Cibis Park, Tempat Rekreasi Gratis Warga Jakarta

by - February 07, 2023

cibis-park-jakarta

Seneng banget rasanya kalau ada tempat rekreasi baru outdoor di ruang terbuka hijau dan untuk menikmatinya gak perlu merogoh kocek kantong… :D 

Yes, di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan sekarang Manteman sekeluarga bisa puas nih buat nikmatin salah satu tempat rekreasi yang tergolong baru di sana. Namanya Cibis Park! Gak perlu bayar untuk masuk ke dalam Cibis Park. Cukup ngeluarin biaya untuk parkir kendaraan aja.

Ada yang sudah pernah ke tempat ini?


Bisa Apa Aja di Cibis Park?

Seperti biasa, tempat wisata baru pasti banyak dikunjungi kalau awalnya viral dulu di social media. Begitu pula dengan Cibis Park ini. 

Begitu viral di TikTok dan Instagram, barulah banyak masyarakat yang tahu dan menjadikan tempat ini jadi salah satu destinasi rekreasi buat sekeluarga.

Begitu pula dengan Bubu. Sempat beberapa kali melihat postingan tentang Cibis Park di social media. Tapi belum ada niatan ke sana.

Nah, begitu Yaya Indro tetiba mau nyoba es krim sofuto Family Mart dan di Family Mart Depok belum ada, jadilah kami sekeluarga ngebolang demi makan es krim itu sampai ke Family Mart Cilandak… :D 

Kebetulan lokasi Family Mart Cilandak dekat sekali dengan Cibis Park. Akhirnya tanpa pikir panjang, kami sekeluarga pun menuju Cibis Park. Sebenarnya juga ada rasa penasaran, sih, seperti apa tempatnya dan gimana suasananya. 

Datang di Minggu sore ternyata ramaiiiii sekali dengan pengunjung di kawasan Cibis Park ini. :D 

tempat-rekreasi-cibis-park

Bubu seneng, sih, melihatnya. Ada banyak keluarga, teman, pasangan, dan bahkan warga dengan hewan peliharaannya menghabiskan Minggu sore di ruang terbuka hijau gini. Jadi bukti, deh, kalau keberadaan ruang sosial terbuka seperti ini memang dibutuhkan masyarakat, kan. 

Nah, tapi berhubung ramai pengunjung, Bubu sendiri juga bingung awalnya di sini mau ngapain… :D Karena pas ke sini kan memang gak ada dalam rencana awal, ya. 

Akhirnya kami sekeluarga hanya berkeliling saja sambil melihat-lihat hal yang seru di Cibis Park. 

Kalau Bubu rangkum, kira-kira hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan di Cibis Park bisa cek di bawah ini, yaaa…

- Refreshing melihat danau

Asik banget, nih, kalau pas pagi atau sore hari seperti waktu Bubu datang menghabiskan waktu di pinggir danau. Apalagi dengan view sekeliling yang terdapat gedung perkantoran tinggi. Danau di tengah Cibis Park ini rasanya seperti oase saja… 

cibis-park-cilandak-jakarta-selatan

- Ngobrol pinggir danau

Nah, di pinggiran danau juga disediakan kursi dan meja, ya. Jadi Manteman bisa banget sambil makan dan ngobrol-ngobrol di sini. 

- Memberi makan ikan

Ikannya banyaaaak ternyata di danau Cibis Park. Kami sekeluarga hanya melihat saja, sih, Tapi ternyata bisa memberi makan ikan juga di sini. 

- Olahraga

Sepanjang Bubu di sana beberapa kali papasan sama yang lagi jogging, main sepatu roda/in line skate, main skateboard, dan ada juga anak-anak yang naik sepeda. Seru, kan. Tapi kalau lagi ramai gini memang kayak kurang nyaman aja, sih. Kebayang kalau pagi-pagi ke sini masih sepi, waaah asik banget buat olahraga di sana. 

cibis-park-gratis

- Jajan di tenant 

Jangan khawatir kalau laper tapi gak bawa bekal karena di Cibis Park ada beberapa tenant makanan dan minuman juga. Lucu bentuk kiosnya, deh. :D 

- Ngajak hewan peliharaan jalan-jalan

Cibis Park kelihatannya juga pet friendly, ya. Jadi pas Bubu ke sana ada beberapa orang juga yang membawa hewan peliharaannya, terutama anjing. 

- Foto-foto

Sayang banget kalau ke Cibis Park tapi gak foto-foto. Ada banyak spot foto instagramable pastinya buat kamu dokumentasikan dan bikin konten tentunya. :D

- Makan di cafe dan restoran

Saat mengelilingi Cibis Park sampai ke beberapa gedung perkantorannya, Bubu juga melihat cafe dan restoran di sana. 

Ternyata Cibis Park memang luas banget dan menyatu dengan kawasan perkantoran.  Pas Bubu cek-cek referensi, selain perkantoran, Cibis Park ini memang kawasan terintegrasi dengan apartemen dan plaza juga. Kawasan ini  berdiri di atas lahan 12 hektar.

Sayangnya, nih, sepanjang Bubu dan keluarga berkeliling, kami gak menemukan adanya playground buat anak-anak. Entah ada tapi kami gak melihat atau memang betul-betul gak ada. Sebenernya bisa makin seru, ya, kalau ada playground outdoor dengan berbagai permainan anak. Makin bikin anak-anak betah pastinya, kan. 


Transportasi ke Cibis Park

Untuk lokasinya sendiri Cibis Park beralamat di Jl. TB Simatupang No.2, RT 13 RW 5, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Kalau mau naik TransJakarta, halte terdekat adalah Halte Pertanian. Dari halte tersebut Manteman bisa jalan kaki sampai ke Cibis Park. Jaraknya sekitar 1 km. Naik ojek online pun juga bisa pastinya. 

Untuk kereta CommuterLine bisa juga naik sampai Stasiun Tanjung Barat. Lalu lanjut naik ojek online. Durasi perjalanan sekitar 7-8 menit aja kalau lancar. Bisa juga naik angkutan umum S15 kalau gak salah yang melewati Jalan TB Simatupang. CMIIW, yaa… 

Gimana, gimana, jadi tertarik buat main ke Cibis Park??? :D 


Bubu Dita

@rumikasjourney 


Related Posts

13 komentar

  1. Jauuuh banget mbaaa 🀣🀣. Pernah denger sih cibis, tapi aku nya aja yg jaraaaang banget ke daerah TB simatupang πŸ˜‚. Dulu ada cabang kantor di daerah sana, tapi ntahlah utk tutup atau ga cab yg itu .

    Tapi aku sukaaa kalo Nemu taman2 yang luas dan terawat gini. Bisa untuk olahraga, atau sekedar cuci mata doang. Iya sih, sayangnya ga ada playground Yaa, anak2 pasti betah kalo ada mainan buat mereka juga πŸ˜„

    ReplyDelete
  2. lucu juga namanya, cibis.. hmm.. kepanjangan dari apa yah kira-kira? keci abis? wkwkw maksa yah! :)

    Tapi sepertinya nunggu beberapa waktu lagi sampai banyak pohon yang lebih tinggi dan rindah/rimbun sepertinya bakal makin asik yah, kak?

    ReplyDelete
  3. Tempatnya ok juga untuk rekreasi dan olahraga yaa
    Bisa santuy sejenak dari dapatnya hiruk pikuk kota yang bising

    ReplyDelete
  4. Tempat healing tipis-tipis yang asik nih di Jaksel. Apalagi dapat suasana senja yang menyenangkan ya di sana.Masih terjangkau dengan kereta pula

    ReplyDelete
  5. Baru tau kalo di Cilandak ada Cibis Park. Saya pernah tinggal di Jakarta lumayan lama lebih dari 10 tahunan. Ternyata ini rekreasi baru yaaaa. Asik juga tempatnya.

    ReplyDelete
  6. Wah setuju banget sih kalau misalkan ada playground outdoor pasti bakalan lebih hidup lagi lingkungannya

    ReplyDelete
  7. Wahh, ini sepertinya cocok buat rekreasi bersama keluarga yaa, dan buat warga Jakarta yang jenuh dgn hiruk pikuk kota, maka destinasi ini bisa jadi pilihannya untuk merelaksasi diri dan pikiran juga.

    ReplyDelete
  8. namanya lucu yah, tapi mudah diingat. Tempatnya asyik kayaknya, bisa buat olahraga lagi. Cibis itu singkatan atau gimana kak?

    ReplyDelete
  9. Cibis Park lumayan bagus ya buat santai2 sore tapi sayangnya pohon2 belum terlalu lebat jadi agak kliatan panas ya ..tapi lumayan kok buat sntai2 bareng keluarga

    ReplyDelete
  10. Jakarta seru ya banyak banget RTH yang gratis. kalo di Bandung RTH yang ada danaunya hanya kiara park, tapi itu juga bukan danau sih lebih ke kolam air aja. tapi lumayan ya, hehehe

    ReplyDelete
  11. wahh rame yaa orang yang datang berkunjung ke cibis park ini. kalo rumah saya dekat sana, saya juga pasti akan sering datang buat cuci mata, hehehe

    ReplyDelete
  12. Sering lewatin ini, penasaran kenapa ada banyak org di daerah sana. Bisa buat hang out sama tmn, dan buat poto-poto hehehe

    ReplyDelete
  13. aaaaaa iniii udah jd wishlist aku niiih. udah niat bgt kalo pas lg nginep rumah ibuku, mau mampir ke sini karena deket bgt. makin penasaran pengen ke sini dehhh

    ReplyDelete