Menikmati Pesona Pantai Indrayanti dari Atas Bukit Watu Gilap

by - February 21, 2023

pantai-indrayanti-gunungkidul

Kawasan Gunungkidul di Yogyakarta punya deretan pantai-pantai cantik. Dari seratusan pantai di sana, salah satu pantai yang paling populer adalah Pantai Indrayanti. 

Begitu menginjakkan kaki di Pantai Indrayanti, terlihat hamparan pasir putih dengan kondisi pantai yang juga bersih. 

Bersihnya pantai ini pastinya juga dapat menambah kenyamanan bagi pengunjung. Apalagi area pantainya pun cukup luas. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini yang dapat membuat Manteman berlama-lama di Pantai Indrayanti. 


Asal Nama Unik

Ada kisah unik mengenai nama pantai ini. Sebelum dikenal dengan nama Pantai Indrayanti, nama resmi pantai ini adalah Pantai Pulang Sawal. 

Nama Indrayanti sendiri berasal dari nama restoran yang berada di pinggir pantainya. Indrayanti merupakan nama gabungan suami istri pemilik resto, yaitu Indra (suami) dan Yanti (istri).

Karena nama Indrayanti lebih mudah disebut dan diingat oleh masyarakat, alhasil hingga kini nama pantai ini populer dengan sebutan Pantai Indrayanti. 

Kalau dilihat dari Google Maps, Pantai Pulang Sawal diberi ikon pantai, sedangkan Pantai Indrayanti diberi ikon tempat foto.

pantai-indrayanti-pantai-pulang-sawal

Saat melihat Google Review pun lebih banyak Pantai Indrayanti dengan kurang lebih dari 7.700-an review. Sedangkan Pantai Pulang Sawal ada 6.000-an review. saat mengecek hashtag di Instagram pun, terdapat 91,7K #pantaiindrayanti dan hanya sekitar 1000-an post saja untuk #pantaipulangsawal. 

Di social media nama Pantai Indrayanti memang sudah jelas lebih populer dibanding Pantai Pulang Sawal, ya. Namun apa pun nama yang melekat pada pantai ini, keindahannya tetaplah sama… 

Baca Juga: 5 Pantai di Gunungkidul Yogyakarta dalam Setengah Hari


Aktivitas di Pantai Indrayanti

  • Main Pasir Bikin Istana

Hal pertama begitu sampai pantai gak lain dan gak bukan adalah langsung main pasir dan ngenain air laut ke kaki! :D

Begitu juga dengan yang dilakukan Boo dan Mika. Wah, tanpa ba bi bu lagi langsung lari ke pinggir pantai. Gak butuh waktu lama untuk air laut membasahi kaos dan celana dengan pasir yang sudah menempel di mana-mana... 

pantai-indrayanti-main-pasir

pantai-indrayanti-aktivitas-di-pantai


Selain bisa main air di pinggir pantai sampai puas, di Pantai Indrayanti juga bisa bikin aktivitas seru bareng anak-anak seperti bikin istana pasir, tebak kata yang dibikin di pasir, sampai main bola. 

Kalau Manteman sekeluarga, aktivitas apa nih yang paling suka dilakukan waktu ke pantai???

pantai-indrayanti-yogyakarta


  • Nyemil di Cafe Pinggir Pantai

Pantai Indrayanti dilengkapi dengan cafe dan restoran dengan beberapa tenda putih yang berdiri di pinggir pantai. 

Tanpa pikir panjang, Bubu sekeluarga menempati tenda tersebut dan tentu saja memesan makanan juga supaya bisa tetap berada di tenda. 

Menurut Bubu ini pilihan yang tepat karena kami mendapat meja dengan tenda yang cukup besar. Apalagi ndilalah setelah beberapa waktu kami di Pantai Indrayanti, tiba-tiba hujan yang cukup deras turun.

pantai-indrayanti-fasilitas-restoran-cafe

Ah, untung saja ada di dalam tenda meski harus keluar biaya lebih untuk memesan makanan dan minuman. Tapi nikmat banget, kan, makan indomie dengan minum air kelapa muda dan es teh manis di pinggir pantai ini… :D 

Selain makanan dari cafe, masih ada juga penjaja makanan keliling yang menawarkan jajanannya pada kami. 

Karena memang makanan dari cafe yang dipesan sepertinya kurang, Bubu pun membeli cemilan pisang goreng. Lumayan buat mengisi energi untuk nantinya bermain di pantai berikutnya… :) 

Meski ada beberapa resto dan penjual makanan, kebersihan Pantai Indrayanti cukup terjaga. Pasir putih pantai hanya sedikit saja terlihat sampai plastik. Itu pun Bubu melihat yang nyangkut di karang. Oiya, di Resto Indriyanti ini juga ada peraturan untuk pengunjung, lho, seperti tidak boleh membawa pasir dan peraturan lainnya seperti di bawah ini. 

peraturan-di-pantai-indrayanti


  • Naik ke Atas Bukit Watu Gilap

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk melihat Pantai Indrayanti dari atas bukit. View-nya bagus bangeeet. Kebayang naik ke atas bukit ini pas sunset pasti jadi pengalaman gak terlupakan, deh. 

Untuk bisa naik ke atas Bukit Watu Gilap ini ada biayanya, ya. Tapi biayanya cukup terjangkau. Hanya Rp 2000,-/orang. 

pantai-indrayanti-bukit-watu-gilap

Kebetulan pas di sana Bubu naik bukit bersama Boo dan Mika. Bapak penjaganya hanya mengenakan biaya untuk Bubu aja. Jadi anak-anak gratis naik sampai atas. 

Jalur mendaki ke atas tebing ini memang cukup terjal, sempit, dan berbatu. Sebelum naik Bubu bener-bener wanti-wanti anak-anak supaya hati-hati dan berpegangan tangan sama Bubu. 

Meski begitu, Bukit Watu Gilap ini tidak terlalu tinggi. Jadi tidak butuh waktu lama untuk mendakinya. 

Begitu sampai di atas bukit, wah Masya Allah banget pemandangannya baguuuus sekali. Keseluruhan Pantai Indrayanti terlihat jelas dan lautan samudera juga terlihat terbentang luas dengan ombak yang cukup besar.

pemandangan-pantai-indrayanti

Di atas bukit ini juga ada gazebo dan saung. Bisa digunakan untuk Manteman beristirahat setelah sampai di atas. 

Saat kami sampai di atas pun tidak ada pengunjung lain selain Bubu dan anak-anak. Jadi kami bisa lebih leluasa mengeksplor bukit yang ditumbuhi pepohonan. 

Tak lama berada di atas bukit karena lumayan PR juga mengawasi anak-anak di tempat ini, akhirnya Bubu dan anak-anak pun menuruni bukit dan kembali bermain di pantai.  

Baca Juga: Pantai Krakal, Pantai Indah di Gunungkidul Yogyakarta


Fasilitas di Pantai Indrayanti

Untuk masuk ke kawasan Pantai Indrayanti dipungut biaya sebesar Rp 10.000,-/orang. Namun biaya tersebut sudah termasuk biaya masuk pantai-pantai lainnya juga, lho. 

Menurut Bubu fasilitas di Pantai Indrayanti juga cukup lengkap, ya. Jika tidak makan di resto, pengunjung bisa menyewa gazebo (Rp 30.000,-) atau payung pantai (Rp 20.000,-). 

Ada juga penyewa mainan pasir di pinggir pantai. Jadi kalau ke Pantai Indrayanti bareng anak-anak tapi gak membawa mainan, bisa sewa aja di sini. 

pantai-indrayanti-fasilitas-sewa-mainan

Toilet dan kamar mandi juga pastinya tersedia dengan kondisi cukup baik. Cukup membayar Rp 2.000,-  sampai Rp Rp 5.000,- untuk memakai fasilitasnya. 

Ada fasilitas lain seperti sewa pelampung (Rp 15.000,-) dan di Pantai Indrayanti juga bisa menyewa jetski, lho. Harga sewanya Rp 250.000,- per 15 menit. Ada yang tertarik untuk main jetski di pantai ini? Kalau mau naik jetski jangan bawa bayi tapi, yah… Ehhhh… :D 

pantai-indrayanti

pantai-indrayanti

Oiya, saat di Pantai Indrayanti ada jasa fotografer juga, lho. Kamera yang dibawa juga kelihatannya mumpuni. Fotografer dengan kamera beneran ya, bukan dari handphone… :D 

Kalau tidak salah ada yang menawari Bubu dengan harga Rp 3.000,- per foto. Jadi file fotonya bisa langsung di-share ke handphone. 

Untuk jadi dokumentasi keluarga, better memakai jasa mereka, ya. Apalagi buat Manteman yang mau foto sekeluarga yang proper di tempat bagus seperti ini tapi gak bawa tripod, pastinya jasa fotografer di Pantai Indrayanti akan membantu banget. 

Next, kalau Bubu sekeluarga ke tempat wisata dengan jasa fotografer seperti ini pingin banget coba juga. :) Sekalian membantu usaha warga lokal, ya, Manteman… 

Baca Juga: Gumuk Pasir Parangkusumo, Fenomena Alam Unik di Yogyakarta

pantai-indrayanti

pantai-indrayanti

pantai-indrayanti


Sekian dulu cerita dari Pantai Indrayanti. Sekalinya ke Gunungkidul, jadi nagih, deh, Mau banget eksplorasi lagi pantai-pantai yang lainnya sampai puas. Semoga nanti pas liburan bisa ada kesempatan lagi buat main ke pantai di sana... 



Bubu Dita

@rumikasjourney 


Related Posts

11 komentar

  1. Saya belum pernah ke pantai yang ada di Jogja, sejauh ini cuma tau Pantai Parangtritis aja hehe. Next kalo ke Jogja jadi pengen mampir ke Pantai Indrayanti ini.

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah nih niat mau explore pantai di sini, tapi waktunya nggak cukup. Padahal pantainya cantik-cantik ya, kayak pantai indrayanti ini.
    Keren banget bikin kangen ke pantai dah

    ReplyDelete
  3. komplit banget disini ya mbak
    ajak keluarga sudah paling benar
    seru main dipantai, bisa Nyemil di Cafe Pinggir Pantai lanjut naikin bukit
    memorable banget kebanyang :)

    ReplyDelete
  4. Semoga ada kesempatan main kesini huhu, viewnya bagus banget kak. emang kalau enak liburan bareng keluarga

    ReplyDelete
  5. Pas ke sini dulu aku malah gak main ke pantai - dan belum ada yang viralkan si Watu Gilap!
    Aaah rugi yaaaah.. sepertinya ini pantai yang manggil manggil buat ke sini lagi!

    ReplyDelete
  6. Saya justru jadi penasaran sama restonya, nih. Apa Indrayanti jadi satu-satunya resto di sana atau yang paling ramai? Karena akhirnya sampai dikenal sebagai nama pantai karena dianggap lebih mudah diingat daripada nama asli pantainya

    ReplyDelete
  7. Ow jadi Indrayanti itu dari nama pemilik resto di sana. Ku pikir memang demikian adanya karena nama pantai ini terkenal dengan pantai indrayanti. Berasa private beach dong, hahah.
    eh itu baju sampai kepala Mika penuh pasir. OMG ... PR nyucinya!
    tapi puas banget yah main pasir di sini plus naik ke bukit watu gilap. Pemandangan dari atas masya Allah indahnyaaaaa

    ReplyDelete
  8. Saya baru tahu asal penyebutan Pantai Indrayanti ini, terakhir ke sana 2014 :-D Bagaimanapun cara menyebutnya, pantainya tetap cantik dan bersih..

    ReplyDelete
  9. Pantainya bersih, terus air lautnya juga jernih. Senang sekali bisa aktivitas di pantai bersama keluarga ya. Pemandangan bukit juga asik

    ReplyDelete
  10. Makasih, Mbak. Infonya bermanfaat banget. Istriku dari Gunung Kidul tapi kami malah belum pernah ke pantainya yg indah. Lucu juga sih penamaan pantainya jadi pribadi gitu haha. Padahal unik juga kalau dibahas awal mula nama Pulang Sawal. Jangan2 itu juga nama personal warga sekitar, yaitu Pak Sawal hehe. Mupeng ke sana karena pantainya bersih dan ccok buat anak-anak relaks.

    ReplyDelete
  11. Ya ampun, nyimak trip mbak sekeluarga ke pantai Indrayanti atau nama lamanya pantai Pulang Sawal, serasa pengen buru-buru ngepantai juga.
    Puas-puasin main pasir, koleksi foto berlatar langit dan laut di gradasi biru dan pastinya sampai buasssaah mainan ombak. Secara gak bisa berenang, cukupin dengan main air saja dah :D
    Btw, aturannya kayaknya bisa tuh dicontek buat pantai-pantai di Lombok selatan alias area Mandalika. Soalnya sampai sekarang, masih boleh tuh bawa pulang pasir pantainya.

    ReplyDelete