Tempat Wisata di Ancol dan Harga Tiketnya

by - February 04, 2023

tempat-wisata-di-ancol-dan-harga-tiketnya

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, kawasan Ancol pasti udah gak asing lagi. Ada banyak tempat wisata di Ancol yang jadi pilihan destinasi berlibur bersama keluarga baik di hari biasa atau pun weekend. 

Yakin, sih, pasti wisatawan luar kota kalau ke Jakarta juga banyak yang memasukan Ancol jadi tempat untuk berwisata. 

Beberapa tempat wisata di Ancol pernah Bubu dan keluarga datangi. Makanya Bubu pingin banget berbagi tulisan tentang ada apa aja di Ancol dan berapa harga tiket di tempat-tempat wisatanya. Supaya Manteman yang baca bisa ada gambaran tentang Ancol dan budget yang mesti disiapkan untuk ke sana.

Yuk, yuk, langsung aja cek di bawah iniiii… 


DUNIA FANTASI (DUFAN)

Siapa, sih, yang gak kenal dengan tempat wisata yang satu ini? Yap, Dufan atau Dunia Fantasi bisa jadi tempat rekreasi theme park favorit sejak dulu. Bayangin aja, Dufan mulai dibuka tahun 1985! Bubu aja belum lahir tahun segitu… :D

Bisa bertahan hampir mau 40 tahun juga jadi satu pencapaian keren, ya. Apa yang bisa membuat Dufan bisa bertahan selama ini dan semoga bertahun-tahun selanjutnya? 

Kalau Bubu lihat, tempat rekreasi yang luas seperti Dufan memang tidak terlalu banyak, ya. Apalagi Dufan juga selalu memberi sesuatu yang baru untuk pengunjungnya. Pasti ada aja wahana baru yang muncul, selain wahana andalan, seperti Bianglala, Halilintar (roller coaster), Kora-kora, Turangga-rangga (komidi putar), Ontang Anting, dan wahana favorit lainnya.

tempat-wisata-di-ancol-dufan

tempat-wisata-di-ancol-wahana-di-dufan

Wahana baru di Dufan contohnya saja Dunia Kartun yang baru dibuka sebelum pandemi melanda. Di Dunia Kartun ada banyak wahana yang diperuntukkan bagi anak-anak dan dewasa, seperti Zig Zag, Kolibri, Turbo Drop, Paralayang, Baling-Baling, dan lainnya.

Bentuk bangunan dan warna pastel yang digunakan dalam Dunia Kartun juga sangat menarik dan pastinya cocok banget untuk jadi tempat foto-foto. :D 

Baca Juga: Bersenang-senang Seharian di Dunia Kartun Dufan!

Nah, ada juga nih wahana yang bisa dibilang baru juga, yaitu Kereta Misteri. Hanya saja wahana ini setahu Bubu hanya buka saat weekend. Oiya, buat penggemar misteri, selain naik Kereta Misteri ada wahana lainnya yang juga menegangkan, yaitu Rumah Riana. Berani coba??? 

Untuk main di Dufan yang luas dan banyak permainannya ini udah pasti butuh waktu seharian, nih. Kalau cuma sebentar bakal rugi. Kalau perlu dari jam buka sampai jam tutup sekalian hehehe… Nah, sebelum main ke Dufan, cek dulu, yuk, harga tiket masuknya di bawah ini. 

Bubu mengambil data harga tiket yang ada di situs resmi Ancol, ya. Mungkin kalau beli di OTA akan berbeda atau ada promo-promonya. Selain harga normal, di website Ancol juga ada tiket bundling gitu, jadi pastinya lebih murah dari harga tiket normal. 

Weekday

Reguler Rp 175.000,-

Premium Rp 650.000,-

Fast Trax Rp 300.000,- (tidak termasuk tiket Dufan)

Weekend

Reguler Rp 225.000,-

Premium Rp 800.000,-

Annual Pass

Satu tahun + 1 kali kunjungan Rp 350.000,-

Enam bulan + 1 kali kunjungan Rp 270.000,-

Tiga bulan + 1 kali kunjungan Rp 250.000,-

*Harga tiket ini belum termasuk tiket masuk Ancol, ya.


Kalau lihat dari sisi harga, lebih menguntungkan memang kalau membeli langsung tiket annual, ya. Cocok banget untuk Manteman yang mungkin sering ke Dufan atau yang domisilinya dekat dengan Dufan. :D 

Nah, di harga tiket ada juga pilihan tiket reguler, premium, dan fast track. Tentunya kalau fast track Manteman bisa langsung main tanpa antri, ya. Sedangkan untuk tiket premium mirip dengan fast track dan ditambah berbagai fasilitas atau privilege lain, seperti lounge, dan lainnya. CMIIW, ya, siapa tahu ada yang udah pernah coba fasilitas premium di Dufan bisa cerita juga, yuk, di komentar. 

Jam Operasional Dufan

Weekday: 10.00 - 17.00

Weekend: 10.00 - 19.00


SEA WORLD

Mau mengenalkan hewan perairan dan hewan lautan ke anak-anak di Jakarta? Sea World jadi tempat yang tepat! 

Bubu sudah dua kali mengajak Boo dan Mika ke Sea World dan mereka pasti selalu antusias kalau diajak ke tempat ini. Banyak spot yang bikin anak-anak takjub sama Sea World, mulai dari akuarium piranha, akuarium ikan hiu, sampai wahana Antasena atau terowongan akuarium yang besar! 

tempat-wisata-di-ancol-sea-world

tempat-wisata-di-ancol-terowongan-di-sea-world

Kalau tempat favorit Bubu di Sea World udah pasti akuarium ubur-ubur… :D Dengan permainan cahaya lampu bikin akuarium ubur-ubur jadi bagus banget kelihatannya. 

Baca Juga: Gak Ada Bosannya ke Sea World Ancol!

Gak hanya bisa melihat kehidupan hewan, ada juga atraksi seru di Sea World, seperti feeding ikan hiu! Selain itu ada pula museum hewan laut yang diawetkan. Manteman bisa melihat Gurita Dewa Laut (Gudel) sampai Kepiting Laba-laba Raksasa!

tempat-wisata-di-ancol-wahana-baru-sea-world

tempat-wisata-di-ancol-sea-world

Sea World sudah lama berdiri. Didirikan sejak tahun 1992. Untuk mengikuti perkembangan zaman, Sea World kerap menyajikan sesuatu yang baru. Di Sea World ada mobil dan truk yang dijadikan akuarium! Sekarang kita juga bisa melihat info seputar biota perairan dan laut ini melalui scan barcode di Digital Gallery. 

Perlu nyiapin budget berapa kalau mau ke Sea World sekeluarga? Berikut harga tiketnya, ya…

Weekday

Rp 85.000,-

Weekend

Rp 105.000,-

*Harga tiket ini belum termasuk tiket masuk Ancol, ya.

Jam Operasional Sea World

Weekday: 09.30 - 16.00

Weekend: 09.00 - 16.30


OCEAN DREAM SAMUDERA

Tidak perlu jauh-jauh ke lautan lepas kalau mau melihat lumba-lumba. Di Ocean Dream Samudera Ancol bahkan ada pentas ikan lumba-lumba yang menunjukkan kemahiran hewan yang satu ini. 

Selain pertunjukan lumba-lumba, ada juga beberapa sesi dalam sehari pertunjukan hewan lainnya, seperti singa laut dan anjing laut. 

tempat-wisata-di-ancol-ocean-dream-samudera

Saat Bubu mencari referensi tentang tempat ini, ternyata Ocean Dream Samudera sudah lama banget didirikan, lho. Bahkan lebih lama dari Dufan dan Sea World! 

Ocean Dream Samudera diresmikan pertama kali tahun 1974 oleh gubernur Jakarta saat itu, Bapak Ali Sadikin. Hayoooo, udah pada lahir belum tahun segitu??? :D 

Ocean Dream Samudera tak hanya menjadi tempat bagi banyak hewan laut, tapi juga ada akuarium ikan air tawar.  Saat berkeliling tempat ini, Bubu sekeluarga juga melihat banyak jenis burung. 

Berseberangan dengan tempat pertunjukan lumba-lumba, ada juga wahana seru memacu adrenalin yang mesti Manteman coba! Nama wahananya Mola-mola. Sejenis  seperti roller coaster tapi ukurannya tidak terlalu besar. Asli, deg-degan juga naik ini, lho! :D

tempat-wisata-di-ancol-ocean-dream-mola-mola

Selain itu, masih banyak atraksi lain di Ocean Dream Samudera, seperti Mermaid Show, Penguin Education, dan pertunjukan film 5 dimensi! Gak nyangka ternyata seluas dan sebanyak itu yang bisa dilihat di tempat ini. 

Mau langsung main ke Ocean Dream Samudera? berikut harga tiketnya, yaaa…

Weekday

Rp 70.000,-

Weekend

Rp 90.000,-

*Harga tiket ini belum termasuk tiket masuk Ancol, ya.

Jam Operasional Ocean Dream Samudera

Weekday: 09.30 - 16.00

Weekend: 09.00 - 16.30


ATLANTIS WATER ADVENTURE

Mau seru-seruan sekeluarga main air di Ancol? Atlantis Water Adventure mesti dicoba, nih!

Konsep waterpark ini juga tematik banget, yaitu bertema peradaban kota kuno di yang hilang karena gempa dan gunung meletus. Gak heran kan nama tempatnya Atlantis… :D Sampai sekarang keberadaan Atlantis juga masih jadi misteri dan banyak konspirasi tentangnya.

Yuk, lanjut bahas waterpark ini! :D Sama seperti Ocean Dream Samudera, ternyata Atlantis juga sudah lama berdiri! Pertama kali dibuka dan diresmikan tahun 1974. Awalnya tempat ini bernama Gelanggang Renang Ancol. 

Begitu masuk ke Atlantis Water Adventure, kita langsung disambut oleh wahana yang gedeee banget. Namanya wahana Asthatirta! Kalau dihitung-hitung, di sini ada 8 slide yang memiliki sensasi berbeda! 

tempat-wisata-di-ancol-atlantis

Pastinya ada juga ember tumpah di wahana ini seperti waterpark pada umumnya. Ada juga kolam arus dan wahana yang mirip pantai buatan. Seru banget, kan. Anak-anak dijamin happy sih kalau diajak ke Atlantis. 

Sayangnya pas ke Atlantis Water Adventure ini kami gak lama, gak sampai satu jam karena tempatnya sudah keburu mau tutup. Sedih banget, tapi pingin sih next time ngeluangin waktu lebih lama di sini supaya bisa nikmatin semua fasilitas di dalamnya. 

tempat-wisata-di-ancol-tiket-atlantis

tempat-wisata-di-ancol-atlantis


Nah, berikut untuk harga tiket masuk Atlantis, yaa… 

Weekday

Rp 70.000,-

Weekend

Rp 90.000,-

*Harga tiket ini belum termasuk tiket masuk Ancol, ya.

Jam Operasional Atlantis Water Adventure

Weekday: 09.00 - 15.30

Weekend: 08.00 - 17.30


JAKARTA BIRD LAND

Ini dia tempat rekreasi baru di Ancol yang baru aja dibuka di tahun 2022 lalu. Yes, namanya Jakarta Bird Land. 

Bubu sekeluarga jujurly belum sempat untuk main ke tempat ini. Tapi dari beberapa konten yang Bubu lihat saat orang main ke sana kelihatannya sih recomended, ya.

tempat-wisata-di-ancol-jakarta-bird-land
Dok. Ancol

Cocok jadi salah satu destinasi seru pas Manteman sekeluarga lagi ke Ancol! Apalagi, nih, kalau anak-anak juga suka banget sama satwa, terutama burung. Melihat burung liar di sana pasti jadi pengalaman seru yang gak terlupakan. 

Nah, ada apa aja di Jakarta Bird Land? Burung-burung di Jakarta Bird Land ada beraneka jenis dan ditempatkan di beberapa area. Misalnya saja ada area khusus makau dan kakak tua, area burung hornbill (rangkong), area burung pemangsa (elang, alap-alap, dll), juga area water bird (burung perairan: pelikan, bangau, bebek mandarin, angsa hitam, dll).

Di beberapa area juga disediakan banyak aktivitas, seperti memberi makan burung juga foto bersama. Ada guide juga yang bisa menjelaskan mengenai hewan tersebut. 

Agak mirip dengan di Taman Safari, di Jakarta Bird Land ini juga ada big show dan mini show. Untuk harga tiketnya berapa, cek di bawah ini, ya!

Weekday

Rp 60.000,-

Weekend

Rp 80.000,-

*Harga tiket ini belum termasuk tiket masuk Ancol, ya.

Jam Operasional Jakarta Bird Land

Weekday: 09.30 - 16.00

Weekend: 09.00 - 16.30


FAUNALAND

Ancol merupakan one stop recreation center. Jadi gak heran kalau semua jenis tempat wisata ada di sini, termasuk kebun binatang! Kalau tadi ada Jakarta Bird Land yang khusus berisi aneka jenis burung, di Ancol juga ada satu tempat dengan banyak hewan seperti kebun binatang. 

Yap, ada kebun binatang di Ancol, yaitu Faunaland. Memang gak sebesar Ragunan, tapi yang pasti ada banyak hewan yang bisa dilihat dan pelajari oleh anak-anak.  

Bubu sekeluarga pernah ke tempat ini sebelum pandemi. Dan Boo juga pernah bersama teman-teman sekolahnya fieldtrip ke Faunaland.

Baca Juga: 7 Hal Menarik di Faunaland Ancol

Memang kebun binatang ini cocok banget sih buat jadi tempat wisata sekaligus edukasi ke anak-anak. Gak heran, ya, kalau ada aja rombongan sekolah yang fieldtrip ke Faunaland.

Nah, ada apa aja, sih di Faunaland? 

Agak berbeda dengan kebun binatang lainnya, ternyata di Faunaland lebih dikhususkan untuk koleksi hewan-hewan endemik yang hampir terancam punah. Misalnya saja ada kangguru pohon, singa putih Afrika, landak albino, siamang putih. 

Di sini juga Manteman bisa melihat kura-kura aldabra besar yang sudah berumur lanjut. Feeding animal juga jadi salah satu aktivitas yang dapat anak-anak lakukan di sini. Bisa banget memberi makan singa putih!

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk foto bersama koleksi burung di Pulau Burung yang ada di Faunaland, ya. Ada burung nuri bayan, kakatua, sampai paruh bengkok.

Tapi hal paling seru di Faunaland kalau menurut Boo dan Mika adalah naik Safari River Cruise! Yap, Manteman bisa naik perahu menyusuri sungai sambil menikmati alam sekitar. \

tempat-wisata-di-ancol-faunaland-safari-river-cruise

tempat-wisata-di-ancol-faunaland

Oiya, Faunaland ini berada satu kawasan dengan Ecopark Ancol, ya. Jadi sambil ke Faunaland bisa mengelilingi Ecopark juga!

Weekday & Weekend 

Rp 90.000,-

Safari River Cruise

Rp 25.000,-

*Harga tiket ini belum termasuk tiket masuk Ancol, ya.

*Kalau di website Ancol, harga tiket lagi diskon jadi Rp 75.000,-

Jam Operasional Faunaland

Weekday: 09.00 - 16.00

Weekend: 09.00 - 17.00


GONDOLA ANCOL

Mau melihat kawasan Ancol dari ketinggian? Manteman mesti cobain naik gondolanya! Kalau sudah pernah naik gondola di Taman Mini Indonesia Indah mungkin rasanya mirip, ya. Tentunya dengan view dan sensasi yang berbeda. 

Per kabinnya gondola Ancol berkapasitas 6 orang dewasa. Jarak tempuhnya 2,4 km dengan durasi sekitar 20 menit. 

tempat-wisata-di-ancol-gondola
Dok. Ancol

Untuk mencoba gondola, Manteman bisa naik dari Stasiun Pantai Festival (di sekitar Dufan) dan Stasiun Teater Mobil (di sekitar Atlantis, Ocean Dream Samudera, dan Sea World). 

Untuk harga tiket yang dibayar ternyata bukan hanya dapat fasilitas naik gondola aja, lho! Ada fasilitas lain yang bisa dinikmati. Cek di bawah ini, ya!

Weekday

Rp 60.000,-

Weekend

Rp 70.000,-

*Harga tiket ini belum termasuk tiket masuk Ancol, ya.

*Di bawah 85 cm gratis.

*Harga tiket termasuk gondola, swing adrenaline, observatorium deck, dan 3D Trick Art, 

Jam Operasional Gondola

Weekday: 10.00 - 17.00

Weekend: 11.00 - 17.00


Dan berikut ini untuk harga tiket masuk Ancol, ya… :D

Tiket Masuk Ancol

Tiket kendaraan (mobil) Rp 25.000,-

Tiket kendaraan (motor) Rp 15.000,-

Tiket Orang Masuk Ancol Rp 25.000,-

Gimanaaaaa, jadi ada bayangan, kan, kira-kira, nih, nanti pas mau ke Ancol sekeluarga mau main ke tempat wisata apa aja dan berapa budget yang mesti dikeluarkan. 

Kalau saran Bubu dalam satu hari weekend, sebaiknya hanya main ke 2 tempat wisata aja. Kalau mau puas, terutama untuk Dufan bisa cuma main ke situ aja. Apalagi kalau weekend, kan, pasti ramai dan antri wahananya agak lama, ya. Atlantis pun demikian, seharian kayaknya bisa habis waktu di sana aja. 

Nah, kalau di weekday baru, deh, Manteman bisa lebih leluasa main ke 3 tempat wisata di sana. 

Paling enak lagi kalau menginap di kawasan Ancol sekalian. Pagi dan sore malamnya bisa keliling pantai dan menikmati suasana Ancol. Hotel dan penginapan di dalam kawasan Ancol, antara lain: Mercure Convention Center Ancol, Grand Dafam Ancol, Discovery Ancol, dan Putri Duyung Ancol. 

Mana, nih, tempat wisata di Ancol yang pingin banget manteman dan keluarga datangi??? Share di komentar, yuk! :D 


Bubu Dita

@rumikasjourney



Related Posts

1 komentar

  1. Dari sekian banyak yg aku datangin baru Dufan dan sea world 😅. Itu pun udah lamaaaaaa banget mbaa 🤣. 2018 kayaknya Trakhir kalo Dugan, sementara sea world 2013 😅.

    Ternyata malah udh nambah lagi wahananya yaaaa. Atlantis sempet kepengen ajakin anak2, tapi batal2 Mulu. Padahal aku yakin mereka seneng sih kalo main air begitu.

    At least skr aku ada bayangan harus bawa berapa kalo ajakin mereka ke Ancol 😄

    ReplyDelete