Keliling Desa dan Tempat Wisata dengan VW Tour Borobudur!

by - March 05, 2023

vw-tour-borobudur-keliling-desa-borobudur


Setelah pertama kali ke Yogyakarta beberapa tahun lalu Bubu dan Yaya mengajak anak-anak ke Prambanan, pada liburan kali ini waktunya melihat kemegahan Candi Borobudur!

Meski gak bisa sampai bagian atas Candi Borobudur, tapi hal itu gak menyurutkan langkah kami sekeluarga untuk tetap mengunjunginya. 

Nah, karena kawasan Candi Borobudur sangat luas dan kami tiba di sana menjelang tengah hari, akhirnya Bubu dan Yaya memutuskan untuk melakukan aktivitas seru lainnya di Borobudur, yaitu naik VW Tour Borobudur!


Beristirahat di Balkondes Borobudur

Saat merencanakan liburan ke Yogyakarta, Candi Borobudur memang masuk ke dalam list wajib yang harus kami sambangi. Tapi tidak dengan VW Tour Borobudur. 

Bubu memasukkan VW Tour Borobudur sebagai kegiatan opsional saja jika memang waktu masih agak lowong untuk melakukannya. 

Karena itulah sebelum berangkat ke Yogyakarta, Bubu sama sekali tidak memesan terlebih dahulu untuk VW tour ini. Beda seperti Lava Tour Merapi yang memang sudah Bubu pesan seminggu sebelum kami sekeluarga sampai ke Yogya. 

Baca Juga: Lava Tour Merapi

Setelah selesai Lava Tour Merapi, menurut itinerary yang sudah Bubu buat kami sekeluarga langsung tancap gas ke Borobudur. 

Sampai di sana sekitar jam 11 siang, kami menuju Balkondes Borobudur untuk istirahat sejenak sekalian makan siang. Ada yang tau gak Balkondes singkatan apa??

Bubu juga baru tahu nih pas browsing-browsing… :D Ternyata Balkondes adalah Balai Ekonomi Desa. Di Yogyakarta, Balkondes gak hanya ada di  sini saja, tapi juga ada di beberapa tempat lainnya di sekitar Borobudur dan Prambanan.

vw-tour-borobudur-balkondes-borobudur

Di Balkondes Borobudur ini selain bisa santai sambil menikmati makanan dan camilan, ada juga penginapannya. 

Salah satu operator VW Tour Borobudur pun “bermarkas” di Balkondes ini. Akhirnya jadilah setelah kami sekeluarga beristirahat dan makan siang, kami berkeliling desa di sekitar Borobudur dengan menggunakan VW Classic!

Tenang aja, ada driver-nya kok. Jadi kita tinggal duduk santai di VW dan bisa menikmati hal-hal menarik selama perjalanan. Drivernya pun punya double job juga sebagai fotografer. Lumayan, kan, jadi ada foto dokumentasi keluarga… :D 

Ada beberapa pilihan rute dan destinasi wisata selama perjalanan dengan VW Borobudur ini. Bubu sekeluarga memilih paket seharga Rp 350.000,- dengan durasi kurang lebih dua jam. 

vw-borobudur

Selama dua jam perjalanan tersebut, selain mengelilingi desa wisata di Borobudur, kami juga ke Punthuk Setumbu dan peternakan lebah madu Ashfa Madu.

Selain dua tempat tersebut tentunya ada pilihan lainnya, seperti Svargabumi, Gereja Ayam, Mata Langit, dan Junkyard. Kita juga bisa memilih tempat UMKM seperti pembuatan gerabah, kopi luwak, tempat pembuatan batik, dan lainnya. 

Salut, nih, Bubu. Gak hanya tempat wisata saja yang ditonjolkan, tapi usaha produktif masyarakat di kawasan Borobudur juga turut terangkat dengan adanya wisata VW Tour Borobudur ini. 

vw-borobudur


Punthuk Setumbu Jam 12 Siang!

Seperti yang Bubu sebut di awal kalau kami memilih destinasi Punthuk Setumbu saat berkeliling dengan VW Tour Borobudur. 

Gak ada alasan khusus untuk datang ke tempat ini selain karena rasa penasaran aja. sih. Pertama kali tahu tempat ini begitu viral di media sosial karena dari tempat ini kita bisa melihat Puncak Candi Borobudur dari kejauhan. 

Benar saja, begitu sampai di atas Punthuk Setumbu, Bubu bisa melihat Candi Borobudur dengan jelas walaupun terlihatnya hanya kecil saja. Selain itu, terlihat pula Gereja Ayam dari kejauhan. 

vw-tour-borobudur-punthuk-setumbu-gereja-ayam

Yang membuat Punthuk Setumbu juga semakin digandrugi wisatawan adalah karena dari tempat ini juga bisa melihat landskap Perbukitan Menoreh yang indah. 

vw-tour-borobudur-bukit-menoreh

Tentunya perjalanan ke Punthuk Setumbu kala itu gak bakalan Bubu lupakan! Selain karena perjalanan pertama kali ke sana, kami sekeluarga juga niat banget capek-capek naik ke bukit jam 12 siang saat matahari sedang panas-panasnya! :D 

Jarak dari bawah sampai ke atas bukit memang hanya 300 meter, sih. Tapi rasanya cukup melelahkan karena menanjak. Untungnya ada banyak pepohonan sehingga rasanya tidak terlalu terik. 

Sampai di atas pun hanya kami sekeluarga dan dua orang wisatawan lainnya di Punthuk Setumbu :D 

vw-tour-borobudur-punthuk-setumbu

vw-tour-borobudur-punthuk-setumbu

Waktu terbaik untuk berwisata ke Punthuk Setumbu memang saat pagi hari saat matahari terbit. Candi Borobudur akan terlihat lebih magical dengan adanya kabut tipis yang menyelimutinya. 

Oiya, biaya untuk masuk Punthuk Setumbu tidak termasuk biaya paket VW Tour Borobudur ini, ya. 

Baca Juga: Naik Punthuk Setumbu Jam 12 Siang


Melihat Lebah Dari Dekat!

Satu tempat lagi yang kami kunjungi waktu wisata VW Tour Borobudur adalah ke Ashfa Madu. Di tempat ini wisatawan bisa mendapat edukasi tentang dunia lebah secara singkat. 

Begitu sampai di Ashfa Madu akan ada seorang pemandu yang mengajak kami ke bagian belakang bangunan. Di sinilah Bubu sekeluarga diceritakan tentang budidaya lebah dan bagaimana lebah dapat menghasilkan madu.

Kami sekeluarga juga diajak lebih dekat dengan lebah. Bahkan, kami boleh memegang sarang lebah madu, lho. Ada banyak bangeeet lebahnya. 

vw-tour-borobudur-ashfa-madu-borobudur

vw-tour-borobudur-ashfa-madu-borobudur

Gak nyangka anak-anak excited dan berani memegangnya juga. Nah, untuk mendapat edukasi mengenai lebah dan memegang sarang lebah ini tidak dikenakan biaya, ya. 

Tapi tentunya begitu melihat madu hasil peternakan lebah ini, Bubu jadi tertarik buat membelinya… :D 

Ada beberapa jenis produk madu yang dijual di Ashfa Madu, seperti bee pollen, madu hitam, dan madu asli bunga kaliandra. 

vw-tour-borobudur-ashfa-madu-borobudur


Lebah-lebah madu yang ada di peternakan lebah Borobudur memang menghisap nektar dari bunga kaliandra yang ada di Perbukitan Menoreh untuk menghasilkan madu. 

Saat Bubu dan keluarga datang ke peternakan lebah ini, ada beberapa rombongan wisatawan juga yang ada di sana. Tempatnya cukup luas dan lega dengan beberapa kursi yang disediakan pengelola. 

Oiya, di tempat ini juga ada testernya, Jadi kalau galau mau beli madu yang mana, Manteman bisa mencoba testernya terlebih dahulu. 


vw-borobudur

vw-borobudur-vw-safari

Perjalanan dengan VW Tour Borobudur bisa jadi alternatif buat Manteman saat berwisata ke Yogyakarta. Selain ke tempat wisata dengan pemandangan indah, kita juga bisa berwisata sambil mendukung usaha lokal masyarakat di sana. 

Oiya, jangan lupa juga untuk foto-foto di beberapa spot saat berkeliling, ya. Saat itu, driver kami sengaja menghentikan mobil VW di pinggir sawah dan ke lapangan sepakbola dengan latar Bukit Menoreh untuk mengambil foto kami sekeluarga… :) 


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

18 komentar

  1. Bubuuuuu, imut banget pas foto berdua di samping pak suamiii 😄...

    Duuh aku masih nyesel karena gagal ke Puthuk setumbu dan gereja ayam pas ke Jogja Ama temen Agustus THN lalu. Ga cukup waktu nya.padahaaal pengeeen banget mba.

    Nah kalo soal vw tour nya, berhubung aku dulu pernah cobain naik ini pas di Ubud , dan cuma bertahan 10 menit trus langsung minta atapnya dinaikin lagi Krn puanaaaaas 🤣🤣, dan anginnya kenceng merusak tatanan rambut wkwkwkwkk. sejak itu jadi ga pengen lagi 😅.

    ReplyDelete
  2. Menarik job drivernya ganda bisa berperan sebagai fotografer juga. Ini kadang yang sulit kalau liburan pengin mengabadikan moment, harus gantian atau minta difotoin orang.

    ReplyDelete
  3. Keren banget pemandangan alamnya, bisa jadi referesi nih. Btw ini lebah banyak sekali ya, dan anak2nya pada berani pegang malah exited

    ReplyDelete
  4. Aaaaaau.. mau Banget keliling desa naik VW Classic.. bakalan aku jadiin referensi ini mah...
    Sepanas itu yah Bu disana.. semoga ada kesempatan kesamaan...

    ReplyDelete
  5. Boleh dicoba nih VW Tour Borobudurnya. Jujur aku sendiri belum pernah. Kalau sama keluarga, cocok banget ya karena kan jalannya sekalian, lebih intim gitu. Yang kalah penting, viewnya juga cakep banget

    ReplyDelete
  6. Dayu AnggoroMay 15, 2023

    Beberapa kali ke Borobudur, saya belum pernah ngerasain tour pake VW ini, suatu saat pengen nyobain kalau ke ada kesempatan ke Borobudur lagi. Tournya enak banget yah, bisa ke tempat-tempat yang eksotis dan juga ngunjungin UMKM kaya pembuatan kopi luwak, bisa tour sekalian belanja hehe.

    ReplyDelete
  7. Udah viewnya keren, seger, cara menikmatinya pun asyik juga. Pake mobil VW. Jarang2 lah ya bisa naik mobil keren gini hehehe.. Jadi penasaran pengen nyobain juga. Trus liat edukasi wisata madunya, hmm apa nggak deg2an itu pegang sarang lebah segede itu. Mantaaap... Mantaap....

    ReplyDelete
  8. Seru abis ini cerita perjalanannya. Gak bakalan lupa ya. Saya aja yg baca jadi seolah ikut di sana...
    Ke Yogyakarta kapan lagi saya pun harus mencobanya nih. Cari waktu biar cukup dan puas mainnya

    ReplyDelete
  9. Pernah ke Punthuk Setumbu pas momen sunrise itu memang rame bgt sama wisatawan. Ternyata pas siang malah sepi bgt ya. Wajar sih, pasti lagi panas2nya itu. Btw, aku salfok sama mobil VW-nya, cakep bener haha.

    ReplyDelete
  10. Pasti menyenangkan sekali ikutan VWTour, merasakan sensasi naik mobil unik ini, DNA pastinya makin senang dengan bisa mengunjungi tempat-tempat menarik sekitar Borobudur

    ReplyDelete
  11. Pengen cobain naik VW ini karena tertarik dengan atapnya yang terbuka hihihi. Karena kalau untuk aktivitas harian gak bakal berani. Tapi, kalau khusus wisata, saya mau nyobain :D

    ReplyDelete
  12. Masyaallah, bagus-bagus banget spotnya, Kak. Beberapa tahun lalu pernah ke Borobudur tapi karena waktu singkat ditambah kurang search, jadi nggak sempat kenalan dengan VW Tour Borobudur. Semoga kapan waktu ada rezeki ke sana lagi.

    ReplyDelete
  13. jadi inget udah lama banget ngga ke borobudur. kayaknya bakal ke sana lagi kalau anak udah agak gede biar sekalian belajar sejarah gitu :D

    ReplyDelete
  14. Waaahh, asik banget Mba..
    Bisa saya simpan ini sebagai gambaran kalau wisata ke Borobudur bareng anak ^^

    ReplyDelete
  15. Pankapan singgah ke Borobudur mau juga mencoba naik VW tour ini.
    Mengasikkan bisa bareng keluarga, sambil menikmati pemandangan sekeliling

    ReplyDelete
  16. Wah pas banget nih buat berikutnya main lagi ke Borobudur, biar ada pengalaman lain gitu. Soalnya terakhir kali ke Borobudur itu... udah lama banget lah pokoknya.. hahaha... saking lamanya sampai lupa..

    ReplyDelete
  17. Baru tahu lho aku kalau ada vw tour Borobudur seperti ini, kayanya seru yaa bareng anak-anak. Anyway, hebat banget lho mereka nggak takut pegang lebah. Postingan ini bakalan jadi referensi itinerary kalau mau jalan-jalan ke Borobudur.

    ReplyDelete
  18. Cakep banget ya..
    Jogja semakin mantul dengan digalakkan wisata di sekitar Jogja juga, seperti Balkondes Borobudur yang indah dan banyak fasilitas kece exploring Jogja dan sekitarnya.
    Berasa estetik ya.. naik VW keliling borobudur. Apalagi ambiance nya masih alami banget.

    ReplyDelete