Rest Area Salatiga, Rest Area Megah Dengan View Pegunungan

by - March 25, 2023

 rest-area-salatiga

Biasanya yang namanya rest area di jalan tol tentunya peruntukan utamanya bagi para pengendara yang ingin beristirahat, ya. Terdapat pom bensin, tempat makan, dan juga toilet di rest area pada umumnya. 

Namun ada yang berbeda dengan beberapa rest area yang dibangun belakangan ini. Fungsi rest area tidak hanya sebagai tempat beristirahat sambil mengisi bahan bakar kendaraan, tapi juga melakukan aktivitas lain seperti makan hingga berbelanja!

Saat melakukan road trip dari Depok ke Solo dan Yogyakarta beberapa waktu lalu, Bubu sekeluarga sempat mampir di Rest Area Salatiga. Nama rest area ini sendiri sebenarnya adalah Rest Area Pendopo 456. 

Rest area ini terdiri dari beberapa bangunan dengan bentuk pendopo khas Jawa Tengah. Karena itulah kata pendopo disematkan sebagai nama rest area ini.

rest-area-salatiga-pendopo-km-456

Namun karena terletak di Tol Bawen - Salatiga, nama Rest Area Salatiga pun menjadi lebih populer di telinga masyarakat. 

Seperti apa Rest Area Salatiga ini? Kenapa banyak disebut-sebut sebagai rest area terindah? Yuk, simak cerita Bubu Dita soal Rest Area Salatiga berikut ini!


Rest Area Luas Mirip Seperti Mal!

Tidak seperti rest area lainnya, Rest Area Salatiga ini ada di dua sisi jalan tol. Baik dari arah pergi maupun pulang ada dua rest area yang sama besarnya. 

Kedua rest area tersebut dihubungkan dengan jembatan penghubung lebar. Para pengunjung pun dalam satu waktu bisa ke dua rest area tersebut. 

Seperti saat kami di sana, Boo dan Mika semangat banget buat menjelajah Rest Area Salatiga ini. Mereka naik ke atas hingga menyeberangi jembatan penghubung. 

Meski cukup luas dan jaraknya lumayan banget dengan berjalan kaki, tapi anak-anak kelihatannya senang-senang aja. :D 

jembatan-penghubung-rest-area-salatiga

jembatan-penghubung-rest-area-salatiga


Mika bahkan bilang kalau ini bukan rest area tapi MAL! Ya, kelihatannya memang seperti mal banget, sih. 

Baca Juga: Sky Bird Park, Tempat Wistaa di Rooftop Mal

Dengan bangunannya yang luas, Rest Area Salatiga dapat menampung berbagai macam tenant makanan. Di rest area ini berjejer deh tenant makanannya, mirip seperti food court di mal. Mau makan apa tinggal cari aja. Bubu melihat ada beberapa sajian ayam, soto, mie, dan lainnya. 

Banyak set meja makan kayu yang ada di dalam rest area. Kelihatannya nyaman, sih, kalau makan di sini. Mungkin karena pas Bubu di sana juga kondisi gak terlalu ramai, ya. 

foodcourt-rest-area-salatiga

Oiya, kalau Manteman ngantuk dan pingin ngopi tentu aja ada Starbucks di sini…  :D 

Gak hanya itu, ada banyak juga tenant buat Manteman yang butuh belanja baju, sepatu, sampai oleh-oleh khas daerah. 

rest-area-salatiga-seperti-mal

Kebetulan karena Bubu sekeluarga pas berangkat bawa perbekalan makanan dan sebelumnya sempat mampir di Semarang beli Lumpia Mba Liem, pas di Rest Area Salatiga ini kami hanya membeli minuman saja di Indomaret… :D 

Iyaaa, di sana juga ada Indomaret hehe… Jadi tenang aja kalau perbekalan camilan habis, cus deh bisa cari di Rest Area Salatiga. Di sini juga tersedia mushola yang luas. Jadi ibadah pun bisa lebih nyaman di rest area ini.

Konsepnya memang seperti mal, dengan pencahayaannya yang terang karena bagian atapnya yang transparan. Minim listrik kan jadinya kalau siang.  Bagian sisi samping bangunan juga terbuka, jadi bisa merasakan semilir angin. Ada beberapa tanaman juga di dalam rest area ini. 


Rest Area dengan View Pegunungan Indah!

Gerbang Tol Salatiga sempat viral karena dianggap sebagai gerbang tol paling indah di Indonesia. Gimana nggak? Begitu sampai di gerbang tol ini kita bisa melihat pemandangan Gunung Merbabu tepat di belakang gerbang tol. 

Baguuuuss banget! 

Nah, begitu pula dengan Rest Area Salatiga ini! Selain bangunan khas Jawa yang besar, mirip seperti mal, view yang tersaji saat berada di rest area ini pun sangat memanjakan mata. 

Baca Juga: Lava Tour Merapi

Bukan hanya view Gunung Merbabu, tapi ada empat gunung lain di sekitarnya yang kalau beruntung, kita bisa melihat semuanya, nih. Keempat gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Sumbing, Sindoro, dan Ungaran. 

view-gunung-merbabu-rest-area-salatiga

view-di-rest-area-salatiga

Tak hanya itu, ada juga area persawahan di sekitarnya yang bisa dilihat dari bagian atas rest area. 

Gimana, makin tertarik buat mampir ke Rest Area Salatiga yang lain daripada yang lain ini? Jangan lupa kalau lewat Tol Trans Jawa mampir ke rest area ini, ya… 



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

15 komentar

  1. Ini tol wajiiiib yg kami harus mampir tiap kali mudik ke solo mba 😄😄😄❤️. Pokoknya ga lengkap kalo ga mampir ke tol Bawen ini. Memang cantiiiik sih. Apalagi banyak jajanan. Trakhir kesana masih banyak pembangunan tapi setidaknya udah dibuka jembatan penghubungnya . Jadi bisa liat sisi kiri kanan

    Ama 1 lagi tol yg dulunya pabrik gula, itu juga fav ku. Pasti mampir juga kesana

    ReplyDelete
  2. Rest areanya keren sih viewnya, terlihat bersih dan rapi. Melihat pemandangan gunungnya begitu cantik. Buat yang mudik wajib mampir sih.

    ReplyDelete
  3. Rest areanya keren sih viewnya, terlihat bersih dan rapi. Melihat pemandangan gunungnya begitu cantik. Buat yang besok mudik wajib mampir sih.

    ReplyDelete
  4. Kok tempatnya bagussss. Tampak luas, rapi, dan pemandangan gunung kelihatan oke banget kak. Sayangnya enggak pernah lewat situ. Rumah di Surabaya, kalau mudik ke Tulungagung. Jadi lewatnya ya tetap aja tol Jawa Timur.

    ReplyDelete
  5. Rest Areanya ini benar-benar berkelas, masih belum pernah mamapir sih, tapi cerita dari teman-teman puas banget saat berhenti di sini.

    ReplyDelete
  6. Cakep banget rest areanya. Udah fasilitasnya komplit ya trus ditambah pemandangan yang ciamik pula. Ini mah bakal betah ya berlama-lama. Sementara pak sopir istiraha di sini, yang lainnya bisa istirahat sembari jalan jalan kulineran tipis2.

    ReplyDelete
  7. Beneran menarik untuk dikunjungi. Tempat luas dan juga bisa melakukan wisata belanja dan makan layaknya mall di kota-kota besar. Tapi dapat bonus juga pemandangan alam gunung yang indah.

    ReplyDelete
  8. nggak salah kalo dibilang rest area megah. Fasilitasnya juga lengkap sekali dan pemandangannya bikin mata seger.

    ReplyDelete
  9. Rest area yang memang cocok jadi tempat istirahat sejenak ya kak.
    Pemandangannya jadi rileksasi pasca berkutat di dalam kendaraan. Cakep sih ini, jangan terkewatkan

    ReplyDelete
  10. rest areanya keren banget yaa. duh kapan yaa saya bisa lewat dan mampir ke sini

    ReplyDelete
  11. wahh aku liatnya juga kaya bandara, cakep banget. Pas istirahat bisa sekalian ngademin mata lihat yang ijo-ijo yaaa. keliatan high class juga, semoga harga2 resto yang tersedia masih ramah di kantong yaaa

    ReplyDelete
  12. Tol Salatiga ini kayaknya tol yang paling memanjakan mata deh, untuk daerah Jawa. Rest Areanya dilengkapi dengan view pegunungan yang menawan. Bikin betah, istirahat perjalan makin nyaman.

    ReplyDelete
  13. Rest areanya keren euy... Cuma rest area di tol tp dah kayak mall. Bisa bikin lupa nih kalau lg dalam perjalanan.

    ReplyDelete
  14. Waaaaaaaawh.. keren banget, sumpah! walaupun enggak ada perjalanan melewati rest area ini, kayaknya tetep harus dijadwalkan sengaja nge-rest di sini deh! wkwkw..

    ReplyDelete
  15. Klu mudik enak nih bisa lihat pemandangan pas di rest area, tpi mudik ke salatiga jauh euy.. Sy paling pulang kampung ke indramayu.

    ReplyDelete