SOCIAL MEDIA

Tuesday, September 24, 2019

Bersenang-senang Seharian di Dunia Kartun Dufan. Hal Menarik Apa Saja yang Ada di Sana?

gerbang-baru-dufan-dunia-kartun-dufan

Deretan bangunan berwarna pastel dengan bentuknya yang menggemaskan menyambut saya, keluarga, dan teman-teman blogger saat memasuki kawasan wahana baru di Dunia Fantasi (Dufan), Ancol. Ya, Dunia Kartun, atraksi baru dengan berbagai wahana di dalamnya yang baru saja di buka pertengahan tahun ini, kini menjadi salah satu tempat favorit pengunjung Dufan.


Bukan sekedar hanya bisa berfoto di beberapa spotnya yang memang instagramable, tapi juga dapat menikmati wahana, terutama bagi pengunjung yang membawa anak kecil. Dengan kehadiran Dunia Kartun, kini tidak perlu risau lagi karena merasa rugi saat membawa anak-anak ke Dufan. Di Dunia Kartun ada beberapa wahana yang bisa dieksplorasi oleh anak dengan tinggi badan 100 cm saja!

Saya dan Yaya Indro sudah beberapa kali mengajak Boo dan Mika ke Ancol. Tapi memang belum pernah sekali pun berniat ke Dufan. Anggapan “sayang, ah, bawa anak-anak ke Dufan, belum banyak yang bisa dicoba sama mereka,” pasti juga jadi anggapan banyak orang tua lainnya. Iya, kan? Hehe...

Nah, karena itulah begitu tahu di Dufan ada kawasan Dunia Kartun yang kebanyakan wahananya diperuntukan buat anak-anak, ini rasanya langsung menjawab keengganan Bubu Dita untuk mengajak Boo dan Mika buat main di Dufan. Kini, Dufan menjadi lebih ramah anak. Semua anggota keluarga bisa sama-sama merasakan serunya bermain di Dufan. Yeaaay! :D


WAHANA SERU DI DUNIA KARTUN, BIKIN NGGAK MAU PULANG!

Bubu Dita, Yaya indro, Boo, dan Mika semangat banget buat main seru-seruan di Dufan setelah mendapat undangan Dufan Blogger Day 2019 pada 21 September 2019. Rasanya memang sudah lama banget Bubu Dita nggak menjejakkan kaki di Dufan. Sampai ribuan purnamalah! :D

Makanya begitu memasuki area Dufan dengan pintu masuknya yang baru, Bubu Dita langsung merasa amazed. “Wuuiihhh guedeeee banget, luas, lega!” Boo dan Mika pun langsung lari-larian di sana. Yap, Dufan kini memang beda banget sama Dufan dulu.

main-di-dunia-kartun-dufan


Jam buka pukul 10 pagi, tapi antrian sudah mengular panjaaaang sebelum pintu masuk Dufan dibuka. Saya pun ter-wow-wow lagi saat melihat antrian pengunjung Dufan di akhir pekan.

Murah atau mahal itu memang relatif, tapi tiket masuk Dufan harga normal seharga Rp 295 ribu saat weekend tentu bukan nominal yang murah bagi banyak orang. Tapi melihat antusiasme pengunjung saat itu, saya pun jadi merasa memang orang Jakarta dan luar kota sekalipun telah “terbius” oleh Dufan. “Terbius” dalam hal positif, ya. :D


Baca Juga: 7 Hal Menarik di Faunaland Ancol Jakarta


Mereka, saya, kita, semua orang tak terkecuali anak-anak butuh hiburan, butuh rekreasi, dan Dufan pun menjawabnya!

Begitu memasuki gerbang utama Dufan yang baru, keseruan pengunjung yang menaiki wahana Ontang-anting terlihat nyata. Ontang-anting ini merupakan wahana yang terbilang baru juga di Dufan. Jika dulunya Ontang-anting hanya terdiri dari one seat saja, kini Ontang-anting  juga menyediakan two seater. Jadi Manteman Rumika bisa banget menemani pasangan, bahkan bersama anak untuk mengurangi rasa khawatir mereka ketika naik wahana ini.


ontang-anting-dunia-kartun-dufan


Mengarah ke sebelah kanan, gerbang masuk Dunia Kartun terlihat jelas di hadapan saya. Warna gerbang jingga dengan bentuk yang menggemaskan bikin Bubu Dita penasaran seperti apa di dalamnya.

Terdapat 7 wahana yang sudah dapat dimainkan pengunjung di kawasan Dunia Kartun yang menempati area seluas 3 hektare ini.


gerbang-masuk-dunia-kartun-dufan


“Dufan terus berbenah. Masih ada 2 hektar lebih lagi yang masih akan dikembangkan di dalam kawasan Dunia Kartun,” ungkap Reynon Vigor Adi Sukma, Vice President Dunia Fantasi.

Nah, ini dia wahana di Dunia Kartun yang sudah beroperasi selain Ontang-anting, ya. Siapa tahu, ada Manteman Rumika yang mau main ke Dufan juga jadi bisa siap-siap, nih, di-list wahana apa aja yang mau dinaiki bersama anak-anak.


Kolibri

kolibri-dunia-kartun-dufan

Pasti tahu, dong, ya, dengan wahana Gajah Blenduk? Nah, di kawasan Dunia Kartun juga ada wahana yang mirip bernama Kolibri. Pengunjung seperti diajak terbang bersama burung kolibri!

Saya naik berdua bersama Boo. Hanya tempat duduk yang di bagian dalam yang diberi seat belt, sedangkan tempat duduk di sisi luar pengaman langsung dari mesinnya. Jadi tempat duduk bagian dalam, double pengamannya, ya. . Makanya Boo duduk di situ dan saya di bagian sisi luar.


syarat-bermain-dunia-kartun-dufan


Saya sempat bingung ketika sudah mulai terbang, kok, kenapa kolibri kami nggak naik-naik ke atas. Rusak mungkin, pikir saya. Tapi ternyata ada tombol hijau untuk bisa menaikkan pesawat kolibri hingga ketinggian tertentu dan setelah itu turun perlahan. Haiyaaah, saya baru melihatnya ketika kami sudah setengah perjalanan. :D

Dari atas kolibri, hampir seluruh sisi Dnia Kartun bisa terlihat dengan jelas. keren banget memang Dunia Kartun ketika dilihat dari atas. Warna-warni dan membuat suasana Dufan makin ceria!

Paralayang

paralayang-dunia-kartun-dufan

Wahana paralayang memberi sensasi seperti naik Ontang-anting. Wahana  ini membuat kita bisa terbang dengan gerakan memutar. Anak-anak bisa banget mencobanya karena bentuknya mini dan aman.


Turbo Drop

turbo-drop-dunia-kartun-dufan

Pernah mencoba wahana ekstrem Hysteria? Nah, buat anak-anak yang berani adu nyali juga bisa, nih, mencoba wahana mirip Hysteria versi mini di Dunia Kartun. Wahana ini bernama Turbo Drop. Seperti namanya, begitu anak-anak dibawa sampai ke atas, langsunglah dijatuhkan dari ketinggian setinggi 8 meter!

Kapasitas hanya delapan orang saja. Untuk bisa mencobanya tinggi badan harus minimal 100 cm dengan berat maksimal 75 kg. Sebenarnya Bubu Dita bisa saja ikut, tapi karena antriannya lumayan panjang, akhirnya saya hanya menemani Boo dan Mika yang mengantri dan memang berniat nggak mencobanya. Biar anak-anak, aja, deh, yang naik wahana ini.

Begitu akan naik ke wahana, Mika yang tadinya semangat, jadi agak menciut, ia ingin dipangku Bubu. Lha, ya, nggak bisa, dong, yaa... :D Akhirnya hanya kakak Boo yang mencobanya bersama pengunjung anak-anak lain.


turbo-drop-dunia-kartun-dufan


Bubu Dita agak surprised juga karena ternyata Boo berani banget naik Turbo Drop dan malah ketagihan dibuatnya. “Seru baget, Bubu!” begitu katanya setelah turun dari wahana. :D


Karavel

Jika naik Karavel, anak-anak bisa berasa terbang dengan kapal bajak laut. Wahana dengan sebutan galleon race ini  memberi sensasi melayang di udara denga gerakan memutar 360 derajat!


Zig Zag

Tabrak-tabrakan saat main bumper car memang menyenagkan, ya! Wahana favorit sepanjang amsa ini juga di dalam Dunia Kartun, lho. Di kawasan ini, bumper car bernama wahana Zig Zag... Hihi Ya, memang sesuai dengan namanya, ya, pasti ketika mengendarai bumper car, jalannya pun akan berliku-liku... :D


Baling-Baling

baling-baling-dunia-kartun-dufan

Nah, ini wahana yang paling bikin membuat jejeritan di unia Kartun! Gimana nggak, wahana Baling-baling memang cukup ekstrem dan diperuntukkan bagi remaja. Bentuknya seperti giant swinger berpendulum. Duh, begitu elihat gerakan memutarnya yang sampai ke atas, Bubu Dita ikutan deg-degan!


Baca Juga: Serunya Bermain di Taman Lapangan Banteng Jakarta


Dari semua wahana yang ada di Dunia Kartun kira-kira Manteman Rumika paling penasaran sama yang mana, nih? Kalau ada yang sudah pernah ke sana, apa, dong, wahana yang jadi favorit?

Tentunya di dalam Dunia Kartun nggak sekedar berisi wahana aja. Buat Manteman yang lapar, ada deretan restoran, dari mulai menu ayam hingga bakso. Es krim gelato pun ada, lho! Selain itu, beberapa stall yang menjual makanan dan minuman juga siap tersedia.

Beruntung banget pas main ke Dufan kemarin, Bubu sempat mencoba beberapa makanan dan minuman di Dunia Kartun juga. Energi habis setelah naik wahana, langsung, deh, diisi lagi dengan mamam enak di sana... :D


tempat-makan-dunia-kartun-dufan


Jika waktu sholat sudah tiba, Manteman juga bisa langsung menuju mushola yang ada di kawasn ini. Toilet yang terdapat di DuniaKartun pun juga cukup bersih. Jadi nggak perlu khawatir mesti keluar kawasan dan mencari toilet, deh, begitu Manteman Rumika tetiba kepingin buang hajat. Hehe... Jadi di dalam satu kawasan ini, semuanya ada, ya. Amaaan!

Nah, karena keseruan di Dunia Kartun ini pula, yang awalnya saya hanya berencana di Dufan hanya sampai jam 2 siang saja, pada akhirnya kami sekeluarga baru keluar Dufan usai Maghrib!

Saya sekeluarga yang biasaya malas liburan ditengah keriuahan orang, akhirnya juga nrimo-nrimo saja dengan antrian beberapa wahana. Mesti menunggu lama untuk mencoba wahana, no problemooo...

Bahkan meski sampai Magrib pun, Bubu Dita masih belum puas rasanya main di Dufan. Masih pingin ke sana lagi, mencoba semua wahananya!

tempat-main-dunia-kartun-dufan

tempat-main-dunia-kartun-dufan



INOVASI DUFAN, BIKIN PENGUNJUNG MAKIN SAYANG!

Inovasi yang dilakukan Dufan ternyata terus berkesinambungan. Dufan sepertinya nggak lelah buat terus berinovasi. Makanya nggak mengherankan juga jika Dufan punya umur panjang! Ya, usia Dufan saat ini bahkan lebih tua dari usia Bubu Dita! :D

Dufan sudah berdiri sejak 29 Agustus 1985. Sudah lebih dari tiga dekade Dufan menemani rekrasi keluarga yang telah berganti generasi.

Haunted Coaster di Dunia Kartun

Setelah wahana Ice Age, hingga Hello Kitty Adventure, Dufan kembali hadir dengan Dunia Kartun. Meski sudah ada tujuh wahana seru di dalamnya, tapi ternyata masih ada wahana lain yang bakal memanjakan para pengunjung yang suka menguji adrenalinnya!

Yap, wahana terbaru ini akan diluncurkan di akhir tahun 2019 nanti.  Bubu Dita berkesempatan melihat teaser-nya dan juga penjelasan dari pihak Dufan. Wuiihh, langsunglah terpana begitu tahu wahana kejutan baru yang bakal mengisi Dufan nantinya. Coba, deh, manteman lihat cuplikan video berikut ini dulu, yuk!





Siap-siap, nih, bagi Manteman Rumika yang suka memacu adrenalin harus banget mencoba Haunted Coaster! Mirip seperti wahana rollercoaster umumnya, tapi yang membedakannya adalah ada 3 rel  di Haunted Coaster yang akan berjalan bersama-sama dengan kapasitas masing-masing sebanyak 20 orang.

Nah, jadi antrian pun bisa diminimalisir, ya, karena kapasitasnya cukup banyak untuk sekali jalan. Yang bikin deg-degan dari Haunted Coaster adalah Manteman Rumika aan menghadapi kejaran warewolf!

Selain itu, gerakan coaster-nya juga bisa maju mundur, bahkan ada bagian dimana seperti akan diterjunkan dari ketinggian 14 eter! Aduh, begitu mendengar penjelasan tentang wahana ini aja bikin Bubu Dita mules, gimana nanti kalau mencobanya beneran, ya. Tapi, di situ asyiknya. Asli, bikin penasaran!

Haunted Coaster diproduksi oleh Intamin, pabrikan asal Liechtenstein, Eropa. Pabrikan ini terkenal banget sebagai pembuat rollercoaster, vertical ride, water rides, swing, hingga kincir ria atau observation.

Untuk kemanannya tentu nggak perlu diragukan lagi. Intamin telah memproduksi untuk  theme park di banyak negara, di seluruh dunia! Dufan juga selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Pemeriksaan wahana dilakukan setiap pagi. Saat sebelum naik wahana pun petugas akan memeriksa kembali.


Baca Juga: Tips Mengajak Anak Naik MRT Jakarta

Magical Unicorns

live-show-magical-unicorns-dufan

Bukan hanya wahana baru, Dufan juga kerap menghadirkan berbagai atraksi untuk menarik pengunjung berbagai usia. Nah, yang terbaru nanti, di Dufan akan ada pertunjukan live show “Magical Unicorns.”

Ayok, acung tangan, siapa yang anak-anaknya suka banget sama unicorn? Hewan imajinatif ini memang lagi nge-hits banget, ya! Dimana-mana Bubu Dita juga melihat banyak yang memakai baju unicorn atau stationery bergambar unicorn.

Live show “Magical Unicorns” akan berlangsung pada tanggal 4 Oktober – 3 November 2019. Cateeet tanggalnya, ya, jangan sampai kelewatan, nih! Dalam live show ini akan diceritakan bagaimana karakter unicorn berusaha menyelamatkan diri dari peri jahat dengan dibantu peri baik hati.

“Pertunjukan live show ini akan berlangsung di indoor stage show dengan berbagai dekorasi unicorn. Nantinya juga ada inflatable terbesar, playground yang aman buat anak-anak,” ujar Ticha Hestiningrum Desanti, Vice President Brand Promotion and Activation.

Oiya, ada bocoran juga, nih, dari Reynon Vigor Adi Sukma, Vice President Dunia Fantasi, jika nantinya di Dufan juga akan ada..... “Rumah Nussa!” Yeaaay, ternyata Dufan juga bekerjasama dengan Nussa yang kini banyak disukai anak-anak. Dufan ternyata juga mengapresiasi konten lokal buatan anak bangsa...


SELALU ADA PROMO, BIKIN PINGIN MAIN TERUS KE DUFAN!

Kini semakin mudah untuk berkunjung ke Dufan. Manteman Rumika bisa langsung membel tiketnya via online, baik di OTA yang menjual tiket masuknya maupun langsung ke website Ancol.

Harga tiket non promo Dufan:
Weekdays: 200 ribu
Weekend: 295 ribu

Nah, serunya lagi di bulan September ini ada banyak promo sehingga Manteman Rumika bisa menghemat banyak saat mau main ke Dufan. Dapatkan kode unik dengan mengisi data di kodeunikdufan.ancol.com

Setelah mendapat kode unik di email, Manteman bisa langsung menunjukkannya di loket Dufan untuk mendapat harga hemat Rp 145 ribu (weekdays) dan Rp 195 ribu (weekend). Mau lebih hemat lagi? Bisaaaa banget!

Sampai akhir bulan September ini, terdapat promo pembuatan annual pass Dufan hanya seharga Rp 299 ribu saja! Wuiiih, dengan harga tersebut bisa masuk Dufan sepuasnya selama satu tahun, termasuk saat weekend dan hari ibur!

Nah, untuk di bulan Oktober, Manteman Rumika juga bisa mendapatkan harga spesial annual pas sebesar Rp 325 ribu saja. Masih terjangkau, ya, apalagi jika melihat benefitnya untuk masuk Dufan selama satu tahun. Puas banget bisa bolak-balik main di Dufan... :D

main-di-dunia-kartun-dufan

dufan-ancol


Gimana, gimana, sudah nggak sabar menjelajah Dufan sampai puas? Saat main ke Dufan kemarin pun, saya, Yaya Indro, Boo, dan Mika nggak hanya bermain di Dunia Kartun saja, kami pun mengeksplorasi Dufan, bermain di Istana Boneka, menonton pertunjukan sulap, melihat Hello Kitty Adventure, dan mencoba beberapa wahana lainnya.

Rasanya satu hari berlalu begitu cepat dan masih belum puas main di Dufan, Next time, kami sekeluarga pasti akan menjelajah Dufan kembali.... :)


-Bubu Dita-

28 comments :

  1. Senang ya main ke Dufan sekarang banyak wahana baru. Terutama buat anak-anak. Jadi mainnya puas ke Dufan. Orangtuanya juga sih. Hahaha

    ReplyDelete
  2. sudah lama gak kesini , semenjak anak2 masih kecil saja

    ReplyDelete
  3. Dunia Kartun ini cocok untuk anak usia range berapa, Bubu? Thanks for sharing ya sebelumnya..

    ReplyDelete
  4. Pengen banget ke New Dufan, Sekarang masih maju mundur maju mudur cantik, ngebayangin puanasnya main wahana di outdoor. Apalagi lagi musim panas aka kemarau. tapi PR banget nih wajib kesini. Thanks reviewnya.Fav aku nih kalau ada review travel with kiddos. Pasti rajin saya tengok2 hehehe. Salam kenal mbak..

    ReplyDelete
  5. Bubuu, aku ngiri nih nggak ke Dufan. Aku belum pernah loh ke Dufan dan berharap bisa datang ke sini suatu saat nanti ama anak

    ReplyDelete
  6. anakku yg cewe hobi main whana ekstrem kayak aku. tiap ke dufan dia itu mintanya rollercoaster dan hysteria. sayangnya krn tinggi blm cukup, makanya suka kecewa. tp kayaknya yg turbo drop boleh nih di coba :D. walo cm 8 meter hahahaha... aku oenasaran yg haunted coaster mba... liat trailernya seruuu :D. nunggu wahananya buka dulu deh baru ksana

    ReplyDelete
  7. Wiih seru banget kayaknya, apalagi kalau kesana sama krucils. Ada rencana sih liburan keluarga ke Jakarta. Dunia kartun ini bakalan masuk wish list deh ^^

    ReplyDelete
  8. Wahh baru tau ada banyak wahana baru di Dufan sekarang mbak. Rasanya udah lama banget kami gak main ke Dufan

    ReplyDelete
  9. Dunia Kartun bener2 memikat hati. Antriannya gak terlalu panjang dan mainannya seru seru.Anakku ngga mau pulang loh. Betah banget di Dunia Kartun Dufan

    ReplyDelete
  10. tertarik dengan warna-warna pastelnya, anak-anak pasti seneng banget kalau ke sana ya. mantab ini

    ReplyDelete
  11. Aaaaa setelah baca dan liat foto-fotonya asli aku pengen ke Dufan lagi hehehe.
    Btw, Dunia Kartun itu wahana baru bukan sik kak? Aku taunya Istana Boneka aja wkwk :p

    ReplyDelete
  12. Bubu, sungguh aku berharap bisa ke DUfan suatu saat nanti. Selama ini belum pernah loh bun. Asik banget kalau bisa beli annual pass harga segitu dan kita bisa bebas datang ke Dufan kapan pun selama setahun ya. Pengen bangeettt

    ReplyDelete
  13. Beneerr mbak, 1 hari cepet banget yaa, belum puas main udah malem aja.

    Aku belum sempet ngerasain baling-baling nyaa, pengen naik itu kalo ke Dufan lagi deh 😃

    ReplyDelete
  14. Dari dulu tuh aku kepengen naik Histeria versi dewasa tapi nyalinya belum muncul2 hahaha. Solusi banget nih ada histeria mini di Dunia Kartun Dufan. Bareng anak2 naik wahananya pasti seru ya sambil teriak2. Bagus nih Dufan ada versi buat anak2 jadi mamah2 ga merasa rugi bayar HTM nya ya, Ngangon bocah, mamah papah bisa ikutan main juga.

    ReplyDelete
  15. Seumur - umur aku belum pernah naik Ontang Anting. Serem tapi pingin sih. Dunia kartun bagus ya Mbak. Suasananya kayak di luar negeri. Macam di Disneyland2 gitu. Apalagi mau ada Magical Unicorn. Tahu aja anak2 pada suka kuda poni

    ReplyDelete
  16. Duh, kapan ya aku terakhir ke DuFan. Dah lama banget. Lucu dan seru ya ada tokoh-tokoh kartun gitu, anak-anak betah deh. Zaman dulu paling yang di Istana Boneka, menurut aku bonekanya malah rada serem...

    ReplyDelete
  17. Dufan menyenangkan!

    1 aja sih saya ga betahnya: panas! Huhu :(

    Tapi kalau udah menjelang sore hingga malam, udah mulai adem.

    ReplyDelete
  18. Masih bagus banget ya catnya. Mentereng

    Kalau aku lihat-lihat, benar juga ya. Wahana dufan itu kebanyakan untuk pemuas remaja sampai dewasa. Anak-anak mungkin hanya kebagian istana boneka. Tapi dengan hadirnya Dunia Kartun ini, anak-anak bisa mendapat mainan yang sesuai dengan mereka.

    Bravo Dufan
    Terima kasih sudah menemani saya dari kecil :)

    ReplyDelete
  19. dl tiap tugas ke jkt, si bos suka minta tolong ajakin anaknya jalan ke dufan yang berujung dia BT karena kurangnya wahana untuk anak seumuran dia.
    tapi dg hadirnya dunia kartun ini, anak-anak jadi punya banyak pilihan tempat main.

    ReplyDelete
  20. Waaa kode uniknya bikin harga tiket masuk Dufan yang (menurutku) udah terjangkau jadi makin muraaahhh! Tapi memang better bikin annual pas sekalian ya, harganya sama dengan harga tiket sekali masuk.

    Jadi Dunia Kartun itu seperti kid-friendly version buat wahana-wahana Dufan, ya. Asik banget naik Paralayang dan Turbo Drop. Kalo aku sih mau cobain Baling-Baling aja :D

    ReplyDelete
  21. Btw, bukannya Dufan itu dipeeuntukkan bagi anak-anak ya? Jadi bingung pas bacanya. Jadi kalau anak yang kurang dari 100 cm masih belum bisa ikut wahana-wahana di atas?

    ReplyDelete
  22. Jadi pengen ke Dufan nih ada wahana baru.Dah lama banget gak ke sana

    ReplyDelete
  23. Terakhir ke dufan, ponakan kecilku ga bisa naik banyak wahana karena ga cocok buat dia.Bagus nih ada dunia kartun yang cocok buat anak-anak. Makasih infonya mbak...

    ReplyDelete
  24. Rasanya udah puluhan tahun nggak ke Dufan, dulu pengen banget ke Jakarta hanya karena ingin ke Dufan ehehehe. Kayaknya nanti klo ke Jakarta perlu deh mampir sehari ke sini :D

    ReplyDelete
  25. Dufan gak ada matinya, ya. Sejak dulu selalu suka main ke sini. Tetapi, saya belum pernah nih ajak anak-anak. Tetapi, anak saya pernah ma teman-temannya

    ReplyDelete
  26. Suasana Dufan kini semakin kece, dengan warna warni yg ceria dan wahana sudah cukup ramah bagi anak.
    Aku klo ke Dufan pasti happy banget, puas teriak-teriak an
    (Hehehehe)

    ReplyDelete
  27. Dufan selalu berinovasi ya dengan wahana dan teknologi baru, seru nih ada wahana versi mini jadi anak-anak juga bisa merasakan keseruannya

    ReplyDelete
  28. Oke babget ini Dufan. Seneng ya mbak kalau alternatif liburan dalam negri udah seasik ini. Jadi pengen naik si ontang-anting, hehe

    ReplyDelete