sini. Anak-anak bakal happy berat ya jika diajak menghabiskan satu malam di Eastparc.

Kebersihan dan service pun sangat diutamakan sehingga para pengunjung banyak yang merasa puas ketika menginap di Eastparc.


Hotel Royal Ambarrukmo

hotel-royal-ambarrukmo-hotel-bintang-5-di-yogyakarta
Dok. Traveloka

Mau menginap di hotel yang lebih dekal lagi dengan mal? Ya, Hotel Ambarukmo jawabannya... :D Hanya jalan kaki sekitar 200 meter, Manteman Rumika bisa langsung, deh, makan di berbagai gerai fastfood atau belanja oleh-oleh.

Ada taman luas dengan dua kolam renang di hotel ini. Fasilitas indoor playground-nya juga niat. Besar dan banyak mainannya, termasuk Lego! Berbagai aktivitas, seperti memanah hingga membatik pun disiapkan oleh pihak hotel agar pengunjung semakin betah. Hotel ini juga kaya akan nilai budaya.

Meski termasuk hotel lama, tapi Royal Ambarrukmo sangat bersaing dengan hotel baru di Yogyakarta, apalagi setelah mengalami renovasi.


Lafayette Boutique Hotel

lafayette-boutique-hotel-bintang-5-di-yogyakarta
Dok. Traveloka

Menghabiskan malam di kamar Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta mungkin seperti tidak ada bedanya saat berada di Perancis. Desain kamar dan hotelnya memang mengusung konsep ala Eropa klasik. Bisa dibilang hotel ini cocok bangetlah buat Manteman Rumika yang mau honeymoon atau merayakan wedding anniversary.

Kesan elegan dan mewah memang bisa langsung kita rasakan begitu memasuki lobinya yang cukup luas. Cukup banyak spot instagramable juga di hotel yang berada di kawasan Depok ini. Dan jangan lewatkan free afternoon drink  yang disiapkan pihak hotel. Jika ingin berenang, ada swimming pool dengan view yang memesona.

Menginap di kamar tipe Premier King dengan sarapan, Manteman Rumika harus merogoh rekening dulu seharga Rp 1,5 juta per malam.


Baca Juga: Gumuk Pasir Parangkusumo, Fenomena Alam Unik dengan Berbagai Aktivitas Seru

Hyatt Regency

hyatt-regency-hotel-bintang-5-di-yogyakarta
Dok. Traveloka

Suasana alam nan asri ditawarkan oleh Hyatt Regency untuk membantu menjernihkan rasa penat Manteman Rumika saat ada urusan bisnis atau lelah jalan-jalan keliling Yogya. Area outdoor sepertinya memang menjadi keunggulan hotel bintang lima ini.

Di bagian luar Hyatt Regency, anak-anak bisa bebas bermain bahkan memancing ikan. Ada beberapa saung dan bangunan replika candi yang menambah nilai estetiknya.

Bubu Dita rekomendasikan saat reservasi, mintalah kamar  yang menghadap swimming pool dan Gunung Merapi. Begitu pagi bangun tidur membuka jendela, wah, rasanya langsung segar seketika!


Grand Aston Yogyakarta Hotel & Convention 

grand-aston-hotel-bintang-5-di-yogyakarta
Dok. Traveloka

Hotel yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo, Gondokusuman ini hanya berjarak 300-an meter saja dari Galeria Mall Yogyakarta. Lokasi strategis dengan standar pelayanan bintang lima. Desain kamar pun elegan. Fasilitas juga lengkap, seperti kolam renang, spa, fitness centre, dan lainnya.

Grand Aston Yogyakarta sangat cocok untuk Manteman Rumika yang sedang dalam perjalanan bisnis atau gathering perusahaan dan berbulan madu. Untuk rate kamar termurah ada di kisaran Rp 1,2 juta per malam sudah termasuk sarapan.


Jambuluwuk Malioboro Hotel

jambuluwuk-malioboro-hotel-bintang-5-di-yogyakarta
Dok. Traveloka

Hotel dekat Malioboro lainnya yang juga berstandar bintang lima adalah Jambuluwuk. Jaraknya cukup dekat dengan Benteng Vredeburg dan Pasar Beringharjo.

Aroma suasana Jawa yang kental langsung terasa saat kita berada di lobinya dengan hiasan wayang kulit dan gamelan. Sarapannya pun ada yang menyajikan menu angkringan.

Menikmati sore di pinggir kolam renangnya yang berbentuk unik bisa dilakukan. Tersedia juga indoor kids playground sehingga cocok untuk menginap di sini bersama keluarga.

Rate kamarnya sendiri juga lebih terjangkau jika dibanding hotel bintang lima lainnya. Tipe kamar deluxe tanpa breakfast Rp600 ribuan per malam. Lumayan, kan.


Cara Termudah Memilih Hotel Bintang 5 di Yogyakarta

Untuk mendapat informasi soal hotel bintang lima di Yogyakarta ternyata mudaaaah banget! Bubu Dita coba mencarinya di aplikasi Traveloka. Tinggal pilih destinasi kota, tanggal menginap, dan pilih akomodasi bintang lima.


hotel-bintang-lima-di-yogyakarta-traveloka
Tinggal pilih filter bintang 5!


hotel-bintang-lima-di-yogyakarta-traveloka
Banyak pilihan hotel bintang 5 yang akan tampil di layar. 

Setelah itu langsunglah keluar semua hotel bintang lima yang bisa dipilih. Karena informasinya juga lengkap, termasuk gambar dan review dari tamu jadi bisa semakin yakin saat akan memilih hotel di Traveloka.

Nggak hanya hotel di Yogya aja, ya, tapi kemudahan memilih hotel bintang lima di Traveloka pun bisa untuk seluruh Indonesia, bahkan di berbagai kota di luar negeri. Manteman sudah pernah mencoba belum menginap di hotel bintang lima? Boleh, dong, share pengalamannya di komentar, ya... :D

Happy traveling, Manteman Rumika tersayaaaang... :*



-Bubu Dita-



40 comments :

  1. Akoooooh pend nyobain hotelnya bpk sidomuncul alias pa irwan hidayat, yaitu nomer hiji hitel tentreeem
    Tp kan ke jogjanyo ya, hihi
    Aku ngeliat byk review hotel tentrem breakfasnya banyaaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi yang paling menyenangkan dari hotel slaah satunya itu ya mba, sarapannya bikin segeeeer hihihi

      Delete
  2. Bubu.. 7 hotel bintang 5 diatas aku belum satupun menginap disana lho hehe.. yang sudah di Alana selebihnya memang buan bintang 5 lima sih.. bintang 3 dan instagramable hehe.. nah soal booking hotel biasanya suami aku nih.. sepertinya pakai traveloka juga deh bu.. suka kasih rekomendasi hotel dan tempat wisata juga disekitar hotel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya betul ada tempat makan apa yang deket hotel juga ada infonya mba Elly.. Aku pun pingiiiin nginep di hotel bintang lima gini.. :)

      Delete
  3. Alamaaaakkk bubu hotel-hotelnya cakep bener. Trus lokasinya juga mudah di akses. Yogyakarta emang surganya banyak tempat menginap bagus ya. Aih mau mencoba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa, udah paling bingung kalo ke Yogya soalnya pilihan tempat nginapnya banyak dan bagus-bagus.. Untung ada fitur filter di Traveloka jadi bisa pilih yang sesuai keinginan dan budget..

      Delete
  4. Sudah berapa purnama enggak ke Jogja, ahahaha.
    Padahal Jogja itu tempat mainku di masa lalu, ciee
    Asek tuh bisa pesen hotel via Traveloka experience. Besok cobain deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuukkss, Mba Tite ke Yogya lagiii.. Aku juga mau bikin planning ke sana lagi semoga bisa kesampaian tahun depan.. :D

      Delete
  5. Waah, jadi pengen juga nginap di hotel bintang lima. Pasti jadi momen membahagiakan banget yaa. Apalagi kl kesana berdua suami, jadi honney moon terindah 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iihiiyyy Uhuuyyyy.. Aku juga mau dong honeymoon lagiii.. hihi

      Delete
  6. Pernah tuh tadinya aku sekeluarga mau nginep di Jambuluwuk tapi ga jadi hahaha mayan soalnya kalau pesan 2 kamar. Tapi emang cocok sih ada harga ada rupa ya hotel2 yang disebutkan bubu Dita di atas. Yang sejengkal2 itu yg banyak dicari. Wong tinggal jalan kaki ke Malioboro. AH jadi mau makan wedang dan sate ayam yang 20K an haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa harga sebanding dengan fasilitas pastinya yaaa.. Tapi kalo ada budget kayaknya nggak bakal nyesel milih hotel bintang lima ya.. Aaah Aku jadi kangen juga kulineran di Yogyaaa..

      Delete
  7. jd binguuuung mau cobain yg manaaaa hahahha... kecuali yg tentrem, dulu pernah outing kantor ke jogja, nginepnya di hotel itu :D. emang cakeeeppp, sebanding ama harga. sayang wkt itu acara kantor, padahal klo anak2 ikut, pasti happy mereka liat segala macam fasilitas anaknya :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaahh senangnya outing kantor nginap di Tentrem.. :D Next time liburan keluarga ke Yogya nginep di sana lagi aja mbaa, atau hotel lain yang aku tulis di atas juga kece-kece.. :D

      Delete
  8. Wow pilihan hotel Bubu mantep banget lho, haha jadi pengen nyobain bobo syantik di sana, aku ke Jogja 2 tahun lalu nih, belum ke sana lagi

    ReplyDelete
  9. Tentrem emang kece. Kalau Hyatt deket banget dari rumahku. Rumahku belakang Hyatt mbak. Hehe. Lapangan golf nya luas

    ReplyDelete
  10. Gils ada hotelnya yang ditempatin David Beckham nih. seru banget yang kalau bisa menginap disalah satu hotel meeeuuuwwwaah banget ini. yuk akh pesen cus

    ReplyDelete
  11. Kayaknya hotelnya itu yang ratenya lumayan2 ya mbak hihihi. Tapi ya pantes lha wong bintang lima dan ngesot ke Malioboo haha. Hotek Tentrem itu bikin aku jd kepoh kok sampai dapat penghargaan itu, mau kepoin ah di situs yang kasi penghargaan hehe

    ReplyDelete
  12. Oiya nih.. ade banyak baca soal hotel eastparc yg bs ajak anak2 berkuda. Enak kali ya berlibur di 1 tempat itu aja. Xixixi..

    ReplyDelete
  13. Wahhh semuanya keren-keren banget mbak. Hyatt Regency menjadi yang paling kami suka dari daftar tersebut.

    ReplyDelete
  14. Dari daftar di atas penasaran sama Hotel Tentrem. Belum pernah soalnya. Akhir2 ini kalau ke Jogja nyarinya Hostel kalau sendirian. Boleh juga sekali2 bintang Lima an

    ReplyDelete
  15. Kemaren beli di Traveloka Epic dapet Jambuluwuk seharga 200ribu aja. Traveloka cihuy banget deh....

    ReplyDelete
  16. wah ini hotelnya emang bagus2 semuany he... he...
    pernah diceritain teman yang acara kantornya pake Tentrem dan Jambuluwuk
    jadi mupeng sih pengen nginap di situ

    ReplyDelete
  17. Kok jadi pengen yang hotel eastparc ya, karena bisa berkuda dan fasilitas kolam renangnya yang aduhai. Dua kegiatan yang disukai sama anak. Tapi harus betul2 nabung dulu nih. Hehe

    ReplyDelete
  18. Wah, eneran nih berasa kayak di Perancis kalo nginap di Lafayette? Mau dong ada rezeki mah ngeluarin kocek 1,5 jeti permalam hahaha :D Sesekali manjain diri bersama keluarga. Kalau Hotel Tenterem enak juga ya cozy gitu :) Ini lebih terjangkau dan sama sih deket2 bener ke Malioboro kedip aja nyampe hehehe. TFS, bubu DIta.

    ReplyDelete
  19. Buat yang suka eksplor kota: Hotel Tentrem dan Jambuluwuk.
    Buat yang deket bandara Adi Sucipto: Eastparc, Royal Ambarukmo, dan Grand Aston.
    Buat yang mau view Gunung Merapi: Hyatt Regency dan Lafayette Boutique Hotel.

    ReplyDelete
  20. Wii.. Mantep inih hotel hotelnya. Yogyakarta emang selalu ngangenin yaa, tambah puas deh ini kalo je Yogya nginepnya di salah satu hotel ini 😃

    ReplyDelete
  21. Wah bermanfaat banget neh mbak dita. Kebetulan mau ke yogya akhir tahun ini.

    ReplyDelete
  22. Bisa nih list hotelnya di bookmark deh. Bintang 5 pula, pasti nyaman banget dan fasilitasnya lengkap. Aku memang langganan sih pakai Traveloka, OTA paling lengkap menurutku...Trims sharingnya...

    ReplyDelete
  23. Hotel Tentrem Jogja..memang manteeeb.. Duh jadi kangen ke Jogja lagi..

    ReplyDelete
  24. Jambuluwuk Malioboro Hotel kayaknya adem banget yah view sama hotel nya

    ReplyDelete
  25. Aku penasaran nginap di Hotel Tentrem, karena dengar semua testimoninya sih bagus. Ternyata ratingnya 9 lebih ya, pantes aja kalo disukai traveler.

    ReplyDelete
  26. Aku belum pernah nyobain hotel hotel di atas Mbak di Jogja. Soalnya nenekku rumahnya Magelang. Jadi kalau main ke Jogja ya pulang nginap di Magelang.

    Pernah sekali sih nginap di Jogja di apartemen Matraman city punya om sebelah Hotel Alana kalau gak salah.

    ReplyDelete
  27. Dari daftar di atas, yang pernah saya coba hanyalah Jambuluwuk, itupun karena outing kantor.
    Harus kerja lebih giat nih biar bisa menginap di hotel bintang 5 kalau main lagi ke Jogja

    ReplyDelete
  28. Dari dulu penasaran sama Hotel Tentrem
    Banyak banget baca review yang rekomendasiin hotel yang satu ini
    Semoga suatu hari nanti bisa nginep di sana

    ReplyDelete
  29. Rekomendasi hotelnya kece2 semuaaa.
    Catet ah buat inspirasi staycation di Jogja besok.

    ReplyDelete
  30. Hotel nya mewah-mewah tapi saya klo ke Jogja dominan di penginapan low budget, maklum biasa backpacker an jadj dana suka ngepas. Hehehehe

    Kawasan gunung kidul Jogja itu emang cakep banget,seru pasti klo berlibur bareng keluarga disana

    ReplyDelete
  31. Duh duh hotelnya cantik bener ya, penasaran pengen menginap di Jambu Luwuk atau Tentrem, skornya tinggi pisan ya...

    ReplyDelete
  32. Huhu rasanya pengen langsung packing cuzzz ke Jogja hehe.. Penasaran sama hotel Tentrem nih.. namanya kan Jawa banget..

    ReplyDelete
  33. Fix... Ini bisa jadi rekomendasi terbaik klo ke Jogjakarta. Izin simpen link ini ya mbak. Kayanya aku lebih prepare ke hotel Tentrem. Akses lokasinya strategis kemana-mana.

    ReplyDelete