Pantai Krakal, Pantai Indah di Gunungkidul Yogyakarta

by - February 19, 2023

 

pantai-krakal-gunungkidul-yogyakarta


Kawasan Gunungkidul di Yogyakarta memiliki deretan pantai indah yang bisa Manteman eksplor saat berwisata ke sana. Dalam sehari bisa banget menyambangi lebih dari satu pantai. 

Dari referensi yang Bubu baca, ada ratusan pantai di kawasan ini! Waw, banyak banget, ya. Tinggal pilih aja, deh, mana pantai yang ingin didatangi. 

Nah, salah satu pantai di daerah Gunungkidul yang populer adalah Pantai Krakal. Dari beberapa pantai di Gunungkidul yang pernah Bubu eksplor, pantai Krakal termasuk yang paling recommended untuk semua kalangan. 


Lokasi Pantai Krakal

Secara umum, Pantai Krakal memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas jika dibandingkan dengan pantai lain di sana. 

Apalagi saat Bubu sekeluarga ke pantai ini tidak terlalu banyak pengunjung. Alhasil seperti main di private beach saja rasanya! :D 

Saking luasnya Pantai Krakal, Bubu dan keluarga hanya mengeksplor di salah satu sisi pantai saja, yaitu di bagian sisi barat. Kebayang kalau jalan sepanjang pantai bakalan gempor sih kayaknya. :D 

pantai-krakal-yogyakarta

pantai-krakal-gunungkidul

Pantai Krakal menjadi pantai kedua saat kami sekeluarga di Gunungkidul. Sebelum ke Pantai Krakal, kami mengunjungi Pantai Indrayanti terlebih dahulu. 

Jarak antara Pantai Indrayanti dan Pantai Krakal lumayan dekat, sekitar 2,7 km saja. Dengan kendaraan, hanya butuh waktu kurang lebih 8 menit saja. 

Di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Krakal juga terdapat beberapa pantai yang dapat Manteman kunjungi, yaitu Pantai Slili, Pantai Sadranan, Pantai Sundak, Pantai Ngandong, hingga Pantai Somandeng. 

Jika punya waktu luang seharian di Gunungkidul, bisa banget, tuh, menjelajahi pantai-pantai di sekitar Pantai Krakal ini.

Menuju Pantai Krakal dari pusat kota Yogyakarta atau Malioboro, waktu tempuhnya sekitar hampir 2 jam perjalanan. Untuk perjalanan PP berarti membutuhkan waktu 4-5 jam. 

Nah, karena itulah untuk eksplorasi ke Pantai Krakal maupun pantai lain di Gunungkidul bisa banget dilakukan seharian tanpa perlu menginap.

Baca Juga: 5 Pantai Gunungkidul Yogyakarta Dalam Setengah Hari


Aktivitas di Pantai Krakal

Bubu gak nyangka, sih, ternyata di Pantai Krakal inilah Bubu sekeluarga paling banyak menghabiskan waktu. 

Bubu pikir hanya main air di sekitaran pantai saja, tapi ternyata ada banyak banget hal yang bisa dilakukan di Pantai Krakal.  Yuk, cek di bawah ini aktivitas seru saat berada di Pantai Krakal. 


  • Berkemah

Siapa bilang berkemah hanya bisa dilakukan di kawasan pegunungan. Ternyata berkemah di pantai kelihatannya seru juga, ya! 

Walaupun saat di Pantai Krakal Bubu dan keluarga gak berkemah tapi seneng banget pas melihat ada kemah berdiri dengan dikelilingi pepohonan dan bisa melihat pantai sekaligus lautan. 

Ternyata setiap harinya ada saja, lho, kelompok yang mendirikan tenda di Pantai krakal ini. Untuk menginap dengan membawa tenda sendiri pun setahu Bubu tidak dikenakan biaya. CMIIW, ya. 

Adakah Manteman yang pernah berkemah di Pantai Krakal? Boleh banget, lho, share pengalamannya juga di kolom komentar di bawah, ya… 

kemah-di-pantai-krakal


  • Main Air di Pinggir Pantai

Udah pasti aktivitas utama di Pantai Krakal gak lain dan gak bukan adalah main air, yaa! 

Bukan berenang di pantai karena jujur karena anak-anak saat itu belum bisa berenang jadi hanya main di pinggiran pantai aja. Yang penting kena air dan kena pasir… :D

Pas banget ada salah satu spot di sisi bagian barat pantai yang berbentuk seperti cekungan dengan adanya karang yang gak terlalu tinggi. Nah di bawah karang itulah anak-anak  bermain air.

pantai-krakal

pantai-krakal

Bubu merasa lebih aman karena anak-anak gak langsung mengarah ke lautan lepas dan bisa Bubu awasi juga saat main air. Lagipula di pantai yang langsung mengarah ke lautan Bubu melihat beberapa sampah. Duh, sayang banget.,,

Enaknya di spot ini adalah banyaknya pepohonan pandan dan cemara di sekitar. Ada juga gazebo kecil di sekitarnya. Alhasil suasananya pun jadi lumayan adem dan sejuk. 


  • Makan Seafood 

Pantai Krakal memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tak hanya banyaknya gazebo bagi pengunjung, tapi juga ada banyak deretan tempat makan dan juga deretan rumah untuk toilet dan bilas. 

fasilitas-di-pantai-krakal

fasilitas-di-pantai-krakal

Karena anak-anak main di pantai cukup lama dan bertepatan juga dengan jam makan siang, kami sekeluarga pun mencoba untuk memesan beberapa menu di salah satu tempat makan. 

Alhamdulillah harga yang ada di sini juga masih masuk akal, ya. Jadi bukan harga tembak. :D Untuk harganya bisa cek gambar di bawah ini:

menu-makan-di-pantai-krakal

menu-makan-di-pantai-krakal

Bubu memesan tumis kangkung, udang asam manis, dan cumi saus tiram. Untuk minumnya tentu aja es kelapa muda biar pas sama suasananya, ya. Dan surprisingly, rasa makanannya juga enaaak… :D Jadi beneran worth it main di Pantai Krakal dan diakhiri dengan makan seafood di warungnya… 

menu-makan-seafood-di-pantai-krakal

menu-makan-di-pantai-krakal


Tersedia beberapa saung beralas tikar untuk tempat bersantap. Ada juga hammock di dekat saung kami. :) 

Saung yang kami tempati juga cukup bersih. Meski jaraknya agak jauh dari bibir pantai, tapi masih bisa kok melihat pemandangan ke arah pantai. Pohon-pohon di Pantai Krakal ini, nih, yang bikin beda pantai ini dengan pantai lain. 

pemandangan-pantai-krakal

saung-di-pantai-krakal


  • Berfoto di Patung Ikan

Salah satu yang menjadi ciri khas Pantai Krakal adalah adanya ikon berbentuk patung ikan. Patung ikan ini berada di atas perbukitan dan bisa terlihat dari kejauhan. 

Dari atas patung ikan ini, akan terlihat indahnya deretan Pantai Krakal, Pantai Ngandong, juga Pantai Sadranan. 

Pemandangan lepas pantai dengan tebing-tebing tinggi ada di depan mata. Wah, pasti jadi momen gak terlupakan, nih, jika sempat untuk naik ke atas bukit dan berada di patung ikan ini. 

patung-ikan-di-pantai-krakal

Sayangnya, saat Bubu ke Pantai Krakal, Bubu tidak mengunjungi patung ikan. Jalan ke patung ikan di atas bukit Pantai Krakal juga sempit. Sepertinya hanya bisa dilewati motor saja atau dengan berjalan kaki. 

Baca Juga: Lava Tour Merapi


Selain aktivitas-aktivitas yang sudah Bubu sebutkan di atas, Pantai Krakal dengan ombaknya yang agak landai ternyata juga menjadi destinasi untuk berselancar. 

Dari referensi yang Bubu baca, ada beberapa spot untuk berselancar di pantai ini. Tapi saat Bubu sekeluarga bermain di pantai ini, Bubu gak melihat ada yang berselancar. Mungkin belum musimnya kali, ya… :D 

Lagipula saat berada di Pantai Krakal, kami sangat menikmati berada di bagian sisi barat dekat tebing. Sehingga gak terlalu memperhatikan ke lautan lepas. 

Jangan lewatkan juga beberapa spot cantik untuk didokumentasikan, ya. Agak nyesel, sih, sebenarnya pas ke Pantai Krakal ini kami gak ada foto sekeluarga yang proper. :’) 

Saat di Pantai Indrayanti ada jasa fotografer digital yang memberi tarif Rp 3000,- per foto. Nah, niatnya kalau di Pantai Krakal ada jasa fotografer juga pingin banget biar ada dokumentasi keluarga. Eh, ternyata gak ada yang nawarin foto… :D 

pantai-krakal


Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Untuk bisa menikmati Pantai Krakal tentu saja gak cuma-cuma, ya. Ada harga tiket masuknya. 

Tapi menurut Bubu harga tiket masuknya terjangkau. Cukup dengan Rp 10.000,- aja per orang, Manteman bisa ke Pantai Krakal sekaligus pantai lainnya. 

Yes, sebut saja Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, Pantai Ngrawe, Pantai Nglolang, Pantai Drini, Pantai Ngrumput, Pantai Slili, Pantai Sadranan, Pantai Ngandong, Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Seruni, dan Pantai Pok Tunggal. 

pantai-krakal

Pantesan Bubu waktu pas ke beberapa pantai di sana kok gak dipungut biaya lagi pas masuk ke kawasan pantainya. Oh, ternyata sudah dibayar di bagian depan untuk beberapa pantai yang Bubu sebutkan di atas.

Gimana kalau menurut Manteman, harga tiketnya?? Ada yang langsung kangen sama Gunungkidul atau pingin banget bisa ke sana? Sama, Bubu juga. Ternyata Pantai Krakal dan pantai-pantai lain di Gunungkidul sengangenin ituuuu… Rasanya pingin lagi liburan ke sana… 🙂



Bubu Dita 

@rumikasjourney 



Related Posts

19 komentar

  1. Parung ikan itu kok familier yaaa 😁. Berasa pernah liat.

    Kalo Krakal aku belum pernah mba, tapi aku ke ngandong waktu ke Jogja Trakhir bareng temenku naik motor.

    Pantai di gunkid mah ga abis2 Yaa, perasaan tiap kesana masih banyak aja yg belum didatangin 🤣🤣.aku suka pantai yg sepi begini, bener sih kayak pantai pribadi jadinya. Ga banyak orang, berarti less garbage juga.

    ReplyDelete
  2. ah seru banget ya maen ke pantai, saya udah lama banget nih belum pernah main ke pantai lagi. Dan lihat dari foto2nya kayaknya pantai Krakal ini family friendly banget. Anak2 pasti betah maen seharian disana. Dan ngomongin makan seafood di pantai, duh mauu

    ReplyDelete
  3. Yang paling utama buat emak-emak adalah biayanya yang terjangkau. Biaya makan di resto terdekat pun masih cukup terjangkau ya. Kalau begini kan healing gak bikin emak pusing.Hehehe

    ReplyDelete
  4. Selama tinggal di daerah kepulauan, sering banget mantai. Berhubung sudah agak lama ga mudik, baca ini jadi cuci mata banget .

    Btw,indah banget Pantai Krakal ini, tiketnya Murmer dan makan seafood di saung itu juaranya

    ReplyDelete
  5. banyak pantainya ternyata yogya itu ya mbak. Omong-omong kalau yang pakai kendaraan umum bagaimana mbak cara sampai ke pantainya?

    ReplyDelete
  6. Asyik banget pemandangan pantainya. Trus garis pantainya luas pula. Makin komplit menikmati pemandangan pantai sembari kulineran. Semoga aku bisa berkunjung ke pantai Krakal ini.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun indah banget ini Pantai Krakal mbaaa. Kalau aku ke jogya harus banget kesini. Suka banget sama pantainya yang eksotis terus ijo ijo banyak pohonnya. Bersih pulaaa

    ReplyDelete
  8. Naaah ini dia! saya itu sudah lama berencana kepingin ajak ponakan kemping di pantai, mbak. Di krakal ini adakah sewa tendanya? terus ada yang jaga 24 jam gitu enggak sih, mbak? :D

    ReplyDelete
  9. Asik nih, salah satu tempat yg selalu menarik utk dikunjungi ya pastinya pantai. Justru gak puas jika cuma singgah sebentar aja yaa..

    Masuk ke pantainya pun terjangkau. Jadi pengen mengunjungi pantai Krakal, tapi masih jadi wishlist deh jika nanti aku diizinkan pergi ke sana...

    ReplyDelete
  10. Gunungkidul memang surganya pantai ya, Mbak. Sebagai warga Sleman, saya beberapa kali ke sana bareng rombongan, sampai bingung membedakan mana pantai Krakal, mana pantai lainnya saking banyaknya. Ingatnya cuma Indrayanti karena namanya cantik banget qiqiqii...

    ReplyDelete
  11. Pantainya sepi ya mba, dan pemandangannya indah banget. Jadi pengen liburan sejenak ke pantai. Tapi akhir-akhir ini hujan terus, huhu

    ReplyDelete
  12. Belum pernah terbayangkan oleh daku bisa berkemah di sekitaran pantai.
    Wah.. bakalan dingin banget gitu gak sih kak suasananya hehe.
    Tapi yang jelas sih pas melihat sunset maupun sunrise mah gereget banget yak

    ReplyDelete
  13. Suka banget sama pemandangan pantainya, pikiran jadi fresh dan ringan, siap bekerja lagi. Btw bisa sekalian kulineran juga ya, mantap!

    ReplyDelete
  14. Yaampuuuun baru tahun lalu aku ke Gunungkidul, dan sempat ke pantai krakal iniii tp cuma sebentar aja dan pindah ke pantai lain. pengen camping juga di pantai tapi belum kesampaian. Gunungkidul mah enak banget destinasi wisata pantainya melimpahhh. Udah pernah ke pantai pok tunggal belum kak? bagus banget juga tuh, dulu aku pernah camp di sana 2x waktu belum nikah

    ReplyDelete
  15. Tempatnya menarik, asik banget kalau ke sana, aplagi bersam akeluarga bisa makan bareng di pantai. Seafood lobsternya murah bnaget Kak 55.000.

    ReplyDelete
  16. Ternyata di Yogyakarta banyak juga pantainya ya. Pantai Krakal ini saya suka viewnya cakep Mba. Paling seru itu makan seafood malam-malam di pantai. Anakku paling suka main air.

    ReplyDelete
  17. Pantainya cantik, Mba. Ombaknya juga gede yaa, cocok buat berselancar dan main jetsky. apalagi juga makanannya menggiurkan, duh jadi pengen berwisata ke sini deh

    ReplyDelete
  18. Pantai Krakal relatif bersih ya pantainya, belum lagi banyaknya fasilitas yang menunjang pantai sebagai lokasi wisata yg bisa dikunjungi bersama keluarga.,

    apalagi ditambah dengan adanya tempat makan yang menyediakan makanan yang relatif terjangkau, tentu akan memudahkan dan membuat tidak perlu repot menyiapkan makanan ya

    ReplyDelete
  19. Pantainya cantik, cukup bersih juga ya mbak. Uniknya ada spot aman buat main air di pantai ini juga.
    Yess rekomen banget nih kalo paske Yogya.

    ReplyDelete