Aktivitas Seru di Alun-Alun Bogor

by - July 08, 2023

alun-alun-bogor

Mengisi waktu liburan, akhirnya Bubu sempat mengajak anak-anak untuk main ke Alun-Alun Bogor! Yeaaayy…

Alun-Alun Bogor termasuk salah satu destinasi baru di Bogor yang baru dibuka pada akhir tahun 2021. Keberadaan alun-alun ini bisa menjadi pilihan refreshing untuk masyarakat Bogor dan sekitarnya. 

Lokasi Alun-Alun Bogor

Alun-Alun Bogor terletak persis di samping Stasiun Bogor, tepatnya di Jalan Kapten Muslihat. 

Dulunya lokasi Alun-Alun Bogor adalah Taman Ade Irma Suryani atau lebih dikenal dengan sebutan Taman Topi. Ada yang masih ingat? 

Duluuuu sekali, Bubu sempat beberapa kali main ke Taman Topi. Disebut Taman Topi karena ada bangunan-bangunan yang atapnya berbentuk topi. 

Ternyata Taman Topi kini pindah ke kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Sukaluyu, Tamansari, Kabupaten Bogor. Namanya kini menjadi Taman Topi Chiquita dengan berbagai wahana permainan untuk anak-anak.. 

Nah, balik lagi ke Alun-Alun Bogor, suasana saat Bubu dan anak-anak sampai, wah, ramaiiii! 

Karena lagi hari libur, ya, sampai di Alun-Alun Bogor jam 10 pagi, banyak masyarakat yang beraktivitas di taman seluas 1,7 hektar ini.  

taman-alun-alun-bogor

Nggak heran, deh, kalau Alun-Alun Bogor ini ramai. Selain memang karena hari libur, fasilitas di Alun-Alun Bogor pun menurut Bubu cukup lengkap. 

Alun-Alun Bogor bisa jadi tempat yang nyaman buat berkumpul, terdapat banyak bangku taman, hingga tersedia juga toilet. 

Di salah satu sisi alun-alun juga terdapat masjid yang sampai tulisan ini Bubu buat masih dalam proses pembangunan. Kalau Bubu lihat, sih, kelihatannya sebentar lagi sudah bisa digunakan. :) 

Lumayan lengkap, ya, fasilitasnya. Apalagi di sekitarnya juga banyak kuliner khas bogor yang bisa dicoba!

Baca Juga: 10 Hal Paling Menarik di Alun-Alun Depok


Aktivitas di Alun-Alun Bogor

Di Alun-Alun Bogor ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan. Bubu coba list satu per satu di bawah ini, ya, siapa tahu bisa jadi kegiatan manteman bareng keluarga juga pas lagi di Alun-Alun Bogor. 

  • Main bola di lapangan

Alun-Alun Bogor punya lapangan rumput yang cukup besar, nih. Kalau ke sini, jangan lupa juga bawa bola sepak biar bisa dimainkan bersama. 

Saat di sana Bubu juga melihat banyak yang main lari-larian di lapangan dan juga olahraga. :) 

lapangan-alun-alun-bogor


  • Lari di track

Di sekeliling lapangan rumput disediakan juga jalur untuk lari atau jogging. Boo dan Mika sempat-sempatnya ngelilingin lapangan juga, nih, melewati jalur ini.

Tapi untuk memanfaatkan jalur ini dengan maksimal untuk berlari, sepertinya juga harus berhati-hati, ya. Karena saat ramai, banyak orang berlalu lalang. Jalurnya pun hanya empat dan nggak terllau lebar. 

olahraga-alun-alun-bogor


  • Main gelembung sabun

Mau bikin anak senang pas diajak ke Alun-Alun Bogor? Bawa aja cairan sabun yang bisa dibikin gelembung-gelembung dan mainkan di lapangan rumput. 

Kalau nggak bawa, tenang aja, ada juga yang menjajakan gelembung sabun, nih, di sana! :D 

lapangan-alun-alun-bogor


  • Fitness

Seperti di Alun-Alun Depok, alun-alun Kota Hujan pun juga memiliki beberapa peralatan fitness outdoor yang bebas digunakan. 

Namun, alat fitness ini sebenarnya lebih diperuntukkan bagi orang dewasa, remaja atau anak-anak yang memang sudah agak besar, ya. Jika anak-anak mau mencobanya mesti diawasi dengan baik. 

fitness-alun-alun-bogor


  • Main di playground

Nah, barulah di seberang alat fitnes ada wahana playground dengan beberapa permainan standar, seperti ayunan dan perosotan.  

Sayangnya, menurut Bubu jumlah alat permainan di playground anak ini terbatas banget! Area playground juga nggak luas. Alhasil, karena sedang ramai, Boo dan Mika nggak mencoba permainan di sana… 

playground-alun-alun-bogor


  • Duduk santai

Alun-Alun Bogor menyiapkan beberapa bangku taman yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai. Kebayang, sih, bisa duduk di alun-alun ini sambil baca buku. 

Tapi karena saat Bubu dan anak-anak ke sana semua bangku tampaknya full, kami pun nggak bisa duduk. Lagi pula anak-anak mana betah, kan, kalau cuma duduk aja. Pasti lebih memilih mengitari alun-alun dibanding duduk santai… :D 


  • Foto-foto 

Alun-Alun Bogor punya beberapa spot foto yang “wajib”, nih, buat dicoba kalau kita ada di sana, terutama untuk yang pertama kalinya. 

Spot foto yang pertama tentu saja bagian depan alun-alun yang ada tulisan besarnya. 

Spot foto selanjutnya adalah di bagian plaza alun-alun dengan background Stasiun Bogor bertuliskan BOGOR 1881. Nah, di dekat plaza ini juga ada mural di dinding. 

stasiun-bogor-alun-alun-bogor


  • Kegiatan seni & lainnya

Ya, di Alun-Alun Bogor juga ada area plaza yang luas dan lebar. Saat Bubu di sana memang nggak ada kegiatan di plaza tersebut. Namun biasanya plaza bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat, seperti kegiatan seni, edukasi, dan kegiatan lainnya. 

alun-alun-bogor


  • Piknik 

Asli, pas ke Alun-Alun Bogor Bubu melihat beberapa orang duduk di berbagai sudut alun-alun dan piknik! Seru, deh, lihatnya gelar tikar dan makan bersama! :D

Di Alun-Alun Bogor ada spot dengan atap. Meskipun tempatnya agak kecil tapi di tempat itulah masyarakat di alun-alun ini bisa piknik. 

Nggak bawa bekal dari rumah pun nggak masalah karena banyaaaaak banget penjual minuman dan makanan di sekeliling alun-alun!  

taman-alun-alun-bogor


Suasana di Sekitar Alun-Alun Bogor

Sebenarnya sekilas Alun-Alun Bogor tampak terlihat lega, rapi, dan bersih. Nah, namun agak sayang ketika di sekeliling alun-alun dan juga stasiun masih banyak penjaja kaki lima berjejeran. 

Baiknya ada satu area khusus foodcourt gitu, ya, biar kelihatannya lebih rapi lagi. :) Tapi dengan kondisi yang sekarang menurut Bubu juga udah cukup bagus, kok. Tinggal kita sebagai pengunjungnya aja yang taat untuk menjaga kebersihan di dalam Alun-Alun Bogor.


Manteman ada juga yang sudah pernah ke Alun-Alun Bogor??? Yuk, cerita pengalamanmu juga di kolom komentar… :)



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar