SOCIAL MEDIA

Tuesday, July 26, 2022

5 Pantai di Gunungkidul Yogyakarta Dalam Setengah Hari!

   


Coba tebak ada berapa banyak pantai di daerah Gunungkidul, Yogyakarta? Ada 5, 10 atau 20-an? BUKAN! Seperti dilansir yogyadotcom, pantai di kawasan tersebut berjumlah 102 pantai! Waw, banyak bangeeeet!

Saat Bubu browsing dan mencari tahu lebih jauh soal pantai di Gunungkidul, sama sekali nggak nyangka banget pantai di sana mencapai jumlah ratusan. Kalau mau ke semua pantai kira-kira butuh waktu berapa lama coba? :D 

Dari ratusan pantai tersebut, sudah ada beberapa nama pantai yang terdengar familiar di Bubu. Beberapa ini maksudnya cuma bisa dihitung dengan jari aja… :D  

Sebetulnya dari kecil Bubu cukup sering juga ke Yogyakarta, tapi belum pernah sekalipun mampir ke pantai yang ada di Gunungkidul. Seingat Bubu cuma Pantai Parangtritis aja yang pernah Bubu kunjungi. Termasuk saat ke Yogyakarta beberapa tahun lalu saat anak-anak masih kecil banget, mainnya ya ke Parangtritis. 

Baca Juga: Sunrise di Pantai Parangtritis

Makanya dalam hati kayak sudah bertekad gitu kalau ada kesempatan liburan ke Yogyakarta lagi, pantai-pantai di Gunungkidul mesti jadi tujuan wisata utama! Akhirnya pas liburan panjang sekolah tahun ini, sampai juga di pantai-pantai Gunungkidul!

Dari ratusan pantai tersebut, hanya lima saja yang Bubu kunjungi bersama Yaya Indro, Boo, dan Mika.Dua diantaranya sampai bermain air basah-basahan dan tiga lainnya hanya melihat- lihat saja dan berjalan di pasir pantainya. Jarak antara pantai tidak terlalu jauh, bahkan ada yang bersebelahan. 

Cocok nih buat liburan keluarga yang mau seharian ada di pantai dari pagi sampai sore. Bisa pindah-pindah ke banyak pantai! Biayanya pun termasuk terjangkau banget. Biaya masuk kawasan pantai Gunungkidul sebesar Rp 38.000,- (termasuk mobil dan empat orang, dua dewasa dua anak). Dan di setiap pantainya hanya akan dikenakan biaya parkir saja. Jadi, memang pas banget kalau mau beach hoping di sini. Main ke banyak pantai sekalian aja!

Nah, berikut ini lima pantai di Gunungkidul yang Bubu kunjungi! Setiap pantai punya khasnya masing-masing. Jadi walaupun judulnya sama-sama pantai, tapi kamu pasti ngerasain hal yang berbeda antara saat di pantai satu dengan pantai lain. Siapa tahu pantai-pantai yang Bubu kunjungi ini bisa jadi inspirasi kamu juga kalau ke Gunungkidul, ya.


Pantai Indrayanti

Ini dia salah satu pantai paling populer di kawasan Gunungkidul. Makanya nggak heran kalau saat ke pantai ini ada cukup banyak pengunjung. Terbukti dari tenda-tenda restoran yang terisi. Yap, di pantai ini fasilitas cukup lengkap, termasuk restoran yang menyajikan pilihan makanan berat, makanan ringan, dan minuman. 



Nggak mau makan di resto supaya bisa duduk di tenda, tenang aja, ada banyak yang menyewakan tikar serta payungnya juga, lho!

Pantai Indrayanti cukup panjang dan Bubu bersama Boo dan Mika sempat naik ke salah satu bagian atas bukitnya. Dari atas bukit ini pemandangannya baguuussss banget. Jangan lewatkan ke atas bukitnya, ya. Ada biaya untuk naik sebesar Rp 2.000,-/orang dan anak-anak saat itu gratis. 


Pantai Krakal

Ciri khas pantai ini ada pada patung ikan besar yang tampak mencolok bahkan dilihat dari kejauhan. Bubu ke pantai ini selain karena ternyata deket banget dengan Pantai Indrayanti juga dapat rekomendasi dari teman Bubu, Efi. 

Pantai Krakal juga punya pantai yang panjaaaaang dan ombaknya agak besar. Nah, makanya Boo dan Mika bisa bermain di pantai ini di bagian paling pinggir. Nggak langsung menghadap ke samudera. Tapi lumayan banget bisa basah-basahan ke ombak juga.



Nah, selain patung bentuk ikan, di pantai ini juga ada yang menjadi ciri khasnya yaitu adanya tanaman pandan-pandanan di sepanjang pantai. Banyak juga gazebo kecil dan bisa berkemah juga lho di sekitar lokasi pantai. 

Baca Juga: Pantai Karang Hawu Palabuhanratu Sukabumi

Fasilitas cukup lengkap termasuk banyak restoran di pantai ini yang jaraknya agak jauh dari bibir pantai. Harga makanan juga standar ya jadi aman buat kantong.  Keliatannya jarak gazebo dan rumah serta resto yang agak jauh dari pantai membuat kawasan Pantai Krakal terlihat sangat luas. Apalagi kebetulan pas kami ke sana juga nggak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung. 


Pantai Slili


Pantai ini tempatnya persis di sebelah Pantai Krakal. Begitu kami sekeluarga sudah di mobil lalu lihat pantai ini, lho kok baguuuusss keliatannya. Pasirnya bersih, rapi, ada banyak gazebo yang berderet. Ada ayunannya juga di pinggir pantai. Mirip kayak pantai-pantai di Bali atau Lombok. 

Di pantai ini, Bubu dan mika hanya lihat-lihat saja, dan nggak sampai basah-basahan. Pingin next time kalau ada kesempatan ke gunungidul lagi, mau eksplor Pantai Slili lebih lama. 


Pantai Drini


Penasaran dengan Pantai Drini karena banyak melihat perahu pada bersandar. Dan ternyata pantai ini juga merupakan kawasan kampung nelayan tradisional. Di sini bisa banget makan ikan bakar yang baru dibawa dari hasil melaut. Ada banyak kios juga yang menjual ikan. Nah, untuk pantainya sendiri juga cakep bangeeet!  


Pantai Baron


Pantai terakhir yang kami sambangi adalah Pantai Baron. Beda dengan pantai lain yang terlihat dari alan dan tempat parkir. Untuk mencapai pantai ini dari tempat parkir agak jauh sedikit, ya. Mesti ada effort jalan dulu. Saat berjalan ke pantai, di sekeliling banyak banget toko yang menjual oleh-oleh, restoran, dan ada masjid juga.

Di dekat pantai bisa terlihat lighthouse di bagian atas bukit. Selain itu, mirip seperti Pantai Drini, di pantai ini juga ada banyak perahu bersandar. Dan saat Bubu di sana, Bubu melihat wisatawan bisa keliling menaiki perahu. Seru banget!

Posisi Pantai Baron pun juga unik. Ada kapal yang bersandar di muara dan ada juga yang d ipantai. Jadi kalau ke Pantai Baron kita bisa melihat keunikan ini. 

Baca Juga: Pantai Tanjung Pasir Tangerang


Gimana, kira-kira kamu bakalan lebih tertarik buat main ke pantai yang mana nih di Gunungkidul? Atau ada yang punya rekomendasi pantai lainnya di Gunungkidul juga? Yuk, share di komentar… 


Bubu Dita

@rumikasjourney


17 comments :

  1. Diinget2, ternyata baru dikiiiiit pantai gunkid yg udah aku datangin. Cuma pantai Indrayanti, pantai sepanjang, pantai timang..... Kayaknya itu doang 🤣🤣🤣. Padahl lumayan sering ke gunkid tiap kali ke Jogja 😅.

    Makanya ntr aku mau mampir ke beberapa pantai di sana mba, pas bareng temen awal Agustus besok.

    Eh tapi sebenernya pantai2 di sana diksh plang ga sih, jadi kita bisa tahu itu pantai apa. Kok aku ga ngerasa ngeliat plang nama tiap ke pantai sana mba. Itupun aku tau namanya, ya Krn dr awal udh masukin di gmap , jadi yg dituju udah pasti pantai itu.

    ReplyDelete
  2. Jumlahnya banyak sekali, Kak 100 lebih pantai, pastinya makin banyak pilihan destinasi dengan kekhasan masing-masing pantai ya.

    ReplyDelete
  3. Yogja ini keren kayak lampung. Banyak pantai dan indah2. Kapan ya bisa ke sana? Huhuu.. pingin banget.

    ReplyDelete
  4. Semua pantainya bersih, alami dan bikin mata tidak bosan memandang nya. Sangat ingah ya pantai di sekitar kita ini. Gak harus jauh ke luar negeri...

    ReplyDelete
  5. Ada destinasi yang menarik di Jogja ternyata ya, dan banyak banget mbak pantainya. 102 pantai? wah daebak, sebanyak itu punya daya tarik tersendiri, Dari 5 pantai di atas kayaknya aku pengen ke Pentai Indrayanti.

    ReplyDelete
  6. Pantainya bagus dan bersih. Duh, kalau anak-anakku diajak kesini pasti susah ngajak mereka pulang. Maklum mereka pecinta pantai banget mbak. Mudah-umdahan nanti bisa mengunjungi pantai gunungkidul ini.

    ReplyDelete
  7. Waaah.. kebetulan akhir pekan ini mau antar sodara jalan-jalan ke gunungkidul nih, kak.. pas bener lagi cari referensi pantai yang sekiranya bisa dikunjungi dengan waktu singkat. Maturnuwun informasinya, semoga weekend juga tidak macet, hihihi.

    ReplyDelete
  8. Ah iya, Pantai Pantai di gunung kidul emang cakep cakep y mbak
    Jadi pengen kesana deh

    ReplyDelete
  9. Aku pernah camping di Pok Tunggal 3 hari 2 malam, dan nagih banget. Pantainya bersih dan dulu masih sepi. Bener-bener sih emang kalau ke Gunungkidul tuh udah paling enak ke pantai-pantainya aja udah puas

    ReplyDelete
  10. wow banyak banget yaa jumlah pantainya. Kalo mau piknik bisa pilih pantai yang berbeda nih karena banyak pilihan

    ReplyDelete
  11. Btw pantai baron telihat menarik ya karena ada selat di tengahnya. Kalau pantai indrayanti cukup terkenal sampai tempat saya Kebumen.

    ReplyDelete
  12. Ih keren aku ke Jogja blm pernah ajak anak-anak ke pantainya. Cocok banget buat keluarga aku yg traveling ga pernah lama-lama. Pantainya juga bagus-bagus ya mbak.

    ReplyDelete
  13. 5 pantai ini jaraknya saling berdekatan gak mbak? untungnya biaya masuknya masih terjangkau sebatas biaya parkir ya.

    ReplyDelete
  14. Mantep rekomendasinya! Dulu saya pas jalan-jalan sama teman ke Yogyakarta juga ke Selatan mantai. Lupa ke Krakal apa Baron

    ReplyDelete
  15. Light house nya ini bikin daya tarik nih di Pantai Baron.
    Kesemua pantainya asik untuk dikunjungi, yang penting pas ke sana persiapan yang oke dan prokes ya

    ReplyDelete
  16. kangen Jogja...saya baru tau ada banyak banget pantei di Gunung Kidul. Sekitar 3 taun lalu ke sana, cuman jajal gondolanya Pantai Timang yang lagi viral. Bakal masuk wishlist nih 5 pantai ini kalo nanti ke Jogja lagi (: makasih infonyaaa

    ReplyDelete
  17. Wah seru ya jelajah pantai Gunung Kidul. Aku juga baru beberapa yang kukunjungi. Bagus-bagus semua dan punya ciri khas. Salam hangat. @depus

    ReplyDelete